SOAL LATIHAN UKK 1. Sekelompok anak melakukan senam, mereka jalan ditempat maka dikatakan : a.

sekelompok anak tersebut bergerak terhadap tempat berdiri b. sekelompok anak bergerak terhadap teman lainnya c. sekelompok anak tersebut diam terhadap tempat senam d. sekelompok anak tersebut diam terhadap anggota badannya sendiri 2. Gerak pepohonan bila dilihat dari dalam mobil yang melaju termasuk gerak … a. nyata b. semu c. sesungguhnya d. realita 3. Jarak yang ditempuh oleh sebuah benda yang bergerak lurus beraturan sebanding dengan : a. waktu tempuhnya b. kuadrat waktunya c. kuadrat kecepatannya d. perpindahan 4. Seekor tikus berlari dengan kecepatannya 3 m/s dalam waktu 2 menit. Jarak yang ditempuh tikus adalah : a. 60 M b. 150 M c. 360 M d. 600 M 5. Berikut ini adalah sifat dari benda yang begerak lurus beraturan, kecuali …. a. lintasannya lurus c. tidak ada perubahan kecepatan b. kecepatannya tetap d. percepatan tetap 6. Grafik yang menunjukkan terjadi gerak lurus beraturan adalah …

7. Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan awal Vo setelah t detik kecepatannya menjadi Vt , maka percepatan mobil tersebut :

a. a = b. a = c. a = d. a =

8. Rekaman, gerak lurus beraturan pada pita ticker timer yang tepat adalah :

a. b. c. d.

1 2 3 4

9. Perhatikan ticker timer berikut

Nama pasaran untuk NH3 adalah : a. homogen c. 10. 1. 2. Definisi unsur yang paling tepat adalah : a. Ne 15.3 dan 4 b. 790 kg/cm3 c. N d. Berikut ini adalah sifat-sifat logam. 1 dan 3 18. penghantar panas yang baik b. 79000 kg/m3 14.3 dan 4 d. lurus beraturan d. struktur c. lurus diperlambat beraturan b. Satuan percepatan dalam system Sl yang tepat adalah … a.Gambar tersebut membuktikan adanya gerak … a. Rumus kimia yang merupakan perbandingan yang paling sederhana dari unsure-unsur penyusun suatu senyawa disebut rumus … a. mengkilap jika digosok d. Nitrogen Lubrida . zat tunggal yang terdiri atas beberapa zat tunggal lain d. massa jenis zat gas > zat cair > zat padat c. koloid b. komposisi tertentu 3. Diantara sifat zat berikut ini : 1. m/s3 d. terdiri atas 2 jenis zat tunggal 2. 79 kg/cm3 b. Massa jenis besi adalah 7. sifat komponen penyusun masih tampak 4.2. kimia 17.2 dan 4 c. lurus tak beraturan 10. kg/m2 d. massa jenis zat padat > zat cair > zat gas b. Satuan massa jenis menurut Sl adalah : a. m/s b. Perbandingan massa jenis zat tersebut adalah … a. Na b. m/s2 c. heterogen d. empiris b. Ni c. massa jenis zat padat < zat cair < zat gas d. 1. zat tunggal dapat bereaksi dengan zat tunggal lain 20. kg/m3 13. Lambang unsure dari Nikel adalah … a. m/kg2 b. lurus dipercepat beraturan c. 7900 kg/m3 d. Terdapat 3 jenis zat yaitu padat. zat tunggal yang dapat di uraikan menjadi zat yang lebih sederhana c. massa jenis zat gas < zat cair > zat padat 12.cair atau gas 16. dapat ditempa menjadi lempeng tipis c. Campuran yang komponen penyusun serba sama disebut campuran … a. cair dan gas.9 gr / cm3 massa jenis besi dalam Sl adalah … a. molekul d. zat tunggal yang homogen b. s/m2 11. suspens 19. kecuali … a. pemisahan komponen penyusun masih tampak Yang merupakan sifat senyawa adalah : a. pada suhu kamar dapat berwujud padat. kg/m c.

. Bagian terkecil penyusun tubuh makhluk hidup adalah …. (4) dan (5) d. (1). Definisi organ yang benar adalah …. Kumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fiungsi yang sama 26. kloroplas. (1). sel b. Berikut ini yang merupakan komponen biotik dalam ekosistem adalah … a. nukleus. tempat cadanan makanan d. (4). kumpulan jaringan yang mempunyai fungsi yang sama c. sebagai alat gerak c. manusia. dan (3) b. amoniak 21. respirasi c. jaringan epidermis 5. 8 ekor ular kecil 6. selaput sel. rumput. kelinci. 4 jalur tanaman sayur bayam 3. jaringan tiang 2. plasma sel 23. organ – sistem organ – organisme – sel – jaringan 29. kumpulan jaringan yang mempunyai bentuk yang sama b. kumpulan jaringan yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama d. kambing dan kerbau 30. rumput dan kelinci c. . semut dan tanah b. nukleulus. sekelompok cacing tanah 2. Fungsi jaringan saraf pada hewan adalah … a. plasma sel c. membran sel. a. Perhatikan beberapa jaringan pada makhluk hidup di bawah ini ! 1. a. sistem organ 22. (3). a. Apabila kita sakit mag maka sistem organ yang terganggu adalah … a. Nitrogen Trinidrida c. membrane sel. sirkulasi 28. Sel memiliki 3 bagian utama yaitu …. sitoplasma b.(3). sitoplasma. dan (5) 25. batu. sel organ – jaringan – organisme – sistem organ b. respirasi d. (2). a. jaringan epitel 4. jaringan c. Perhatikan gambar berikut ! Gambar disamping merupakan organ yang berfungsi untuk …. Jaringan spons 3. a. sel – jaringan – organ – sistem organ – organisme c. seekor kucing 4. Urutan sistem organisasi dalam tubuh makhluk hidup multiseluler dari tingkatan paling rendah samp ai yang paling tinggi adalah … a. mengikatkan tulang dan otot b. inti sel d. jaringan – sel – organ – sistem organ – organisme d. sekresi d. menghantarkan rangsang 24.b. jaringan otot Jaringan di atas yang terdapat pada tumbuhan adalah …. ammoma d. organ d. transpotasi c. 12 ekor ulat 5. jaringan ikat 6. (2). 16 ekor katak . kambing dan udara d. Dalam suatu ekosistem kebun terdapat : 1. sekresi b. pencernaan b. koordinasi 27. inti sel. dan (4) c.

3 d. a. tikus lebih banyak daripada padi b. 200 ekor/ 15 m2 d. 2000 ekor/150m2 b. 2 c. hewan saja b. populasi fitoplankton bertambah . padi lebih banyak daripada tikus 38.2.2. Perhatikan gambar Piramida Makanan di bawah ini ! Dari gambar Piramida Makanan tersebut yang melukiskan tingkatan produsen terdapat pada nomor …. Energi yang dimiliki makhluk hidup pertama kali di simpan dalam tubuh … a. Bila dalam suatu ekosistem terdapat tikus. populasi ikan kecil berkurang d.7. rumput b. 1. 1 b. 3Pada sepetak sawah seluas 2000 m2 terdapat 150 ekor belalang. Matahari Konsumen Produsen d. 1.5. 1.2. Manakah diantara pernyataanpernyataan di bawah ini yang benar adalah … a.2.7. populasi zooplankton berkurang c. a. Konsumen Produsen Matahari 35. Kepadatan populasi belalang pada sawah tersebut adalah …. manusia dan tumbuhan 36. Gunakan skema dibawah ini untuk menjawab soal berikut ! 34. 15 ekor/200 m2 32. b. kelinci c.3. ular sawah lebih sedikit dari pada elang c.4. d. a. ular sawah lebih banyak daripada tikus d. Perhatikan bagan rantai makanan di bawah ini ! Rumput kelinci ular elang Konsumen tingkat II pada rantai makanan di atas adalah ….8 dan 9 d. Suatu kawasan yang digunakan untuk perlindungan dan pelestarian hewan serta habitatnya disebut …. 7 ekor belalang 8.6 dan 7 b. populasi ikan kecil akan bertambah b. Matahari Konsumen I Konsumen II c. apakah yang akan terjadi ? a. padi. tumbuhan saja c. 4 37. cagar alam Bila populasi udang berkurang karena penangkapan yang berlebihan. Matahari Produsen Konsumen b. 150 ekor/200 m2 c. ular d.6. 1.8 dan 9 31.4. hewan dan tumbuhan d.6. elang 33. elang serta ular sawah.5.6. Diagram berikut ini yang menyatakan arus energi di alam yang benar adalah ….5. 2 ekor kupu-kupu 9. a. seekor kambing Satuan ekosistem yang merupakan populasi adalah …. a. a.7 dan 8 c.4.5.

tenaga kerja dan perumahan 40. pencemaran dan kesehatan c. (dalam km/jam) ? 42. Taman Nasional 39. Tomi bersepeda dari rumahnya ke pasar yang menempuh jarak 10 km. . Sebutkan jaringan yang terdapat pada tumbuhan lengkap dengan fungsinya! 44. mendaur ulang sampah organik b. dalam waktu 30 menit. membuang sampah ditempatnya ESSAY ! 41. perumahan dan kesehatan b. Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan tetap 36 km/jam. a. kecuali … a. Berapa kecepatan mobil dalam satuan SI? b. suaka margasatwa c. kebun raya d. mengelolah sampah organic menjadi kompos d. Sebutkan ciri-ciri makhluk hidup! tentukan percepatan pesawat saat tinggal landas! 43.b. Berapa jarak yang ditempuh mobil selama 10 sekon? 45. Sebuah pesawat terbang bergerak dari keadaan diam dapat tinggal landas ketika kecepatannya mencapai 180 km/jam. Jika panjang lintasan 500 m. Hitunglah kelajuan sepeda Tomi. Usaha-usaha yang dilakukan manusia untuk menanggulangi pencemaran lingkungan adalah sebagai berikut . air bersih dan pencemaran d. menanam tumbuhan dilahan miring c. Masalah yang disebabkan oleh kepadatan penduduk dan berkaitan dengan kualitas lingkungan adalah … a.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful