Sel Elektrolisis

Laporan Pratikum Kimia

Disusun oleh :
 Luh Ayu Alita Ermayanthi  Kadek Yudha Maharaj Diputra  Kadek Rita Purnama Dewi  Dewa Gede Tri Bodhi Saputra  Putu Eka Trisna Dewi  A.A.Gde Bagus Surya Mataram (13) (14) (15) (21) (22) (35)

XII IA5 SMAN 1 GIANYAR September 2011

Laporan ini merupakan tugas praktikum pertama pada materi pembelajaran semester ganjil. Teman-teman sekelompok atas kerjasamanya yang baik dalam penyusunan laporan ini. dan kemudian bilamana terdapat hal-hal yang kurang berkenan di hati para pembaca. Semoga laporan ini bermanfaat dalam proses penbelajaran biologi selanjutnya. Bapak Nengah Karpu yakni sebagai guru bidang studi bahasa Indonesia yang telah memberikan arahan mengenai sistematika penulisan laporan ini. guru bidang study atau temanteman demi perbaikan dan kesempurnaan laporan ini. Besar harapan penulis agar pembaca dapat mengetahui bagaimana sesungguhnya proses elektrolisis. melalui eksperimen yang disajikan dalam bentuk laporan ini. Dalam laporan ini penulis menyajikan mengenai hasil praktikum tentang sel elektrolisis pada Bab Sel Elektrokimia. Untuk itu penulis mengaharapkan kritik dan saran membangun dari pembaca. Pihak-pihak lain yang telah membantu dalam penyelesaian laporan ini. yakni yang terhormat : 1. “Om ζantih. ζantih.Kata Pengantar Puji syukur kami panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena atas berkat dan rakhmat-Nya lah kami dapat menyelesaikan laporan mengenai Elastisitas Gaya Pegas ini dengan baik. Bapak Mudalara selaku guru pembimbing bidang studi Kimia yang telah menyajikan materi-materi sehingga laporan ini dapat penulis susun sebagaimana mestinya. pada kesempatan ini perkenankanlah penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya. 20 September 2011 PENULIS . 4. 3. Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kata sempurna. Dalam penyusunan laporan ini tidak lupa pula penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam kelancaran pembuatan laporan ini. ζantih Om” GIANYAR. 2. Demikianlah kiranya para pembaca dapat memahami.

................................1 Landasan Teori...................................... 2..............................1 Latar Belakang Masalah...................................................................................................................... 1.............................................2 Saran.........3 Tujuan....................... i ii iii BAB I : Pendahuluan 1.............. Daftar Isi..... 1...... Kata Pengantar.......... BAB III : Penutup 3. 7 .........................................................................................................................2 Rumusan Masalah....................................................3 Langkah Kerja.......................................................................................................................4 Data dan Hasil Pengamatan....................................... 2...............4 Metode.........2 Alat dan Bahan.................... 6 6 2 3 3 4 Daftar Pustaka..................................................................................................................................................................................................................................................................1 Kesimpulan................................................................................................................................................................................................................................................................................................. 3..................................................... 1.................... 1 1 1 1 BAB II : Pembahasan 2.............................................. 2...........................Daftar Isi Halaman Judul........................................................................

Elektroda yang dihubungkan dengan kutub negatif disebut katoda (tempat terjadinya reduksi) dan elektroda yang dihubungkan dengan kutub positif disebut anoda (tempat terjadinya oksidasi). Pada sel elektrolisis. Menghitung jumlah zat yang terlibat dalam reaksi elektrolisa .BAB I Pendahuluan 1. Mula-mula aliran listrik dialirkan dari kutub negatif baterai ke katode yang bermuatan negatif. Sel elektrolisis terdiri atas zat yang dapat mengalami ionisasi (larutan atau lelehan). Elektrolisis adalah penguraian suatu elektrolit oleh arus listrik. energi listrik (arus listrik) diubah menjadi energi kimia (reaksi redoks).1 Latar Belakang Sel elektrolisis merupakan sel elektrokimia yang menggunakan energi listrik agar reaksi kimia dapat terjadi. Larutan atau lelehan akan terionisasi menjadi kation dan anion. Meramalkan reaksi di anoda dan katoda 2. anion akan mengalami oksidasi. kation di katode akan mengalami reduksi.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang sebelumnya. elektrode. dan sumber listrik (baterai). Selanjutnya. rumusan masalah yang akan dibahas dalam laporan ini meliputi : 1. 1. Sel elektrolisis tersusun dari elektroda-elektroda yang dicelupkan dalam suatu elektrolit. Menulis reaksi dari larutan 3. Di anode.

1. seperti: 1. penulis berupaya menyusunnya berdasarkan beberapa metode. 1. Metode Praktikum 2.4 Metode Dalam menyusun laporan praktikum kimia mengenai Elektrolisis ini. Metode Kajian Pustaka BAB II PEMBAHASAN .3 Tujuan Untuk mempelajari perubahan yang terjadi pada elektrolisa larutan garam yaitu Natrium Klorida dan Kalium Iodida.

2 Alat dan Bahan No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 Alat dan Bahan Tabung U Elektrode karbon dan kabel Catu daya / Baterai Jepit buaya Statif dan Klem Tabung reaksi dan rak Pipet tetes panjang Gelas Kimia Corong Larutan Natrium Klorida Larutan Kalium Iodida Feniolftalein Indikator Universal Larutan Amilum / kanji Ukuran / Satuan . Elektroda yang dihubungkan dengan kutub negatif disebut katoda (tempat terjadinya reduksi) dan elektroda yang dihubungkan dengan kutub positif disebut anoda (tempat terjadinya oksidasi). Rangkailah alat percobaan elektrolisis seperti terlihat pada gambar : ./ 0.2.1 Landasan Teori Sel elektrolisis tersusun dari elektroda-elektroda yang dicelupkan dalam suatu elektrolit. 2.3 Langkah Kerja a./ 9 V Sedang 100 cm3 1 M 1 M - 2.5 m .

Celupkan elektrode karbon ke dalam masing-masing kaki tabung U.5 cm dari mulut tabung. Elektrolisis larutan NaCl Ambil kira-kira 50 ml larutan NaCl gunakan gelas kimia 100 ml. Setelah terlihat terjadi reaksi angkat elektrode dengan hati-hati. Elektrolisis larutan KI 1) Masukkan larutan KI ke dalam tabung U sampai 1.5 cm dari mulut tabung. Pipet larutan yang berada di anode ke tabung reaksi sampai 2 ml kemudian tambahkan indikator lakmus / indikator universal. Celupkan kedua elektrode karbon ke dalam masing-masing kaki tabung U dan hubungkan elektrodeelektrode itu dengan sumber arus searah 9 V selama kira-kira 10 menit. Catat perubahan yang terjadi pada setiap elektrode. Tuangkan larutan ini ke dalam tabung U sampai 1. Hubungkan kedua elektrode dengan sumber arus searah 9 V selama beberapa menit. amati perubahan warna yang terjadi c. .elektroda pipa U klem kabel voltase b.

4) Pipet 2 ml larutan dari ruang katode ke dalam 2 tabung reaksi. 2. berubah warna menjadi merah muda. tambahkan setetes fenolftalein pada tabung 1. Elektrolisis larutan NaCl Hasil Pengamatan elektrolisis larutan NaCl : Cairan di Perubahan selama proses elektrolisis Katode Ada banyak gelembung Ada sedikit gelembung Perubahan setelah ditambah fenolftalein Berbau. tambahkan setetes fenolftalein pada tabung 1 dan beberapa tetes larutan amilum pada tabung 2.4 Data dan Hasil Pengamatan 1. ada sedikit gelembung Asam Basa Uji Lakmus Anode Pertanyaan : Tuliskan reaksi ionisasi larutan NaCl ! .2) Keluarkan dengan hati-hati kedua elektrode. berubah warna menjadi keruh. ada banyak gelembung Berbau. Ciumbaunya dan catat 3) Pipet 2 ml larutan dari ruang anode ke dalam 2 tabung reaksi.

 Cl2 + 2e 2Cl. Cl2 + 2e Gabungkan reaksi ionisasi. tidak ada gelembung Tuliskan Reaksi Ionisasi larutan KI ! . warna keruh. warna uning. warna merah muda. dan oksidasi dari larutan NaCl ! Ionisasi Katode Anode : NaCl  Na+ + Cl: 2H2O + 2e  H2 + 2OH: 2Cl. warna bening Tidak ada Anoda gelembung.+ 2H2O  Cl2 + H2 + 2OH2.NaCl  Na+ + ClTuliskan Reaksi Reduksi di katoda ! Katoda : 2H2O + 2e  H2 + 2OH- Tuliskan Reaksi Oksidasi di anoda ! Anoda : 2Cl. warna jingga Pertanyaan : Perubahan setelah ditambah fenolftalein Tidak berbau. ada sedikit gelembung Berbau. warna hitam. Elektrolisis larutan KI Hasil Pengamatan elektrolisis KI Cairan pada Katoda Perubahan setelah elektrolisis Ada gelembung. ada gelembung Berbau. tidak ada gelembung Perubahan setelah ditambah amilum Berbau. reduksi.

reduksi dan oksidasi ari larutan KI ! Ionisasi Katoda Anoda : KI  K+ + I: 2H2O + 2e  H2 + 2OH: 2I. I2 + 2e Gabungkan reaksi ionisasi. I2 + H2 + 2OH- BAB III Penutup . I2 + 2e 2H2O + 2I.KI  K+ + ITuliskan Reaksi Reduksi di katoda ! Katoda : 2H2O + 2e  H2 + 2OH- Tuliskan Reaksi Oksidasi di anoda ! Anoda : 2I.

3. Elektroda yang dihubungkan dengan kutub negatif disebut katoda (tempat terjadinya reduksi) dan elektroda yang dihubungkan dengan kutub positif disebut anoda (tempat terjadinya oksidasi).2 Saran Saran yang dapat penulis berikan adalah hendaknya jumlah alat praktikum yang digunakan lebih mencukupi. DAFTAR PUSTAKA . bersih dan terjaga kelengkapan serta kondisi alat tersebut agar setiap siswa dapat melaksanakan praktikum dengan baik dan nyaman sehingga lebih mengurangi resiko akan kekeliruan dalam mengambil data hasil pengamatan.3.1 Kesimpulan Dari hasil pengamatan yang kami lakukan dalam percobaan ini kami menyimpulkan bahwa sel elektrolisis tersusun dari elektrodaelektroda yang dicelupkan dalam suatu elektrolit.

WWW. 2009. Fisika untuk Kelas XI Semester I Sekolah Menengah Atas. GOOGLE.Kamajaya. KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS XII. Jakarta : pusat perbukuan Depdiknas. Jakarta : Grahadi. Handayani sri. 2009. 17 September 2010 Nilai Paraf Guru . Bandung: GRAFINDO MEDIA PRATAMA Nurachmadani setya. KIMIA 3 UNTUK SMA /MA KELAS XI. 2008.COM Gianyar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful