P. 1
CONTOH RPP TEMATIK.docx

CONTOH RPP TEMATIK.docx

|Views: 10|Likes:
Published by Harminchenk

More info:

Published by: Harminchenk on Jul 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/26/2014

pdf

text

original

RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK

Nama Sekolah Tema Kelas/Semester Alokasi Waktu Pertemuan ke

: : Budi Pekerti : I/2 : 3 minggu : 1 ( satu )

Standar Kompetensi : 1. PKn 2. IPS 3. Matematika

: : :

Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah. Mendeskripsikan lingkungan rumah. Mengenal bangun datar sederhana.

Kompetensi Dasar : 1. PKN :  Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat 2. IPS :  Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah 3. Matematika :  Mengenal segitiga, segi empat, dan lingkaran.  Mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya. I. Tujuan Pembelajaran : 1.PKn  Menyebutkan manfaat mentaati peraturan yang berlaku di masyarakat  Menjelaskan akibat tidak patuh pada peraturan di lingkungan masyarakat. 2. IPS  Menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah  Menyebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan. 3. MATEMATIKA  Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.  Menyebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya.  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Ketelitian ( carefulness) Toleransi ( Tolerance )

II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :  Aturan yang berlaku di masyarakat  Menjaga kebersihan rumah.  Mengenal bangun datar. III. Metoda Pembelajaran :  Ceramah  Diskusi.  Tanya jawab.  Pemberian tugas. IV. Langkah-langkah pembelajaran : Pertemuan pertama : 2 x 35 menit ( PKN) A. Kegiatan awal : 1. Pra Pembelajaran:  Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.  Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca. 2. Pembelajaran : Memberikan motifasi kepada siswa dengan menceritakan berbagai peristiwa yang terjadi dimasyarakat tentang pelanggaran aturan dan dampak yang terjadi. B. Kegiatan inti :  Mendengarkan penjelasan guru tentang berbagai peraturan yang ada dalam keluarga dan masyarakat.  Menceritakan pengalaman sendiri dari beberapa siswa tentang peraturan yang ada dirumahnya masing-masing.  Bertanya jawab tentang perasaan yang timbul ketikamenjalankan peraturan dengan baik.  Bertanya jawab tentang perasaan yang timbul bila melakukan pelanggaran terhadap peraturan yang ada di rumah.  Menuliskan contoh-contoh peraturan di masyarakat yang harus ditaati oleh warga. C. Penutup  Bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Memberikan penekanan dan meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan Pertemuan kedua ( I P S ) 2 X 35 Menit. A. Kegiatan awal : 1. Pra Pembelajaran:  Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.

 Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca. 2. Pembelajaran : Memberikan motifasi kepada siswa dengan menceritakan berbagai peristiwa yang terjadi dimasyarakat tentang timbulnya beberapa penyakit yang sedang mewabah dimasyarakat. B. Kegiatan inti :  Mendengarkan penjelasan guru tentang pentingnya kebersihan dilingkungan rumah bagi anggota keluarga dan orang lain.  Menceritakan pengalaman sendiri dari beberapa siswa tentang penyakit yang pernah dialamai atau anggaota keluarga dirumahnya masing-masing.  Bertanya jawab tentang perasaan yang timbul ketika berada pada lingkungan rumah yang bersih.  Bertanya jawab tentang perasaan yang timbul bila berada dalam lingkungan rumah yang kurang bersih.  Menuliskan contoh-contoh penyakit yang dapat timbul akibat lingkungan yang kurang bersih. C. Penutup  Bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Memberikan penekanan dan meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan Pertemuan ke III ( Matematika ) Waktu 2 x 35 menit. A. Kegiatan awal  1. Pra Pembelajaran:  Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.  Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca. 2. Pembelajaran : Memberikan motifasi kepada siswa dengan bertanya jawab tentang berbagai alat alat rumah tangga yang ada dirumah serta bentuknya. B. Kegiatan inti :  Mengamati gambar alat-alat rumah tangga untuk menyebutkan bentuk-bentuk bangun datar yang sesuai.  Menunjukan yang termasuk segi tiga dan bukan segitiga dan segi empat dan yang bukan segi empat.  Menjiplak bangun datar segitiga dan segi empat pada buku yang telah disediakan.

C. Penutup

 Bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Memberikan penekanan dan meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan V. Alat dan Sumber Belajar  Buku Sumber :  Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan  Buku Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan  Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.  Alat Peraga :  Gambar rumah sehat dan tidak sehat.  Gambar alat-alat rumah tangga  Gambar bangun datar.

VI. Penilaian Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Teknik Bentuk Instrumen isian Contoh Instrumen 1. IPS :  Manfaat menjaga kebersihan rumah agar …  Akibat tidak menjaga kebersihan rumah dapat menimbulkan … . 2. PKn :  Mentaati peraturan yang ada ditengah masyarakat dapat bermanfaat bagi lingkungan yaitu lingkungan akan menjadi ... .  Akibat tidak patuh pada peraturan di lingkungan masyarakat menyebabkan timbulnya ... .

1. IPS : Tes lisan  Menjelaskan manfaat Tes menjaga kebersihan tertulis rumah  Menyebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan. 2. PKn :  Menyebutkan manfaat mentaati peraturan yang berlaku di masyarakat  Menjelaskan akibat tidak patuh pada peraturan di lingkungan masyarakat.

3. Matematika :

3. Matematika :

Indikator Pencapaian Kompetensi  Menunjukkan bendabenda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran. Menyebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya. Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran. Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya.

Penilaian Teknik Bentuk Instrumen      Contoh Instrumen Tunjukkangambar benda-benda yang berbentuk segi tiga. Tunjukan gambar bendabenda yang menunjukan bentuk segiempat. Tunjukan gambar bendabenda yang berbentuk lingkaran. Cirri-ciri segitiga, adalah memiliki .... buah sudut. Ciri-ciri bangun segi empat adalah sudutnya sama ... ,

I. Kriteria Penilaian 1. Produk ( hasil diskusi ) No. 1. Konsep Aspek Kriteria * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah Skor 4 3 2 1

2. Performansi No. Aspek 1. Disiplin

Kriteria * bekerja dengan tekun dan selesai tepat waktu serta tidak mencontek. * bekerja dengan tekun tanpa menyontek walaupun suka terlambat. *. Menyelesaikan tugas walaupun masih salah.

Skor 4

3

1

2.

Tekun

* aktif belajar dan mau bertanya. * aktif belajar * kurang aktif belajar * menjawab dengan benar. *. Menjawab agak tergesagesa. *. Menjawab tanpa berpikir. *. Menerima kesalahan teman dan memperbaikinya. *. Menerima kesalahan teman. *. Mengganti pekerjaan teman. Performan ________ Disiplin Ketekunan Ketelitian toleransi

4 2 1 4 2 1 4 2 1

3.

Ketelitian

4.

Toleransi

3. Lembar Penilaian No 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. CATATAN : Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10. Nama Siswa jumlah Nilai

Mengetahui Kepala Sekolah,

…………………………. 2013 Guru Tematik Kelas I

( ………………..………… ) NIP/NIK : …………………

( …………………….. ) NIM :

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->