SILABUS MATA PELAJARAN: FISIKA

Satuan Pendidikan Kelas/ Semestar Kompetensi Inti

: SMA : XII/1

KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya KI 2 Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif), menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa, serta memosisikan diri sebagai agen transformasi masyarakat dalam membangun peradaban bangsa dan dunia KI 3 Memahami, menerapkan, dan menjelaskan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untukmemecahkan masalah KI 4 Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar 1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya 1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan perubahan medan listrik dan medan magnet yang saling berkaitan sehingga memungkinkan manusia mengembangkan teknologi untuk Materi Pokok 1. Gelombang Bunyi  Karakteristik gelombang bunyi  Cepat rambat gelombang bunyi  Azas Dopler  Fenomena dawai dan pipa organa  Intensitas dan taraf intensitas Pembelajaran Mengamati Mencari informasi tentang bunyi dan permaslahannya dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai sumber Menanya Diskusi kelompok cepat rambat bunyi, azas Dopler dan intensitas Penilaian Tugas Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam pemecahan masalah Observasi Alokasi Waktu 16 JP (4 x 4 JP) Sumber Belajar  Tri Widodo, FISIKA SMA, Pusat Perbukuan Depdiknas  Nursyamsudin, Panduan Praktikum Terpilih, Erlangga

1

kritis. terbuka.  Menentukan alat dan bahan yang diperlukan untuk percobaan. cermat. tekun. Materi Pokok bunyi Pembelajaran Mengeksplorasi/Eksperimen  Mengidentifikasi variabel bebas.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 3.1 Merencanakan dan melaksanakan percobaan interferensi cahaya.1 Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi 4. Gelombang Cahaya  Spektrum cahaya  Difraksi dan interferensi  Polarisasi  Teknologi LCD dan LED Mengkomunikasikan  Presentasi kelompok hasil diskusi tentang cepat rambat bunyi. kreatif.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu. azas Dopler dan intensitas bunyi  Presentasi kelompok hasil eksplorasi tentang fenomenda dawai dan pipa organa Mengamati 2 . inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi 2. Mengasosiasi Telaah data kecepatan bunyi dalam berbagai media untuk mendapatkan faktor yang mempengaruhi cepat rambat bunyi Penilaian Ceklis pengamatan pada saat presentasi dan praktik berkelompok Alokasi Waktu Sumber Belajar Alat  Laser pointr  Kisi atau Keping CD yang terpakai  penggaris Portfolio Laporan tertulis kelompok hasil praktik dan presentasi Tes Tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda gelombang bunyi dan cahaya 2. teliti. dan kontrol untuk menyelidiki fenomena dawai dan pipa organa. hati-hati. bertanggung jawab. jujur. objektif.  Melaksanakan percobaan untuk menyelidiki fenomena dawai dan pipa organa secara berkelompok.Kompetensi Dasar mempermudah kehidupan 2. terikat.

dan celah tunggal Mengeksplorasi/Eksperimen  Mengidentifikasi variabel bebas. interferensi.  Melaksanakan percobaan untuk penyelidiki pola difraksi dan interferensi menggunakan kisi dan laser pointer Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 3 .Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran  Mencari informasi tentang karakteristik cahaya serta prinsip dan penerapannya dalam teknologi melalui berbagai sumber  Peragaan fenomena difraksi dan interferensi kisi menggunakan laser pointer dan CD bekas Menanya  Diskusi kelompok fenomena difraksi. kisi. dan kontrol untuk menyelidiki pola difraksi dan interferensi menggunakan kisi dan laser pointer.  Menentukan alat dan bahan untuk percobaan. dan polarisasi cahaya  Diskusi kelas difraksi dan interfrensi pada celah ganda. terikat.

menyusun persamaan grafik. Panduan Praktikum Terpilih.CD.Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran  Eksplorasi pemanfaatan konsep dan prinsip cahaya pada teknologi layar L. dan LED Mengasosiasi Mengolah data praktik kedalam grafik.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan perubahan medan listrik dan medan magnet yang saling berkaitan sehingga memungkinkan manusia mengembangkan teknologi untuk mempermudah kehidupan Rangkaian arus searah  Hukum ohm  Hukum Kirchoff Mengamati  Mencari informasi karakteristik arus dan tegangan pada rangkaian seri dan paralel  Peragaan menggunakan amperemeter dan voltmeter dalam rangkaian listrik Menanya  Diskusi kelompok susunan seri dan paralel resistor Tugas Menerapkan hukum Ohm dan hukum Kirchoff dalam pemecahan masalah listrik Observasi Ceklis pengamatan pada saat praktik Portfolio 8 JP (2 x 4 JP)  Tri Widodo. Pusat Perbukuan Depdiknas  Nursyamsudin. FISIKA SMA. dan menemukan pengaruh perubahan jarak layar dan konstanta kisi terhadap jarak garis terang pada layar serta menentukan panjang gelombang cahaya laser pointer Mengkomunikasikan  Laporan hasil praktik  Presentasi hasil ekplorasi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya 1. Erlangga 4 .

hati-hati. menuliskan persamaan grafik dan gradiennya. membuat grafik. Mengasosiasi Mengolah data hasil praktik.2 Melakukan percobaan untuk menyelidiki karakteristik rangkaian listrik Materi Pokok Pembelajaran  Diskusi kelas penerapan hukum ohm dan Kirchoff pada rangkaian arus bercabang Mengeksplorasi/Eksperimen  Praktik mengukur arus dan tegangan pada rangkaian tertutup  Mengevaluasi prinsip kerja peralatan listrik searah (DC) dalam kehidupan sehari-hari. teliti. objektif. kreatif.2 Mengevaluasi prinsip kerja peralatan listrik searah (DC) dalam kehidupan sehari-hari 4. jujur. menuliskan persamaan grafik dan gradiennya. kritis. tekun. bertanggung jawab.Kompetensi Dasar 2.is uraian dan/atau pilihan ganda Alokasi Waktu Sumber Belajar Alat  Voltmeter  Amperemeter  Catu daya  Resisitor 5 . cermat. dan mmprediksi nilai output untuk nilai input tertentu Mengkomunikasikan  Laporan tertulis Mengolah data hasil praktik. Penilaian Laporan tertulis kelompok Tes Tes tertu.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu. terbuka. inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi 2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 3. dan mmprediksi nilai output untuk nilai input tertentu  Menyajikan hasil evaluasi dari prinsip kerja peralatan listrik searah (DC). membuat grafik.

inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi 2. cermat. fluks listrik dan interaksi antar muatan listrik  Diskusi kelas tentang Gaya Listrik. hati-hati.Kompetensi Dasar 1. Jilid II Praktikum Fisika. Depdiknas  6 . powerpoin dan audiovisual Tes Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda Alokasi Waktu 16 JP (4 x 4 JP) Sumber Belajar   Fisika SMA Jilid III. teliti. Young and Freeman. bertanggung jawab. fluks.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan perubahan medan listrik dan medan magnet yang saling berkaitan sehingga memungkinkan manusia mengembangkan teknologi untuk mempermudah kehidupan 2. dan Kapasitor Mengamati  Melakukan pengamatan terhadap proses pengisisan dan pelepasan muatan pada kapasitor. kreatif. tekun. hardcopy. kritis. Energi Potensial Listrik. kuat medan listrik. Fisika.5 Menganalis gaya listrik.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya 1. muatan listrik. potensial listrik.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 3.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu. terbuka. energi potensial listrik serta penerapannya pada berbagai kasus Materi Pokok Listrik Statis (Elektrostatika)       Muatan Listrik Gaya Listrik Kuat Medan Listrik Potensial Listrik Energi Potensial Kapasitor Pembelajaran Mengamati  Mengumpulkan fenomena kelistrikan secara hardcopy dan softcopy melalui pengamatan di kehidupan sehari-hari dan atau studi literatur pada berbagai sumber  Peragaan fenomena kelistrikan di kehidupan sehari-hari menggunakan alat dan bahan sederhana Menanya  Diskusi kelompok tentang fenomena kelistrikan. Penilaian Tugas Menyelesaikan soal-soal tentang Listrik Statis dan Kapasitor Observasi Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok Portofolio Laporan tertulis rancangan dan kegiatan percobaan secara softcopy. Potensial Listrik. objektif. Medan Listrik. jujur.

kreatif.5 Mengamati proses pengisian dan pelepasan muatan pada kapasitor dalam kehidupan sehari-hari. hati-hati.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan perubahan medan listrik dan medan magnet yang saling berkaitan sehingga memungkinkan manusia mengembangkan teknologi untuk mempermudah kehidupan 2. Fisika. Mengkomunikasikan Presentasi hasil eksperimen secara audio visual dan atau powepoin. kritis. teliti.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan Medan Magetik  Fluks Magnit  Induksi Magnit  Gaya Magnetik Mengamati Tugas 12 JP (3 x 4 JP)  Mengumpulkan fenomena  Menulis laporan kemagnitan secara hardcopy dan ilmiah sebagai softcopy melalui pengamatan di hasil studi kehidupan sehari-hari dan atau literatur dari studi literatur pada berbagai berbagai sumber sumber tentang pemanfaatan  Peragaan fenomena gaya magnetik kemagnetan di kehidupan seharipada berbagai hari menggunakan alat dan produk teknoligi bahan sederhana  Menyelesaikan Menanya soal-soal  Diskusi kelompok tentang tentang Induksi fenomena kemagnitan dan fluks Magnetik dan magnit.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya 1. inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi 2.Kompetensi Dasar 4. objektif. bertanggung jawab. Young and Freeman. Jilid II Praktikum Fisika. Depdiknas Alat  Magnet batang  Kertas logam  Kabel penghubung  Kompas atau magnet jarum 7 . tekun. terbuka.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu. Gaya Magnetik  Diskusi kelas tentang induksi Observasi magnit dan gaya magnit dan Ceklist lembar peranannya pada berbagai pengamatan produk teknologi kegiatan Mengeksplorasi/Eksperimen Fisika SMA Jilid III. jujur. Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 1. cermat. Materi Pokok Pembelajaran  Mendiskusikan pemanfaatan kapasitor dalam kehidupan sehari-hari.

6 Melaksanakan pengamatan induksi magnet dan gaya magnetik di sekitar kawat berarus listrik 8 . powerpoin dan audiovisual Tes Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda Alokasi Waktu Sumber Belajar 4. hardcopy.Kompetensi Dasar dan melaporkan hasil percobaan 3. Penilaian presentasi kelompok Portofolio Laporan tertulis rancangan dan kegiatan percobaan secara softcopy.6 Menganalisis induksi magnet dan gaya magnetik pada berbagai produk teknologi Materi Pokok Pembelajaran Praktik menyelidik induksi magnit di sekitar kawat berarus listrik atau Praktik menyelidiki gaya magnetik oleh kawat berarus listrik Membuat motor listrik sederhana Mengasosiasi Mengolah data hasil percobaan secara lengkap Menyusun laporan hasil percobaan Mengkomunikasikan Presentasi hasil eksperimen secara audio visual dan atau powepoin.

responsif dan proaktif). Jilid II Praktikum Fisika. disiplin. Depdiknas Magnet Galvanometer : SMA : XII/ 2  Alat   9 . cinta damai. kenegaraan. menerapkan. serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untukmemecahkan masalah KI 4 Mengolah. ramah lingkungan. peduli. teknologi. menalar. menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa. seni. serta memosisikan diri sebagai agen transformasi masyarakat dalam membangun peradaban bangsa dan dunia KI 3 Memahami. dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan Kompetensi Dasar 1. kerjasama.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan perubahan medan listrik dan medan magnet yang saling berkaitan sehingga memungkinkan manusia mengembangkan teknologi untuk mempermudah kehidupan Materi Pokok Induksi Faraday     GGL Induksi Hukum Lenz Induksi Diri Aplikasi Induksi Faraday pada produk teknologi Pembelajaran Mengamati  Mencari informasi tentang berbagai produk teknologi yang menggunakan induksi Faraday dari berbagai sumber Menanya  Diskusi kelas tentang GGL Induksi Hukum Lenz. menyaji. kebangsaan. dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian. Young and Freeman. budaya.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya 1. konseptual.SILABUS MATA PELAJARAN FISIKA Satuan Pendidikan Kelas/ Semestar Kompetensi Inti KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya KI 2 Mengembangkan perilaku (jujur. gotong royong. Fisika. dan menjelaskan pengetahuan faktual. tanggung jawab. prosedural. santun. dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif. dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan. dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan.  Diskusi kelas pemanfaatan induksi Faraday pada produk teknologi Tugas  Menulis laporan ilmiah sebagai hasil studi literatur dari berbagai sumber tentang pemanfaatan induksi Faraday pada berbagai produk teknologi  Menyelesaikan soal-soal tentang Induksi Faraday dan Arus Bolak balik Penilaian Alokasi Waktu 16 JP (4 x 4 JP)   Sumber Belajar Fisika SMA Jilid III.

Jilid II Praktikum Fisika. terbuka. kritis. bertanggung jawab. tegangan dan sumber arus bolak Menanya  Diskusi kelas tentang arus dan tengan bolak-balik  Diskusi kelas tentang Rangkaian Arus Bolak-balik Tugas Menyelesaikan soal-soal rangkaian arus bolak-balik Observasi Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok Portofolio Laporan presentasi 12 JP Fisika SMA Jilid III.7 Memahami fenomena induksi elektromagnetik berdasarkan percobaan 4. tekun.Kompetensi Dasar 2. cermat.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 3. jujur.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu. Penilaian Observasi Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok Portofolio Laporan tertulis rancangan dan kegiatan percobaan secara softcopy. Depdiknas 10 . inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi 2. kreatif. Young and Freeman.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan perubahan medan listrik dan medan magnet yang saling berkaitan sehingga memungkinkan manusia Materi Pokok Pembelajaran Mengeksplorasi/Eksperimen Merancang dan Membuat alat sederhana yang menggunakan prinsip induksi Faraday Mengkomunikasikan Presentasi hasil eksperimen secara audio visual dan atau powepoin. hati-hati. hardcopy.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya 1.7 Membuat proyek sederhana dengan menggunakan prinsip induksi elektromagnetik 1. powerpoin dan audiovisual Tes Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda Alokasi Waktu  Sumber Belajar Lilitan kawat Rangkaian Arus Bolak-Balik  Arus dan tegangan BolakBalik  Rangkaian Arus Bolak-Balik  Daya pada Rangkaian Arus Mengamati  Menggali informasi tentang karakteristiik arus. Fisika. objektif. teliti.

2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 3. objektif. powerpoinl Tes Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda Alokasi Waktu Sumber Belajar Radiasi Elektromagnetik  Spektrum elektromagnetik  Sumber Radiasi Elektromegnetik  Pemanfaatan Mengamati  Menggali informasi tentang spektrum radiasi elektromagnetik dan pemanfaatannya dalam kehidupan mahluk hidup Menanya Tugas  Menulis laporan ilmiah sebagai hasil studi literatur dari berbagai sumber tentang pemanfaatan dan bahayanya radiasi 4 JP (1 x 4 JP) Fisika SMA Jilid III. Jilid II Praktikum Fisika. hati-hati. Penilaian resonansi secara softcopy.Kompetensi Dasar mengembangkan teknologi untuk mempermudah kehidupan 2. cermat. kreatif. tekun. Young and Freeman. 1. Mengkomunikasikan Presentasi hasil eksplorasi secara audio visual dan atau powepoin. terbuka. kritis.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan perubahan medan listrik dan medan magnet yang Materi Pokok Bolak-Balik Pembelajaran  Diskusi kelas tentang Daya pada Rangkaian Arus Bolakbalik Mengeksplorasi/Eksperimen Mengeksplorasi rangkaian resonansi dan pemanfatannya untuk tuning frekuensi pada radio. hardcopy.8 Memecahkan masalah terkait rangkaian arus bolak-balik (AC) dalam kehidupan sehari-hari. jujur. Depdiknas 11 .1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya 1.8 Menganalisis rangkaian arus bolak-balik (AC) serta penerapannya 4. Fisika. bertanggung jawab. teliti. inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi 2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu.

bertanggung jawab. tekun. teliti.9 Menyajikan hasil analisis tentang radiasi elektromagnetik. cermat. kreatif. Tes Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda Alokasi Waktu Sumber Belajar Konsep dan Fenomena kuantum: Mengamati  Menggali informasi tentang Tugas  Membuat esai tentang 8 JP (2 x 4 JP)  Fisika SMA Jilid III. pemanfaatannya dalam teknologi. hardcopy dan powerpoin. inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi 2. objektif. jujur. pemanfaatannya dalam teknologi. hati-hati. manfaatn dan bahaya radiasi elektromagnetik bagi mahluk hidup Mengeksplorasi/Eksperimen Mengeksplorasi radiasi elektromagnetik dalam berbagai bidang kehidupan mahluk hidup Mengkomunikasikan Presentasi hasil eksplorasi secara audio visual dan atau powepoin. dan dampaknya pada kehidupan 4. 12 . kritis. Penilaian elektromagnetik Observasi Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok Portofolio Laporan tertulis hasil eksplorasi secara softcopy.Kompetensi Dasar saling berkaitan sehingga memungkinkan manusia mengembangkan teknologi untuk mempermudah kehidupan 2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu. dan dampaknya pada kehidupan 1.9 Mengevaluasi pemikiran dirinya tentang radiasi elektromagnetik.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 3. terbuka.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya Materi Pokok Radiasi Elektromagnetik  Bahaya Radiasi elekromagnetik Pembelajaran  Diskusi kelas tentang spektrum elektromagnetik  Diskusi kelas tentang sumber.

fenomena efek fotolistrik. kritis.Kompetensi Dasar terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya 1. Menggali informasi tentang aplikasi sinar-X dalam kehidupan manusia (mis: mesin foto Rontgen. jujur. teliti.  Diskusi kelas tentang sinar-X dan cara kerja mesin foto Rontgen. laser printer).2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan perubahan medan listrik dan medan magnet yang saling berkaitan sehingga memungkinkan manusia mengembangkan teknologi untuk mempermudah kehidupan 2.10 Memahami fenomena efek fotolistrik dan sinar X dalam kehidupan seharihari Materi Pokok  Konsep foton  Efek fotolistrik  Sinar-X Pembelajaran konsep foton. Menggali informasi tentang cara kerja mesin foto Rontgen. objektif. efek fotolistrik. sel surya. Young and Freeman. Menggali informasi tentang cara kerja mesin fotokopi. Jilid II Praktikum Fisika. hardcopy.  Menyelesaikan soal-soal konsep dan fenomena kuantum Observasi Ceklist lembar penilaian esai Portofolio Laporan dan presentasi hasil explorasi secara softcopy. mesin pengecekan bagasi bandara ). 13 . Alokasi Waktu  Sumber Belajar Fisika. Penilaian foton.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 3. sinar-X. mesin fotokopi. inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi 2. hati-hati. cermat. tekun. dan sinar-X Menggali informasi tentang aplikasi efek fotolistrik dalam kehidupan manusia (mis: sensor cahaya. kreatif. terbuka. powerpoin Tes Tes tertulis bentuk uraian. bertanggung jawab. dan aplikasinya dalam kehidupan manusia.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu. Depdiknas      Menanya  Diskusi kelas tentang efek fotolistrik dan cara kerja mesin fotokopi.

transmisi. Observasi Ceklis pengamatan pada saat presentasi Portfolio Laporan tertulis kelompok Tes Tes tertulis uraian 8 JP (2 x 4 JP) Giancoli 14 . transmisi.  Diskusi kelas tentang transmisi dan penyimpanan data secara digital. inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan Teknologi digital  Transmisi data  Penyimpanan data Mengamati  Mengali informasi tentang teknologi digital dan aplikasinya dalam kehidupan manusia. kreatif. dan penyimpanan data.Kompetensi Dasar 4. cermat. Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 1. tekun.  Menggali informasi tentang penyimpanan data.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya 1. dan aplikasinya dalam kehidupan manusia. hati-hati. terbuka. sinar-X. teliti.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu.10 Menyajikan hasil analisis data tentang penerapan efek fotolistrik dan sinar X dalam kehidupan sehari-hari Materi Pokok Pembelajaran Mengeksplorasi/Eksperimen Mengeksplorasi fenomena efek fotolistrik. kritis. bertanggung jawab.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan perubahan medan listrik dan medan magnet yang saling berkaitan sehingga memungkinkan manusia mengembangkan teknologi untuk mempermudah kehidupan 2.  Menggali informasi tentang transmisi data.  Menggali informasi tentang prinsip kerja phone-cell Menanya  Diskusi kelas tentang teknologi digital dan aplikasinya dalam kehidupan manusia. jujur. objektif. dan penyimpanan data.  Menyelesaikan soal-soal terkait terkait teknologi digital. Mengkomunikasikan Presentasi hasil eksplorasi secara audio visual dan atau powerpoin.  Diskusi kelas tentang prinsip Tugas  Membuat esai tentang teknologi digital.

11 Memahami transmisi dan penyimpanan data dalam bentuk digital dan penerapannya dalam teknologi informasi dan komunikasi 4.Kompetensi Dasar berdiskusi Materi Pokok Pembelajaran kerja phone-cell. Depdiknas 15 . Reaksi Inti.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya 1. Radioaktivitas dan Aplikasi dalam berbagai bidang Tugas  Membuat esai pribadi tentang dampak radioaktivitas  Menyelesaikan soal-soal Observasi Ceklis pengamatan pada saat presentasi Portfolio Laporan tertulis kelompok 12 JP (3 x 4 JP)    Fisika SMA Jilid III. Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 2. Fisika. Young and Freeman. kebocoran Reaktor Nuklir Chernobyl dari berbagai sumber Menanya Diskusi Kelas tentang Struktur Inti. Mengkomunikasikan Presentasi hasil eksplorasi secara audio visual dan atau powepoin.11 Menyajikan hasil penelusuran informasi tentang transmisi dan penyimpanan data dalam bentuk digital dan penerapannya dalam teknologi informasi dan komunikasi 1.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 3. Mengeksplorasi/Eksperimen Eksplorasi teknologi digital untuk transmisi dan penyimpanan data. Jilid II Praktikum Fisika.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan perubahan medan listrik dan medan magnet yang saling berkaitan sehingga memungkinkan manusia mengembangkan teknologi untuk mempermudah kehidupan Inti Atom     Struktur Inti Reaksi Inti Radioaktivitas Aplikasi Radioaktivitas Mengamati  Mencari informasi tentang peristiwa bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.

lingkungan. radioaktivitas. hati-hati. tekun. masalah dan solusinya.  Menyelesaikan soal-soal Observasi: 8 JP (2 x 4 JP) Giancoli 16 . dan pemanfaatannya dalam teknologi 4.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 3.12 Menyajikan informasi tentang pemanfaatan radioaktivitas dan dampaknya bagi kehidupan 1. terbuka. iklim. kritis.  Menggali informasi tentang sumber energi terbarukan dan tak terbarukan serta Tugas:  Membuat esai tentang sumber-sumber energi.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan perubahan medan listrik dan medan magnet yang saling berkaitan sehingga Materi Pokok Pembelajaran kehidupan Mengeksplorasi/Eksperimen Eksplorasi tentang dampak radioaktivitas bagi mahluk hidup. inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi 2. ekonomi. bertanggung jawab.Kompetensi Dasar 2.12 Memahami karakteristik inti atom. teliti. cermat. politik dan sosial Mengkomunikasikan Presentasi hasil eksplorasi secara audio visual dan atau powepoin. jujur. serta dampaknya terhadap lungkungan. Tes Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda Sumber energi:  Sumber energi terbarukan dan tak terbarukan  Pembangkitan energi listrik  Dampak lingkungan Mengamati:  Menggali informasi tentang pemanfaatan sumber-sumber energi dalam kehidupan manusia.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya 1.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu. objektif. kreatif.

nuklir.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 3. energi alternatif.  Diskusi kelas tentang dampak eksplorasi dan eksploitasi sumber energi terhadap lingkungan.  Diskusi kelas tentang pembangkitan energi listrik dan “green energy” (energi ramah lingkungan). kreatif. angin). Menanya:  Diskusi kelas tentang sumber energi terbarukan dan tak terbarukan serta keterbatasanketerbatasannya  Diskusi kelas tentang solusisolusi alternatif dari masalah keterbatasan sumber energi. geotermal.  Menggali informasi tentang pembangkitan energi listrik dari suatu sumber energi (mis: minyak. surya. hati-hati. jujur.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu. gas. biogas. inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi 2. cermat.Kompetensi Dasar memungkinkan manusia mengembangkan teknologi untuk mempermudah kehidupan 2.13 Memahami keterbatasan sumber daya energi dan dampaknya bagi kehidupan 4.13 Menyajikan ide/gagasan pemecahan masalah keterbatasan sumber daya energi. bertanggung jawab. kritis.  Menggali informasi tentang dampak ekplorasi dan eksploitasi sumber-sumber energi terhadap lingkungan. tekun. objektif. teliti. dan dampaknya bagi kehidupan Materi Pokok Pembelajaran keterbatasan-keterbatasannya. terbuka. Penilaian Ceklis pengamatan pada saat presentasi Portfolio Laporan tertulis kelompok Tes Tes tertulis uraian Alokasi Waktu Sumber Belajar 17 .

serta dampaknya bagi lingkungan. permasalahan dan solusinya.Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Mengeksplorasi: Eksplorasi tentang sumbersumber energi. Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 18 . Mengkomunikasikan: Presentasi hasil eksplorasi secara audio visual dan atau powepoin.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful