P. 1
Mengukur Massa Jenis Benda

Mengukur Massa Jenis Benda

|Views: 1,208|Likes:
Published by Dheny Orlando
mengukur massa jenis benda tak beraturan, mengukur massa jenis benda tak beraturan, mengukur massa jenis benda tak beraturan,
mengukur massa jenis benda tak beraturan, mengukur massa jenis benda tak beraturan, mengukur massa jenis benda tak beraturan,

More info:

Published by: Dheny Orlando on Jul 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/19/2014

pdf

text

original

MENGUKUR MASSA JENIS BATU

SMK KATOLIK ST. MIKAEL

Page 1

Laporan in iberisi (penjelasan isi makalah). Kami juga menyampaikan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan ini.Oleh karena itu kami meminta maaf bila ada kesalahan dalam kata-kata maupun penulisan. Laporan ini disampaikan untuk memenuhi tugas dari bpk tri yanto.Tanpa bantuan mereka. kelompok fisika. SMK KATOLIK ST. maka laporan ini tidak dapat dirampungkan. MIKAEL Page 2 .Kami menyadari bahwa laporan ini masih belum sempurna.Kata pengantar Puji dan Syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. dalam hal ini.Kami berharap laporanini dapat berguna bagi teman-teman sekalian. telah menyelesaikan praktikum Mengukur massa jenis benda. berkat rahmat dan karunia-Nya. selaku guru Fisika untukkelas XII.kami. dan menyusun laporan ini sebagai data hasil pengamatan kami.

2 Daftar Isi………………………………………………………………………………….5 DasarTeori……………………………………………………………………………………..………. MIKAEL Page 3 .alat&bahan……………………………………………………………………….…12 SMK KATOLIK ST.…11 Lampiran………………………………………………………………………………….7 a.….Daftar isi Judul………………………………………………………………………….……8 Pembahasan Data Percobaan…………………………………………………………………....I b.3 TujuanPenelitian……………………………………………………………………...4 LatarBelakang……………………………………………………………………………….9 Kesan&Saran…………………………………………………………………………………10 DaftarPustaka……………………………………………………………………………..6 MetodePenelitian…………………………………………………………………………….langkahkerja…………………………………………………………………….II TabelHasilPercobaan……………………………………………………………………..………………1 Kata Pengantar……………………………………………………………………………….

Setiap zat SMK KATOLIK ST. selisih volume tersebut adalah volume benda yang dimasukkan ke dalam gelas ukur. MIKAEL Page 4 .SatuanSImassa jenis adalahkilogrampermeterkubik (kg·m-3)Massa jenis berfungsi untuk menentukan zat. Sebuah benda yang memiliki massa jenislebih tinggi (misalnyabesi) akan memiliki volume yang lebih rendahdaripada benda bermassa sama yang memiliki massa jenis lebih rendah(misalnyaair).kemudian diamati selisih volumenya.TujuanPenelitian Supaya siswa tahu bagaimana cara mengukur massa jenis suatu benda tak beraturan. Sedangkan untuk benda tidak beraturan pengukuran volume dilakukan dengan cara memasukkan benda tersebut kedalam gelas ukur yang di isi dengan air dengan volume tertentu. massa jenis suatu benda bersifat tetap artinya jika ukuran dan bentuk benda diubah massa jenis benda tidak berubah. Semakin tinggi massa jenis suatu benda. maka semakin besar pula massa setiap volumenya. Massa jenis rata-rata setiap benda merupakan total massadibagi dengan total volumenya. kemudian menghitungnya dengan rumusan sisi pangkat tiga. hal ini disebabkan oleh kenaikan massa benda atau sebaliknya kenaikan volume benda diikuti secara linier dengan kenaikan volume benda atau massa benda. misal untuk bentuk kubus maka yang harus dilakukan adalah mengukur panjang sisi kubus. untuk benda yang beraturan bentuknya dapat dilakukandenganrumusan yang sesuai. Latar Belakang Dalam kehidupan sehari – hari kita selalu berhubungan dengan berbagai macam benda yang selalu kita gunakan untuk menunjang segala aktivitas kita. Pengetahuan tentang massa jenis dalam sebuah praktikum sangat penting mengingat bahwa pengetahuan tentang massa jenis akan selalu kita butuhkan dan selalu kita gunakan dalam praktikum lanjutan atau dalam pengaplikasiannya dalam penelitian dan kehiidupan sehari – hari. DasarTeori Massa jenis adalah pengukuran massa setiap satuan volume benda. misalnya ukurannya diperbesar sehingga baik massa benda maupun volume benda makin besar. Massa jenis merupakan nilai yang menunjukkan besarnya perbandingan antara massa benda dengan volume benda tersebut. A. Tapi tahukah kita bahwa setiap benda itu memiliki massa jenis yang berbeda antara satu dan yang lainnya. seperti neraca analitik atau yang lainnya. walaupun kedua besaran yang menunjukan ukuran benda tersebut makin besar tetapi massa jenisnya tetap. Untuk menentukan massa benda dapat dilakukan dengan menimbang benda tersebut dengan timbangan yang sesuai. untuk menentukan volume benda dapat dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan bentuk bendanya. setelah itu dapat dihitung berapa massa jenis benda dengan rumusan massa benda dibagi volume benda.

Massa jenis besi berbeda dengan massa jenis perak. Berapa pun volum atau massa suatu zat. Massa jenis disebut juga Kerapatan (density).Massa jenis dilambangkan dengan huruf Yunani yaiitu ρ (rho). Dan satu zat berapapun massanya berapapun volumenyaakan memiliki massa jenis yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa massa jenis merupakan cirri khas suatu zat. Air satu gelas dan air satu ember memiliki massa jenis yang sama.Satuan massa jenis yang lain adalah gr/m3. kita dapat menghitung massa zat bila volumnya diketahui. Kita juga dapat menghitung volum zat bila massanya diketahui.Volume zat padat dapat ditentukan melalui b e b e r a p a c a r a bergantung pada wujud dan keadaan zat. Alat yang digunakan adalah gelas ukur atau gelas berpancuran.Demikian juga dengan zat yang lain. Menentukan volum zat Volum zat dapa ditentukan melalui beberapa cara gantung pada wujud dan keadaan zat. kerikil da logam yang bentuknya tidak teratur. Massa jenis dapat disusun menjadi: m = ρ V dan V = m/ρ Dengan dua rumus yang terakhir ini.Rumus untuk menentukan massa jenis adalahdengan Perbandingan massa dengan volum disebut massa jenis. berarti massa jenis relative sama dengan massa jenis suatu zat dibagi massa jenis air. untuk percobaan kali ini a d a l a h mengukur zat padat yang bentuknya tidak beraturan. untuk benda yang tidak beraturan . MIKAEL Page 5 . Massa jenis suatu zat tidak bergantung pada massa atau volum zat tersebut. massa jenis untuk zat tersebut selalu tetap. Contohnya: batu.memiliki massa jenisyang berbeda. Cara SMK KATOLIK ST. Massa jenisrelative Massa jenisrealtif( Pr) adalah perbandingan massa benda dengan massa air bila volumnya sama. Mengingat volum benda sama dengan volum air. volumny diukur secara langsung. Massa jenis kayu berbeda dengan masa jenis gabus. Massa jenis air berbeda dengan massa jenis minyak. Rumusnya adalah : ρ =V m Dimana :m = massa (kg) V = volume (m3) ρ = massa jenis gr/ml Satuan massa jenis menurut satuan S1 adalah kg/ m3 .Massa jenis relative tidak memiliki satuan.

4. masukkan ke dalam table Ikat batu dengan tali masukkan batu satu per satu Ukur volume masing-masing batu.langkah kerja Cara kerja Praktikum kali ini adalah : 1. masukkan ke dalam table Hitung massa jenis masing-masing batu.alat & bahan o o o o gelas ukur tali air 5 batu b. 6. Ambil 5 buah batu dengan ukuran berbeda-beda Isi gelas ukur dengan air sebanyak 70ml Ukur masing-masing batu. 5.mengukurnya digambarkan epertiberikut ini : MetodePenelitian a. 3. 2. gunakan persamaan: p=m/v Tabel hasil percobaan No Massa (Kg) Volume Benda (m3) Massa Jenis Page 6 SMK KATOLIK ST. MIKAEL .

volume awal (Vo). SMK KATOLIK ST. penunjuk dan balok alumunium yang akan diukur volumenya. 3. MIKAEL Page 7 . V. Massa jenis adalah hasil pengukuran massa setiap satuan suatu benda. tambahan volume ini sama dengan volume benda yang dimasukkan ke dalam gelas ukur. volume akhir.volume awal – volume akhir 1 2 3 4 5 Pembahasan data percobaan Benda (Kg/m3) Pada percobaan ini bertujuan untuk mengukur massa jenis benda padatyang bentuknya tidak beraturan. setelah semuanya diketahui kemudian kita hitung massa jenis pada tiap-tiap benda tersebut diatas. Permukaan air akan naik menunjuk pada volume tertentu. volume awal. Dalam percobaan kali ini mula-mula gelas ukur diisi air. KESIMPULAN 1. dapat disimpulkan bahwa : 2. penunjuk dan balok alumunium masing-masing kita mengukur massa (m). volume air dicatat kemudia ke dalam gelas ukur dimasukkan beban. volume akhir (V1)danvolume benda (V). Kesalahan pada saat menentukan nilai baik massa. Dari hasil praktikum yang telah kita lakukan. volume benda dan massa jenis. Untuk mengukur massa jenis kita gunakan rumus : ρ=Mv Kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi yaitu : 1. Beban. Kesalahan pada saat menghitung ketidakpastian alat yangdigunakan Karena praktikan kurang teliti dan tepat dalam menggunakan alat pada saat melakukan percobaan 2. .

scribd. 4. dan berbanding lurus denga massanya. 6. Kesan & Saran Sebelum praktikum sebaiknya membaca aturan atau prosedur yang ada.com/doc/56779199/Laporan-Fisika-Berat-Jenis-Zat-Padat-Dan-Zat-Cair http://www. Untuk dapat terapung.com/doc/25290628/Laporan-Praktikum-Massa-Jenis-batu SMK KATOLIK ST. suatu benda dalam air harus mempunyai massa jenis lebih besar daripada massa jenis air.3. suatu benda dalam air harus mempunyai massa jenis yang sama dengan massa jenis air. 5. suatu benda dalam air harus mempunyai massa jenis lebih kecil daripada massa jenis air. Massa jenis suatu bahan berbanding terbalik dengan volumenya. Daftar Pustaka http://www. MIKAEL Page 8 . Untuk dapat melayang.scribd. Untuk dapat tenggelam.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->