MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Dhanang Respati Puguh Mahendra P. Utama

JURUSAN SEJARAH FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO

1

ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU

materi pembelajaran
         

Pengertian Kebudayaan Perwujudan Kebudayaan Substansi Kebudayaan Sifat Hakikat Kebudayaan Unsur-unsur Kebudayaan Manusia sebagai Pencipta dan Pengguna Kebudayaan Pengaruh Kebudayaan terhadap Lingkungan Perkembangan Kebudayaan Problematika Kebudayaan Perubahan Kebudayaan

ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU

2

karsa.  ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 3 . dan rasa.  Bersinonim dengan culture (Inggris). menyuburkan.  Culture: segala daya dan aktivitas manusia untuk mengolah dan mengubah alam. mengembangkan tanah (bertani). cultuur (Belanda). mengerjakan. colere (Latin): mengolah. akal  Budaya ’budi’ + ‘daya’: cipta.pengertian kebudayaan: etimologi Budhayah Buddhi (Ç): budi.

pengertian menurut para ahli  E.  R.B. dan ditransmisikan dari generasi ke generasi. keilmuan. hukum. LINTON Konfigurasi tingkah laku dan hasil tingkah laku yang dipelajari. dijadikan milik bersama. kesenian. moral. ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 4 . adatistiadat. kepercayaan. TYLOR Kompleks pengetahuan. dan kebiasaan yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat.

 Selo Soemardjan dan Soeleman Soemardi Semua hasil karya.pengertian menurutpara ahli  Koentjaraningrat Keseluruhan sistem gagasan yang dijadikan milik diri manusia melalui proses belajar. rasa.  Herkovits Bagian dari lingkungan hidup yang diciptakan oleh manusia ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 5 . dan cipta masyarakat.

simpulan  Kebudayaan menyangkut keseluruhan aspek kehidupan manusia baik material maupun nonmaterial. ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 6 .  Diperoleh melalui proses belajar (sosialisasi) ditransmisikan dari generasi ke generasi.  Dijadikan milik diri manusia (internalisasi).  Dijadikan pedoman dalam hidup bermasyarakat.

J.  J. ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 7 .perwujudan kebudayaan  Wujud kebudayaan adalah suatu rangkaian aktivitas manusia yang berpola. activities. dan artifact. Honigmann membagi budaya dalam tiga wujud: ideas.

ACTIVITIES  Pola tindakan  Interaksi sosial  Setengah ARTIFACTS  Hasil karya nilai. norma  Alam pikiran aktor  Abstrak  Cultural System manusia  Konkret konkret  Social System ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 8 .tiga wujud kebudayaan IDEAS  Pengetahuan.

kepercayaan. persepsi. maupun etos kebudayaan. nilai. pandangan hidup.  Sistem gagasan itu memberi jiwa kepada masyarakat itu sendiri baik atau berupa sistem pengetahuan.substansi (isi) kebudayaan  Isi utama kebudayaan merupakan wujud abstrak dari segala macam ide dan gagasan manusia yang muncul dalam masyarakat. ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 9 .

sifat dan tingkah laku sesama manusia. alam flora dan fauna di daerah tempat tinggal. ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 10 .sistem pengetahuan  Sistem pengetahuan yang dimiliki manusia sebagai makhluk sosial bersifat akumulatif. ruang dan waktu. zat-zat bahan mentah dan benda-benda di lingkungannya.  Diperoleh dari perjalanan hidup manusia dalam memahami: alam sekitar. tubuh manusia.

 Petunjuk-petunjuk yang bersifat simbolis (komunikasi simbolik).sumber pengetahuan  Pengalaman dalam kehidupan sosial.  Pengalaman dari pendidikan formal dan nonformal. ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 11 .

baik (nilai moral/ etis).  Sesuatu dianggap memiliki nilai apabila berguna dan berharga (nilai kebenaran). dicita-citakan. ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 12 .nilai  Nilai adalah sesuatu yang baik yang selalu diinginkan. dan religius (nilai agama). dan dianggap penting oleh seluruh manusia sebagai anggota masyarakat. indah (nilai estetika).

penentu orientasi nilai budaya manusia di dunia adalah lima dasar yang bersifat universal:  Hakikat hidup manusia  Hakikat karya manusia  Hakikat waktu manusia  Hakikat alam bagi manusia  Hakikat hubungan antarmanusia ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 13 .penentu orientasi nilai Menurut C. Kluchohn.

pandangan hidup  Pandangan hidup merupakan pedoman bagi suatu bangsa atau masyarakat dalam menjawab atau mengatasi berbagai masalah yang dihadapinya.  Pandangan hidup merupakan nilai-nilai yang dianut oleh suatu masyarakat yang dipilih secara selektif oleh individu. ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 14 . kelompok atau bangsa.

hingga monoteisme. yang dianggap mampu mengendalikan hidupnya. yaitu dimensi lain di luar diri dan lingkungan manusia. ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 15 .kepercayaan  Naluri manusia untuk menghambakan diri kepada Yang Mahatinggi.  Diwujudkan dalam berbagai bentuk religi mulai dari animisme. politeisme.

ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 16 . 3 macam persepsi:  SENSORIK: persepsi tanpa menggunakan salah satu indera manausia.  TELEPATI: kemampuan pengetahuan aktivitas mental individu lain.  CLAIRVOYANCE: kemampuan melihat peristiwa atau kejadian di tempat lain.persepsi (sudut pandang)  Titik tolak pemikiran yang tersusun dari seperangkat kata yang digunakan untuk memahami kejadian alam atau gejala dalam kehidupan.

ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 17 .etos kebudayaan  Jiwa kebudayaan  Pattern of culture  Watak khas kebudayaan  Dapat diidentifikasi dari gaya perilaku warga suatu masyarakat.

 Keberadaannya mendahului kelahiran suatu generasi dan tidak akan mati dengan habisnya generasi yang bersangkutan. ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 18 . ditolak.  Diperlukan untuk membimbing dan mewujudkan tingkah laku manuia.  Mencakup aturan-aturan yang berisi kewajiban dan tindakan yang diterima. dilarang. dan diizinkan.sifat hakiki kebudayaan  Terwujud dan tersalurkan dalam perilaku manusia.

unsur-unsur pokok kebudayaan BRONISLAW MALINOWSKI  sistem norma  organisasi ekonomi  alat-alat dan lembaga pendidikan  organisasi kekuatan MELVILLE J. HERKOVITS  alat-alat teknologi  sistem ekonomi  keluarga  kekuasaan politik ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 19 .

Kebudayaan Material 2.jenis kebudayaan Jenis kebudayaan dapat dikelompokkan menjadi: 1. Kebudayaan Nonmaterial  norma kelaziman (volkways)  norma kesusilaan (mores)  norma hukum  mode (fashion) ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 20 .

Berger: Hubungan antara manusia dan kebudayaan terjadi melalui proses dialektika fundamental. ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 21 . fantasi. intuisi.manusia sebagai pencipta dan pengguna kebudayaan  Daya manusia: akal.  Manusia juga dipengaruhi atau dibentuk oleh kebudayaan.  Dengan daya itu manusia menciptakan kebudayaan. intelegensia. perasaan dan emosi. kemauan. dan perilaku.  Peter L.

 INTERNALISASI Realitas objektif hasil ciptaan manusia diserap kembali oleh manusia dan dijadikan sebagai bagian dari hidupnya.  OBJEKTIVIKASI Aktivitas manusia menghasilkan realita objektif. ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 22 .3 proses dalam dialektika fundamental  EKSTERNALISASI Proses pencurahan diri manusia secara terus-menerus ke dalam dunia melalui aktivitas fisik dan mental. yang berada di luar diri manusia.

Modal dasar pembangunan. Pengaturan agar manusia dapat mengerti bagaimana seharusnya bertindak. Wadah untuk menyalurkan perasaan dan kemampuan lain. Pembimbing kehidupan dan penghidupan manusia. berbuat.peranan kebudayaan  Pedoman dalam hubungan antarmanusia atau      antarkelompok. Pembeda manusia dari binatang. menentukan sikapnya jika berhubungan dengan orang lain. ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 23 .

 Environmental Orientation and Representation perbedaan persepsi dan kepercayaan mengenai lingkungannya. dan fauna. ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 24 .  Socio Cultural Environment proses sosialisasi.  Physical Environment temperatur. iklim.  Environmental Behavior and Process mode eksploitasi terhadap ligkungan. flora. kondisi geografis. curah hujan.  Out Carries Product hasil tindakan manusia dalam memodifikasi lingkungan fisik. adat-istiadat.hubungan timbal-balik antara kebudayaan dan lingkungan Variabel yang perlu diperhatikan dalam hubungan antara kebudayaan dan lingkungan. dan nilai-nilai. norma.

Perubahan kebudayaan sedapat mungkin diarahkan untuk memberikan manfaat bagi manusia dan kemanusiaan.  Pengadopsian beberapa elemen kebudayaan material yang telah dikembangkan oleh masyarakat lain.perubahan kebudayaan Penyebab perubahan kebudayaan:  Perubahan lingkungan alam. ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 25 .  Kontak dengan kelompok lain. bukan yang merusak atau memusnahkan manusia sebagai pencipta kebudayaan.  Penemuan (discovery).

 Perbedaan persepsi atau sudut pandang (misalnya: antara masyarakat dan pelaksana pembangunan/ pemerintah).  Sikap etnosentrisme.problematika kebudayaan  Perbedaan pandangan hidup dan sistem kepercayaan.  Masyarakat yang terasing dan kurang berkomunikasi dengan masyarakat luar.  Sikap tradisionalisme yang berprasangka buruk terhadap hal-hal baru. ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 26 .  Faktor psikologis.  Penyalahgunaan IPTEKS.

 Perkembangan kebudayaan bersifat kompleks.perkembangan kebudayaan  Perkembangan kebudayaan sejalan dengan perkembangan manusia.  Kebudayaan yang dimiliki oleh suatu kelompok sosial tidak terhindar dari pengaruh kebudayaan kelompok-kelompok lain dengan adanya kontakkontak antarkelompok atau melalui proses difusi. dan memiliki eksistensi dan kesinambungan serta menjadi warisan sosial. ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 27 .

 Perubahan zaman mendorong perubahan di segala bidang.adopsi kebudayaan  Suatu kelompok sosial akan mengadopsi suatu kebudayaan tertentu bilamana kebudayaan itu berguna untuk mengatasi atau memenuhi tuntutan yang dihadapinya. ISBD/Manusia dan Kebudayaan/DRP/MPU 28 .  Pengadopsian suatu kebudayaan tidak terlepas dari pengaruh faktor lingkungan fisik.  Dalam proses pengembangan kebudayaan perlu adanya kontrol atau kendali terhadap perilaku reguler yang ditampilkan oleh penganut kebudayaan. termasuk kebudayaan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful