Prediksi Soal CPNS 2012

Prediksi Bahasa Indonesia 1. Kalimat manakah yang paling baik sesuai kaidah Bahasa? A. Bagi para peserta yang mengajukan naskah, diharapkan agar ringkasan naskah telah dikirim sebelum tanggal 8 Agustus 2010 B. Para peserta yang akan mengajukan naskah, diharapkan agar ringkasan naskah telah dikirim sebelum tanggal 8 Agustus 2010 C. Untuk para peserta yang akan mengajukan naskah, diharapkan agar ringkasan naskah telah dikirim sebelum tanggal 8 Agustus 2010 D. Para peserta yang akan mengajukan naskah, diharapkan agar supaya ringkasan naskah telah dikirim sebelum tanggal 8 Agustus 2010 E. Hendaklah sebelum tanggal 8 Agustus 2010 para peserta agar supaya mengirimkan naskahnya 2. Kalimat manakah yang penulisan huruf kapitalnya benar ? A. Cagar Alam Ujung Kulon yang terletak di ujung paling barat Jawa Barat termasuk kabupaten Pandeglang. B. Cagar alam Ujung Kulon yang terletak di ujung paling barat Jawa Barat termasuk kabupaten Pandeglang. C. Cagar Alam Ujung kulon yang terletak di ujung paling barat Jawa Barat termasuk kabupaten Pandeglang. D. Cagar Alam Ujung Kulon yang terletak di ujung paling Barat Jawa Barat termasuk kabupaten Pandeglang. E. Cagar Alam Ujung Kulon yang terletak di ujung paling barat Jawa barat termasuk kabupaten Pandeglang. 3. Kalimat manakah yang menggunakan tanda baca yang benar ? A. Prof, Dr, Jaelani Jusuf S.H. B. Prof. Dr, Jaelani Jusuf, S.H. C. Prof, Dr. Jaelani Jusuf, SH. D. Prof. Dr. Jaelani Jusuf, SH. E. Prof. Dr., Jaelani Amin SH 4. Kalimat manakah yang merupakan kalimat efektif yang benar ? A. Syakib sudah menjelaskan tentang masalah itu B. Syakib sudah menjelaskan mengenai masalah itu C. Syakib sudah menjelaskan terhadap masalah itu D. Syakib sudah menjelaskan masalah itu E. Syakib sudah jelaskan masalah itu

5. Penulisan NIP yang benar adalah A. NIP. 080076545 B. NIP, 080076545

Memiliki telur C. NIP . Menunjukkan keterangan kepemilikan terhadap telur 10. D. Imbuhan ber pada kalimat tersebut bermakna… A. E. yang bermakna ameliorasi adalah A. NIP 080076545 D. Babu E. Ayam Pak Jimbron bertelur lima butir. Kalimat ini mengandung majas… A. Gedung hancur E. Inti kalimat dari :Gedung mewah itu hancur ketika terjadi gempa adalah… A. Rembulan tersenyum lembut padaku malam ini. Gempa menghancurkan gedung 9. Gedung kena gempa C. Litotes B. Litotes B. Pramusaji C. Jawa Tengah berhasil menyabet 30 emas pada PON kemarin. B. Buruh D. Kacung 8. Makna kata rumah makan setara dengan Kapal api Rumah-rumahan Rumah mungil Kapal terbang Restoran baru 7. Gedung mewah B. Mengerami telur E.C. Menghasilkan telur D. Perwakilan . Pelayan B. Totem pro parte C. A. Konotatif D. Kalimat ini mengandung majas… A. Dari kata-kata berikut ini. Totem pro parte C. Eufimisme 11. Pars pro toto D. Personifikasi E. Sudah ada telurnya B.080076545 6. Hiperbola E. Gempa D. C. NIP: 080076545 E.

Terjadinya pertentangan antar negara B. Armin Pane E. John Locke adalah salah satu cendekiawan terkenal. yang memiliki pendapat mengenai : A.T. Menteri Kesehatan menjelaskan kebijakan Pemerintah dalam bidang kesehatan kepada Pers dengan memakai bahasa Indonesia. Bahasa resmi kenegaraan E. Baru dibahas D. Sebab umum terjadinya Perang Dunia I tahun 1914-1918 adalah sebagai berikut. Kelapa muda B. Hal ini menunjukkan fungsi bahasa Indonesia sebagai… A. Timbulnya gerakan nasionalisme di berbagai negara C. Surat keputusan kepala departemen C. Abdul Muis B. Alisjahbana 15. Bahasa Indonesia yang baku tidak harus dipakai dalam … A. Terbunuhnya Putra Mahkota Inggris 17. Tempe busuk C. Surat lamaran kerja yang ditujukan kepada Perusahaan kecil B. Munculnya persekutuan politik E. Sumur dangkal E. S. Abdul Jabbar C. Novel Salah Asuhan adala karya … A. Bahasa yang lebih tinggi dibanding bahasa daerah B. Bahasa luhur bangsa D. kecuali A. Pembagian kekuasaan negara menjadi tiga bagian . Ungu gelap Prediksi Sejarah 16.12. Bahasa kesepakatan seluruh rakyat 13. Surat dari Kepala Sekolah kepada wali murid D. Bahasa persatuan C. Revolusi Perancis yang terjadi pada tahun 1789 tidak terlepas dari pengaruh pemikiran cendekiawan tentang demokrasi dan hukum. Terjadinya perlombaan senjata D. Surat wakil direktur kepada ibunya E. Marah Rusli D. Manakah berikut ini yang tidak memiliki pola DM (Diterangkan –Menerangkan) A. Surat pengunduran diri kepada atasan 14.

Perang Diponegoro akhirnya selesai setelah Pangeran Diponegoro Ditangkap dan dibuang ke Makassar. Legislatif E. Prerogatif C. Nyi Ageng Serang D. Sultan Ageng Tirtayasa 19.B. pada tanggal 16 Oktober1945 KNIP mengusulkan kepada Presiden Soekarno agar diberi hak : A. Kekuasaan tertinggi ada di tangan perwakilan rakyat 18. Hal ini disebabkan oleh A. B. bukan kekuasaan perorangan D. Sarikat Islam (SI) dalam waktu yang sangat singkat segera berkembang menjadi gerakan massa yang memiliki anggota sangat banyak. Zigzag Kabinet B. Eksekutif B. Perlunya pemisahan masalah politik dan ekonomi E. Memperoleh dukungan dan ijin dari pemerintah Hindia-Belanda. Selama perang tersebut berlangsung. Nyi Blorong E. Mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam E. SI mampu mengaktifkan cabang-cabang yang tersebar di seluruh daerah di Indoensia 20. Pangeran Diponegoro dibantu oleh A. Panglima Polim B. Sistem kabinet yang diprakarsai oleh Juanda di Indonesia bernama : A. Lebih Nasionalis platformnya D. Cut Nyak Dien C. Yudikatif D. Kabinet Ali Sastro . Kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat C. Angket 21. Memiliki tokoh populer seperti HOS Cokroaminoto C. Negara haruslah diatur berdasarkan hukum. Selama MPR dan DPR Belum terbentuk.

Konstituante dan DPR E. Demokratis E. Bahasa C. Berbagai saluran masuknya Islam ke Indonesia adalah seperti berikut ini. Zaken Kabinet E. Gencatan senjata E. Perjuangan diplomasi kemerdekaan C. Kabinet Pejuang 22. Tasawuf D. Kekalahan bangsa Indonesia D. Perjalanan Renville dan Perjanjian Linggarjati merupakan : A. Perkawinan Prediksi Pemerintahan & Tata Negara 26. Kabinet Wilopo D. kecuali : A. DPR B. Perjuangan ekonomi politik 23. Yaitu untuk memilih wakil rakyat yang duduk di dewan : A. Militeristik C. Konstituante D. DPR dan MPR 25. Kemenangan politik bangsa Indonesia B. Otoriter D. Iklim politik negara Indonesia pada tahun 1955 (tahun penyelenggaraan pemilu yang pertama di Indonesia) adalah : A. Presidensial 24. Feodalistik B. Perdagangan E.C. MPR C. Kesenian B. Pemilu di Indonesia yang pertama kali diadakan pada tahun 1955. Tujuan Implementasi kebijaksanaan otonomi daerah (otonomi khusus) .

Rujukan B. UU Nomor 35 tahun 1999 E. Terpilihnya gubemur/bupati/walikota secara demokratis D.termasuk dalam hal pemekaran propinsi. Prudens D. Kebijaksanaan mengenai perimbangan keuangan pusat dan daerah diatur dalam : A. UU Nomor 25 tahun 2000 28. Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) B. E. Keputusan hakim terdahulu yang sering diakui dan dijadikan dasar keputusan oleh hakim kemudian mengenai masalah yang serupa disebut dengan istilah : A. UU Nomor 35 tahun 2000 D. kabupaten/kota dan kecamatan di Indonesia dalam bidang pertahanan keamanan negara memiliki tujuan A. kecuali: A. Menjamin terselenggaranya kerjasama antar daerah C. Konvensi E. Menjaga dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Rakyat . UU Nomor 25 tahun 2002 C. Peradilan Konstitusi D. Rekondisi 30. Yang bukan merupakan unsur-unsur negara adalah : A. Mereformasi birokrasi daerah 27. Peradilan Tata usaha negara 29. Yurisprudensi C. Kekuasaan kehakiman dilakukan oleh lembaga Mahkamah Agung (MA) dan juga oleh badan peradilan di bawahnya seperti berikut. UU Nomor 25 tahun 2001 B. Peradilan Umum E. Peradilan Militer C. Peradilan Agama B.

terjadi pada tanggal A. Australia . OPEC D. Referendum ini diadakan pada tanggal A. Februari 2010 B. 9 Desember 1945 C. 9 Januari 2010 C. Melecehkan arti perdamaian dan melakukan pembantaian rakyat sipil rutin setiap hari sampai dengan sekarang adalah : A. Berikut ini adalah organisasi internasional yang Indonesia turut menjadi anggota. Inggris C. Amerika Serikat E. 9 Januari 2012 34. Februari 2011 C. 9 Desember 1947 B. 9 Desember 1944 E. APEC B. Pembantaian Rawagede oleh Belanda saat Agresi Militer. UN E. Mubarak mundur pada: A. Pemerintah 31. Kebijakan E. 9 Februari 2010 E. Negara yang paling banyak melecehkan Resolusi PBB. Israel B. ASEAN C. 9 Desember 1946 D. NAFTA 32. Januari 2012 33. Referendum di Sudan akhirnya memisahkan Negara Sudah Utara dan Sudah Selatan. Belanda D. Pengakuan dari negara lain D. Februari 2012 D. Hosni Mubarak mundur sebagai Presiden Mesir setelah ditekan oleh rakyatnya sendiri melalui serangkaian demonstrasi. 9 Februari 2011 D. Januari 2011 E. 9 Januari 2011 B. kecuali : A. Wilayah C. 9 Desember 1948 35.B.

Pemerintahan berdasarkan sistem konstitusi (hukum dasar). "Negara Kesatuan" memiliki makna : A. Negara yang tidak mentolerir adanya gerakan separatisme 38. Mr. Ketua KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat) yang terpilih tanggal 29 Agustus 1945 adalah A. IPA C. Mr. Indonesia adalah negara berdasarkan hukum (rechstaat) bukan berdasarkan kekuasaan belaka (machstaat) B. Menteri negara adalah pembantu presiden. Mr. Sutardjo Kartohadikusuma D. Sutardjo Suryoguritno B. Organisasi kerjasama parlemen antar negara-negara anggota ASEAN adalah A. tidak bersifat absolutime (kekuasaan yang tak terbatas) C.36. Adam Malik E. J. AIPAC 40. Apa yang dimaksud dengan balance of power tersebut ? . Negara yang rakyatnya multietnis namun tetap damai dan bersatu C. Negara yang wewenang legislatif tertingginya dipusatkan dalam satu badan legislatif nasional (pusat). Kasman Singodimejo C. D. Presiden adalah penyelenggara pemerintahan tertinggi dibawahMajelis E. Mr. dan harus bertanggungjawab kepada DPR 37. OECD E. Dalam penyelenggaraan pemerintahan ada istilah balance of power. Negara dengan satu Presiden sebagai pemersatu kekuasaan E. OAPC B. Latuharhary 39. Manakah pernyataan tata negara Indonesia berikut ini yang tidak benar ? A. Negara yang meskipun terdiri dari banyak pulau tapi tetap satu jua B. Kekuasaan negara tertinggi di tangan MPR D. Mr. Secara politik. AIPO D.

Pada Piagam Jakarta disebutkan adanya kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya sedangkan pada UUD 1945 tidak D. Pemusatan kekuasaan E. UUD 1945 telah mengalami amandemen sebanyak A. dan hak angket. DPR + DPD DPR + Utusan Golongan DPR + Fraksi tambahan DPR + Utusan Propinsi DPR + DPA 44. Perbedaan pandangan mengenai sistem sosial Indonesia B. B. hak menyatakan pendapat. Pembagian kekuasaan Prediksi Pancasila & UUD 45 41. Penyelarasan kekuasaan D. Penyeimbangan kekuasaan C. Perbedaan isi Piagam Jakarta dengan Pembukaan UUD 1945 adalah A. Berdasarkan UUD 1945 amandemen keempat.Pada Pembukaan UUD 1945 disebutkan lima sila E. D.Perbedaan pandangan mengenai sistem politik Indonesia C.A. UUD 1945 pasal berapakah yang menyebutkan hak-hak DPR seperti hak interpelasi. C. D. B. E. C. ? . Satu kali Dua kali Tiga kali Empat kali Lima kali 42.Perbedaan pandangan mengenai penghapusan penjajahan 43. Penitikberatan kekuasaan pada satu lembaga untuk mewujudkan stabilitas politik B. Sampai dengan tahun 2002. 10 Agustus 2002. E. anggota MPR terdiri dari A.

E. C. Merupakan keunikan yang nyata 47. B. C. D.A. Hierogliph Sansekerta Prapanca Kertajaya Negarakertagama 46. Pemerintah wajib melindungi setiap WNI muslim yang ingin menjalankan syariat Islam.Isi arti Pancasila dalam realisasi praktis di berbagai bidang kehidupan bersifat khusus. Hal ini berdasarkan… A. Pancasila sila kedua Pancasila sila pertama dan UUD 45 pasal 29 Pembukaan UUD 45 Pancasila sila kelima UUD 45 pasa 19 48. konkret dan dinamis B. Berasal dari bahasa apakah istilah "Pancasila" ? A. Keunggulan demokrasi Pancasila bila dibandingkan dengan demokrasi lainnya. E. D. C. Apa maksud dari isi Pancasila bersifat khusus konkret ? A. C. Keputusan diambil melalui musyawarah mufakat Keputusan diambil dengan voting Keputusan diambil dengan suara terbanyak . B. B. B. C. D. Pasal 20 A ayat 1 Pasal 20 A ayat 2 Pasal 20 A ayat 3 Pasal 20 A ayat 4 Pasal 20 A ayat 5 45. adalah A. D. Akar pengetahuan Pancasila adalah khusus dan nyata Hanya khusus diberlakukan di Indonesia saja Merupakan gabungan nilai-nilai luhur beberapa bangsa pilihan di dunia E. E.

Visited E.D. E. B. B. D. I . Those diplomats …………. D. Budi Utomo Muh. my sister last week A.in Jakarta for four years A. Are E. Salah satu tokoh yang ikut merumuskan Pancasila adalah A. Sila pertama Sila kedua Sila ketiga Sila keempat Sila kelima Prediksi Bahasa Inggris 51. Visiting D. Visit C. Yamin Adam Malik Sarwo Edhi Wibowo Soeharto 50. Been D. Am visiting B. Has been B. C.. E. E.………. Have been C. adalah bertolak belakang dengan pengamalan Pancasila A. Have been visiting . C. Keputusan diambil dengan melandaskan pada rasa kemanusiaan Hasil keputusan bisa dipertanggungjawabkan 49. yang di kanan kiri masih banyak rakyat miskin. Is 52. Bergaya hidup mewah di negara berkembang seperti Indonesia.

Syakieb …………. Same same E. Syakieb is 24 years old. His piano recital was truly an …………experience A. Had been E. B is square. Been C. A is square. A. Are as old as E. Are old D. Is the same 55. Is old as 56. Forgetten 58. Insya Allah A. My brother will ………. Dive D. As same D. Unforgettable D. To dive C. there tomorrow. Unforgettably E. Same B. My supervisor corrects my task. Being D.53. The same C.Lia A. Dived 57. Same old B. Lia is 24 years old. Be being 54. Diving B. A and B are…………… A. Is As old as C. To be dived E. I’m not keen on ………. Be B. My task ……………… my supervisor . Unforgotten B. Forgettably C.

Ate C. A.1 5. “I never eat pork”. Had eaten 60. Is corrected by D. Pandeglang. he explained. Tanda baca yang tepat adalah Prof. kalimat lain tidak efektif dan tidak baku 2. D. Cagar Alam. Perhatikan tanda bacanya. Had died a year ago C. Dr. She said that her grandfather…………………… A. C. Was correct by B. Jaelani Jusuf 4. Eaten D. Is correct by C. A. She said. “My grandfather died a year ago”. Jawa Barat.A. Rumah makan adalah kata majemuk yang disusun dari Kata benda (rumah) + kata kerja (makan). 6. Kapal terbang = Kata benda + Kata kerja . Has eaten E. D. Have died a year ago Jawaban & Pembahasan 1. He explained that he never…………pork. Were corrected by 59. Perhatikan huruf kapital. Eat B. Corrected by E. B. Syakib sudah menjelaskan masalah itu. Had died a year before D. Lihat penjelasan no. Has died a year before E. D. Ujung Kulon. Has died a year ago B. 3.

C. bukan seluruh bangsa Indonesia) Hiperbola : mengungkapkan secara berlebihan yang tidak masuk akal. 11. beramai-ramai  Memiliki : beristri. Jadi intinya adalah Gedung Hancur. Misalnya: air matanya membanjiri rumahku.7. D. Misalnya : Indonesia berhasil merebut 56 medali emas (padahal yang merebutnya adalah atletnya saja. Dan Gempa hanya menjelaskan penyebab hancur. berkata  Berada dalam keadaan : berbahaya. Mewah hanya menjelaskan kondisi gedung. D. 16. 9. terhormat. Yang bukan DM (Diterangkan . padahal yang dimaksud hanya sebagian. Totem pro parte. Macam-macam majas diantaranya adalah : Personifikasi : menggunakan sifat-sifat manusia terhadap benda. Inti kalimat tersebut adalah Gedung (S) Hancur (P). C. bukan kekuasaan perorangan . D.  Pars pro toto : mengungkapkan sebagian untuk menjelaskan keseluruhan. Misalnya: Dik Nala belum kelihatan batang hidungnya Totem pro parte : mengungkapkan keseluruhan. Pendapat Locke diantaranya adalah negara harus diatur berdasarkan hukum. bukan surat resmi sehingga tak perlu bahasa baku 14. Surat kepada ibu adalah surat pribadi. bersepeda  Menghasilkan : beruntung. Makna awalan ber adalah  Melakukan : berbicara. B. C. berdiam  Resiprokal (berbalasan) : Bersalam-salaman 10. A. atau enak didengar 8. B. Ameliorasi adalah memuliakan kata. membuat suatu kata menjadi menarik. Yang disebut adalah Jawa Tengah.Menerangkan) adalah baru dibahas. bertahun-tahun  Reflektif : berhias. bertelur  Menunjukkan himpunan : berdua. Sebab umum terjadinya Perang Dunia I tahun 1914-1918 adalah sebagai berikut     Terjadinya pertentangan antar negara Timbulnya gerakan nasionalisme di berbagai negara Terjadinya perlombaan senjata Munculnya persekutuan politik 17. 12. Salah Asuhan adalah novel karya Abdul Muis 15. Angin membelai. berkaki  Menggunakan : berkacamata. Bahasa resmi kenegaraan 13. Namun yang dimaksud adalah para atlet Jawa Tengah yang bertanding. D. Misalnya : Rembulan tersenyum.

UU Nomor 25 tahun 2000 mengatur perimbangan keuangan pusat dan daerah 28. D. Yang merupakan unsur negara adalah   Wilayah Rakyat   Pemerintah Pengakuan dari negara lain . Ada begitu banyak partai politik yang berpartisipasi untuk bertarung dalam Pemilihan Umum tahun 1955 tersebut. Tujuannya adalah untuk menjaga dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 27. 25. B. D. Sarekat Islam (SI) berkembang pesat karena SI mampu mengaktifkan cabang-cabang yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia 20. Perjanjian Renville. E. Perjanjian Linggarjati dan KMB merupakan perjuangan dari jalur diplomasi 23. Yurisprudensi 30. C.18. D. Zaken Kabinet 22. B. 29. Pemilu tahun 1955 memilih wakil rakyat untuk menduduki dewan konstituante dan DPR. Peradilan Konstitusi tidak termasuk jajaran Mahkamah Agung yang melaksanakan kekuasaan kehakiman. Pangeran Diponegoro dibantu oleh Nyi Ageng Serang 19. B. E. D. Islam masuk Indonesia melalui berbagai saluran (media) antara lain     Perdagangan Perkawinan Kesenian Tasawuf 26. 24. B. Hak Prerogatif 21. D. C. Iklim politik pada tahun 1955 adalah demokratis.

Balance of power adalah penyeimbangan kekuasaan. 9 Januari 2011 mulai diadakan Referendum 34.C. 36.B. AIPO (ASEAN Inter Parliamentary Organization) 40. 38. A. Sistem hukum tata negara Indonesia adalah :       Indonesia adalah negara berdasarkan hukum (rechstaat) bukan berdasarkan kekuasaan belaka (machstaat) Pemerintahan berdasarkan sistem konstitusi (hukum dasar). namun tahap terakhir kekuasaan tertinggi tetap di tangan pemerintah pusat. tidak bersifat absolutime (kekuasaan yang tak terbatas) Kekuasaan negara tertinggi di tangan MPR Presiden adalah penyelenggara pemerintahan tertinggi dibawah Majelis Menteri negara adalah pembantu presiden. Israel adalah Negara yang paling banyak melanggar Resolusi PBB.31. dan tidak bertanggungjawab kepada DPR Kekuasaan kepala negara tidak tak terbatas 37. Sampai dengan tahun 2002.B. Pembantaian Rawagede terjadi pada 9 Desember 1947 35. Hosni Mubarak mundur pada bulan Februari 2011 33. Indonesia tidak termasuk anggota NAFTA (Area Perdagangan Bebas Amerika Utara)      ASEAN (Association of South East Asian Nations) APEC (Asia Pacific Economic Cooperation) UN (United Nations) = PBB (Persatuan Bangsa-bangsa) OPEC (Organization of Petroleum Exporting Countries) NAFTA (North American Free Trade Agreement) 32. B. D. E. Kasman Singodimejo 39. Negara kesatuan adalah Negara yang wewenang legislatif tertingginya dipusatkan dalam satu badan legislatif nasional (pusat). Mr. 41. Yaitu lebih dari 66 Resolusi. A. Kekuasaan terletak pada pemerintah pusat. E. A. Meskipun pemerintah pusat berwenang memberikan otonomi kepada pemerintah daerah. UUD 1945 telah mengalami amandemen sebanyak empat kali . C.

43. A. Visited 53. Pada Piagam Jakarta disebutkan adanya kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya sedangkan pada UUD 1945 tidak. Unforgettable 58. C. B. C. konkret dan dinamis 47. Have been 52. dan hak angket ada dalam Pasal 20 A ayat 2 45. Hal ini berdasarkan Pancasila sila pertama dan UUD 45 pasal 29. A. A. 51. D.42. Muh Yamin turut merumuskan Pancasila 50. Had died a year before . B. B. hak menyatakan pendapat. The same 55. A. yang di kanan kiri masih banyak rakyat miskin. B. Hak-hak DPR seperti hak interpelasi. E. 48. Diving 57. C. Is corrected by 59. A. Their eyes are alike 56. Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta 46. B. Maksud dari isi Pancasila bersifat khusus konkret adalah Isi arti Pancasila dalam realisasi praktis di berbagai bidang kehidupan bersifat khusus. adalah bertolak belakang dengan pengamalan Pancasila sila kelima (keadilan sosial). A. B. Karena gaya hidup mewah tidak sejalan dengan rasa keadilan sosial masyarakat yang masih mayoritas miskin. Ate 60. B. Will be there 54. C. adalah keputusan diambil melalui musyawarah mufakat 49. Bergaya hidup mewah di negara berkembang seperti Indonesia. DPR + DPD 44. Keunggulan demokrasi Pancasila bila dibandingkan dengan demokrasi lainnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful