BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Makalah ini dilatar belakangi oleh tugas yang diberikan oleh guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang mana harus diselesaikan oleh seluruh siswa-siswi kelas IX SMP N 1 Kawali.

B. Tujuan 1. Melaksanakan Tugas 2. Memperluas Wawasan 3. Belajar menumbuhkan rasa tanggung jawab

1

hutan hujan tropis terdiri dari tiga lapisan vegetatif. Berbeda dengan vegetasi yang tumbuh di iklim Eropa dan Amerika Serikat. Bentang Alam Laos memilki luas 236. Pegunungan Chaine Annamitique dengan ketinggian 1.BAB II ISI A. Letak. Laos merupakan negara bergunung-gunung.500 meter menjadi batas alam yang nyata denagn Vietnam. Iklim / cuaca di negara Laos Laos beriklim subekuatorial. Laos adalah negara yang terhimpit oleh daratan di Tengah kawasan Asia Tenggara. khususnya hutan hujan tropis.600-2. D.700 mm.500-1. B. Di pegunungan bahkan mencapai 3. luas dan batas-batas wilayah Negara Laos Secara astronomis. Hasilnya. berada di utara Sungai Mekong.804 km. Dari abad ke-14 hingga abad ke-18. Daerah pertanian berada di sekitar Sungai Mekong. Pemerintah Laos adalah salah satu dari sekian negara komunis yang tersisa. berbatasan dengan Republik Rakyat Cina di sebelah Utara. negara ini disebut Lan Xang atau “Negeri Seribu Gajah”. memulai melepas kontrol ekonomi dan mengizinkan berdirinya perusahaan swasta pada tahun 1986. dan Thailand di sebelah Barat. Flora dan Fauna yang terdapat di Negara Laos Laos memiliki salah satu pemandangan alam yang paling murni di Asia Tenggara. Laos dikunci oleh lima negara tetangganya dan tidak memilki batas laut. C. Ibukota Laos. wilayah Laos terletak antara 14°LU – 22°LU dan 100°BT – 107°BT.Vientiane. Luas negara Laos sekitar 236. Lapisan 2 .804 kilometer persegi atau 2/3nya Pulau Sumatra.000mm. Vietnam di Timur. Curah hujan di dataran rendah 1. pertumbuhan ekonomi melesat dari sangat rendah menjadi rata-rata 6% per tahun periode kecuali pada saat krisis finansial Asia yang dimulai pada 1997. Kampuchea di Selatan. Setengah diperkirakan hutan yang terdiri dari hutan primer.

tinggi mencapai pohon yang disebut dipterocarp. penonton umumnya akan dapat melihat lumba-lumba di musim semi ketika tingkat air Sungai Mekong adalah terendah. antelop kambing serta spesies langka owa dan berlama-lama. Mamalia eksotis Beberapa endemik seperti kucing macan tutul. Diperkirakan bahwa daerah terpencil mungkin masih menyembunyikan spesies yang tidak diketahui lainnya. Laos memainkan tuan rumah bagi hewan yang beragam. yang berkembang biak rusa-antelop. dekat Pulau Khong. Jawa luwak.atas fitur single-trucked. Laos juga kaya 3 . di Vietnam beberapa tahun yang lalu menimbulkan sensasi yang besar. beruang hitam Asia dan gaur. lumba-lumba Irrawaddy menghuni Sungai Mekong. Sementara banyak spesies satwa liar yang pemalu dan jarang dapat dilihat. Malayan matahari beruang. pohon kecil. Penemuan . dan kadang-kadang rumput bambu dapat ditemukan. Lumba-lumba Irrawaddy Ox Saola Di Southern Laos. Hewan ini sangat langka mendiami wilayah perbatasan Timur Laos. Kuang Si Falls Pohon Jati Selain vegetasi menarik nya. Di bawah. Kanopi tengah terdiri dari kayu seperti jati.

Banyak menghasilkan kayu jati dan cendana. 4 . busana. ubi-ubian. Setelah Jepang kalah perang dunia. Inggeris dan Thailand. setengah penduduknya adalah kelompok etnik yang merupakan Bangsa Lao. Suku asli Laos adalah suku Thai.Prancis kembali sampai Laos merdeka tahun 1945. kacang tanah dan kapas. Salah satu yang lebih penting adalah Peafowl Hijau langka. Kantor Berita Pathet Lao milik negara didirikan pada bulan Januari tahun 1968. penambangan. Prancis.5 juta jiwa(2013). Selain itu.penduduk dan migrasi burung. Kependudukan Negara Laos Pada Tahun 2012-2013 Penduduk Laos adalah 6. Penerangan dan Penerbitan: di seluruh negeri terdapat 20 macam surat kabar. Luas tanah garapan sekitar 747 ribu hektar. ada pula Radio Siaran Tentara Rakyat Laos dan 14 radio tingkat provinsi. Anka harapan hidup di Laos hanya sampai 45 tahun. Dasar industri Laos lemah. jagung. namun terjadi perang saudara tahun 1962-1975. Kemudian direbut Jepang. kilang besi. siaran untuk luar negeri mengudara dalam bahasa-bahasa Vietnam. tembakau. Populasi agraria tercatat 90%. Kamboja. selain itu terdapat 17 stasion televisi tingkat provinsi. Kepadatan penduduknya 24 jiwa/km persegi. makanan serta bengkel reparasi kecil dan ayanman bambu dan kayu. Laos dijajah Prancis tahun 1893 hingga perang dunia II. tranportasi terutama mengandalkan jalan raya. E. Di Laos tidak ada jalan kereta api. Tanaman pertanian utama antara lain padi. kopi. perusahaan industri terutama terdiri dari pembangkitan tenaga listrik. F. penggergajian kayu. Stasion Televisi Nasional Laos didirikan pada Desember tahun 1983. Luas hutan 9 juta hektar dan tingkat vegetasi hutan mencapai sekitar 42%. Pertanian adalah sokoguru ekonomi Laos. Perekonomian Perekonomian Negara Laso memiliki berbagai sumber daya tambang. Laos sangat kaya dengan sumber tenaga air. pengangkutan sungai dan penerbangan. Radio Nasional Laos yang bermarkas di Vientiane mengudara dalam bahasa Laos.

Budaya/Seni Agama Theravada telah banyak memengaruhi kebudayaan Laos. kayu olahan. Perikanan Laos merupakan satu-satunya Negara di wilayah Asia Tenggara yang tidak memiliki wilayah laut sehingga miskin sumber daya perikanan. Musik Laos 5 . Jadi wilayah perikanan Negara Laos hanya di daerah-daerah sungai saja yang belum bisa menutup konsumsi ikan rakyat Laos J. oleh karena itu Laos haru mengimpor ikan dari Negara lain untuk mencukupi kebutuhan ikan di Negaranya. dan berbagai jenis kerajinan). seni. dan hasil tambang berupa timah. Pengaruhnya dapat terlihat pada bahasa.000 hektar. terdapat juga industri pengolahan bahan tambang dan pengolahan makanan. Sementara itu impor utama berupa kendaraan bermotor.G. katun. Selain itu. dan kapas merupakan komoditi utama Negara ini. K. sastra. dan besi baja. jagung. Seni tari. I. Beras. Pertanian Pertanian masih memengaruhi setengah dari pendapatan nasional dan menyerap 80% dari tenaga kerja yang ada. kopi). H. mesinmesin. Industri Kawasan hutan di Laos cukup luas dan lebat. kopi. opium. Berbagai bentuk kegiatan industri di Laos yang memanfaatkan sumber daya hutan diantaranya industri pemotongan kayu dan pengolahan kayu. jeruk. dll. Sehingga kebanyakan penduduk di Negara ini bekerja sebagai petani. Hal ini menjadikan hasil hutan sebagai salah satu bahan baku industri utama. Perdagangan Negara Laos mengembangkan sektor perdagangan dengan komoditas ekspor utama berupa hasil pertanian (beras. Luas tanah garapan di Laos adalah sekitar 747. tembakau. Wilayah penghasil pertanian di Negara Laos kebanyakan berada di wilayah dataran rendah . hasil hutan (kayu mentah.

disebut khaen (sejenis pipa bambu). Ibu Kota Ibu kota laosVientiane. dan Lao-Sung N. Agama Agama : Mayoritas Buddha (50%) dan Tribal. agama-agama lain adalah Islam dan Kristen M. Sebuah kelompok musik umumnya terdiri dari penyanyi (mor lam) dan seorang pemain khaen (mor khaen) bersama pemain rebab dan pemain instrumen lain. Sebagai kota kuno yang bersejarah. Salah satu bukti penting dari kebudayaan Laos kuno terdapat di Dataran Guci. khaen Dataran Guci Lam saravane adalah jenis musik terpopuler di antara musik-musik Laos. populasi 616 ribu orang ( tahun 2001 ).didominasi oleh alat musik nasionalnya. Vientiane artinya " kota kayu cendana ". Vientiane mrupakan pusat politik.Tai Terdapat 4 kelompok bahasa: Lao-lu. ekonomi dan kebudayaan. tetapi etnis Lao di Thailand telah mengembangkannya menjadi mor lam sing yang menjadi salah satu best-selling internasional. Bahasa Bahasa nasional Laos (bahasa resmi). Lao-Theng. konon di tempat itu dulu banyak dihasilkan kayu cendana 6 .palaungwa. Lao-Thai. L.

Bandar Udara a) Bandar Udara Internasional Wattay b) Bandar Udara Internasional Luang Prabang c) Bandar Udara Internasional Pakse d) Bandar Udara Louangnamtha 7 .O.

e) Bandar Udara Savannakhet P. Mata Uang Mata uang negara Laos adalah Kip 8 .

__________________________ NIP.BAB III PENUTUP A. LEMBAR PENGESAHAN Guru Pembina (Mata Pelajaran IPS) Kepala Sekolah SMPN 1 Kawali __________________________ NIP. 9 .