P. 1
Panduan Tata Tertib Mts 2 Yogyakarta

Panduan Tata Tertib Mts 2 Yogyakarta

|Views: 306|Likes:
Published by Ahmad Subhan

More info:

Published by: Ahmad Subhan on Jul 15, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/04/2015

pdf

text

original

BUKU PETUNJUK TATA TERTIB PESERTA DIDIK

MTs NEGERI YOGYAKARTA II Mendungan UH VII / 566 Giwangan Umbulharjo Telp.( 0274 ) 379042 Yogyakarta 55163

2010

KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI YOGYAKARTA II NOMOR : 015 Tahun 2010 TENTANG PERATURAN DAN TATA TERTIB PESERTA DIDIK MTs N YOGYAKARTA II

BAB I PENDAHULUAN Pasal 1 Ketentuan Umum 1. Yang dimaksud dengan tata tertib adalah seperangkat peraturan yang harus ditaati dan dilaksanakan oleh peserta didik MTs N Yogyakarta II, yang apabila tidak ditaati akan mendapat sanksi sebagaimana tercantum pada BAB VI pasal 13. 2. Pengendali tata tertib adalah Kepala Madrasah, Guru, dan Karyawan MTs N Yogyakarta II. Kewajiban pengendali adalah sebagai pengawas pelaksana tata tertib dan menindaklanjuti secara konsisten.

Pasal 2 Dasar

1. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional . 3. Inpres Nomor 14 tahun 1981 tentang penyelenggaraan Pengibaran Bendera Merah Putih. 4. Keputusan Menteri Agama Nomor 369 tahun 1993 tentang Madrasah Tsanawiyah. 5. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0461/U/1984 tentang Pembinaan Kesiswaan 6. Petunjuk Pelaksanaan Upacara Bendera di Madrasah.

menanamkan budi pekerti yang luhur dan disiplin. Peserta didik boleh menerima tamu dengan seijin Kepala Madrasah/Guru. BAB II KEGIATAN / PROSES PEMBELAJARAN Pasal 4 Kegiatan Intrakurikuler 1. Peserta didik yang terlambat harus melaporkan kehadiran dirinya ke Guru piket/jaga.Pasal 3 Tujuan 1. Setiap peserta didik wajib hadir di madrasah sebelum bel tanda masuk berbunyi. Mengatur sikap dan tingkah laku peserta didik . Bagi yang berhalangan hadir harus menyampaikan surat keterangan dari Orang Tua/Wali yang ditujukan kepada wali kelas. 3. Kegiatan pembelajaran diatur menggunakan jadwal pelajaran. 5. 6. Peserta didik yang terlambat diperkenankan mengikuti pelajaran setelah mendapat ijin dari Guru yang mengajar pada jam tersebut. . Meningkatkan pembinaan peserta didik dalam rangka menunjang pelaksanaan program 9K dan Wawasan Wiyata Mandala. Meningkatkan ketahanan dan martabat madrasah. 5. 3. Mengatur kehidupan sehari-hari peserta didik di madrasah. 2. 4. Menjaga proses pembelajaran agar dapat berjalan lancar. 2. 4.

sedangkan ekstrakurikuler pilihan adalah : Drumb band. badge/atribut Kementerian Agama . Tehnologi Informatika. Pramuka. 4. Kaligrafi. seragam Pramuka. Futsal/sepak bola 2. Setiap peserta didik kelas IX tidak diperkenankan terlibat aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler. seragam Identitas dan seragam Olah raga yang seluruhnya telah disediakan unit kesejahteraan Madrasah. Seragam Madrasah adalah pakaian berikut kelengkapan yang terpasang berupa seragam OSIS. Sedangkan kelas VIII pilihan ekstrakurikuler meliputi KIR. Tata boga. Kelengkapan yang terpasang berupa topi. Seragam harus dikenakan sesuai dengan jadwal yang sudah diatur. Futsal. 3. Karya Ilmiah Remaja. 4.Pasal 5 Kegiatan Ekstrakurikuler 1. OSIS. kelas dan nama yang kesemuanya telah disediakan oleh Madrasah. Karawitan/tari. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan pengembangan diri yang telah diprogramkan dan dijadwal oleh Madrasah. Bulu tangkis. sepatu hitam polos. Peleton Inti. 2. Bulu tangkis. Setiap peserta didik dilarang mengadakan kegiatan atas nama Madrasah tanpa seijin Kepala Madrasah. Qiro’ah. Peserta didik kelas VII dan VIII wajib mengikuti salah satu ekstrakurikuler pilihan. . Musik. PMR. Palang Merah Remaja. BAB III Pakaian Seragam Pasal 6 Ketentuan Seragam Untuk Siswa 1. untuk kelas VII harus mengikuti ekstrakurikuler wajib yaitu : Pramuka dan Tartilul Qur’an. kecuali sepatu 3. Model/potongan kelengkapan seragam harus sesuai dengan ketentuan dari Madrasah yang telah ditentukan. Drumband. English Club. ikat pinggang ( bagi putra ). MIPA. Musik.

2 1.1 1.5 Seragam OSIS warna putih-putih dikenakan setiap hari Senin dan Selasa. diatur sebagai berikut : 1. Pemakaian seragam diatur sebagai berikut : 1.3 1.Pasal 7 Warna. Seragam Identitas/batik dan Olah raga berupa warna khusus yang ditentukan Madrasah. 2. Seragam OSIS warna putih-biru dikenakan setiap hari Rabu dan Kamis. Pada saat tertentu seragam dapat digunakan di luar jadwal di atas yang sudah ditentukan sesuai dengan kepentingan/keperluan Madrasah . Seragam Pramuka dikenakan setiap hari Jum’at dan Sabtu bagi kelas VII Seragam Olahraga dikenakan setiap pelaksanaan pembelajaran penjaskes .1 1. Pasal 8 Jadwal Pemakaian Seragam 1.3 Seragam OSIS berupa atasan putih stelan bawahan putih dan atasan putih stelan bawahan biru.4 1. Warna seragam Madrasah. Bentuk dan Model seragam diatur dan dibuat sesuai dengan sketsa/gambar yang telah ditentukan oleh Madrasah. Seragam Identitas/batik dikenakan setiap hari Jum’at dan Sabtu bagi siswa kelas VIII dan IX.2 1. dan Model 1. Bentuk. 2. Seragam Pramuka berupa atasan dan bawahan yang sudah diberlakukan secara nasional.

asri dan nyaman sebagai pengamalan tuntunan Rasulullah Saw dan memperteguh keimanan kepada Allah Swt. atau bergambar Pasal 10 Pergaulan Siswa 1.BAB IV Kepribadian Dan Pergaulan Pasal 9 Kepribadian Siswa 1. menjaga emosi 3. Menjadi kepribadian diri selaku muslim sejati 4.3 Memakai gelang/kalung/cincin/anting bagi siswa putra Memakai gelang/kalung/cincin/anting dan berhias secara berlebihan bagi siswa putri Mengecat warna rambut.1 4. Berlaku hormat. Membiasakan dan membudayakan diri untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri melalui pembiasaan antara lain : a. Ketertiban dan Keamanan Pasal 11 Kebersihan 1. sidiq. kuku. dan tidak dicat dan atau dipanjangkan Menjaga kebersihan dan warna alami rambut. Berlaku amanah. martabat dan kehormatan diri sendiri dan madrasah dalam pergaulan dengan tidak melakukan pacaran dan berbuat asusila. Bapak/Ibu guru dan karyawan serta sesama teman. Setiap peserta didik harus berusaha menjadi suri tauladan/uswatun hasanah pada lingkungan 2. Kebersihan diri dan lingkungan dimaksudkan untuk menciptakan suasana dan kondisi yang bersih. bertatto. BAB V Kebersihan. Menjauhkan diri dari meniru kepribadian orang lain yang tidak sesuai dengan kepribadian anak muslim. Menjaga nama baik. rapi. 2. diantaranya melalui penampilan/asesoris dengan cara : 4. b. tidak gondrong . tubuh. sopan dalam berbicara dan bertindak terhadap Orang tua. Menjaga kebersihan pakaian. 2.2 4. indah.

Menjaga keutuhan setiap barang dan atau sarana prasarana yang tersedia di setiap ruang. Mengenakan seragam sesuai ketentuan yang telah ditetapkan. Membiasakan program ( LiSa ). Mengikuti kegiatan pembelajaran intrakurikuler/ekstrakurikuler yang sudah dijadwalkan. 3. Hadir di Madrasah sebelum kegiatan pembelajaran dimulai dan mengikuti kegiatan sambut mentari pagi ( Asma’ ul Husna. Mengikuti kegiatan pembimbingan intrakurikuler/ekstrakurikuler yang sudah dijadwalkan. kelas dan tempat lain di lingkungan Madrasah. Pasal 12 Ketertiban dan Keamanan 1.3. do’a bersama ) Jika berhalangan hadir harus memberitahukan dan jika karena sakit 3 ( tiga ) hari berturut-turut harus melampirkan surat keterangan dokter. Melaksanakan dengan penuh tanggungjawab tugas piket yang sudah disepakati warga kelas dan terjadwal. dimaksudkan untuk menciptakan lingkungan yang tenang. 5. c. g. 2. c. f. Menjaga ketenangan dan ketertiban selama berada di lingkungan madrasah. Membiasakan dan membudayakan diri untuk selalu menjaga kebersihan setiap ruang dan lingkungan yang ada di Madrasah melalui pembiasaan antara lain : a. Membawa buku pelajaran pada saat pelajaran yang bersangkutan. dan terkendali. Pintu gerbang ditutup tepat pukul 07. tertib. tadarus. Menyampaikan Surat Edaran dan surat lain yang diterbitkan Madrasah yang ditujukan kepada Orangtua/Wali peserta didik. h. buanglah ! melihat sampah buanglah ! Memelihara tanaman dan taman perindang. Membuang sampah ke tempat yang tersedia. bacaan sholat. d. diantaranya : a. e. b. 4. Mengikuti semua program sekolah yang telah ditentukan. b. Dalam usaha merealisasi sebagaimana yang dimaksud dalam butir 1 di atas kepada peserta didik diwajibkan untuk mematuhi hal-hal sebagai berikut.00 WIB .

Diperingatkan secara lisan b. 2. Setiap pelanggaran akan diproses melalui beberapa tahap yaitu : a. 2. pakaian. Skor pelanggaran diakumulasikan selama 1 ( satu ) tahun pelajaran selama menjadi siswa MTs Negeri Yogyakarta 2. Diperingatkan secara tertulis dengan cara pemberian point pelanggaran pada setiap pelanggaran. Skor 1-20 : Peringatan tertulis. ketertiban. 3. keamanan. Skor 21-40 : Pemberian tugas yang mendidik. Larangan-larangan yang harus dijaga oleh setiap peserta didik dimaksudkan untuk mengatur yang jika dilanggar peserta didik yang bersangkutan dikenai sanksi berdasar perhitungan point atas larangan yang dilanggar tersebut.BAB VI Larangan-Larangan Pasal 13 1. Dalam penjabaran pada ayat 1 dan 2 pasal 13 dijelaskan pada lampiran Surat Keputusan ini. dan diberikan sanksi dengan tahapan sebagai berikut : a. 4. pemanggilan orangtua/wali peserta didik dan membuat surat pernyataan serta dipulangkan. pemberian tugas yang mendidik dan pemberitahuan pada orangtua/wali peserta didik b. penampilan diri kepribadian. Setiap peserta didik yang mendapat point pelanggaran dicatat dalam buku catatan pribadi peserta didik. Larangan-larangan yang dimaksud meliputi masalah kehadiran. 3. . BAB VII Sanksi Pasal 14 Tahapan Penerapan Sanksi 1. Bobot kualifikasi point pelanggaran sesuai table dalam lampiran keputusan ini.

Skor 76-99 : Pemberian tugas mendidik. orangtua/wali peserta didik. pemanggilan orangtua/wali peserta didik dan membuat surat pernyataan/janji bermaterai. pemanggilan orangtua/wali peserta didik membuat surat pernyataan/janji bermaterai. e.Pihak kurikulum memberitahu kepada guru yang bersangkutan terkait dengan tugas skorsing dan meminta pada guru tersebut tugas untuk peserta didik yang bersangkutan. 5.Peserta didik mengambil tugas ke pihak kurikulum untuk dikerjakan dirumah dengan pantauan orangtua/wali dan penyerahkan kembali tugas yang telah diberikannya. kurikulum dan guru yang bersangkutan. serta dipulangkan. Alur penanganan skorsing sebagai berikut : . Membersihkan di lingkungan Madrasah 2. .Setelah peserta didik selesai dalam skorsingnya. diskors dalam jangka waktu: : selama 2 hari : selama 4 hari : selama 6 hari 41-50 51-60 61-75 d. Skor 100 atau lebih : Dikembalikan pada orangtua/wali peserta didik. Memperbaiki/mengganti bagi yang merusak/menghilangkan barang milik orang lain atau sarana dan prasarana Madrasah . Pasal 15 Sanksi Tambahan 1.Penyampaian surat pemberitahuan skorsing dibuat oleh kesiswaan dan diberikan kepada peserta didik yang bersangkutan . Skor 41-75 :Pemberian tugas mendidik . wali kelas harus memantau tugas yang diberikan pada peserta didiknya.c. . .

40 3. 4. Skor 41. 5. Skor 21. 3. Kesiswaan. Setiap guru harus mempunyai buku catatan kasus tentang peserta didiknya guna memudahkan dalam memantau perkembangan peserta didik.100 : Diselesaikan oleh wali kelas masing-masing : Diselesaiakan oleh wali kelas dan BK : Diselesaikan oleh wali kelas. dan Kepala Madrasah . Kartu pelanggaran dibuat rangkap 3 ( tiga ) yaitu untuk pelanggar. Pasal 17 Alur Penanganan Sanksi Dalam penanganan kasus dan penerapan sanksi bagi peserta didik diatur sebagai berikut : 1. Skor 1 . wali kelas dan BK harus sama-sama memiliki buku catatan pribadi peserta didik guna penanganan kasus lebih lanjut serta wali kelas harus selalu mendampingi peserta didik yang bermasalah.Pasal 16 Penanganan Sanksi 1. Dalam pelaksanaan skorsing dari madrasah pada peserta didik.20 2. 2. maka peserta didik tersebut mendapat tugas dari madrasah untuk dikerjakan dirumah sebagai bentuk bahwa orangtua/wali peserta didik juga bertanggung jawab dalam pendidikan peserta didik dan wali kelas bertanggung jawab dalam penyelesaian tugas tersebut. BK. Dalam penanganan setiap kasus. wali kelas dan BK serta harus dicatat dalam buku catatan pribadi siswa oleh wali kelas dan BK. Pemberian point pelanggaran dapat dilakukan oleh setiap guru/karyawan madrasah.

Hal – hal yang belum diatur dalam Peraturan Tata Tertib ini ditentukan dan diputuskan oleh Kepala Madrasah dengan pertimbangan rapat Dewan Guru. Keputusan ini berlaku sejak ditetapkannya keputusan ini. 2. Ditetapkan di : Yogyakarta Tanggal : 12 Juli 2010 . Apabila terdapat kesalahan dalam keputusan ini akan dibetulkan sebagaimana mestinya.BAB VIII Penutup 1. 3.

Membuat keterangan/ijin palsu 5.Lamp. Memakai kaos kaki dilipat kedalam sepatu 5. Tidak memakai kaos olahraga/seragam/ikat pinggang tidak sesuai ketentuan*/sabuk/kaos kaki/sepatu/badge** yang telah ditentukan 3. Terlambat masuk madrasah 2. Memakai baju tidak rapi ( lengan panjang digulung. baju putra dikeluarkan )tidak sesuai model yang telah ditentukan 2. Tidak masuk tanpa keterangan 3. Tidak memakai topi madrasah sewaktu upacara/hari yang telah ditentukan 6. Keluar madrasah tanpa ijin SKOR KET 3 5 10 15 5 5 II Pakaian 1. SK No : 015 Tahun 2010 Tentang peraturan Dan Tata Tertib Peserta Didik MTs N Yk II TATIB MTs Negeri Yogyakarta II NO I JENIS PELANGGARAN Kehadiran 1. Membolos/ijin keluar dan tidak kembali 4. Memasang sepatu dengan cara diinjak ditumit 4. Tidak masuk ekstrakurikuler tanpa keterangan 6. Rambut terlihat sewaktu berjilbab 3 * 6 Disita madrasah ** Membeli dan memasang dimadrasah 2 3 5 5 5 . Warna/model/jilbab/seragam tidak sesuai ketentuan 7.

Menghina/mengumpat/melecahkan orang lain 7. Anggota badan bertatto* a. Model rambut/rambut panjang*/kuku panjang*/penampilan/berhias secara berlebihan yang tidak mencerminkan pelajar muslim 2. Berbohong pada Kepala Madrasah/Guru/Karyawan 14. Mencemarkan nama baik madrasah a. Memalsu tanda tangan orang lain 50 15 3 15 35 100 100 100 * Dipotong 4 * Disita madrasah/dimusnahkan 5 5 * Dihapus * Dihapus 30 20 12. Merubah/memalsu raport/STTB/Ijazah/NEM/Surat berharga lain 11. Permanen b. Menikah/hamil/menghamili/memperkosa 9. Tidak permanen 5. Memakai topi di dalam kelas 6. Menyontek/memberi/menerima/berusaha mencari bantuan jawaban disaat ulangan/ujian 15. Diselesaikan secara intern/madrasah 25 25 90 . Tidak patuh pada Kepala Madrasah/Guru/Karyawan dalam bidang pendidikan 13. Siswa putra memakai gelang/anting/kalung* 3.Melakukan pacaran/asusila secara langsung maupun melalui elektronik 8.III PENAMPILAN DIRI DAN KEPRIBADIAN 1. Tertangkap basah saat berhubungan badan 10. Rambut/kuku dicat/diberi warna* 4.

Terlambat masuk kelas dari istirahat 5. Makan/minum di kelas saat pelajaran 4. Duduk/berdiri di atas meja/pagar/jendela madrasah 3 5 3 3 5 15 10 15 15 * Dihapus/mengganti 7 15 • Disita madrasah • Disita madrasah 7 20 25 5 • Memperbaiki/mengganti .b. Membuat keributan yang menganggu ketenangan kelas/lingkungan 13. Tidak mengerjakan PR/tugas dan atau tidak membawa bahan pelajaran yang sudah ditentukan oleh guru/madrasah 6. Mencoret-coret meja. dinding atau sarana lainnya milik madrasah atau orang lain * 8. Membawa kendaraan bermotor ke madrasah 9. Diselesaikan secara ekstern/hukum 100 IV KETERTIBAN Membuang sampah bukan tempatnya 2. Memakai topi selain topi dari madrasah dilingkungan madrasah* 11. Melompat pagar/jendela madrasah 15. Duduk-duduk/begadang di sekitar madrasah yang diperkiraan menganggu ketenangan umum sebelum/setelah kegiatan di madrasah 10. Merusak tanaman/sarana prasarana milik madrasah/orang lain* 14. Tidak menyampaikan surat dinas dari madrasah yang ditujukan pada orang tua/wali 3. Tidak mengikuti agenda/kegiatan yang sudah ditentukan oleh madrasah 7. Membawa HP/alat elektronik/benda yang tidak ada hubungan dengan pendidikan* 12.

Melakukan pemukulan/kekerasan/perkelahian 6. Membawa majalah/buku/gambar/VCD/DVD porno/terlarang* 5.16. Berjudi/membawa alat berjudian di madrasah* 3. Bermain di sekitar parkir motor/mobil milik guru/karyawan 18. Membawa senjata tajam/bahan peledak di madrasah * 4. Membawa/memakai minuman keras/NAPZA* 20 35 35 35 • Disita madrasah • Disita madrasah • Disita madrasah • Disita/di musnahkan 40 50 40 80 90 100 * Disita madrasah/dimusnahkan/diserahkan pada pihak yang berwajib * Mengganti PENGHARGAAN AKADEMIK NO 1 2 3 BENTUK PENGHARGAAN Juara I di kelas Juara II di kelas Juara III di kelas NILAI 10 8 6 . Memukul/menganiaya Kepala Madrasah/Guru/Karyawan 10. Merokok/membawa rokok di madrasah* 2. Mencuri milik madrasah/orang lain* 7. Pembawa penghapus cair* 7 10 5 • Disita madrasah V KEAMANAN 1. Bermain di sekitar parkir sepeda peserta didik 17. Memalak/meminta dengan ancaman/paksaan 8. Menghina/mengancam Kepala Madrasah/Guru/Karyawan 9.

4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 Juara I antar sekolah tingkat kota/kabupaten Juara II antar sekolah tingkat kota/kabupaten Juara III antar sekolah tingkat kota/kabupaten Juara I antar sekolah tingkat propinsi Juara II antar sekolah tingkat propinsi Juara III antar sekolah tingkat propinsi Juara I antar sekolah tingkat regional Juara II antar sekolah tingkat regional Juara III antar sekolah tingkat regional Juara I antar sekolah tingkat nasional Juara II antar sekolah tingkat nasional Juara III antar sekolah tingkat nasional Mengikuti lomba tingkat kota/kabupaten tidak mendapat juara Mengikuti lomba tingkat propinsi tidak mendapat juara Mengikuti lomba tingkat regional tidak mendapat juara Mengikuti lomba tingkat nasional tidak mendapat juara Khotib jum’at/penceramah di madrasah Berpartisipasi aktif dalam pengabdian masyarakat di madrasah 20 15 10 30 25 20 40 35 30 50 45 40 10 15 20 25 10 5 PENGHARGAAN KEPENGURUSAN NO 1 Pengurus OSIS Ketua Umum Wakil ketua. sekretaris Koordinator Sie Anggota 20 15 10 5 BENTUK PENGHARGAAN NILAI . bendahara.

Namun tidak melemahkan tugas utama dalam mengembangkan kemampuan dan potensi akademik melalui kegiatan pembelajaran dan kemandirian belajarnya. kerjasama. 5. sekretaris. Menjaga kesegaran dan kesehatan jasmani . bendahara. .2 Kepanitian Kegiatan OSIS/MPK Ketua Wakil ketua. Menumbuhkan motivasi dan semangat dalam belajar-berkarya dan berapresiasi sesuai peraturan yang berlaku. berbangsa dan berbudaya ke-Indonesia-an. bendahara Koordinator Sie Anggota 15 10 5 4 3 Pengurus Kelas Ketua Wakil ketua. Menumbuhkan nasionalisme. Menumbuhkan semangat menghargai. sekretaris Koordinator Sie 10 7 4 4 Menciptakan hasil karya bagi sekolah 35 PROGRAM PENGEMBANG DIRI Berbagai kegiatan pengembangan diri yang diprogramkan dimaksudkan dalam rangka untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan bakat. Kemampuan daya tangkal terhadap pengaruh negatif dari perubahan sosial. 2. Melalui program Pengembangan diri diharapkan siswa memiliki kemampuan antara lain : 1. dan potensi setiap peserta didik. toleran dan sportivitas. 3. minat. 4.

Menumbuhkan apresiasi terhadap seni yang sesuai dengan kepribadian A. melalui kegiatan : Latihan Kader Dasar ( LKD ) dalam kepengurusan OSIS Kepanduan / Pramuka TONTI / Paskibra Palang Merah Remaja ( PMR ) Tata Boga ( 2 ) Olahraga.6. 2. melalui kegiatan : Kelompok Ilmiah Remaja ( KIR ) dan Kelompok Jurnalis dasar ( KJD ) Tekhnologi Informasi MIPA Daftar Pembagian Kegiatan Ekstrakurikuler NO 1. muslim. melalui kegiatan : Seni Tari Drumband Musik Kaligrafi Qiro’ah ( 4 ) Ilmiah. Kegiatan Ekstrakurikuler ( 1 ) Kewiraan. Ekstrakurikuler IQRO’ Qiro’ah Peserta Kelas VII* Kelas VII dan VIII . melalui kegiatan : Bulutangkis Futsal / Sepak Bola ( 3 ) Seni.

5. PMR Futsal / Sepak Bola Drumband Karya Ilmiah Remaja Tari Tata boga Kaligrafi Musik MIPA Tehnologi Informasi English Club Bulutangkis Pramuka Tonti Kelas VII dan VIII Kelas VII dan VIII Kelas VII dan VIII Kelas VII dan VIII Kelas VII dan VIII Kelas VIII Kelas VII dan VIII Kelas VII dan VIII Kelas VIII Kelas VII Kelas VII Kelas VII dan VIII Kelas VII * Kelas VII dan VIII *Wajib diikuti B.Tadarus Al Qur’an .Sholat Berjama’ah . 12.Pelaksanaan ‘Idhul Qur’an . 4. Kegiatan Pembiasaan ( 1 ) Pembiasan Rutin . 6. 8. Keagamaan : . 14. 9. 11. 5. 15.3.Asma’ul Husna . 13.Upacara ( 2 ) Pembiasaan Terprogram A.Pesantren Ramadhan .Sambut Mentari Pagi . 10.Pembinaan Tilawah Qur’an . 7.

Penanaman Budaya Bersih Lingkungan Kelas dan Madrasah .Perawatan Jenazah . tengah semester. Penilaian yang dilakukan meliputi penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh Guru.Peringatan Hari Bumi dan Lingkungan Hidup PROGRAM EVALUASI ( Kenaikan Kelas dan Kelulusan ) Untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan pembelajaran.Ekskul on the road ( 3 ) Kegiatan Keteladan .Penanaman Budaya Bersih Diri . ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal yang .Lomba kreativitas dan Karya Cipta . setiap Guru melakukan penilaian hasil pembelajaran yang terprogram.Mujahadah dan Muhasabah B.Peringatan Hari Pendidikan Nasional C.Peringatan Hari Pahlawan .Pembinaan Kedisiplinan .Penanaman Budaya Keteladanan . Kegiatan Nasionalisme dan Patriotisme . Pekan Kreativitas Siswa . Penilaian yang dilakukan melalui ulangan harian.Manasik haji .Penanaman Nilai Akhlak Islami . berkala.Peringatan Hari Kemerdekaan RI .Penanaman Budaya Minat baca . kontinyu dan berkelanjutan. oleh madrasah dan oleh pemerintah..Penanaman Budaya Lingkungan Hijau .Pembinaan Ketertiban Pakaian Seragam Anak Madrasah ( PakSAM ) .

Fiqh c. 4. 3. Aqidah Akhlaq d. 9.telah ditetapkan oleh madrasah sebagaimana pada tabel di bawah. B 1. Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI ) 2. 6. Olahraga dan Kesehatan Teknologi Informatika Komunikasi ( TIK ) Muatan Lokal Bahasa Daerah ( Jawa ) dan KKM KELAS VII KKM KELAS VIII KKM KELAS IX 65 65 65 70 65 67 65 60 60 60 66 68 66 65 63 65 67 65 65 69 65 62 60 60 66 68 68 65 65 65 67 68 65 70 65 65 60 60 67 70 70 70 68 70 72 . NO KOMPONEN A 1. Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam a. Qur’an Hadits b. 5. Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bahasa Arab Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Seni Budaya dan Ketrampilan Pendidikan Jasmani. 11. serta Ujian Nasional yang menjadi kewenangan pemerintah melalui BSNP. 8. 7. 10.

Kriteria Kelulusan Disamping dua penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh pendidikan dan madrasah . dan norma yang ditetapkan oleh Pemerintah melalui Permendiknas yang ditetapkan pada tahun pelajaran pada saat Ujian Nasional dilaksanakan. Peserta didik dinyatakan naik kelas setelah menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada dua semester di kelas yang diikuti. 2. 3. Kriteria Kenaikan Kelas Kriteria Kenaikan Kelas yang ditetapkan oleh madrasah sebagai berikut : 1. 2. criteria. Dapat membaca Al Qur’an dan hafal bacaan sholat B. . 4. Fiqh. juga dilaksanakan penilaian hasil belajar dilakukan oleh pemerintah melalui BSNP. Ketiga penilaian hasil belajar ini diterapkan bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi kelulusan. Aqidah-Akhlak ) serta mata pelajaran masuk pada UN ( Ujian Nasional ) yaitu : Bahasa Indonesia. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran. Secara umum berdasarkan pada PP Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 72 disebutkan sebagai berikut : 1. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ).A. Memiliki nilai minimal Baik untuk aspek kepribadian pada semester yang diikuti. MTs Negeri Yogyakarta II dalam menetapkan kelulusan berdasarkan pada standar. Memperoleh nilai minimal Baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran 3. Tidak terdapat nilai di bawah KKM pada mata pelajaran kelompok PAI ( Qur’an Hadits. Lulus ujian sekolah / madrasah yang telah ditentukan. 5. yakni untuk menetapkan kelayakan peserta didik dinyatakan telah lulus pada jenjang pendidikan dan dapat mengikuti jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau belum. Bahasa Inggris. Nilai di bawah KKM maksimal 3 ( tiga ) dan diperhitungkan kumulatif pada kelas yang diikuti.

.......... 2010 Orangtua / wali bersangkutan Siswa yang ________________ ( Nama Terang ) ____________________________ ( Nama Terang ) ......PERNYATAAN Yang bertanda tangan di bawah ini.............. kami orang tua / wali murid dari peserta didik MTs Negeri Yogyakarta II : Nama :____________________________________________________________ Kelas :________No... Demikian pernyataan ini kami sampaikan dengan sebenar-benarnya.............-..... Yogyakarta.Absen :______________ Telah membaca dan memahami dengan seksama serta menyetujui Tata Tertib Siswa MTs N Yogyakarta II untuk diterapkan dan akan menerima konsekuensinya berupa sanksisanksi dari pelaksanaan tata tertib tersebut jika putra/putri kami melakukan pelanggaranpelanggaran ................- ...

Yogyakarta. Demikian pernyataan ini kami sampaikan dengan sebenar-benarnya.Absen :______________ Telah membaca dan memahami dengan seksama serta menyetujui Tata Tertib Siswa MTs N Yogyakarta II untuk diterapkan dan akan menerima konsekuensinya berupa sanksisanksi dari pelaksanaan tata tertib tersebut jika putra/putri kami melakukan pelanggaranpelanggaran . kami orang tua / wali murid dari peserta didik MTs Negeri Yogyakarta II : Nama :____________________________________________________________ Kelas :________No.PERNYATAAN Yang bertanda tangan di bawah ini. 2010 Orangtua / wali bersangkutan Siswa yang ________________ ( Nama Terang ) ____________________________ ( Nama Terang ) .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->