P. 1
DAERAH ALIRAN SUNGAI

DAERAH ALIRAN SUNGAI

|Views: 8|Likes:
Published by pengkah

More info:

Published by: pengkah on Jul 15, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/10/2013

pdf

text

original

DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS

)
Daerah aliran sungai (DAS) atau river basin adalah seluruh areal atau daerah yang airnya dialirkan oleh sebuah sungai dengan anaknya. Suatu daerah aliran sungai dibatasi dengan daerah aliran sungai lainnya oleh punggung bukit ( watershed) yang letaknya lebih tinggi dari dari aliran tersebut. Dengan posisi demikian, berarti daerah aliran sungai mempunyai peranan penting bagi kehidupan penduduk yang bermukim disekitarnya. Oleh karena itu pengelolaan daerah aliran sungai harus mendapat perhatian yang baik. Daerah aliran sungai bagian hulu dilihat dari posisinya merupakan daerah penyangga, maka pada kawasan ini perlu ditutup oleh vegetasi agar debit air sungai antara musim hujan dan kemarau seimbang sehingga keberadaan air tetap terjaga. Jika daerah aliran sungai bagian hulu kekurangan vegetasi maka pengikisan tanah di daerah tersebut akan kuat. Hal ini perlu diperhatikan karena keadaan tersebut erat kaitannya dengan cepatnya pendangkalan waduk-waduk yang ada di bagian bawah (hilir). Didaerah aliran sungai bagian bawah (hilir) harus dijaga kelestariaanya dari polusi, baik limbah rumah tangga maupun limbah industri. Dengan upaya ini diharapkan kelestarian lingkungan (air sungai) dapat terjaga. a. Manfaat daerah aliran sungai (DAS) Manfaat daerah aliran sungai (DAS) bagi kehidupan adalah : 1. sumber air bersih 2. sumber irigasi, dan 3. sumber tenaga listrik (PLTA) b. Menjaga kelestarian Daerah Aliran Sungai (DAS) Cara-cara mempertahankan kelestarian daerah aliran sungai (DAS) adalah 1. mengadakan usaha reboisasi dan penghijauan dibagaian hulu, 2. melarang penebangan hutan secara liar, 3. membatasi daerah sekitar untuk pemungkiman penduduk, dan 4. menjaga adanya polusi yang masuk pada aliran tersebut. c. Gejala Kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Daerah aliran sungai yang mengalami kerusakan ditandai oleh hal-hal seperti 1. lingkungan daerah aliran sungai bertambah gundul atau tandus, 2. hutan disekitar daerah aliran sungai semakin rusak, dan 3. di sekitar aliran sungai merupakan tempat pemungkiman penduduk yang padat. Gejala-gejala alam yang terjadi akibat kerusakan daerah aliran sungai adalah : 1. terbentuknya delta dibagian hilir sungai, 2. dataran pantai bertambah luas, dan 3. terbentuknya endapan di kanan-kiri sungai.
DISUSUN OLEH :

       

FIRMANTA MEITANA SEMBIRING FEBRIAN ARYSANDI GIRDANG MARTINA SUSELY SURBAKTI NINA KARINA TARIGAN MELDA CHRISTINA HELIDA WATI APINTON FIRDAUS TEUKU MUHAMAD FACHRU.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->