Anatomi Klavikula

Gambar 1: Menunjukkan gambar anatomi bahu Kerangka anggota atas dikaitkan dengan kerangka badan dengan perantaaran gelang bahu ,yang terdiri atas klavikula dan scapula. Klavikula, atau tulang selangka, menghubungkan ekstremitas atas ke bagian badan atas. Hal ini digolongkan sebagai tulang panjang, tetapi relatif singkat, melampirkan medial ke sternum, dan lateral mengartikulasikan dengan akromion scapula. Klavikula membentuk bagian anterior dari sabuk bahu. Ini adalah tulang panjang, melengkung agak seperti miring huruf f, dan ditempatkan hampir horizontal di bagian atas dan anterior dada, tepat di atas tulang rusuk pertama. Mengartikulasikan medial dengan manubrium sterni, dan lateral dengan akromion skapula. Hal ini membentuk lengkung ganda, konveksitas yang diarahkan ke depan pada akhir sternum, dan cekung pada akhir skapularis. Penentuan segi dari klavikula yaitu lateral atau medial. Ujung lateral adalah datar, dan ujung medial besar dan segiempat.Shaft pula sedikit melengkung, sehingga ke depan cembung di depan medial 2/3, dan cekung dalam lateral 1/3.Permukaan inferior beralur longitudinal di pertengahan 1/3. Sternal Ekstremitas (extremitas sternalis, ekstremitas internal).sternum ekstremitas klavikula segitiga dalam bentuk, diarahkan medial, dan sedikit ke bawah dan ke depan. Ini menyajikan sebuah segi artikular, cekung dari sebelum mundur, dari atas ke bawah cembung, yang artikulasi dengan manubrium sterni melalui intervensi disk artikular. Bagian bawah dari segi dilanjutkan ke permukaan inferior tulang sebagai daerah semi-oval kecil untuk artikulasi

oval permukaan diarahkan miring ke bawah. untuk lampiran ligamen akromioklavikularis. Lingkar segi artikular kasar. untuk lampiran dari berbagai ligamen. Pada orang-orang yang melakukan kerja manual yang cukup menjadi lebih tebal dan lebih melengkung. terutama di atas.bagian medial ligamen korakoklavikular. Lingkar permukaan artikular kasar. . Acromial Ekstremitas (extremitas acromialis. Ini adalah di mana ligamen trapeziod (bagian lateral ligamentum korakoklavikular) menempel. Tonjolan tulang itu adalah tempat perlekatan ligament. ekstremitas luar). Pada akhir sternum klavikula adalah impresi untuk ligamen kostklavikular. Pada perempuan.-Acromial ekstremitas menyajikan kecil. sudut atas memberikan lampiran ke disk artikular. dan pegunungan untuk lampiran otot yang jelas ditandai. Itu adalah depresi oval kasar yang ligamentum kostoklavikular mengikat.dengan tulang rawan dari tulang rusuk pertama. Tuberkulum konoid ditemukan dekat ujung akromial klavikula. pipih. tipis. Ini adalah titik perlekatan ligamentum konoideum . Gambar 2: Menunjukkan anatomi dari klavikula Tonjolan tulang klavikula ditemukan pada permukaan inferior tulang. dan halus daripada pada pria. Bagian dekat ujung akromial sternum adalah garis trapeziod. kurang melengkung. untuk artikulasi dengan akromion skapula. klavikula umumnya lebih pendek. Tonjolan tersebut adalah besar dan permukaan kasar dari tulang.

. Elsevier Church Hill Publication.Selain itu . 39th Edition. 2006.Struktur klavikula terdiri dari jaringan cancellous.P. 2005. . The Antomical Basis of Clinical Practice. dan pusat sekunder untuk akhir sternum. bagi tubuh. kehidupan janin. dua pusat primer. medial dan lateral. Klavikula memiliki tiga fungsi utama. Anatomi dan Fisiologi . dari tiga pusat-yaitu. S Susan. Publikasi GrahaMedia. yang muncul selama minggu kelima atau keenam. 2.Gray’s Anatomy. dan menyatukan dengan sisa tulang sekitar tahun dua puluh lima. yang muncul sekitar tahun kedelapan belas atau kedua puluh. yang lebih tebal di bagian menengah daripada di ekstremitas tulang. Antanya adalah menghubungkan ekstremitas atas ke bagian badan atas dan melindungi struktur neurovaskular yang mendasariekstremitas atas. C. diliputi oleh lapisan padat.Evelyn. Daftar Pustaka 1.mentransmisikan beban dari ekstremitas atas ke kerangka aksial. Ossifikasi klavikula mulai mengeras sebelum tulang lainnya dalam tubuh.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful