[MANUSIA, KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1, 2009

MAKALAH ISBD
MANUSIA, KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN

DISUSUN OLEH : 1. 2. 3. 4. 5. BAKTI ILHAMULLAH M.RAZIKI AYU WAHYUNI M.WELLI DWI ANDRI (G11109016) (G11109072) (G11109018) (G11109 ) ( )

FAKULTAS KEHUTANAN
UNIVERSITAS TANJNGPURA PONTIANAK 2009/2010

MAKALAH ISBD
MANUSIA, KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN

By: Kelompok 8

Page ii

[MANUSIA, KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1, 2009

DISUSUN OLEH : BAKTI ILHAMULLAH (G11109016) M.RAZIKI (G11109072) AYU WAHYUNI (G11109 M.WELLI DWI ANDRI

FAKULTAS KEHUTANAN
UNIVERSITAS TANJNGPURA PONTIANAK 2009/2010

By: Kelompok 8

Page ii

Wassalamualaikum Wr. karena berkat rahmat dan hidayah-Nya lah makalah yang berjudul “Manusia. semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya. 2009 KATA PENGANTAR Assalamualaikum Wr.[MANUSIA. pembaca dan perkembangan ilmu pengetahuan pada umumnya. oktober 2009 Penulis By: Kelompok 8 Page ii . Hal ini disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan dan kemampuan penulis. kritik dan saran yang bersifat membangun diharapkan dari berbagai pihak untuk kesempurnaan makalah ini. KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1. Akhirnya.Wb. Penulis menyadari bahwa sempurnanya makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Keragaman dan Kesederajatan” yang merupakan salah satu tugas dari materi Ilmu Sosial Budaya Dasar dapat terselesaikkan dengan tepat waktu.Wb Pontianak. Oleh karena itu. Puji serta syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT.

..................... D................................................................................................................................................................................... Tata Krama 5...................................................................................... B............................................ 2009 DAFTAR ISI Koper dalam ............................... 3...... Suku Bangsa dan Ras ............3........................................................................................................ Daftar Isi .......................................................................................... Bab 1 Pendahuluan ....................................... i ii iii 1 1 B............... Latar Belakang ................................................................... Makna Kesederajatan ............. 2...................... Agama dan Keyakinan .............................................[MANUSIA......... Permasalahan .......................... Bermasyarakat dan Kehidupan Global Bab IV Problematika Diskriminasi Bab V Manusia Beradap dalam Keragaman By: Kelompok 8 Page ii 4 4 ................... Metoda .............. Kesenjangan Sosial Bab III Pengaruh Keragaman Terhadap Kehidupan Beragama.................... Makna Keragaman .................. A.................... Kata Pengantar .....4 C........... Kesenjangan Ekonomi 6........................................ Tujuan ............................. C....................... 2..... Ideologi dan Politik 4...... 1....................... A.... KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1......... Bab II Makna Keragaman dan Kesederajatan .... Unsur – Unsur Keragaman dalam Masyarakat Indonesia ......................................

Demoralisasi tentara dan POlisi 6.[MANUSIA. Perubahan yang terjadi karena pengaruh dari dalam B. Krisis Politik 4. Intervensi asing Bab VI Penutup Kesimpulan Daftar PUstaka By: Kelompok 8 Page ii . Faktor yang berasal dari uar masyarakat 2. KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1. Faktor – Faktor Terjadinya Perubahan Sosial Budaya 1. Krisis ekonomi 3. Kasus Disintegrasi Bangsa dan Bubarnya sebuah Negara 1. Kegagalan Kepemimpinan 2. Krisis social 5. 2009 A.

keterbukaan dan mengembangkan kesederajatan. Dari banyak studi menyebutkan salah satu penyebab utama dari konflik ini adalah akibat lemahnya pemahaman dan pemaknaan tentang konsep kearifan budaya. 2009 BAB I PENDAHULUAN A. Menurut By: Kelompok 8 Page ii . agama dan kebudayaan. Latar Belakang Struktur masyarakat Indonesia yang majemuk dan dinamis ditandai oleh keragaman Suku bangsa. manusia diciptakan Tuhan dalam keanekaragaman kebudayaan. Permasalahan Pada dasawasa terakhir. bahwa terjadinya konflik sosial yang bernuansa SARA (suku. Kedua. Pertama. bahwa secara alami atau kodrati. Jadi. agama.[MANUSIA. tetapi pada sisi lain mengandung potensi terjadinya konflik. B. dan oleh karena itu pembangunan manusia harus memperhatikan keanekaragaman budaya tersebut. keragaman tersebut haruslah dapat dicari solusinya dengan semangat pluralism. wacana multikulturalisme menjadi isu penting dalam upaya pembangunan kebudayaan di Indonesia. Hal ini menurut penulis didasarkan beberapa alasan. dan ras) yang melanda negeri ini pada dasawasa terakhir berkaitan erat dengan masalah kebudayaan. Dalam konteks ke-Indonesia-an maka menjadi keniscayaan bahwa pembangunan manusia Indonesia harus didasarkan atas multikulturalisme mengingat kenyataan bahwa negeri ini berdiri di atas keanekaragaman budaya. KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1. Keragaman tersebut merupakan kekayaan budaya yang membanggakan.

The Clash of Civilization and the Remaking of World Order. Hal sama juga dikemukakan oleh Rahman (2005) bahwa konflik-konflik kedaerahan sering terjadi seiring dengan ketiadaan pemahaman akan keberagaman atau multikultur. kurangnya kesetiakawanan sosial. berbagai konflik sosial yang telah menimbulkan keterpurukan di negeri ini disebabkan oleh kurangnya kemauan untuk menerima dan menghargai perbedaan. melindungi yang lemah dan tak berdaya. Pendidikan multikultural mempunyai dua tanggung jawab besar. menyayangi sesama.[MANUSIA. KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1. dan tumbuhnya sikap egois serta kurang perasaan atau kepekaan sosial. Dalam bukunya yang terkenal. Hantington menyebutkan bahwa terjadinya berbagai konflik sosial dan etnis di berbagai belahan dunia antara lain disebabkan oleh perbedaan kebudayaan yang semakin nyata. maka kemungkinan disintegrasi bangsa dan munculnya konflik dapat dihindarkan. 2009 AlQadrie (2005). By: Kelompok 8 Page ii . ide dan pendapat orang lain. (Suara Pembaruan: 09/09/04). Ketiga. bahwa pemahaman terhadap multikulturalisme merupakan kebutuhan bagi manusia untuk menghadapi tantangan global di masa mendatang. Oleh karena untuk mencegah atau meminimalkan konflik tersebut perlu dikembangkan pendidikan multikulturalisme. karya dan jerih payah orang lain. Bila kedua tanggung jawab besar itu dapat dicapai. Konflik antarbudaya yang disebut oleh Samuel P. Huntington (1993) sebagai benturan antar peradaban akan mendominasi politik global. Profesor Sosiologi pada Universitas Tanjungpura Pontianak. yaitu menyiapkan bangsa Indonesia untuk siap menghadapi arus budaya luar di era globalisasi dan menyatukan bangsa sendiri yang terdiri dari berbagai macam budaya.

By: Kelompok 8 Page ii . nilai-nilai budaya dan etos. Di dalam mosaik tercakup semua kebudayaan dari masyarakat-masyarakat yang lebih kecil yang membentuk terwujudnya masyarakat yang lebih besar sebagaimana yang terungkap dalam penjelasan Pasal 32 UUD 1945. dan multikulturalisme membutuhkan seperangkat konsep-konsep yang merupakan bangunan konsep-konsep untuk dijadikan acuan bagi memahaminya dan mengembang-luaskannya dalam kehidupan bermasyarakat. HAM. kebersamaan dalam perbedaan yang sederajat. karena dibutuhkan sebagai landasan bagi tegaknya demokrasi. keadilan dan hukum. KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1. 2009 Acuan utama bagi terwujudnya masyarakat Indonesia yang multikultural adalah multikulturalisme. sebuah masyarakat (termasuk juga masyarakat bangsa seperti Indonesia) dilihat sebagai mempunyai sebuah kebudayaan yang berlaku umum dalam masyarakat tersebut yang coraknya seperti sebuah mosaik. yang berbunyi: "kebudayaan bangsa (Indonesia) adalah puncak-puncak kebudayaan di daerah". karena multikulturalisme menekankan keanekaragaman kebudayaan dalam kesederajatan. keanekaragaman secara sukubangsa atau kebudayaan sukubangsa yang menjadi ciri masyarakat majemuk. Dalam model multikulturalisme ini.[MANUSIA. yaitu sebuah ideologi yang mengakui dan mengagungkan perbedaan dalam kesederajatan baik secara individual maupun secara SARA. demokrasi. dan kesejahteraan hidup masyarakatnya. Multikulturalisme bukan hanya sebuah wacana tetapi sebuah ideologi yang harus diperjuangkan. Multikulturalisme bukan sebuah ideologi yang berdiri sendiri terpisah dari ideologi-ideologi lannya. Berbagai konsep yang relevan dengan multikulturalisme antara lain adalah.

Rex 1985. KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1. Metoda Adapun metoda yang akan kami terapkan dalam presentasi kali ini ialah:  Ceramah  Diskusi/Tanya jawab By: Kelompok 8 Page ii . hak budaya komuniti. analitis dan responsitive untuk memecahkan masalah tersebut secara arif dimasyarakat. D. kesukubangsaan. C. dan konsep-konsep lainnya yang relevan (Fay 1996. keyakinan keagamaan. ungkapan-ungkapan budaya. 2009 sukubangsa. kebudayaan sukubangsa. domain privat dan publik. HAM.[MANUSIA. Suparlan 2002). Tujuan Memberikan dasar-dasar untuk memahami masalah social dan budaya serta mampubersikap kritis.

MAKNA KERAGAMAN Keragaman berasal dari kata ragam yang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artinya: 1. Keragaman yang dimaksud di sini adalah suatu kondisi dalam masyarakat dimana terdapat perbedaan-perbedaan dalam berbagai bidang. ras. langgam 4. Warna. ragi 5. jenis 3. hal jenis. serta situasi ekonomi. B. terutama suku. music. Dengan demikian konteks kesederajatan di sini adalah suatu kondisi di mana dalam perbedaan dan By: Kelompok 8 Page ii .[MANUSIA. ideology. Macam. Lagu. kedudukan). (ling) laras (tata bahasa) Sehingga keragaman berarti perihal beragam–ragam. 2009 BAB II MAKNA KERAGAMAN DAN KESEDARAJATAN A. MAKNA KESEDERAJATAN Kesederajatan berasal dari kata sederajat yang menurut KBBI artinya adalah sama tingkatan (pangkat. adat kesopanan. keyakinan. corak. Tingkah laku 2. bangsa. berjenis-jenis perihal ragam. KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1. agama.

2. Namun mempunyai pengaruh yang besar sekali terhadap kebutuhan manusia sehari-hari. tampaknya memang memiliki ciri umum yang hampir sama. baik dalam agama primitive maupun agama monoteisme. Agama dan Keyakinan Agama mengandung arti ikatan yang harus dipegang dan dipatuhi manausia. Ikatan tersebut berasal dari suatu kekuatan yang lebih tinggi dari manusia sebagai kekuatan gaib yang tak dapat ditangkap dengan panca indara. Menurut Robet H. UNSUR-UNSUR KERAGAMAN DALAM MASYARAKAT INDONESIA 1. 2009 keragaman yang ada manusia tetap memiliki suatu kedudukan yang sama dan satu tingkatan hierarki. Agama sebagi bentuk keyakinan memang sulit diukur secara tepat dan rinci. Thouless. Namun apa pun bentuk kepercayaan yang dianggap sebagai agama. Sedangkan perbedaan ras muncul karena adanya pengelompokan besar manusia yang memiliki ciri-ciri biologis lahiriah yang sama seperti rambut (Deutero Melayan Mongoloid).( Harun Nasution:10).[MANUSIA. KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1. C. fakta menunjukan bahwa agama berpusat pada Tuhan atau dewa-dewa sebagai ukuran yang menentukan yang tak boleh diabaikan (Psikologi agama:14) By: Kelompok 8 Page ii . Suku Bangsa dan Ras Suku bangsa yang menempati wilayah Indonesia dari Sabang sampai Marauke sangat beragam.

3.[MANUSIA. Berfungsi Edukatif: ajaran agama secara yuridis berfungsi menyuruh dan melarang 2. Ideologi dan Politik Ideologi ialah suatu istilah umum bagi sebuah gagasan yang berpengaruh kuat terhadap tingkah laku dalam situasi khusus karena merupakan kaitan antara tindakan dan kepercayaan yang fundamental. Berfungsi sebagai pemupuk rasa solidaritas 6. Hal ini terlihat dari banyaknya agama yang diakui di Indonesia. Berfungsi kreatif 8. 2009 Masalah Agama tak akan mungkin dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Berfungsi sebagai perdamaian 4. Dalam praktinya fungsi agama dalam masyarakat antara lain adalah: 1. Berfungsi sublimatif Pada dasarnya agama dan keyakinan merupakan unsur penting dalam keragaman bangsa Indonesia. Berfungsi penyelamat 3. Ideologi membantu untuk lebih memperkuat landasan moral bagi sebuah tindakan. Berfungsi transformative 7. Berfungsi sebagai sosial control 5. KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1. politik mencangkup baik konflik antara individu-individu dan By: Kelompok 8 Page ii .

tegur sapa. 5. masyarakat kita By: Kelompok 8 Page ii . Meskipun pada dasarnya Indonesia hanya mengakui satu ideologi. KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1. perilaku. Tata Krama Tata Krama yang dianggap dari Bahasa Jawa yang berarti “adat sopan santun. basa-basi” pada dasarnya ialah segala tindakan. ucap dan cakap sesuai kaidah atau norma tertentu.[MANUSIA. Namun umumnya. Politik juga bermakna usaha untuk menegakkan ketertiban sosial. adat istiadat. Tata karma dibentuk dan dikembangkan oleh masyarakat dan terdiri dari aturan-aturan yang akan menciptakan suatu interaksi sosial yang tertib dan efektif di dalam masyarakat. perekonomian akan menjadi salah satu perhatian yang terus ditingkatkan. 4. Keragaman masyarakat Indonesia dalam ideologi dan politik dapat di lihat dari banyaknya partai politik sejak berakhirnya orde lama. Kesenjangan Ekonomi Bagi sebagian Negara berkembang. Indonesia memiliki beragam suku bangsa dimana stiap suku bangsa memiliki adat sendiri meskipun karena adanya sosialisasi nilai-nilai dan norma secara turun-temurun dan berkesinambungan dari generasi ke generasi menyebabkan suatu masyarakat yang ada dalam suatu suku bangsa yang sama akan memiliki adat dan kesopanan yang relative sama. yaitu Pancasila yang benar-benar mencerminkankeperibadian bangsa Indonesia. 2009 kelompok untuk memperoleh kekuasaan. yang digunakan oleh pemenang bagi keuntungannya sendiri atas kerugian dari yang ditaklukan.

KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1. 6. namun juga membahayakan bias menjadi sebuah pemicu perang antar-etnis atau suku.[MANUSIA. pangkat dan strata sosial yang hieraksis. Hal inilah yang dapat menimbulkan kesenjangan sosial yang tidak saja dapat menyakitkan. By: Kelompok 8 Page ii . Hal itu tentu saja menjadi sebuah pemicu adanya kesenjangan yang tak dapat dihindari lagi. 2009 berada di golongan tingkat ekonomi menengah kebawah. Hal ini dapat terlihat dan dirasakan dengan jelas dengan adanya penggolongan orang berdasarkan kasta. Kesenjangan Sosial Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat majemuk dengan bermacam tingkat.

Perbedaan yang mewujud baik secara fisik ataupun mental. BERNEGARA DAN KEHIDUPAN GLOBAL Berdirinya negara Indonesia dilatar belakangi oleh masyarakat yang kian majemuk. kebudayaan suku bangsa dan kebudayaan agama.[MANUSIA. 2009 BAB III PENGARUH KERAGAMAN TERHADAP KEHIDUPAN BERAGAMA. Manusia secara kodrat diciptakan sebagai makhluk yang mengusung nilai harmoni. Di kehidupan sehari-hari.oleh warga negara Indonesia. geografis. kita tidak dapat mengingkari sifat pluralistik bangsa kita. baik secara etnis. bersamaBy: Kelompok 8 Page ii . Masalah suku bangsa dan kesatuan-kesatuan nasional di Indonesia telah menunjukan kepada kita bahwa suatu negara yang multietnik memerlukan suatu budaya nasioanal untuk menginfestasikan peranan identitas nasional dan solidaritas nasional di antara warganya. Gagasan tentang kebudayaan nasional Indonesia yang menyagkut kesadarandan identitas sebagai suatu bangsa telah dirancang saat bangsa kita belum merdeka. Sehingga kita perlu memberi tempat bagi berkembangnya kebudayaan suku bangsa dan kebudayaan agama yang dianut. sebanarnya merupakan kehendak tuhan yang seharusnya dijadikan sebagai sebuah potensi untuk menciptakan sebuah kehidupan yang menjunjung tinggi toleransi. KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1. BERMASYARAKAT . kultural maupun religious.

Realitas di atas harus diakui dengan sikap terbuka. Jika keterbukaan dan kedewasaan sikap dipersampingkan. seperti: By: Kelompok 8 Page ii . e. d. Kurang mengembangkan consensus diantara para anggota masyarakat tentang nilai-nilai sosial yang bersifat dasar. KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1. besar kemungkinan tercipta masalah-masalah yang menggoyahkan persatuan dan kesatuan bangsa .[MANUSIA. Adanya dominasi politik oleh suatu kelompok terhadap kelompokyang lain. c. Secara relative integrasi sosial tumbuh di atas paksaan dan saling ketergantungan di dalam bidang ekonomi. Perbedaan-perbedaan tersebut menciptakan ketegangan hubungan antar anggota masyarakat. b. Hal ini disebabkan oleh sifat dasar yang selalu dimiki oleh masyarakat majemuk oleh Van de Berghe: a. mewarisi prilaku dan kegiatan kita. Terjadinya segmentasi ke dalam kelompok-kelompok yang sering kali memiliki kebudayaan yang berbeda. Memiliki struktur sosial yang terbagi-bagi ke dalam lembaga-lembaga yang bersifat non-komplementer. logis dan dewasa . tetapi sering terjadi masalah sebaliknya. saling melengkapi. Secara relative sering kali terjadi konflik diantara kelompok yang satu dengan yang lainnya. Berbagai kebudayaan itu beriringan. bahkan mampu untuk saling menyesuaikan (fleksibel) dalam kehidupan sehari-hari. 2009 sama dengan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara. karena dengannya kemjemukan yang ada dapat dipertumpul. f.

Eklusivisme. 2. yaitu: 1. pemikiran global yang bersifat inklusif. Prilaku dikriminatif terhadap etnis atau kelompok masyarakat tertentu akan memunculkan masalah yang lain. serta kesadaran kebersamaan dalam mengarungi sejarah. 3. dan harmonisasi dunia. media massa. Adanya hal yang dapat dilakukan untuk memperkecil masalah yang diakibatkan oleh pengaruh negatife dari keragam. merupakan modal yang sangat menentukan bagi terwujudnya sebuah bangsa yang Bhineka Tunggal Ika. 2009 1. alasannya dapat bermacam-macam. KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1. Semangat religious 2. Disharmonisasi adalah tidak adanya penyesuaian atas keragam antara manusia dengan dunia lingkungannya. By: Kelompok 8 Page ii . rasialis. Keterbukaan. Semangat pluralism 4. Semangat nasinalisme 3. bersumber dari superioritas diri. Semangat humanism 5. Dialog antar-umat beragama 6. antara lain: keyakinannya bahwa secara kodarti ras/sukunya kelompoknya lebih tinggi dari ras/suku/kelompok lain. yaitu kesenjangan yang dlam berbagai bidang yang tentu saja tidak menguntungkan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. kedewasaan sikap. Membangun suatu pola komunikasi untuk interaksi amupun konfigurasi hubungan antar agama.[MANUSIA.

segala keanekaragaman dipandang sebagai kekayaan bangsa milik bersama. Siakap inilah yang perlu dikembagkan dalam pola pikir masyarakat untuk menuju Indonesia Raya merdeka. dan beragam dalam kesatuan. Segala bentuk kesenjangan didekatkan. By: Kelompok 8 Page ii . KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1. 2009 Menyatu dalam keragaman.[MANUSIA.

etnis. dan kebangsaan seseorang. By: Kelompok 8 Page ii . KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1. 30 tahun 1999 tentang HAM telah menegaskan bahwa”… setiap orang dilahirkan bebas dengan harkat dan martabat yang sama dan sederajat . tidak dapat dipisahkan dan saling tergantung. 2009 BAB IV PROBLEMATIAK DISKRIMINASI Diskriminasi adalah setiap tindakan yang melakukan perbedaan terhadap seseorang atau sekelompok orang berdasarkan ras. Pasal 281 Ayat (2) UUD NKRI 1945 telah menegaskan bahwa: “setiap orang berhak bebas dari perlakuan yang bersifat diskriminatif itu”. ketentuan tersebut merupakan landasan hukum yang mendasari prinsip nondiskriminasi di Indonesia. kodisi fisik tubuh. serta batas negara. jenis kelamin. usia. orientasi seksual. relifius fanatisme.”. rasisme. Tuntutan atas kesamaan hak bagi setiap manusia didasarkan pada prinsipprinsip Hak Asasi Manusia (HAM). Penegakan hukum dalam kerangka pemujaan dan pemenuhan HAM. dan discrimination harus dipandang sebagai tindakan yang menghambat pengembangan kesederajatan dan demokrasi.. status dan kelas soaial ekonomi.[MANUSIA. golongan.. kelompok. Sifat dari HAM adalah universal dan tanpa pengecualian. suku. Berangkat dari pemahaman tersebut seyogianya sikap-sikap yang didasarkan pada jethnosentrisme. pandangan ideologi dan politik.. agama. Sementara itu pasal 3 UU No.

Timbulah persaingan antara kelompok pendatang dan kelompok pribumi. akan tetapi karena adnya beberapa faktor penyebab.tuan tanah) biasanya melakukan intimidasi dan tekanan sehingga mendiskriminasikan orang miskin. 2.[MANUSIA./ By: Kelompok 8 Page ii . Kelompok-kelompok kaya (bangsawan. Dalam demokrasi. miskin dan berada diantaranya. kesederajatan dalam perlakuan adalah salah satu wujud ideal dalam kehidupan Negara yang demokratis. antara lain: 1. Aristoteles membagi masyarakat dalam suatu negara menjadi tiga kelompok: kaya. terutama ekonomi. yang kerap kali menjadi awal pemicu terjadinya diskriminasi. Persaingan yang semakin ketat dalam berbagai bidang kehidupan. Pada dasarnya diskriminas tidak terjadi begitu saja. Akan tetapi. KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1. berbagai penelitian dan pengkajian menunjukan bahwa kondisi di Indonesia saat ini belum mencerminkan penerapan asas persamaan dimuka hukum secara utuh. 2009 Pencantuman prinsip ini pada awal pasal dan berbagai instrument hukum yang mengatur HAM pada dasarnya menunjukan bahwa diskriminan telah menjadi sebuah realitas yang problematik. Komunitas internasional telah mengakui bahwa diskriminasi masih terjadi diberbagai belahan dunia. Tekanan dan intimidasi biasanya dilakukan oleh kelompok yang dominan terhadap kelompok atau golongan yang lebih lemah. sehingga: a. dan b. Prinsip nondiskriminasi harus mengawali kesepakatan antar bangsa untuk dapat hidup dalam kebebasan. diskriminasi seharusnya telah ditiadakan dengan adanya kesetaraan dalam bidang hukum. keadilan dan perdamaian.

3. 2009 3.[MANUSIA. KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1. maka warga negara memelihara komitmenkebersamaan sebagai suatu By: Kelompok 8 Page ii . Dari kajian yang dilakukan terhadap berbagai kasus disintegrasi bangsa dan bubarnya sebuah negara dapat disimpulkan adanya enam faktor utama yang secara gradual bias menjadi penyebab utama proses itu. sehingga menyulitkan lahirnya kebijakan utuh dalam mengatasi krisis ekonomi. yaitu: 1. Kegagalan kepemimpinan Integrasi bangsa adalah landasan bagi tegaknya sebuah negara modern. Keutuhan wilayah negara amat ditentuakanoleh kemampuan para pemimpin dan masyarakat bangsa. Krisis politik juga dapat dilihat dari absennya kepemimpinan politik yang mampu membagun solidaritas sosial untuk secara solid menghadapi krisis ekonomi. Ketidakberdayaan golongan miskinakan intimidasi yang mereka dapatkan membuat mereka terus terpuruk dan menjadi korban diskriminasi. Krisis ekonomi yang akut dan berlangsung lama Krisis di sektor ini selalu merupakan amat signifikan dalam mengawali lahirnya krisis yang lain (politik pemerintahan. Problematika lainnya yang timbul dan harus diwaspadai adalah adanya disintegrasi bangsa. 2. Krisis politik Krisis politik merupakan perpecahan elite di tingkat nasional. Semua ini mengakibatkan kepemimpinan semakin tidak efektif. hukum dan sosial).

Demokralisasi tentara dan polisi Demoralisasi tentara dan polisi dalam bentuk pupusnya keyakinan mereka atas makna pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya sebagai bhayangkari negara. Krisis Sosial Krisis sosial dimulai dari adanya disharmoni dan bermuara pada meletusnuya konflik kekerasan diantaranya: kelompok-kelompok masyarakat (suku. KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1. 5. agama. 2009 kemampuan pemerintahdalam memberi pelayanan publik akan semakin meerosot.. Intervensi asing Intevensi internasional yang bertujuan memecah belah. Intevensi itu bergerak dari yang paling lunak hingga berupa provokasi terhadap kelompok-kelompok yang berkonflik.[MANUSIA. By: Kelompok 8 Page ii . 6. seraya mengambil keuntungan Dari perpecahan itu melalui dominasi pengaruhnya terhadap kebijakan politik dan ekonomi negara-negara baru pasca disintegrasi. 4. Demoralisasi iyu.ras). pada kadar yang rendah dipengaruhi oleh merosotnya nilai gaji yang mereka terima akibat krisis ekonomi.

pengukuhan ide “tunggal ika” yang dirumuskan dalam wawasan nusantara dengan menekankan pada aspek persatuan disegala bidang merupakan tindakan yang positif. Manusia Beradab dalam Keragaman Hubungan antara kebudayaan dengan peradaban sangat erat. kondisi ekonomi. 1. seni dan sebagainya. Tuhan yang menciptakan manusia dan keragamannya dalam realitas kehidupan keragaman telah meluaas dalam wujud perbedaan status. agama. Masyarakat sebagai satu komunitas yang beragam penuh perbedaan pandangan bahkan kepeningan. Namun tentu saja makna Bhineka Tunggal Ika ini harus benar-benar dipahami dan menjadi sebuah pedoman dalam berbagsa dan bernegara. relasi. budi pekerti. Peradaban adalah salah satu perwujudan kebudayaan yang bernilai tinggi. sejarah dan tujuan yang sama yang disebut kebudayaan nasional.[MANUSIA. indah dan harmonis yang mencerminkan tingkat kebudayaan masyarakat yang bersangkutan. 2009 Salah satu hal yang dapat dijadikan solusi adalah Bhineka Tunggal Ika yang merupakan ungkapan yang menggambarkan masyarakat Indonesia yang “majemuk” atau “homogen”. adab sopan santun. sosial dan sampai cita-cita perorangan By: Kelompok 8 Page ii . Terciptanya ”Tunggal Ika” dalam masyarakat yang “bhineka” atau “integrasi nasional”. misalnya. Dalam hubungan ini.budi bahasa. Masyarakat Indonesia terwujud sebagai ha sil interaksi sosial dari banyak suku bangsa dengan berbagai macam latar belakang kebudayaan. KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1.

2. Dalam hal ini maka terdapat teori yang menunjukan penyebab konflik di tengah masyarakat antara lain: 1.[MANUSIA. memiliki pandangan bahwa konflik yang sering muncul ditengah masyarakat disebabkan polarisasi yang terus terjadi. 4. Teori hubungan masyarakat. Relitas keragaman budaya bangsa ini tentu membawa konsekuensi munculnya persoalan gesekan antarbudaya. KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1. perbedaan bias dilator belakangi SARA bahkan pilihan ideologi politiknya. menuai konsentrasi panjang berupa konflikdan bahkan kekerasan di tengahtengah kita. Teori transformasi yang memfokuskan pada penyebab terjadi konflik adalah ketidak kesetaraan ketidak setaraan dan ketidak adilan yang muncul sebagai masalah soaial-budaya dan ekonomi. Teori identitas yang melihat bahwa konflik yang mengeras di masyarakat tidak lain disebabkan identitas yang terancam yang sering berakar pada hilangnya sesuatu ataupun penderitaan masalah lalu yang tidak terselesaikan. teori ini melihat \konflik disebkan ketidak cocokan dalam cara-cara berkomunikasi di antara budaya yang berbeda. 2009 maupun kelompok tanpa dilandasi sikap arif dalam memandang perbedaan akan. yang mempengaruhi dianmika By: Kelompok 8 Page ii . Teori kesalah pahaman antarbudaya . 3. ketidak percayaan dan permusuhan diantara kelompok yang berbeda.

Invasi yaitu masuknya unsur-unsur kebudayaan setempat dengaan peperangan (penaklukan) bangsa asing terhadap bangsa lain.[MANUSIA. By: Kelompok 8 Page ii . sehingga merusak kebudayaan bangsa yang didatangi penetrasi tersebut.hal ini berlangsung berkaitan dengan terjadinya perpindahan atau penyebaran manusia dari satu tempat ke tempat lain. Akulturasi atau contural contak berarti kebudayaan tertentu yang dihadapkan dengan unsur-unsur kebudayaan asing yang sedemikian rupa sehingga lambat laun unsur-unsur kebudayaan asing tersebut atau menyatu ke dalam kebudayaan sendiri tetapi tidak menyebabkan hilangnya keperibadian. 4. Invasi. Akulturasi. dinamakan penetration violent. menjunjung tinggi nilai-nilai kesopanan dan tidak menjadikan keragaman sebagai kekayaan bangsa. KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1. 2009 kehidupan masyarakat. Difusi. Difusi ialah penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari satu tempat ke tempat lain. 3. Faktor-faktor pendorong yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya ada dua macam. alat pengikat persatuan seluruh masyarakat dalam kebudayaan yang beraneka ragam. sedikit demi sedikit. 2. Penetrasi. Penetrasi ialah masuknya unsure-unsur kebudayaan asing secara paksa. Faktor yang berasal dari luar masyarakat 1. yaitu yang berasal dari luar masyarakat dan dari dalam. oleh sebab itu manusia yang beradab harus bersikap terbuka dalam melihat semua perbedaan dalam keragaman yang ada.

Milenarisme merupakan salah satu bentuk gerakan kebangkitan. KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1. Milenarisasi. Asimilasi kebalikan dari penetrasi.asimilasi adalah proses penyesuaian seseorang atau kelompok orang asing terhadap kebudayaan setempat. ada pula pendapat lain menyatakan bahwa discovery adalah penemuan suatu yang sebelumnya telah ada  Invention adalah pendapatan atau perolehan hal-hal baru yang dilakukan melalui usaha yang sungguh-sungguh walaupun melalui trial and error  Enkulturasi atau pembudayaan ialah suatu proses manusia mempelajari dan menyesuaikan alam pikiran serta sikapnya dengan system norma (meliputi norma susila. adat. System pendidikan yang maju  Inovasi adalah pembaharuan unsur teknologi dan ekonomi dari kebudayaan  Discoveri adalah penemuan unsur kebudayaan yang baru. Perubahan yang terjadi karena pengaruh dari dalam 1. 7. baik berupa alat walaupun ide baru yang diciptakan oleh seorang atau sekelompok orang dalam suatu masyarakat  Namun. 6. Asimilasi. yang brusaha mengangkatgolongan masyarakat bawah yang tertindas dan telah lama menderita dalam kedudukan sosial yang rendah dan memiliki ideologi subkultural yang baru. 2009 5. Hibridisasi adalah perubahan kebudayaan yang disebabkan oleh perkawinan campuran antara orang asing dengan penduduk setempat.[MANUSIA. Hibridisasi. hukum dan agama) yang hidup dalam masyarakat By: Kelompok 8 Page ii .

3. Penduduk yang heterogen. By: Kelompok 8 Page ii . 5. Adanya toleransi terhadap perbuatan-perbuatan yang menyimpang (deviation).[MANUSIA. Adanya keterbukaan di dalam masyarakat. KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1. 4. 2009 2. Menghargai hasil karya orang lain.

2009 BAB V PENUTUP A. adat kesopanan.[MANUSIA. geografis. keyakinan. ras. ideologi. terutama suku bangsa. cultural. agama. manusia tetap memiliki satu kedudukan yang sama dan satu tingkatan hierarki. Di dalam masyarakat terdapat perbedaan-perbedaan dalam berbagai bidang. Kesimpulan Manusia secara kodrat diciptakan sebagai makhluk yang mengusung nilai harmoni yang merupakan kehendak tuhan yang seharusnya dijadikan sebagai sebuah potensi untuk menciptakan sebuah kehidupan yang menjunjung tinggi toleransi. Suatu negara yang majemuk. KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1. maupun religious memerlukan suatu kebudayaan nasional untuk menginfestasikan peranan idenditas nasional dan solidaritas nasional di antara warganya. By: Kelompok 8 Page ii . baik secara etnis. serta situasi ekonomi di mana dalam perbedaan dan keragaman yang ada.

[MANUSIA. Dalam restorasi pancasila: mendamaikan politik identitas dan modernitas. (2006) “reposisi pandangan mengen ai pancasila: dari pluralisme ke multikulturisme”. KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN] October 1. Peraturan mentri pendidikan nasional republik indonesia nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. (2005). Jakarta: Yayasan Pengembangan Kajian Ilmu Kepolisian. By: Kelompok 8 Page ii . Suku bangsa dan hubungan antar suku bangsa. Singapore and indonesia” yogyakarta karnisius. Suparlan. (2007). Hefner. Politik multikulturisme: menggugat realitas kebangsaan. Pluralism and citizenship in malaysia. 2009 Daftar Pustaka Branson. (1998) The Role of Civie Education. Robert W. Achmad fedyani. Terjemahan oleh Bernadus Hidayat dari judul asli “The Politk Multiculturism”. Bogor: Brighten press. Saifudin. margaret S. Parsudi. Calabases: CCE.