APRESIASI SENI TARI NUSANTARA Tari adalah salah stau seni gerak selain senam,bela diri,akrobatik

atau pantomime. Sebagai seni tari,tari memiliki cirri-ciri yang berbeda dengan seni seni tari yang lain. Seni tari secara umum memiliki aspek-aspek gerak,ritmis,keindaha,,dan ekspresi.selain itu,seni tari memiliki unsure-unsur ruang,tenaga dan waktu.ruang berhubungan dengan posisi,tingkatan dan jangkuan. Posisi berhubungan dengan arah hadap dan arah gerak. Tenaga sangat di butuhkan dalam seni tari karena dengan tenaga seni yang ditampilkan lebih kreatif. Fungsi seni tari adalah sebagai media pergaulan,seni tari sebagai penyaluran terapi,seni tari sebagai media pendidikan,seni tari sebagai pertunjukan,dan seni tari sebagai media kataris. A. jenis dan peran seni tari dalam konteks masyarakat dan budaya Seni tari sangat berhubungan dengan keadaan masyarakat dan budaya setempat. Oleh karena itu,funsi,peran ,dan jenis-jenisnya pun sangat berhubungan dengan masyarakat dan budaya setempat. Bahkan dalam perkembangannya, seni tari di pengaruhi oleh perkembangan masyarakat dan budaya. 1 fungsi dan peranan seni tari

sebagai suatu kegiatan seni tari memiliki beberapa fungsi, yaitu seni tari ssebagai saranaa upacara ,seni tari sebagai hiburan, seni tari sebagai media pergaulan,seni tari sebagai penyaluran terapi,seni tari sebagai media pendidikan , seni tari sebagai pertunjukan. a. Sebagai sarana upacara tari dapat digunakan sebagai sarana upacaraa.jenis tari ini banyak macamya,seperti tari untuk upacara keagamaan dan upacaraa penting dalam kehidupan manusia b. Seni sebagai hiburan tari sebagai hiburan harus bervariasi sehingga tidak menjemuhkan dan menjenuhkan oleh karena itu ,jenis ini menggunakn tema yang sederhana,tidak muluk muluk,diiiringi lagu yang enak dan mengasikkan..kostum dan tata panggungnya dipersiapkan dengan cara yang menarik. c. Seni tari sebagai penyaluran terapi Jenis tari ini biasaanya di tunjukan untuk penyandang cacat fisik atau cacat mental. Penyaluran dapat dilakukan seecara langsung bagi penderita cacat tubuh atau penderita tuna wicara dan tuna rungu , dan secara tidak langsung bagi penderita cacaat mental. Pada masyarakat timur, jenis tarian ini menjadi pantangan karna rasa tak sampai hati. d. Seni tari sebagai media pendidikan kegiatan tari dapat dijadikan media pendidikan, seperti mendidik anak unttuk bersikap dewasa dan menghindari tingkah laku yang menyimpang. Nilai nilai keindahan dan keluhuran pada seni tari dapat mengasah perasaan seseorang.

Oleh karena itu. g.tari sebagai media komunikasi.jenis tari ini biasa sengaja dibuat untuk pertunjukan. biasanya jenis tari ini dilakukan oleh seniman yang hakiki. seni tari juga memiliki peran yang sama seperti seni-seni yang lainnya.tari sebagai media berpikir kreatif.konsentrasi yang penuh. kegiatan tari dapat berpungsi sebagai sarana pergaulan.dan tari sebagai media pengembangan bakat.tari juga biasa berpungsi sebagai pertunjukan yang sengaja digarap utuk dipertontonkan. asalkan ia mau berlatih dengan kesungguhan. seperti latihan rutin adalah sarana pergaulan yang baik f. artinya penggarapan tari melibatkan beberapa orang. Tari ini biasanya dipersiapkan dengan baik. seorang guru pun bias melakukannya. seni tari sebagai media kataris Kataris berarti kebersihan jiwa. Namun. mulai dari latian hingga pementasan. Seni ttari sebagai pertunjukan Tari bukan sebagai sarana upacara atau hiburan. ..brani dan memilikimkekayaan imajinasi. Selain memiliki beberapa pungsi diatas. Kegiatan tari.yaitu :tari sebagai media ekspresi. Oleh karena itu.seni tari sebagai media kataris lebih midah dilaksanakan oleh orang yang telah mencapai taraf atas dalam penghayatan seni.E Seni tari sebagai media pergaulan Seni tari adalah kkolektif.