Pencemaran kimia di udara (SO2,NOx,CO,CO2,Hidrokarbon

)

INSTITUT TEKNOLOGI INDONESIA

Loading …

Click Here .

Apabila konsentrasi komponen udara dan senyawa kimia baru yang masuk ataupun terbentuk di udara telah mencapai batas yang mengganggu kesehatan manusia. hewan maupun tumbuhan dikategorikan pencemaran udara Farizky & Gilang .

Polutan sekunder terbentuk dari reaksi polutan di atmosfer. . contohnya karbon monoksida (CO) dan sulfur dioksida (SO2).yaitu polutan primer dan polutan sekunder Polutan primer ditimbulkan langsung oleh sumber pencemar udara.Deskripsi Pencemaran udara ditimbulkan oleh polutan dari sumber-sumber alami atau oleh kegiatan manusia. contohnya sulfur trioksida (SO3) dan Ozon (O3). Polutan udara dibedakan menjadi 2.

Komposisi Udara di Atmosfer  Atmosfer adalah lapisan udara yang terdiri dari berbagai jenis gas yang menyelimuti bumi.  Komposisi atmosfer: .

00000005 % 0.In Fact : Metane Hidrogen Xenon Kripton Helium Neon Argon 0.00001818 % 0.00000087 % 0.00000114 % 0.946% 78.934% Oksigen Nitrogen 0% 20% 20.04% 40% 60% 80% 100% .0000005 % 0.00000525 % 0.

.

Macam – Macam Polusi Udara Sulfur oksida (SO2) Ozon (O3) Timbal (Pb) dan Mangan (Mn) Nitrogen oksida (NOx dan NO2) Karbon oksida (CO dan CO2) .

Macam – Macam Polusi Udara Formaldehid Asbes Amonia Hidrokarbon Trikloroetan .

dan kadmium (Cd) Para-diklorobenzena Merupakan Gas Mulia Tetrakloroetilen . klorin.Macam – Macam Polusi Udara Materi partikulat.

tanah pertanian yang dipupuk berlebihan Karbon oksida (CO dan CO2) Formaldehid Asbes Pembakaran bahan bakar industri dan kendaraan bermotor Asap rokok. kompor gas. bangunan pembangkit listrik. proses peleburan logam Reaksi fotokimia Timbal (Pb) dan Mangan (Mn) Kendaraan bermotor Nitrogen oksida (NO dan NO2) Pembakaran bahan bakar industri.Sumber polusi udara Jenis polutan Sulfur oksida (SO2) Ozon (O3) Sumber polusi Pembakaran bahan bakar industri. atap . kebakaran hutan. perapian. perabot kayu Ubin.

klorin. berbagai bahan/zat buangan industri Penyegar/pengharum ruangan Uap cairan dry-cleaning pada pakaian . pembakaran bahan bakar industri.Sumber polusi udara Jenis polutan Amonia Hidrokarbon Trikloroetan Materi partikulat. dan kendaraan bermotor Semprotan aerosol Produk pembakaran. dan kadmium Para-diklorobenzena Tetrakloroetilen Sumber polusi Produk-produk pembersih Asap rokok.

CO) Suatu gas yang tidak berwarna. tidak berbau dan tidak berasa. Karbon dan Oksigen dapat bergabung membentuk senjawa karbon monoksida (CO) sebagai hasil pembakaran yang tidak sempurna dan karbon dioksida (CO2) sebagai hasil pembakaran sempurna.Karbon Oksida (CO2. .

.

Nitrogen monoksida merupakan gas yang tidak berwarna dan tidak berbau sebaliknya nitrogen dioksida berwarna coklat kemerahan dan berbau tajam. 2 N + O2 2 NO NO + O2 NO2 .Nitrogen Oksida (NOX) Nitrogen Oksida (NOx) adalah kelompok gas nitrogen yang terdapat di atmosfir yang terdiri dari nitrogen monoksida (NO) dan nitrogen dioksida (NO2).

dan berbau sangat tajam. Gas belerang dioksida dihasilkan dari pembakaran senyawa-senyawa yang mengandung unsur belerang. tidak terbakar diudara dan membahayakan manusia. Gas belerang dioksida SO2 tidak berwarna.Sulfur Oksida (SO2) Sulfur oksida merupakan gas yang berbau tajam. S + O2 SO2 .

Hidrokarbon Sumber terbesar senyawa hidrokarbon adalah tumbuhtumbuhan. Gas metana CH4 adalah senyawa hidrokarbon yang banyak dihasilkan dari penguraian senyawa organik oleh bakteri anaerob yang terjadi dalam air. tanah dan sedimen yang masuk ke dalam lapisan atmosfer: 2 (CH2O)n CO2 + CH4 .

. Selain itu juga dengan melihat sifat-sifat udara yang diamati. Adanya bau dan warna pada udara menunjukkan adanya polutan. Udara yang bersih seharusnya tidak berwarna dan tidak berbau.Indikator Polusi Udara 1) Indikator fisik Digunakan untuk mengetahui adanya polusi udara dengan melihat gelapnya kondisi suatu tempat.

. dan ozon.2)Indikator kimia Indikator kimia menggunakan papan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU). yakni : partikulat. Pada papan ISPU terdapat lima parameter yang digunakan. nitrogen dioksida. karbon monoksida. sulfur dioksida.

Keterangan : Nilai indeks 0-50 : baik 51-100 : sedang 101-190 : tidak sehat 200-299 : sangat tidak sehat 300-lebih : berbahaya Indek Standar Pencemar Udara .

. Lumut kerak merupakan simbiosis antara algae fotosintetik atau cyano bakteria dengan fungi.3)Indikator biologi Contoh indikator biologi adalah lumut kerak (lichenes).

Fruticose Indikator tingkat polusi : Fruticose : tidak ada polusi Foliose : rendah Crustose : sedang Tidak ada lumut : tinggi Foliose Crustose .

terutama Angkutan Kota atau Angkot. Mode transportasi seperti ini membuat emisi yang dihasilkan bertambah besar akibat pembakaran yang kurang sempurna dan pada akhirnya turut mempengaruhi kendaraan-kendaraan lainnya untuk memperlambat laju kendaraannya dan menghasilkan emisi yang lebih banyak lagi .Perilaku Penyebab Pencemaran Udara Salah satu sumber utama pencemaran udara di jalan raya adalah emisi yang dihasilkan oleh kendaraan umum. Angkot tidak memiliki tempat pemberhentian khusus sehingga dapat diberhentikan kapan dan dimana saja selama berada dalam rutenya.

Pencemaran Udara dari Sektor Transportasi Pada umumnya sektor transportasi memegang peran yang sangat penting dikota-kota besar. sisanya berasal dari sumber pembakaran lain. kebakaran hutan. . dan lain-lain. misalnya dari rumah tangga. pembakaran sampah. Sedangkan kontribusi gas buang dari cerobong asap industri hanya berkisar 1015%. kontribusi gas buang kendaraan bermotor sebagai sumber polusi udara mencapai 60-70%.

Kendaraan bermotor yang menjadi alat transportasi.Lanjutan. Faktor perencanaan sistem transportasi akan sangat mempengaruhi penyebaran pencemaran yang diemisikan. dalam konteks pencemaran udara dikelompokkan sebagai sumber yang bergerak... mengikuti jalur-jalur transportasi yang direncanakan . penyebaran pencemar yang diemisikan dari sumber-sumber kendaraan bermotor ini akan mempunyai suatu pola penyebaran yang meluas. Dengan karakteristik yang demikian.

Selesai .

Wb .SEKIAN DAN TERIMA KASIH • Wassalamui’alaikum Wr.

.

.

.

• Wassalamui’alaikum Wr. Wb SEKIAN DAN TERIMA KASIH .

• Wassalamui’alaikum Wr. Wb SEKIAN DAN TERIMA KASIH .