MANNITOL SALT AGAR

Landasan teori Mannitol Salt Agar adalah media umum yang digunakan untuk media pertumbuhan. Media ini dapat mendorong pertumbuhan kelompok bakteri tertentu dan sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri lainny. Mannitol Salt Agar dilaboratorium medis dipakai untuk membedakan mikroba pathogen dalam waktu singkat karena mengandung konsentrasi garam tinggi ( 7,5 % ) sehingga selektip untuk bakteri gram positip seperti Staphylococcus. Mannitol salt Agar juga dipakai sebagai media defential untuk fermenters manitol yang mengadung manitol dan indicator merah fenol.Pada staphylococcus koagulasi (+) Positip menghasilkan koloni kuning dengan zona kuning,sedangkan koagulasi (-) Negatip staphylococcus menghasilkan koloni merah muda atau merah kecil dengan tidak ada perubahan warna pada medium. Jika suatu organisme dapat mempermentasi mantol maka produk sampingan asam yang terbentuk yang menyebabkan merah fenol dalam agar –agar menguning . Media ini digunakan untuk isolasi pathogen selektip dengan dugaan staphylococcus.

Fungsi Media Mannitol Salt Agar 1. Sebagai media pertumbuhan kelompok bakteri terentu. Contoh Staphylococcus. 2. 3. Sebagai media yang dipakai untuk membedakan mikroba pathogen. Sebagai media selektif dan diferensial untuk menemukan dan mengidentifikasi Staphylococcus.

5. Simpankedalam alat pendingin pada suhu 15 derjat celcius sampai dengan 25 derajat celcius. 2. 8. tabung . 4. ( MSA ) Dengan komposisi dan fungsi komposisi sebagai : : berfungsi sebagai karbon. masing masing bahan tersebut dihomogenkan kedalam Aquadest 1000 ml dengan cara diaduk dan dipanaskan. 6. 3. 6. Media dimasukan pada suatu tempat (beker .Bahan berikut 1. Timbang masing masing bahan sesuai kebutuhan. 2.5 Cara kerja : 1. : berfungsi sebagai karbon : berfungsi sebagai Nitrogen : berfungsi sebagai indicator : berfungsi sebagai pemadat : berfungsi sebagai pelarut Beef ekstrak 1 gram Pepton 1 gram Manitol 10 gram NaCl 75 gram Panored 1. Resep medium menurut aturannya ( untuk media instan biasanya tercantum pada lebel untuk media non instan sesuai pustaka. maka media dibuat setengah resep ( 1 resep pada umumnya untuk 1 lt Media ). misalnya 500 ml . 3. 5. Kemudian media dalam Erlenmeyer dituangkan kedalam cawan selain permukaan cawan. 4. Media dalam Erlenmeyer disterilkan dalam autoclap.erlenmeyer ) untuk kemudian ditutup dan disterilkan. : berfungsi sebagai Nitrogen. . 7.025 gram Agar 15 gram Aquadest 1 Lt PH 7.

2. Media agar tabung tegak sebanyak 5-8 ml Media agar tabung miring sebanyak 3-5 ml Media agar cawan sebanyak 10 – 12 ml.Macam macam penuangan Ada 3 Macam cara dalam penuangan media dan perbedaannya 1. 3. Gambar Media Mannitol Salt Agar pada cawan yang telah ditumbuhi oleh species Staphylococcus .

Juga dipakai segagai media diferensial.Kesimpulan Mannitol Salt Agar digunakan sebagai media pertumbuhan pada kelompok bakteri tertentu dan media selektif untuk bakteri gram positif sepecies Staphylococcus. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful