Menganalisa Golongan Darah dan Pewarisan Sifat Hereditas

Pendahuluan Hereditas merupakan pewarisan keturunan, watak dan sifat dari induk ke keturunannya. Ini adalah salah satu proses di mana sesebuah sel atau organism mendapat keturunan atau cenderung mempunyai persamaan dengan orang tuanya. Sudah terlihat jelas oleh manusia-manusia sejak dahulu bahwa keturunan menyerupai induknya. Walaupun sudah jelas bagi orang-orang zaman dahulu bahwa dalam hereditas sifat dan watak diwariskan, mekanisme dari hereditas itu sendiri masih belum jelas. 1 Pewarisan mendel atau genetika mendel merupakan deskripsi ilmiah tentang bagaimana karakteristik keturunan yang diwariskan dari organism induk kepada keturunannya, yang mendasari banyak genetika. Prinsip-prinsip yang mengatur keturunan yang ditemukan oleh seorang biarawan bernama Gregor Mendel pada tahun 1860-an. Salah satu prinsip-prinsip

ini, sekarang disebut hokum segregasi mendel yang menyatakan bahwa pasangan alel yang terpisah atau memisahkan selama pembentukan gamet, dan secara acak bersatu pada saat pembuahan.2

Ilustrasi kasus Hari ini pada saat pelajaran biologi, guru menerangkan di depan kelas tentang golongan darah manusia dan bagaimana golongan darah dapat diturunkan dari orang tua kepada anaknya.

Isi perbahasan 1. Jenis-jenis golongan darah

tapi darah mereka akan beraglutinasi bila diberikan kepada orang yang mempunyai darah jenis lain karena mereka menghasilkan kedua-dua jenis antigen A dan B. 3 Semua manusia dan primata lainnya dapat dibahagikan untuk kelompok darah ABO. Ada empat kategori umum darah yaitu A. antibody dan genotip yang bisa ada pada setiap golongan darah. darah mereka biasanya tidak akan ditolak jika diberikan kepada orang lain dengan jenis yang berbeda ABO. B. O. Antibodi dan Genotip Pada Setiap Kelompok Darah Blood Group Antigens RBCs A B AB O A B A and B Neither Anti-B Anti-A Neither Anti-A and Anti-B AA or AO BB or BO AB OO on Antibodies in Serum Genotypes Individu dengan tipe darah O tidak menghasilkan antigen. Terdapat empat jenis kelompok darah utama yaitu A.Sistem ABO Jenis darah boleh dibahagikan kepada beberapa golongan dan diletakkan di dalam kelompok ABO. Mereka ditemukan pada 1900 dan 1901 di Universitas Wina oleh Karl Landsteiner dalam proses mencoba untuk mempelajari mengapa transfusi darah kadang-kadang menyebabkan kematian dan namun pada waktu lain dapat menyelamatkan pasien. dan AB. tetapi mereka hanya dapat menerima darah O untuk mereka sendiri. yang ada di permukaan sel darah merah.1. 4 1. Kombinasi khusus dari keempat komponen menentukan jenis individu dalam kebanyakan kasus. 2 . dan O. akibatnya mereka adalah penerima universal untuk transfusi.2. AB. 4 Tabel 1: Antigen. Orang darah tipe O donor universal untuk transfusi. Oleh karena itu. B.Sistem Rhesus Faktor Rhesus yang juga dikenal sebagai faktor Rh adalah antigen. Ada dua antigen dan dua antibodi yang sebagian besar bertanggung jawab untuk jenis ABO. atau lebih spesifik protein.1.3. Tabel di bawah ini menunjukkan kemungkinan kewujudan antigen. Mereka yang memiliki tipe darah AB tidak membuat antibodi ABO.

seorang anak Rh-positif yang lahir dari seorang wanita dengan Rh-negatif menjalankan risiko pengembangan penyakit Rh. 5 Orang dengan faktor Rhesus. Selama kelahiran. Hampir setiap sel dalam tubuh seseorang memiliki DNA yang sama. DNA manusia terdiri dari sekitar 3 milyar basa. Jika bayi Rh-positif (memiliki mewarisi sifat dari ayahnya) dan ibu Rh-negatif. Kebanyakan DNA terletak di inti tetapi sejumlah kecil DNA juga dapat ditemukan di dalam mitokondria (mana yang disebut DNA mitokondria atau mtDNA). dan timin (T). Seorang pria Rh-positif memiliki kesempatan 50% untuk menyampaikan Rh-positif golongan darah kepada anak. Rhpositif. Genes and DNA DNA atau asam deoksiribonukleat merupakan molekul yang membawa informasi genetik pada manusia dan hampir semua organisme lain. 5 2. Lebih dari 85% orang Rh-positif. Secara khusus. darah.Setiap jenis darah lebih dicap sebagai positif atau negatif. sering ada kebocoran sel darah merah bayi darah ke sirkulasi ibu. atau A +. sel-sel merah akan menyebabkan dia untuk mengembangkan antibodi terhadap antigen RhD. Informasi dalam DNA disimpan sebagai kode terdiri dari empat basa kimia yaitu adenin (A). Tipe Rh seseorang umumnya signifikan hanya sehubungan dengan kehamilan.6 Urutan dari basis-basis ini menentukan informasi yang tersedia untuk membangun dan memelihara suatu organisme. Orang-orang tanpa faktor Rhesus. Jadi orang yang memiliki tipe darah A dan memiliki faktor Rhesus dikatakan memiliki A-positif. yang merupakan referensi dengan faktor Rhesus darah. 3 . sitosin (C). mirip dengan cara di mana huruf abjad muncul dalam urutan tertentu untuk membentuk kata dan kalimat. ayah pasti Rh-positif. 5 Pentingnya utama dari sistem Rh bagi kesehatan manusia adalah untuk menghindari bahaya ketidakcocokan RhD antara ibu dan janin. yaitu orang-orang dengan hadir antigen dalam darah mereka. dan lebih dari 99 persen dari mereka basis adalah sama pada semua orang. guanin (G). Bagi seorang wanita Rh-negatif untuk memiliki anak Rh-positif. yaitu orang-orang yang tidak memiliki antigen dalam darah mereka ialah Rh-negatif.

Basa DNA berpasangan satu sama lain. Hal ini penting ketika sel-sel membelah karena masing-masing sel baru perlu memiliki salinan tepat dari DNA hadir dalam sel tua. Nukleotida disusun dalam dua untai panjang yang membentuk spiral disebut heliks ganda. basis. Setiap dasar juga melekat pada molekul gula dan molekul fosfat. 4 . dengan membentuk anak tangga pasangan basa tangga dan molekul-molekul gula dan fosfat membentuk sidepieces vertikal tangga. A dengan T dan C dengan G. Bersama-sama. dan fosfat yang disebut nukleotida. Setiap untai DNA dalam double helix dapat berfungsi sebagai sebuah pola untuk menduplikasi urutan basa. Struktur double helix agak seperti tangga. gula. Gen. 6 Gambar 1: Skema Representasi dari Suatu kromosom. untuk membentuk unit yang disebut pasangan basa. atau membuat salinan dari dirinya sendiri. DNA dan Pasangan Basa 7 Sebuah properti penting dari DNA adalah bahwa ia dapat mereplikasi.

akan menyembunyikan gen resesif. Gen yang dominan. bersama-sama dengan DNA yang membawanya. Dia kemudian memahami gagasan unit hereditas. 8 Mendel menemukan bahwa ketika melintasi bunga putih dan tanaman bunga ungu. Teori hukum mendel Hukum mendel berasal dari Gregor Mendel pada abad ke-19 yang melakukan percobaan hibridasi di kebun kacang polong (Pisum sativum). atau seuntai RNA yang memiliki fungsi bagi organisme yang memilikinya. Setiap anggota dari pasangan menjadi bagian dari sel kelamin terpisah. hasilnya tidak campuran. Modal "A" merupakan faktor dominan dan huruf kecil "a" mewakili resesif tersebut. salah satunya adalah karakteristik resesif dan lainnya dominan. Gen diwariskan oleh satu individu kepada keturunannya melalui suatu proses reproduksi. ia benar berteori bahwa gen dapat dipasangkan dalam tiga cara yang berbeda untuk masing-masing sifat: AA. Meskipun ekspresi alel dapat serupa.Gen adalah unit pewarisan sifat bagi organisme hidup. Batasan modern gen adalah suatu lokasi tertentu pada genom yang berhubungan dengan pewarisan sifat dan dapat dihubungkan dengan fungsi sebagai regulator (pengendali). biasanya terjadi di pasang di sel-sel tubuh biasa. yang kemudian disebut gen. polipeptida. Dari eksperimen ini ia menyimpulkan dua generalisasi yang kemudian dikenal sebagai Prinsip Mendel Hereditas atau pewarisan Mendel. atau peran-peran fungsional lainnya. Aa atau aA. 6 3. bunga putih. (Kombinasi terakhir yang tercantum di atas. aa. informasi yang menjaga keutuhan bentuk dan fungsi kehidupan suatu organisme dapat terjaga. Bentuk fisiknya adalah urutan DNA yang menyandi suatu protein. akan terjadi sekitar dua kali sesering setiap dua lainnya. ia menguji beberapa tanaman kacang. seperti bunga ungu pada tanaman Mendel.) 5 . Aa. Antara 1856 dan 1863. keturunannya bunga yang berwarna ungu. yang ia sebut faktor. Setelah menjadi campuran dari dua. namun memisahkan selama pembentukan sel kelamin. orang lebih sering menggunakan istilah alel untuk ekspresi gen yang secara fenotipik berbeda. Dengan demikian. Setelah dibuahi Mendel diri generasi F1 dan diperoleh rasio 3:1.6 Penggunaan gen sering kali dimaksudkan untuk alel yaitu pilihan variasi yang tersedia oleh suatu gen. Mendel mengatakan bahwa faktor-faktor. dan Ax. karena dapat dibuat dalam dua cara yang berbeda. sasaran transkripsi.

kromosom ayah dan ibu mendapatkan dipisahkan dan alel dengan ciri-ciri karakter dipisahkan menjadi dua gamet yang berbeda. Oscar Hertwig pada tahun 1876. Bukti langsung dari hal ini kemudian ditemukan setelah pengamatan meiosis oleh dua ilmuwan independen. alel pasangan yang terpisah secara acak sehingga setiap gamet menerima salinan dari salah satu dari dua alel.1. Genotipe suatu individu terdiri dari banyak alel yang dimilikinya. Kehadiran alel tidak menjanjikan bahwa sifat tersebut akan dinyatakan dalam individu yang memilikinya.2 Independen Assortment 6 .8 Hukum menyatakan bahwa ketika setiap individu menghasilkan gamet. Keturunannya kemudian menerima sepasang alel sendiri untuk sifat itu. satu dari setiap orang tua. Pada meiosis. Dua faktor mungkin atau mungkin tidak mengandung informasi yang sama. Alel resesif hadir tapi ekspresi tersembunyi.Hukum segregasi Hukum Segregasi menyatakan bahwa setiap individu memiliki sepasang untuk setiap sifat tertentu dan bahwa setiap orang tua melewati salinan yang dipilih secara acak (alel) hanya salah satunya untuk keturunannya. dan zoologi Belgia. 2. warna bulu hewan dan warna mata seseorang. Jika dua faktor yang identik. Ketika bentuk gamet. individu disebut heterozigot. Edouard Van Beneden di tahun 1883. Seorang individu memiliki dua alel untuk masing-masing sifat yaitu satu alel diberikan oleh induk betina dan yang lainnya oleh induk jantan. Mereka disampaikan ketika seorang individu dewasa dan menghasilkan gamet: sel telur dan sperma. Pada individu heterozigot alel satunya yang diungkapkan adalah yang dominan. individu disebut homozigot untuk sifat tersebut. Penampilan fisik individu. Mana saja dari kedua alel pada keturunannya adalah dominan menentukan bagaimana keturunannya mengungkapkan bahwa sifat misalnya warna tanaman. Bentuk-bentuk alternatif faktor disebut alel. atau fenotipe. 8 3.Mendel menyatakan bahwa setiap individu memiliki dua faktor untuk sifat masing-masing. salinan gen terpisah sehingga setiap gamet hanya menerima satu salinan (alel). ditentukan oleh alel nya maupun oleh lingkungannya. Gamet A akan menerima satu alel atau yang lain. ahli botani Jerman. Jika dua faktor memiliki informasi yang berbeda.

Alel IA dan IB kodominan. Mendel menyimpulkan bahwa sifat-sifat yang berbeda diwariskan secara independen satu sama lain. Produksi gamet baru dengan pelengkap dewasa normal dari 46 kromosom harus dibelah dua menjadi 23 untuk memastikan bahwa gamet haploid yang dihasilkan dapat bergabung dengan gamet lain untuk menghasilkan organisme diploid. antara warna kucing dan panjang ekor. Kodominan adalah dua alel suatu gen yang menghasilkan produk berbeda dengan alel yang satu tidak dipengaruhi oleh alel yang lain. misalnya. Ini sebenarnya hanya berlaku untuk gen yang tidak terkait satu sama lain. dan alel i adalah resesif. proses ini membantu dalam meningkatkan keragaman genetik dengan memproduksi kombinasi genetik baru. setengah maternal diturunkan (dari telur ibu) dan setengah dari ayah yang diturunkan (dari sperma ayah). Persilangan genotip Jenis darah manusia ditentukan oleh alel kodominan. dikenal sebagai IA.Hukum Assortment Independen. IB. 8 Dari 46 kromosom dalam sel diploid manusia normal. Artinya. 8 Berbagai Independen terjadi selama meiosis I pada organisme eukariotik. juga dikenali sebagai hukum kewarisan bahwa gen terpisah untuk sifat yang terpisah yang dilewatkan secara independen satu sama lain dari orang tua kepada keturunannya. Lebih tepatnya menyatakan hukum bahwa alel gen yang berbeda bergaul bebas satu sama lain selama pembentukan gamet. 8 4. 9 7 . sehingga tidak ada hubungan. Ada tiga alel yang berbeda. khususnya anafase I meiosis. Hal ini terjadi sebagai reproduksi seksual melibatkan fusi dua gamet haploid (sel telur dan sperma) untuk menghasilkan organisme baru memiliki kromosom lengkap. Seiring dengan Crossover kromosom. untuk menghasilkan gamet dengan campuran kromosom organisme ibu dan ayah. dan i. pemilihan biologis gen tertentu dalam pasangan gen untuk satu sifat yang harus diteruskan ke keturunannya tidak ada hubungannya dengan pemilihan gen untuk sifat lainnya.

ayah biologis anak bisa memiliki salah satu dari 4 jenis darah.Terdapat empat kelompok darah yang mungkin bagi setiap individu yaitu A. maka kesemua anak-anak 8 . manusia tidak bisa dikecualikan sebagai ayah anak itu. Tipe individu A dan B dapat berupa homozigot (IAIA atau IBIB masing-masing). Ini berarti bahwa jika berdasarkan kelompok darah saja. para ilmuwan digunakan mengetik darah untuk menentukan ayah atau bersalin seorang anak. jika seorang anak memiliki tipe darah A dan ibu anak itu telah Tipe darah AB. sulit untuk secara definitif mengidentifikasi hubungan biologis. karena informasi dari mengetik darah terbatas. ilmuwan bisa menggunakan jenis darah dari anak dan orang tua yang dikenal untuk mengidentifikasi golongan darah orang tua yang hilang itu. 9 Begitu juga apabila ingin menentukan golongan darah anak yang dapat diturunkan oleh orang tua. Namun. 9 Sebagai contoh. jika salah satu jenis darah tua tidak diketahui. Seandainya kedua-dua orang tua mempunyai darah tipe O. dan O. Mengetik darah bukanlah teknik yang utama untuk menentukan kesahihannya. Dengan cara ini. atau heterozigot (IAI atau IBI masing-masing). tipe AB. tipe B. Sebaliknya. Gambar 2 : Tipe Darah (Fenotip) dan Genotip Para ilmuwan menyadari bahwa mereka bisa memprediksi jenis darah seorang anak berdasarkan jenis darah orang tuanya. Persentase untuk pengujian darah hanyalah 30%.

jika darah ibu adalah A dan ayah adalah B. AB atau O. DNA membawa informasi yang akan menentukan genotip dan fenotip bagi setiap organisma. Gambar 3 : Carta Grafik Darah 9 Penutup Terdapat empat golongan darah manusia yaitu A. B.biologis mereka berdarah O. namun begitu. AB dan O yang apabila disilangkan akan dapat menghasilkan anak-anak yang mendapat pewarisan genetika daripada kedua-dua orang tua berdasarkan hukum mendel. B. 9 . anakanak bisa mendapat kesemua kemungkinan sama ada A.

Eseentials of genetics. 22 January 2012 3. Lashley FR. Jbastidas.cgiar. Available from URL: https://research. Omoto CK. New Delhi: LK internatioanal publishing house.com/science-technology/dna-history-1920.edu/blood/ABO_system. New York : Springer publishing company. 2004 7. 22 January 2012 8.html. Available from URL: http://anthro. Admin. O'Neil D. DNA diagnostic center. 2005 2. chromosomes and genome November 16. Genes and DNA: A beginner’s guide to genetics and its applications. Available from URL : http://www. The human body heredity. Parsons MH. 20 January 2012 5. 2006.htm. Berlin : Blackwell Science Ltd. 9 January 2012. Blood typing. 2002 4. 2nd ed. Pelham: Benchmark education company. Nursing practice 3rd ed. DNA. Lurquin PF. Mendelian inheritance. Daniels G. 2009 9. ABO blood types.palomar.org. Available from URL: http://en. Chichester (NY) : Columbia university press.org/wiki/Mendelian_inheritance. 2005 6. Khanna P.wikipedia. August 20.Daftar pustaka 1. 2011.cip. 20 January 2012. What is a gene. 22 January 2012 10 .dnacenter. Human blood groups.