P. 1
Buku Pedoman Guru

Buku Pedoman Guru

|Views: 56|Likes:
SD Kristen 1 Purwokerto
SD Kristen 1 Purwokerto

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Sebastian Julianto Kusuma on Jul 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/07/2013

pdf

text

original

1.

VISI Visi Sekolah Dasar Kristen 1 Purwokerto Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas adalah: Unggul Dalam Prestasi, Kuat Dalam Iman, Maju Bersama Dalam Kasih.

2. MISI Untuk mencapai visi sekolah yang terdepan, terbaik dan terpercaya perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas dan sistematis. Berikut misi SD Kristen 1 Purwokerto yang dirumuskan berdasarkan misi sekolah : 1. Menyiapkan generasi yang unggul di bidang imtak dan iptek. 2. Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama sehingga terbangun insan yang cerdas, cendekia, berbudi luhur dan berakhlak mulia. 3. Membentuk sumber daya manusia yang aktif, kretaif, inovatif dan berprestasi sesuai dengan perkembangan jaman. 4. Membangun citra sekolah sebagai mitra terpercaya di masyarakat. 5. Melaksanakan pembelajaran yang efektif. 6. Menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam kegiatan belajar siswa untuk mendukung pengembangan potensi peserta didik agar berkembang secara optimal. 7. Memberikan jaminan pelayanan yang prima dalam berbagai hal untuk mendukung proses belajaar dan bekerja yang harmonis dan selaras. Dalam rangka mewujudkan misi tersebut, sekolah berusaha menerapkan peraturan yang ketat sesuai dengan kedudukan masing-masing dan menjalin komunikasi yang baik untuk menjamin hubungan kerja yang harmonis. 3. TUJUAN SEKOLAH Tujuan Sekolah dijabarkan berdasarkan tujuan umum pendidikan, visi dan misi sekolah. Berdasarkan tiga hal tersebut, maka dapat dijabarkan tujuan sekolah dari SD kristen 1 Purwokerto : 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Terdepan, terbaik, terpercaya dalam hal ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Terdepan, terbaik, terpercaya dalam pengembangan potensi, kecerdasan dan minat. Terdepan, terbaik, terpercaya dalam perolehan nilai UAN. Terdepan, terbaik, terpercaya dalam persaingan masuk jenjang SMP. Terdepan, terbaik, terpercaya dalam berbagai kompetisi akademik dan non akademik. Terdepan, terbaik, terpercaya dalam persaingan secara global. Terdepan, terbaik, terpercaya dalam pelayanan.

Secara berkelanjutan, tujuan sekolah akan dimonitor, dievaluasi dan dikendalikan dalam kurun waktu tertentu untuk mencapai hasil yang optimal.

4. Penjabatan Strategi a Mengembangkan pembelajaran yang berpusat pada siswa, dengan metode active learning dan mendampingi anak untuk bertumbuh dalam berbagai ranah kecerdasan sesuai dengan potensinya dan berkembang dalam karakter. 1) Model pembelajaran dengan aktivitas – aktivitas untuk mengembangkan potensi anak dan membantunya dalam memaksimalkan potensi yang dimilikinya. 2) Pengembangan metode pembelajran yang terus menerus melalui studi banding, studi bersam dengan mengundang nara sumber baik dari dalam atau luar negeri, dan mengembangkan sister school. 3) Menyelenggarakan joyful learning. 4) Menyelenggarakan pembelajaran diluar kelas. 5) Mempersiapkan pembelajaran yang mengkondisikan untuk membangkitkan rasa ingin tahu anak, dengan mempertanyakan yang belum diketahui atau dipahami. b c d e Menumbuhkan secara terus menerus semangat belajar sepanjang hayat, belajar dari hidup, untuk memaksimalkan potensi yang ada yang mendukung profesionalitas kerja. Mengembangkan pendidikan karakater berdasarkan semangat kristiani melaui PPD. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan berbahasa Inggris dan mandarin, untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi perkembangan jaman. Mengembangankan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Sasaran yang akan dicapai dari strategi peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Kristen 1 Purwokerto sebagai berikut: 1. Menjadikan sekolah yang mampu menciptakan lulusan yang berkompetensi unggul, baik di tingkat local, nasional, maupun internasional, dengan indikator: a b c d Lulus 100% Ujian Nasional dengan nilai rata-rata di atas standar nasional. Semua lulusan (100% lulusan) melanjutkan dan diterima pada jenjang pendidikan berikutnya. Menguasai dan mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan baik. Menjadi juara/ meraih medali pada kejuaraan olimpiade sains, KKR, seni budaya, dan olahraga, bahasa, dan lomba-lomba lainnya pada skala local, nasional, maupun internasional. e f g Memiliki sikap dan kepribadian kristiani, religious, dan beriman kepada Tuhan Yang maha Esa. Memiliki rasa cinta tanah air dan berwawasan kebangsaan serta memiliki mental kepribaian yang berakar buadaya bangsa. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris datau asing lainnua dengan baik serta mampu membanun komunikasi dan jejaring dengan baik kepada semua orang demi keselamatan jiwa-jiwa. 5. Sasaran

h

Menguasai IT ysng dapat mendukung profesionalisme dalam bidangnya.

2. Menjadikan sekolah yang mempunyai perangkat kurikulum lengkap, komprehnesif, menggambarkan serta sesuai dengan kondisi sekolah dan berproses PPD yang muatan isinya menggambarkan adanya keunggulan-keunggulan tertentu di atas standar nasional pendidikan Indonesia. 3. Menjadikan sekolah yang memiliki proses pembelajaran berkualitas dengan karakteristik: digunakannya berbagai aktivitas dengan berbagai macam pendekatan/ proses, metode dan media pembelajran yang variatif (termasuk yang berbasis IT), didukung oleh tingginyakomitmen guru dan siswa, kontekstual, serta mampu menggunakan fasilitas/ sarana prasarana yang ada dengan mengembangkan semangat memulai dari apa yang ada. 4. Menjadikan sekolah yang mampu memberikan pelayanan serta pengembangan seluruh potensi anak didik, baik dibidang akademik, seni budaya, olahraga dan lainnya berdasarkan SSD dengan proses PPD. 5. Menjadikan sekolah yang memiliki proses penilaian yang berkomprehensif, berkualitas, serta mampu menggambarkan sesuai kenyataan yang ada dan dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk melakukan tindakan berikutnya. 6. Menjadikan sekolah memiliki yang memiliki pendidik/ guru ynag professional, sekurangkurangnya memliki ciri- ciri yang dutandakan oleh tingginya: penguasaan materi, kemampuan mengelola pembelajran dan komitmen terhdapa tugas/ tanggung jawab jawabnya, serta menguasai IT dan dapat menggunakan bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar. 7. Menjadikan sekolah yang memiliki tenaga administrasi sekolah yang professional pada bidangnya dengan karakteristik: menguasai bidang tugasnya, memiliki komitmen tinggi untuk melaksanakannya, menguasai IT dan dapat berbahasa Inggris. 8. Menjadikan sekolah yang memiliki dana dari berbagai sumber serta mampu memanfaatkan dengan tepat sehingga dapat mendukung seluruh program kegiatan yang telah ditetapkan. 9. Menjadikan sekolah yang memiliki sarana prasarana memadai yang berfungsi secara optimal dalam rangka mendukung proses pembelajaran. 10. Menjadikan sekolah yang memiliki pengelolaan manajemn tertib dan baik berstandar akreditasi A dan seluruh aspek/ bidang memiliki alur yang jelas jeas serta didokumentasikan dengan baik. 11. Menjadikan sekolah yang memiliki dana dari berbagai sumber serta mampu memanfaatkan dengan sehingga dapat mendukung seluruh program kegiatan yang telah diterapkan. 12. Menjadikan seklah yang memiliki input siswa yang berkualitas, baik dari sisi akademik, mental spiritual maupun kepribadiannya.

13. Menjadikan sekolah yang memiliki pembelajaran yang berbasis aktivitas dan IT sehingga seluruh warga sekolah dapat berkembang sesuai potensinya dan dengan mudah menggunakan, mengakses serta memilki nilai efisiensi serta kebermanfaatan bagi seluruh warga sekolah. 14. Menjadikan sekolah yang memiliki system pengelolaan berbasi IT sehingga akan diperoleh data lengkap tentang akademis, kesiswaan, keuangan, saran prasarana, alumni, personalia, dan struktur organisasi beserta uraian jabatannya serta mudah diakses. 15. Menjadikan sekolah yang mampu menggunakan bahasa Inggris yang ramah karena hamper semua warga sekolah memahami serta mau menggunakannya di samping bahasa Indonesia dan bahasa lainnya. 16. Menjadikan sekolah yang memiliki kultur budaya bangsa serta mengedapankan SSD melalui perbuatan pelayanan, keteladanan, dan berwawasan lingkungan. 17. Menjadikan sekolah sebagai tempat pembelajaran yang aman dan menyenangkan dengan didukung lingkungan yang nyaman dan sejuk. 18. Menjadikan sekolah yang memiliki hubungan kemitraan dengan sekolah-sekolah lain/ institusi baik di dalam negeri maupun laur negeri. 19. Menjadikan sekolah yang memiliki keungunalan kompetitif maupun komparatif sehingga menjadi sekolah yang memiliki karakteristik kebangsaan khususnya di bidang pluralisme/ kemajemukan, wawasan kebangsaan, seni-budaya, olahraga dan lain-lain sehingga berpartisipasi dalam mempersiapkan lulusan yang pada masa dengan mampu menjadi pemimpin Negara/ bangsa.

PERATURAN AKADEMIK Keputusan Kepala Sekolah tentang Peraturan Akademik. 1. Syarat kehadiran peserta didik untuk mengikuti pelajaran dan tugas dari guru dalam satu semester adalah 90% 2. Pengelolaan nilai dan kenaikan kelas ditentukan dari rapat kenaikan kelas. 3. Penilaian perkembangan peserta didik dititikberatkan pada penilaian proses yakni penilaian awal, penilaian pada proses pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran. 4. Penilaian meli[uti asep kognitif, psikomotorik, dan afektif sesuai pengembagan SK dan KD serta pengembagan karakter kristiani. 5. Ulangan pada semester gasal minimal 5 kali ulangan yaitu 3 kali Ulangan Harian (UH), Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Semester Akhir (UAS). 6. Ulangan pada semester genap minimal 5 kali ulangan yaitu 3 kali Ulangan Harian (UH), Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Kenaikan Kelas (UKK). 7. Perhitungan nilai ulangan harian (UH)adalah rata – rata dari nilai rata – rata, ulangan harian lisan (UHL), ulangan harian tulis (UHT), ulangan harian perbuatan (produk, proyek, kinerja) yang dinilai sesuai dengan karakteristik indicator, KD, dan SK. 8. Penghitungan nilai LHBS semester gasal adalah: (5 X UH + Mid) + (3 X U Semester) + (2 X PR) 10 9. Penghitungan nilai LHBS semester genap adalah: (5 X UH + Mid) + (3 X U Semester) + (2 X PR) 10 10. Apabila ulangan harian hasil yang dicapai peserta didik 50% di bawah KKM maka diadakan remidi total, didahului pembahasan kembali, dan bagi yang telah tuntas diambil nilai yang tertinggi. a. Ketentuan banyaknya remidi adalah 2 kali. Jika remidi 1 belum mencapai KKM, maka mengikuti remidi ke-2. b. Nilai hasil remidi di bawah nilai KKM dimasukan nilau UH, apabila nilai remidi di atas nilai UH maka nilai remidi diterapkan sama dengan KKM. c. Pengayaan diberikan kepada anak yang berminat dengan nilai yang terbaik sebagai nilai akhir. 11. Ketentuan kelulusan sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah no. 19 tahun 2005 pasal 72 ayat 1 peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan mennengah, setelah: a. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran. b. Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok agama dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian,

kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan. c. Lulus ujian sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilm pengetahuan dan teknologi, dan Kristen. d. Lulus Ujian Akhir Berstandar Nasional. e. Selanjutnya ketentuan kelulusan akan diatu secara khusus dalam peraturan sendiri. 12. Kinerja yang digunakan untuk menentukan kenaikan kelas adalah: a. Kenaikan kelas dilaksanakan diadakan pada setiap akhir tahun ajaran. b. Peserta didik dinyatakan naik kelas apabila yang bersangkutan telah mencapai KKM pada 9 bidang studi. c. Nilai pengembangan diri minimal B. d. Nilai agama Kristen minimal sama dengan KKM. e. Peserta didik dinyatakan harus mengulang di kelas yang sama apabila: 1) Peserta didik tidak menuntaskan 3 mata pelajaran atau lebih untuk semua kelompok mata pelajaran sampai pada batas akhir tahun pelajaran. 2) Jika karena alas an yang kuat, missal gangguan kesehatan fisik, emosi atau mental sehingga tidak memungkinkan dibantu mencapai kompetensi yang ditargetkan. 13. Ketikan mengulang di kelas yang sama, nilai peserta didik untuk semua mata pelajaran yang ketuntasan belajar minimumnya sudah dicapai minimal sama dengan yang dicapai pada tahun sebelumnya. Mengikuti KKM tahun yang berjalan, 14. Ambang batas penilaian akademik dalam raport: a. Untuk mapel matematika maksimal 96 minimal 75 b. Agama dan PKN maksimal 96 minimal 75 c. Mapel IPA maksimal 96 minimal 75 d. Olahraga, menggambar, KTK maksimal 87 minimal 75 e. Kekristenan maksimal 96 minimal 75 f. Mapel Bahasa Inggris maksimal 96 minimal 68 g. Mapel Bahasa Jawa maksimal 96 minimal 63

TATA TERTIB DAN DESKRIPSI TUGAS A. TATA TERTIB Guna mendukung pelayanan kita maka berikut ini disampaikan tata tertib untuk guru dan karyawan . Tata tertib tersebut sebagai berikut. 1. Tata Tertib Guru 1. a. Tata Tertib Guru 1. Tata tertib kehadiran dan performance. 2. Hadir pukul 06.45 WIB, guru piket 06.30 WIB. 3. Mengikuti doa pagi bersama, selain yangbertugas pagi. 4. Menjaga nama baik korps, sekolah dan yayasan. 5. Berperilaku, bersikap, bertutur kata sebagai guru yang digugu dan ditiru. 6. Menampilkan diri sebagi pribadi yang mantab, stabil, dewasa dan arif. 7. Bekerjasama dalam saling hormat dengan sesama guru. 8. Memiliki dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap sekolah dan yayasan. 9. Inovatif (selalu berkembang kea rah kemajuan). 10. Membuat persiapan mengajar dan alat peraga dalam jam-jam kosong. 11. Berpenampilan rapi, dengan seragam : senin : safari biru, selasa-rabu : Safari kheky, kamis : batik merah, jum’at : pakaian olahraga, sabtu : batik kesayangan, bersepatu tertutup saat bertugas. 12. Tidak merokok di lingkungan sekolah. 13. Tidak memberi les pada peserta didik sendiri diluar sekolah. 14. Wajib membaca Koran atau majalah yang dilanggankan. 15. Snack atau makan di R. Guru dan wajib menjaga kebersihan ruangan dan peralatannya. 16. Pulang pada pukul 14.00 WIB kecuali ada kegiatan disekolah. 1.b Tata tertib proses pembelajaran di kelas. 1. Hadir tepat waktu saat proses pembelajaran di kelas. 2. Volume intonasi suara didengar dengan baik oleh anak. 3. Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun kepada anak dalam 2 bahasa, bahasa inggris dan bahasa indonesia. 4. Membimbing anak dengan benar, tepat dan ramah. 5. Tidak membawa HP pada saat bertugas (proses belajar mengajar). 6. Tidak mudah meninggalkan kelas karena alasan pribadi maupun tugas lain yang bias ditunda. 7. Duduk di tempat duduk guru maksimal separuh dari waktu pembelajaran (saat pembelajaran di kelas). 8. Menghargai anak tanpa memandang latar belakang agama, suku, jenis kelamin, dan status sosial ekonomi.

9. Menciptakan suasana yang tertib dan menyenangkan serta kondusif untuk belajar anak. 10. Wajib berkeliling membimbing anak satu demi satu, memerikan pujian, koreksi, dan dorongan semangat untuk anak. 11. Memberikan umpan balik dan respon yang sesuai dengan karakter anak. 12. Selalu siap dengan pengembangan insidental sesuai dengan masing-masing tingkat kemampuan anak. 13. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan yang disiapkan dan tetap melihat konteks pembelajarannya yakni pendahuluan, inti dan penutup. 14. Memanfaatkan sumber-sumber belajar yang ada : perpustakaan, alam, Buku, laboratorium dan internet. 15. Melaksanakan kegiatan belajar yang mendorong keingintahuan dan mengembangkan potensi yang dimiliki anak. 16. Melaksanakan kegiatan belajar membaca dan menulis. 17. Melaksanakan kegiatan belajar yang menunjukan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan sosial dan fisik. 18. Melaksanakan kegiatan belajar bekerjasama dalam kelompok. 19. Melaksanakan kegiatan belajar menggunakan metode pemecahan masalah. 20. Mendorong anak membuat karya tulis. 21. Melaksanakan penilaian obyektif dan sesuai dengan tujuannya. 22. Melaksanakan minimal 4 teknik penilaian. 23. Melaksanakan KBM dengan aktivitas-aktivitas. 1.c. Tata tertib Admnistrasi 1. Membuat analisa SK/SD denagn 3 aspek atau lebih. 2. Menyusun program tahunan, semester, RPP, dan RPH, beserta pengembangannya. 3. Menyusun silabus menggunakan 7 langkah sesuai panduan KTSP. 4. Menyusun dan mengembangkan silabus mapel yang diampu sendiri. 5. Menyusun KKM sesuai dengan 3 karakteristik. 6. Menyusun RPP dengan memperhatikan 6 prinsip penyusunan dan Melaksanakan metode pembelajaran dengan aktivitas-aktivitas. 7. Menyusun RPH yang memenuhi 4 persyaratan pelaksanaan pembelajaran. 8. Mencatat pelaksanaan dari RPH. 9. Membuat rancangan penilaian dan criteria penilaian. 10. Membuat analisis hasil belajar anak. 11. Menyusun program remedial dan pengayaan. 12. Membuat revisi perangkat pembelajaran. 13. Mencatat penilaian akhlak dan laporan perkembangan anak.

2. Tata Tertib Karyawan 1. Kehadiran: 1) TU/Bagian Administrasi/Perpustakaan/Laboratarium hadir pukul 06.30 WIB. 2) Bagian kebersihan/Penjaga Sekolah hadir pukul 06.00 WIB. 2. Wajib mengikuti doa bersama sebelum tugas dimulai. 3. Menjaga nama baik korps, sekolah, dan Yayasan. 4. Memiliki dedikasi yang tinggi terhadap sekoalh dan yayasan. 5. inovatif (selalu berkembang ke arah kemajuan). 6. Berpenampilan rapi. 7. Tidak mengaktifkan HP pada saat bertugas. 8. Jam wajib bekerja 8 jam sehari. B. DESKRIPSI TUGAS URAIAN TUGAS WAKIL KEPALA SEKOLAH Wakil kepala sekolah lazimnya terdiri atas urusan kesiswaan, kurikulum, hubungan, dan kerja sama dengan masyarakat, sarana dan prasarana. Di dalam Yayasan untuk urusan sarana prasarana oleh namun yayasan namun berikut juga disertakan uraian tugas urusan sarana prasarana. I. Uraian Tugas Urusan Kesiswaan 1. Bertanggung jawab kepada kepala sekolah. 2. Tugas – tugas: 2.1. 2.2. 2.3. 2.4. 2.5. 2.6. 2.7. 2.8. 2.9. 2.10. 2.11. Menyusun program kerja pembinaan siswa (bulanan, semester, tahunan) dan mengkoordinasi pelaksanaannya. Menyusun program kerja 7 K dan mengkorrdinasi pelaksanaannya. Mengkoordinasi pelaksanaan pemilihan pengurus Pramuka, Dokter Kecil, Mading, KTB. Menegakkan dan memastikan terlaksananya tat tertib dan peraturan sekolah. Berkoordinasi dengan wali kelas dan BK, untuk anak – anak yang telah mencapai point tinggi. Mengkoordinasi perencanaan dan pelaksanaan kegiatan luar sekolah/ ekstra kurikuler. Memantau berkelanjutan anak – anak bermasalah sampai tuntas. Melaksanakan kegiatan kegiatan – kegiatan yang mengembangkan potensi siswa. Menyusun laporan berkala dan insidentil kegiatan kegiatan ekstrakurikuler. Membimbing dan mengawasi kegiatan – kegiatan ekstrakurikuler, Pramuka, UKS, dll. Membina kepengurusan ekstrakulikuler pramuka, UKS, dll.

2.12. 2.13. 2.14. 2.15. 2.16. 2.17. 2.18. 2.19. 2.20. II. 1.

Mengkoordinasi pelaksanan pemilihan calon siswa teladan, penerima, beasiswa, penerima beasiswa, penerima reward. Membimbing dan mengawasi pengembangan hubungan siswa dengan siswa sekolah lain melalui organisasi sekolah yang ada. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pembinaan kesiswaan Mengkoordinasi kegiatan upacara – upacara di sekolah. Membuat laporan berkala dan incidental kepada Kepala Sekolah. Menemui tamu yang berkepentingan dengan kesiswaan. Memberikan sanksi baik lisan maupun tertulis kepada anak yang melanggar tata tertib. Menyusun pembagian tugas guru untuk mengawasi kebersihan, ketertiban, dan keindahan sekolah (daftar piket) Mengkoordinasi pelaksanakan penerimaan siswa baru dan masa orientasi siswa.

Uraian Tugas Urusan Kurikulum Bertanggung jawab kepada kepala sekolah. 3.1. 3.2. 3.3. 3.4. 3.5. 3.6. 3.7. 3.8. 3.9. 3.10. 3.11. 3.12. 3.13. 3.14. 3.15. Menyusun program kerja tahunan, semesteran,bulanan. Mengkoordinasi pemasyarakatan dan pengembangan kurikulum. Mengkoordinasi penyusunan program pengajaran (mingguan, bulanan, semester, tahunan,) dan mengoordinasi pelaksanaannya. Mengkoordinasi kegiatan belajar mengajar termasuk pembagian tugas guru, jadwal pelajaran, evaluasi belajar, dan sebagaianya. Menganalisis ketercapaian target kurikulum dan daya serap. Mengkoordinasikan persiapan dan pelaksanaan ulangan harian, ulangan umum, ujian akhir sekolah (UAN dan UAS) Menyusun kriteria kenaikan kelas dan persyaratan kelulusan bersama guru, wali kelas, BK, dan kepala sekolah. Mengarahkan penyusunan RPP. Mengkoordinasi kegiatan praktikum bersama guru mata pelajaran. Mengkoordinasi wali kelas dan bimbingan konseling. Mengkoordinasi pelaksanaan kegiatan KKG sekolah/ KKG lokal. Mengkoordinasi penulisan dan pengembangan bahan ajar. Mendokumentasikan kurikulum, penyesuaian kurikulum dan bahan ajar yang telah baku. Mewakili sekolah dalam kegiatan – kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan kurikulum. Mewakili kepala sekolah apabila kepala sekolah tidak berada di tempat.

2. Tugas – tugas:

3.16. 3.17. 3.18. III. 1.

Menyusun jadwal pelajaran. Memberikan data – data guru dan siswa kepada kepala sekolah. Mengkoordinasikan keseluruhan kegiatan pengajaran.

Uraian Tugas Urusan Hubungan dan Kerja sama dengan Masyarakat. Bertanggung jawab kepada kepala sekolah. 4.1. 4.2. 4.3. 4.4. 4.5. 4.6. 4.7. 4.8. 4.9. 4.10. merencanakan program kerja (mingguan, semester, tahunan) merencanakan program kerja, hubungan, instansi yang terkait untuk, pengembangan proses belajar mengajar. Mempromosikan sekolah dengan mengkoordinasikan penelusuran lulusan. Melaksanakan “result” alumni yang sudah bekerja/ berhasil. Merencanakan program – program widya wisata yang menunjang kurikulum serta mengkoordinasi pelaksanaanya bersama kurikulum. Mengkoordinasi “guru tamu” (role mode) dari tokoh yang berhasil untuk mengajar di sekolah. Mengawasi pelaksanaan program widya wisata bersama urusan kurikulum. Melaksanakan program – program promosi sekolah. Membuat laporan berkala dan incidental kepada kepala sekolah. Mengelola kerjasama dengan unit sekolah, masyarakat sekitar, dan instansi terkait

2. Tugas – tugas:

IV. 3.

Uraian Tugas Urusan Sarana Prasarana Bertanggung jawab kepada kepala kantor cabang dan kepala sekolah sesuai dengan itemnya.

4. Tugas – tugas: 5.1. 5.2. 5.3. 5.4. 5.5. 5.6. 5.7. Menyusun program kerja pemanfaatan, pemeliharaan, dan perawatan sarana prasarana (mingguan, semester, tahunan) Bersama dengan yayasan mengkoordinasikan penyusuan kebutuhan sarana prasarana. Bersama dengan yayasan menkoordinasikan pengadaan alata pelajaran, bahan praktek dan kelengkapan sekolah. Bersama dengan yayaysan mengkoordinasikan pmeliharaan, perbaikan, pengembangan, dan penghapusan sarana. Bersama dengan yayasan mengkoordinir pengawasan penggunaan sarana prasarana (dalam hal efisiensi dan efektifitas) Mewakili kepala sekolah sesua dengan kewenangannya ata penugasan dari kepala sekolah. Membuat laporan berkala dan insidentil kepala sekolah dan yayasan.

5.8. 5.9.

Menghimbau petugas terkait agar melengkapi daftar inventaris dari sarana prasarana yang menjadi tanggung jawabnya. Meminta laporan keadaan sarana dari petugas/ pejabat yang bertanggung jawab secara periodic dan insidentil

URAIAN TUGAS PENDIDIK
Uraian tugas pendidik meliputi wali kelas, guru piket dan guru bimbingan konseling dapat disimak dibawah ini. I. Uraian Tugas Wali Kelas/ Guru Kelas 1. Bertanggung jawab kepada kepala sekolah. 2. Tugas – tugas: 2.1. Mengumpulkan perangkat pembelajaran. 2.2. Menyusun program wali kelas. 2.3. Mengatur tempat duduk siswa di kelas dan membuat lay out kelas. 2.4. Menjalin hubungan dengan orang tua siswa. 2.5. Menghubungi orang tua/ wali siswa apabila diperlukan 2.6. Memahami karakter siswa dari kelas diampunya. 2.7. Mengumpulkan nilai dari para guru dan memasukkan ke dalam legger/ daftar kumpulan nilai (DKN) 2.8. Mengisi dan membagi raport. 2.9. Membantu guru BK dan kesiswaan dalam menangani siswa yang menghadapi masalah. 2.10. 2.11. 2.12. 2.13. 2.14. 2.15. 2.16. 2.17. 2.18. 2.19. 2.20. 2.21. Membina dan menilai budi pekerti siswa Membantu siswa dalam memecahkan masalahnya. Melaksanakan dan memotivasi siswa dalam program 7K Membuat laporan berkala dan incidental. Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan atasan. Membina kelas yang diampunya. Mengadakan pembinaan dan bimbingan terhadapa siswa yang diampunya Mengadakan kunjungan atau memanggil orang tua/ wali siswa dari siswa yang bermasalah. Membantu siswa yang mempunyai masalah dalam pelajaran tertentu. Membimbing anak menulis buku harian. Mengumpulkan data perkembangan anak dan mencatatnya dalam buku kepribadian. Melaksanakan administrasi.

II.

Uraian Tugas Guru Piket 1. Bertanggung jawab kepada kepala sekolah. 2. Tugas – tugas: 2.1. Hadir pukul 6:30 WIB dan memastikan anak – anak pulang pada waktunya. 2.2. Mencatat absensi kelas. 2.3. Melayani siswa yang terlambat dan memberikan izin masuk sesuai dengan tata tertib. 2.4. Mengatur kelancaran kegiatan belajar mengajar ketika guru berhalangan hadir. 2.5. Mengawasi ketertiban, keamanan, kenyamanan, ketenangan sekolah. 2.6. Mencatat segala kegiatan kejadian yang ada dan melaporkan kepada pihak terkait. 2.7. Mengatasi dan menanggulangi kejadian – kejadian yang ada dan berkoordinasikan kepada pihak – pihak terkait. 2.8. Mengawasi kebersihan sekolah.

III.

Uraian Tugas Guru BK (Bimbingan Konseling) 1. Bertanggung jawab kepada kepala sekolah. 2. Tugas – tugas: 2.1. Menyusun program kerja bimbingan dan konseling untuk satu tahun dan melaksanakannya. 2.2. Mengumpulkan perangkat program layanan. 2.3. Memberikan penjelasan kepada calon siswa tentang macam – macam program studi, kemampuan lulusan dan sekolah yang dituju. 2.4. Mengkoordinasikan pelaksanaan program bimbingan karir. 2.5. Mengkoordinasikan pengumpulan data dalam rangka kegiatan bimbingan karir. 2.6. Melaksanakan bimbingan kepada siswa secara individu atau kelompok yang berkaitan dengan hambatan hidup, latar belakang social, pengaruh lingkungan, kesukaran belajar dan sebagainya. 2.7. Memberikan layanan 4 jenis konseling kepada siswa. 2.8. Mengembangkan potensi siswa sesuai bakat dan minat. 2.9. Memberikan informasi dan wawasan tentang keberhasilan karir kepada siswa. 2.10. 2.11. 2.12. 2.13. 2.14. Memberikan dorongan (motivasi) kepada siswa secara klasikal maupun individual. Mengadakan kunjungan kepada orang tua siswa (home visit) bagi siswa yang mempunyai masalah. Membuat laporan berkala dan incidental kepada kepala sekolah. Merujuk khusus yang tidak dapat diatasi kepada petugas yang ahli. Mengevaluasi program kegiatan bimbingan karir secara keseluruhan.

2.15. 2.16. 2.17. 2.18. 2.19.

Menciptakan hubungan kerjasama antarorgan terkait. Menyiapkan buku pribadi. Menyiapkan lembar angket. Menjelaskan kepada orang tua siswa tentang siswa yang bermasalah. Membina siswa bermasalah secara psikologis.

URAIAN TUGAS PEGAWAI NONKEPENDIDIKAN. Berikut ini disampaikan uraian tugas pegawai nonkependidikan, meliputi tata usaha sekolah, petugas laborat, petugas perpustakaan, petugas UKS, petugas koperasi, petugas gudang, petugas kebersihan, dan petugas kebersihan sekolah. I. Uraian Tugas Tata Usaha Sekolah. 1. Bertanggung jawab kepada kepala sekolah 2. Tugas – tugas: 2.1. Menyusun program kerja tata usaha sekolah. 2.2. Menyusun kebutuhan fasilitas tata usaha sekolah. 2.3. Mengatur pengurusan kepegawaian 2.4. Membina dan mengembangkan karir tenaga tata usaha sekolah 2.5. Mengurus kebutuhan fasilitas tata usaha 2.6. Menyiapkan dan menyajikan data statistic sekolah. 2.7. Mengatur pelaksanaan kesekreatariatan dan kerumahtanggaan. 2.8. Mengatur administrasi hasil proses KBM 2.9. Membantu kepala sekolah untuk mengembangkan system informasi sekolah. 2.10. Mengatur administrasi kesiswaan dan beasiswa 2.11. Melaksanakan 7K 2.12. Membantu kepala sekolah dalam penyusunan RIPS dan rencana pembiayaan kegiatan sekolah 2.13. Menyusun laporan rutin dan incidental kepala sekolah.

III. 1 2

Uraian Tugas Petugas Perpustakaan

Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah. Tugas-Tugas: 2.1 2.2 2.3 2.4 2.5 2.6 2.7 2.8 Merencanakan pengembangan perpustakaan Meyusun program kerja perpustakaan. Merncanakan dan pengadaan bahan pustaka yang diusulkan kepada Yayasan. Menentukan peraturan-peraturan pengunaan perpustakaan. Menetapkan kebijakan bidang katalogisasi dan klasifikasi. Menetapkan sistem pelayanan perpustakaan. Membina hubungan baik ke dalam dan keluar perpustakaan. Mengarahkan dan mengintegrasikan fungsi perpustakaan fungsi perpustakaan dengan tugas pokok sekolah. 2.9 Meluaskan pengertian dan apresiasi terhadap perpustakaan dengan tugas pokok sekolah. 2.10 Mengkoordinasi dan membina pengembangan perpustakaan lain di lingkungan sekolah. 2.11 Menjalin kerjasama dengan guru, siswa, Kepala Sekolah, petugas BK, bidangbidang dan orang tua siswa. 2.12 Membuat laporan rutin dan insidental kepada Kepala Sekolah. 2.13 Meelaksanakan 7 K. 2.14 Menentukan koleksi pepustakaan. 2.15 Meminjamkan dan menarik kembali bahan pustaka. IV. Uraian Tugas Petugas UKS

1 2

Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah. Tugas-tugas: 2.1 2.2 2.3 2.4 2.5 2.6 Merencanakan pengembangan UKS. Meyusun program kerja UKS. Merencanakan dan pengadaan obat-obatan. Menentukan kebijakan peraturan-peraturan pengunaan UKS. Menetapakan sistem pelayanan UKS dengan melibatkan siswa. Membina hubungan baik ke dalam dan keluar UKS.

2.7 2.8

Mengarahkan dan mengintegrasikan fungsi UKS dengan tugas pokok sekolah. Menjalin kerjasama dengan guru, siswa, Kepala Sekolah, Kesiswaan, sarana prasarana, Humas, Kurikulum, guru BK dan orang tua siswa.

2.9

Membuat laporan rutin dan insental kepada Kepala Sekolah.

2.10 Melaksanakan 7 K. V. Uraian Tugas Petugas Koperasi 1 2 Bertanggung jawab kepada Kepala Kantor Cabang. Tugas-tugas: 2.1 2.2 2.3 2.4 Merencanakan pengembangan koperasi. Meyusun program kerja koperasi. Merencanakan dan pengadaan barang-barang untuk dijual di koperasi. Menentukan peraturan-peraturan pengunaan koperasi dengan persetujuan Kepala Kantor Cabang. 2.5 2.6 2.7 2.8 Menetapakan sistem pelayanan koperasi. Membina hubungan baik ke dalam dan keluar koperasi. Mengarahkan dan mengintegrasikan fungsi koperasi dengan tugas pokok sekolah. Menjalin kerjasama dengan guru, siswa, Kepala Sekolah, urusan-urusan, petugas lain, guru BK, dan orang tua siswa. 2.9 Membuat laporan rutin dan insental kepada Kepala Kantor Cabang.

2.10 Melaksanakan 7 K. VI. Uraian Tugas Petugas Gudang. 1 2 Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah. Tugas-tugas: 2.1 2.2 Menyusun bahan operasional sekolah dan perawatannya. Melaksanakan perawatannya. 2.3 2.4 2.5 2.6 2.7 Mengatur, menyimpan, mengeluarkan dan membukukan barang Menginventaris peralatan dan perlengkapan sekolah serta peng-kode-annya Membantu pelaksanaan penghapusan barang sesuai peraturan yang berlaku. Mengelola buku induk dan buku penggolongan barang inventaris. Melaksanakan administrasi perawatan dan perkiraan barang inventaris. administrasi pembelian bahan operasional sekolah dan

2.8 2.9

Membantu pelaksanaan pengadaan barang ATK. Menyusun laporan rutin dan incidental kepada Kepala Sekolah.

2.10 Menerima dan menyimpan barang operasional sekolah di tempat yang telah ditentukan. 2.11 Mengeluarkan barang operasional atas persetujuan Kepala Kantor Cabang atau petugas yang ditunjuk.

VII. Uraian Tugas Petugas Kebersihan 1 2 Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah. Tugas-tugas: 2.1 2.2 2.3 2.4 Membersihkan ruang kelas dan seluruh ruangan yang ada, halaman sekolah, taman sekolah, kamar mandi, WC, tempat cuci tangan. Merawat seluruh sarana yang berkaitan dengan seluruh ruangan yang ada, halaman sekolah, taman sekolah, kamar mandi, WC, dan tempat cuci tangan. Merawat peralatan kebersihan. Mencatat seluruh kejadian di lingkungan atau hal-hal yang berkaitan dengan ruang kelas dan seluruh yang ada halaman sekolah, taman sekolah, kamar mandi, WC, tempat cuci tangan dan melaporkan kepada Kepala Sekolah . 2.5 2.6 2.7 Melaksanakan tugas lain yang relevan yang diberikan oleh atasan langsung. Berperan serta meningkatkan kepekaan terhadap kebersihan kepada seluruh anggota komunitas sekolah. Melaksanakan 7 K.

VIII. Uraian Tugas Petugas Keamanan Sekolah. 1 2 Bertanggung jawab kepada Kantor Cabang. Tugas-tugas: 2.1 2.2 2.3 2.4 2.5 2.6 2.7 2.8 2.9 Mengatasi hal-hal yang mengganggu keamanan dan ketertiban sekolah. Mengamankan pelaksanaan kegiatan sekolah. Menjaga ketenangan dan keamanan komplek sekolah. Mengawasi keluar masuknya orang, barang, kendaraan di lingkungan sekolah Merawat peralatan keamanan. Melaksanakan 7 K.. Melaksanakan tugas lain yang relevan yang diberikan oleh atasan langsung. Menegur, menangani dan melaporkan setiap pelanggaran. Menegur dan menangani siapa saja yang mengganggu ketenangan dan keamanan sekolah. 2.10 Menindak siapa saja yang mengganggu keamanan dan ketertiban sekolah.

2.11 Menyeleksi keluar masuknya tamu. 2.12 Mengunci dan membuka gerbang sesuai aturan/keadaan darurat keamanan.

BUKU PEDOMAN GURU

YAYASAN PENYELENGGARA PELAYANAN PERGURUAN KRISTEN

SD KRISTEN 1 PURWOKERTO JALAN GATOT SUBROTO 91 PURWOKERTO UPK PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->