KAJIAN PUSTAKA

ile.upi.edu/direktori/fpmipa/jur._pend._biologi/196611031991012yanti_hamdiyati/kajian_pustaka_pelatihan_kti-ptk.pdf

Pertemuan ke 2 Tanggal 2 Mei 2013

Sumber-Sumber Pustaka
1. 2. 3. 4. 5. 6. Abstrak hasil penelitian Indeks Review Jurnal Buku referensi Internet

Tujuan Kajian Pustaka • Membantu peneliti untuk menyelesai-kan masalah penelitiannya dengan mengacu pada teori dan hasil-hasil penelitian sebelumnya yang relevan • http://bse.kemdiknas.go.id/ .

Membantu memilih prosedur penyelesaiaan masalah penelitian. Memberikan pembenaran alasan pemilihan masalah penelitian . Memahami latar belakang teori masalah penelitian. Menghindari terjadinya duplikasi penelitian. 4. dan 6. Mengetahui sejarah masalah penelitian. 5. Mengetahui manfaat penelitian sebelumnya.Fungsi Kajian Pustaka 1. 3. 2.

3. dan sebagainya. Menyiapkan butir-butir yang perlu dalam mencatat informasi dari pustaka. 2. 4. kriteria informasi. Menyiapkan sistematika pengumpulan informasi. cara mencatat sumber informsi dari internet. Mencari informasi ke perpustakaan atau internet. meliputi kelengkapan sumber informasi. Menyiapkan kartu atau buku untuk mengumpulkan informasi yang relevan.Langkah Awal dan Cara Penulisan 1. .

Pembelajaran IPS . Media Pembelajaran 2. Aktivitas Belajar 3. Prestasi/Hasil Belajar 4.Draf Kajian Pustaka Penggunaan Alat Peraga Globe untuk Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas …. Drafnya: 1.

Saran Penyusunan Kajian Pustaka 1. agar penulisan kajian pustaka tetap relevan dengan masalah yang akan diteliti. Buatlah rencana struktur penulisan kajian pustaka dengan baik (jangan menulis menurut urutan ditemukannya pustaka itu). Pertahankan fokus perhatian pada masalah penelitian yang akan dilaksanakan. 2. 3. Tekankan keterkaitan antara pustaka dengan masalah penelitian yang (akan. atau baru saja) dipecahkan oleh peneliti. . sedang.

Fokus dalam PTK 1. Fokus dalam penelitian tindakan kelasa (PTK) adalah untuk menemukan cara manipulasi perlakuan atau tindakan dalam proses pembelajaran agar kinerja kelas meningkat 2. Fokuskan pada kajian tentang alasan teoretis mengapa perlakuan atau metode tertentu yang dipilih dapat menjanjikan peningkatan pembelajaran atau kinerja kelas atau dapat mengatasi kelemahan kelas .

Fokus dalam PTK 3. . maka karakteristik mata pelajaran atau pokok bahasan itu perlu dibahas juga dalam kajian pustaka agar tampak relevansi perlakuan dengan masalah penelitian tindakan kelas untuk mata pelajaran atau pokok bahasan tersebut. Kalau hasil perlakuan itu diduga berkaitan dengan mata pelajaran atau pokok bahasan tertentu.

Ada 3 cara mengutip bahan kepustakaan: 1. (“…. Jika kurang dari 5 baris. Jika lebih dari 4 baris. Mengutip langsung apa adanya. langsung jadi satu dengan kalimat teks kajian pustaka (ditulis dua spasi) b. Ini harus ditandai dengan tanda kutip.”) a. ditulis satu spasi dan masuk dari margin kiri 5 – 7 ketukan .

Bahan kepustakaan yang diambil dengan cara diringkas/disarikan/diambil intinya. 3.2. Cara meringkas harus urut dari awal s.2 dan 3 di atas tidak perlu diapit tanda petik . No.d. akhir pembicaraan/pendapat. Hanya dicari ide pokoknya/gagasan utamanya. Caranya bebas yg penting intinya sama dengan isi bahan bahan kepustakaan itu. Bahan kepustakaan yang diambil dengan cara diparafrasekan.

4. 2. 6.Sumber-Sumber Pustaka 1. 3. 5. abstrak hasil penelitian indeks review jurnal buku referensi Internet .

Indeks menyediakan judul-judul buku yang disusun berdasarkan deskripsi utama masingmasing buku tetapi tidak menyediakan abstraknya. proxy server. hal utama yang dibahas ialah mengenai proxy server. misalnya Indeks Internet akan ditampilkan sebagai berikut: bagian heading (kepala berita) Internet. 2.Indeks 1. Heading memberikan informasi pada kita buku mengenai Internet. .

. 2. Dalam review biasanya penulisnya memberikan perbandingan dan bahkan juga kritik terhadap buku atau karya yang direview oleh yang bersangkutan. Kadang penulis review juga memberikan kesimpulan alternatif kepada pihak pembaca yang tujuannya ialah agar pembaca dapat memperoleh pandangan yang berbeda dari buku yang dibacanya. Tulisan disusun berdasarkan topik dan isi.Review 1. Review berisi tulisan-tulisan yang mensintesis karya-karya atau buku yang pernah ditulis dalam suatu periode waktu tertentu.

Kita dapat juga menggunakan tulisan di jurnal sebagai bahan kutipan untuk referensi dalam penelitian kita sebagaimana buku-buku referensi. .Jurnal 1. Jurnal berisi tulisan-tulisan dalam satu bidang disiplin ilmu yang sama. misalnya ilmu manajemen dalam ilmu ekonomi atau teknik informatika dalam ilmu komputer. 2. Kegunaan utama jurnal ialah dapat digunakan sebagai sumber data sekunder karena pada umumnya tulisan-tulisan di jurnal merupakan hasil penelitian.

. Ada baiknya kita memilih buku yang bersifat referensi bukn buku yang bersifat sebagai penuntun dalam menggunakan atau membuat sesuatu. 2. Buku eferensi yang baik akan berisi tulisan yang mendalam mengenai topik tertentu dan disertai dengan teori-teori penunjangnya sehingga kita akan dapat mengetahui perkembangan teori dalam ilmu yang dibahas dalam buku tersebut.Buku referensi 1. Buku referensi berisi tulisan yang umum dalam disiplin ilmu tertentu.

yahoo. http://www.com 2. http://www. Online 1.Cara Pencarian Pustaka A.com 3.com . http://www.google. mengunjungi perpustakaan 2. tempat-tempat sumber informasi (BPS) B. Manual 1.msn.

hanya nama akhir penulis pertama yang dicantumkan dlikuti dengan dkk atau et al: a. c. S.. Pirolisis ampas tebu (Othmer dan Fernstrom.) ...P...H..Yang membuat tulisan pada contoh (c) berjumiah 4 orang. Leckthaler. dan Weisz. P... Bensin dapat dibuat dari metanol (Meisel dkk..L..Penulisan Kutipan (Nama penulis yang diacu dalam uraian) Penulis yang tulisannya diacu dalam uraian hanya disebutkan nama akhirya saja. dan kalau lebih dari 2 orang..) titik-titik adalah nomor halaman b.. 1976: .... d.B.. C.... McCullough.) menghasilkan. Lebih lengkap Baca buku pedoman penulisan Karya Tulis Ilmiah Unila . J.. yaitu Meisel... 1943: . Menurut Calvin (1978:.

.H. 1 976. Leckthaler.. McCullough. Dalam daftar pustaka. dkk Lebih lengkap Baca buku pedoman penulisan Karya Tulis Ilmiah Unila . S. J. tulis yang pertama saja dan dkk Contoh: • Meisei.Penulisan Daftar Pustaka 1.B... S. saja. C... P.L.L.P. Boleh hanya: Meisel. Pengarang lebih dari 3 orang. . 2. dan Weisz. dan tidak boleh hanya penulis pertama diambah dkk atau et al.. semua penulis harus dicantumkan namanya.

Derajat kesarjanaan (Gelar) • Derajat kesarjanaan tidak boleh dicantumkan (tanpa penulisan Gelar akademik atau profesi penulis) .

Pencarian Pustaka secara elektronis/on-line 1. Judul tempat atau media informasi (tanggal informasi dikumpulkan dari media tersebut). Judul karya. pita rekaman video. . Komponen dasar dari sitasi (pengacuan) pustaka adalah sebagai berikut: Nama akhir pengarang. pita rekaman suara. Tahun publikasi (bila ada). Informasi ilmiah tersebut tersedia dari media seperti: CD-ROM (yang dibaca lewat komputer). 2. dan lewat internet. Inisial.

id/adj/riset99/ (18 Apr. . The urban pattern of some coastal cities in the northern Central Java. Contoh untuk situs WWW (World Wide Web): Djunaedi. 2000).. researchnews@ugm.ac. 2000). A. 2000. 22 Maret 2000.id (19 Apr. 2000).com/Pub/CCC94/johnson-p (22 Apr. P.Contoh penulisan daftar pustaka hasil penelusan online Contoh untuk situs FTP (File Transfer Protocol): Johnson. 1994. Contoh untuk informasi lewat e-mail: Djunaedi. The History of Indonesian Urban Planning.ac.. http://www. A.mpkd -ugm. Tropical Indonesian Architecture ftp://indoarch.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful