1. 2. Mempunyai nomor yang unik dengan alamat IP… a. 8 bit b. 16 bit c. 32 bit 3.

Protocol standar yang digunakan dalam komunikasi jaringan… a. X25 b. Nwlink c. CSMA/CD 4. Pada Tahun 1969, internet dikembangkan dengan nama…. a. UNInet b. ARPAnet c. DARPAnet 5. Tujuan pembangunan ARPAnet adalah.. a. membuat pertahanan Amerika lebih canggih b. meningkatkan gengsi di dunia c. membuat jaringan komputer yang tersebaruntuk menghindari pemusatan informasidi satu titik d. berkomunikasi dengan negara lain d. MILnet e. NSFnet d. TCP / IP e. Mac d. 64 bit e. 128 bit

e. membantu negara – negara berkembang ntuk mengakses internet 6. Komputer yang dapat mengakses jaringan DARPA internet adalah… a. Laptop b. notebook c. pc 7. Layanan internet yang dapat di akses oleh personal komputer adalah… a. ARPA dan Milnet b. DARPAnet c. DARPAnet dan Milnet d. usenet dan bitnet e. usenet dan milnet 8. Pada tahun 1986, dibentuk NSFnet sebagai penganti APRAnet. Apa kepanjangan NSFnet…. a. National Seluler Foundation Network b. National Sciense Foundation Network c. National Sub Foundation Network d. National Sciense Federation Network e. National Science File Network d. desktop komputer e. mainframe

yaitu modem internal yang dipasang di dalam komputer pada slot ekspansi yang tersedia dan modem eksternal yang dipasang dengan menggunakan kabel communication atau serial. APJII e. Institut Teknologi bandung 10. pelanggan akan dibebani biaya pulsa plus layanan ISP yang jumlahnya bervariasi. Selaiin modem dial-up terdapat terdapat pula modem ADSL ( Asymmetric digital subscriber line). Yang tidak termasuk kelompok lima universitas yang menggunakan fasilitas dial-up UNInet adalah…. Gelombang pada jaringan telepon adalah gelombang analog. Telkomnet 1. Modem internal memiliki kecepatan untuk mendownload informasi 56 kbps. Universitas Terbuka d. untuk dapat di kenalioleh komputer penerima maka gelombang tersebut diubah menjadi sinyal digital oleh modem. Pada penggunaan akses dial-up. Modem ASDL memiliki kecepatan yang tinggi. bergantung lamanya koneksi. a. 1. Sebaliknya. secara fisik. ADFA d. modem dial-up dibagi dua. Universitas Indonesia c.2 Perangkat Keras dan Fungsinya untuk akses Internet Perangkat Keras yang digunakan untuk Akses internet Perangkat keras yang digunakan untuk dapat terhubung dengan internet adalah sebagai berikut. ketika komputer bekerja dengan bilangan digital dan ketika data akan dikirim ke pengguna lainnya dalam inteernet. ketika koputer terhubung ke server ISP. sinyal digital akan diubah menjadi gelombang analog oleh modem. Personal Computer (PC) biasanya menggunakan modem dial-up yang dihubungkan dengan line telepon. Universitas Padjajaran b. komputer hanya mengenal bilangan digital. Kecepatan modem dihitung dalam Kbps ( kilobit per second ). IPTEKnet c. Universitas Gadjah mada e.9. dikembangkan dengan . UUNET b. Top level domain ID primer pertama kali di indonesia ditempatkan di server… a. Modem Dial-up ( Internet/Eksternal)/ Cable modem/Modem ADSL Modulator demulator berfungsi mengubah gelombang analog menjadi sinyal dan sebaliknya mengubah sinyal digital menjadi gelombang analog dari kabel sehingga komputer dapat terkoneksi dengan internet.

TV Kabel Jaringan TV Kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan maksimum 27 Mbps Downstream ( kecepatan download ke pengguna) agar dapat . dapat juga digunakan line telepon. pengguna diharuskan melakukan pendaftaran terlebih dahulu kepada penyedia Jasa dan TV kabel dan ISP (internet Service Provider). ketika modem rusak kita dapat langsung menggunakan modem baru tanpa harus mendaftar kembali ke ISP. 2. TV kabel. tetapi pada umumnya. Ketika cable modem rusak. terdapat isitilah yang disebut dengan upstream dan downstream. Kecepatan modem dial-up berviariasi antara 300 bps hingga 56 kbps. upstream adalah kecepatan aliran data dari komputer lokal ke komputer lain melalui sebuah network. Dalam mengakses internet . dalam aliran data Internet. maka akan mempersingkat waktu koneksihingga menghemat biaya pulsa telepon. Anda harus mendaftar kembali Mac Address baru untuk cable modem baru. Line telepon. Satelit. Sedangkan pada modem ADSL atau dial-up. Cable modem mempunyai kecepatan akses yang tinggi. Pengguna ASDL diharuskan mendaftar terlebih dahulu ke ISP ( Internet service Provider) Untuk jenis cable modem menggunakan line TV kabel. Pemasangan jaringan internet dengan cable modern cable modem lebih rumit dibandingkan dengan dengan jenis modem lainya. Pendaftaran untuk akses internet dengan kable modem mengunakan MAC Address ( Media Access control address). ASDL dapat menggunakan line telepon. ISDN. dengan line telepon dan modem dial-up kita tidak diharuskan mendaftar lagi ke ISP. ISDN. misalnya dengan menggunakan paket telkomnet instant yang secara langsung dapat melakukan akses internet. Handphone selain modem sebagai perangkat keras yang dapat menghubungkan komputer ke internet. Kecepatan Sebuah modem diukur degan satuan bps (bit per second) atau Kbps ( kilobit per second). satelit dan telepon genggam (handphone) Line Telepon saat ini. Anda dapat menggunakan layanan dari TV kabel. Untuk dapat mengakses internet melalui cable modem. sedangkan downstream adalah kecepatan aliran data dari komputer lokal melalui sebuah network. Di Indonesia. yaitu kabelvision. TV kabel.teknologi Discrete multitone (DMT).

komputer harus dilengkapi dengan kartu ethernet ( ethernet card). satelit geostsioner berarti satelit tersebut selalu berada di tempat yang sama sejalan dengan perputaran bumi. SATELIT Pelanggan . Layanan akses Modem kabel dapat melalui jaringan TV kabel dengan ISP di antaranya : cbn. ISDN memungkinkan transmisi gabungan semua dan setiap informasi yang mencakup suara. selain c band ada juga Ku-Band. centrin dan Mynet. pada sumbunya. Satelit berfungsi sebagai penerus sinyal untuk dikirimkan ke titik lainnya di atas bumi. ISDN ( Intergrated System Digital Network) Selain layanan ISDN melalui modem. linknet.425 GHz).925 sampai 6. dapat pula memanfaatkan teknologi ISDN . Satelit ini menggunakan yang tinggi di gunakan untuk uplink ( 5. mendapatkan data internet dari satelit yang sama saja dengan mendapatkan sinyal televisi dari satelit. Pada prinsipnya.2 GHz ). Satelit VSAT ( very small Apperture Terminal) adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Sebenarnya. frekuensi yang lebih rendah digunakan untuk downlink ( 3. Namun C-Band lebih tahan terhadap cuaca dibandingkan dengan Ku-Band. Fungsi utama dari VSAT untuk menerima dan mengirim data ke satelit.menggunakan modem kable. surat kabar.7 samapai 4. diagram dan video conferencing. dan merupakan transisi sistem telepon analog ke sistem digital. Data yang diterima yang hendak dikirimkan mealui VSAT harus di-dekode oleh decoder terlebih dahulu.gambar. ISDN adalah jaringan digital yang memberikan berbagai macam pelayanan jasa telekomunikasi yang berlaku di seluruh dunia. Satelit Telkom -1 menggunakan C-Band (4-6 GHz). piringan VSAT tersebut menghadap ke sebuah satelit geostasioner. indosat. Data dikirimkan oleh satelit dan diterima oleh decoder pada sisi pelanggan. Layanan ISDN disediakan oleh ISP yang disebut dengan NSP ( Network Service Provider).

yaitu dengan menggunakan aliran data. protokol yang digunakan disebut ( Wireless Application Protocol). Saat ini. Internet juga dikembangkan untuk aplikasi wireless ( tanpa Kabel) dengan memanfaatkan telepon seluler atau telepom genggam.Pelanggan Pelanggan ISP Hub Antena Pelanggan TDM TD / VA Gambar 1. Pada negaranegara maju. WAP bekerja dengan modus teks dengan kecepatan 9. akses Internet dapat dilakukan pula melalui saluran kabel listrik. penggunaan saluran kabel listrik untuk mengakses internet sudah mulai dimasyarakatkan. yaitu hingga 115 Kbps dengan dukungan aplikasi grafis dan multimedia. Selain WAP.1 Jaringan Internet VSAT Selain jaringan dengan VSAT. dikembangkan pula teknologi GPRS ( General Packet Radio Service ) yang memiliki kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan WAP. PLN DKI Jakarta sedang mengkaji dan mengujicobakan akses internet dengan aliran data melalui kabel listrik.6 Kbps. WAP merupakan hsil kerjasama antarindustri untuk membuat sebuah standar yang terbuka ( open standard) yang berbasis pada standar internet. terdapat teknologi 3G ( Thrid Generation) pada telepon seluler berbasis CDMA ( Code Division Multiple Access). di mana 3G memiliki kecepatan transfer data hingga 230 Kbps .

knot . mengubah sinyal mikro menjadi sinyal makro c. mengubah sinyal makro menjadi sinyal mikro d. satelit dan dial-up 7. lembaga yang dapat memperkirakan pengguna internet di indonesia adalah. satelit dan cable e. internal dan eksternal d. dan satelit.. LIPI e. linknet b. global net e. cm 6. eksternal dan dial-up c. Gambarkan diagram untuk akses internet dial-up.. secara fisik modem dial-up dibagi atas 2 yaitu…. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat. 5. mengubah sinyal digital menjadi gelombang analog dan sebaliknya d. a. OSI 3. jelaskan pula perangkat – perangkat yang dibutuhkan. cable. Modulator Demodulator b. APJII b. IDNIC d. Motor Demodulator e. km b. 2 Kerjakan secara kelompok. kbps c. Mobil Demodulator 4. fungsi dari modem adalah. a. ipteknet 2. mengubah gelombang bunyi menjadi gelombang analog e. a. Modular Demodular c. d. ISP pertama indonesia yang terhubung ke internet dengan kapasitas bandwith 64 kbps adalah… a. kepanjangan dari modem adalah. indosatnet b.Tugas 1. a. satuan kecepatan modem adalah… a.. umumnya modem internal memiliki kecepatan download informasi sekitar. CBN c. ha e. ISO c. 1. Modul Demodular d. dial-up dan cable b. mengubah gelombang bunyi mnejadi sinyal digital..

kecepatan aliran data dari komputer lokal ke komputer lain melalui sebuah network disebut… a. DMT b. upload b. upstream 8. Asymmetric dual subscriber line c. a. download c. downstream e. a. Asymmetric digital subscriber language d. Asymmetric digital subscriber line e. Kepanjangan ADSL adalah. Arithmaticial digital subscriber line 9. a. kecepatan aliran data dari komputer lain kekomputer lokal melalui sebuah network disebut….. upstream . Asymetric digital superline b. 512 Kbps 11. cable modem b. upload b. shut down 12. brainware e. Intranet System Digital Network d. CMT c. upload b. Kepanjangan dari ISDN adalah….a. download c. a. 256 Kbps d. 56 kbps b. freeware d. internal b. download c. hardware d. upstream d. AMT e. Modem yang bekerja menggunakan chip khusus untuk menangani fungsi-fungsi komunikasi data disebut sebagai modem… a. eksternal c. hardware 14. UTP 10. modem ADSL memiliki kecepatan yang tinggi. satelit e. a. downstream e. pada umumnya modem yang digunakan adalah… a.. DNA d. dikembangkan dengan teknologi. 128 kbps c. downstream e. Kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal melalui sebuah network disebut…. software c. dial-up 15. Internet System Digital Network b. shutdown d. shutdown 13. 384 Kbps e. Untuk line telepon.

CSP b. X25 c. RSP e. a. Protokol yang digunakan untuk akses internet melalui telepon seluler adalah…. ADSL b. ASP 17. modem c.. Very System Arithmatical terminal d. cable c. Asia d. 16. line telepon e. Akses Internet satelit dapat melalui… a.. a. handphone d. Asia Tenggara c. VSAT 19. router 1. e. indoor unit e. AMPS b. Kepanjangan dari VSAT adalah… a. HTTP d. outdoor unit 21. WAP d. Intergrated System Dual Network d. ISDN pertama kali diperkenalkan tahun 1970 di. a. Very small Aperture Terminal d. Eropa b. Very System Aperture Transformation 20. Penyedia jasa layanan ISDN disebut dengan… a. Very System Aperture Terminal c. Transceiver yang diletakan di luar dan harus sejajar dengan lintasan satelit yang sedang digunakan disebut. Intergrated System Digital Network. Afrika 18. NSP c. ISP b. Intergrated System Digital National e.3 Domain Name System ( DNS ) . Timur Tengah e. Very small Aperture Tranformation. ftp e. ADSL b.c.

255. yaitu protokol TCP/IP ( Transmision Control Protocol/ Interner Protocol).255.com. Tiap segmen terdiri atas 8 bit yang dipisahkan oleh titik. nomor unik yang tersedia sekitar. contohnya wikipedia.org dan yahoo.0 sampai dengan 255. Domain berfungsi mempermudah pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingst server yang dikunjungi dibandingkan harus mengenal deretan nomor atau yang dikenal dengan IP address.0. Angka yang diisikan antara 0.Nama domain adalah (domain name ) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasikan nama server komputer. NAMA : DESY NATALIA DOKO . seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nomor unik tersusun atas 32 bit yan di bagi menjadi 4 segmen.255. jadi. Nomor unik sebagai bahasa komunikasi yang digunakan disebut dengan protokol. Komputer yang terhubung dengan jaringan internet memiliki nomor unik untuk dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Nama domain juga dikenal sebagai sebagai kstuan dari sebuah situs.0.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful