P. 1
Cara Menghitung Kebutuhan Cat Dinding

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Dinding

|Views: 13|Likes:
Published by ronit13

More info:

Published by: ronit13 on Jul 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/06/2014

pdf

text

original

Menghitung Kebutuhan Cat Dinding/Tembok

Hampir semua dinding atau tembok mengggunakan finishing cat. Kelebihan dari cat adalah mempunyai banyak macam warna dan mudah diaplikasikan pada dinding luar atau dinding dalam. Cat yang baik harus dapat melapisi permukaan dinding dan dapat melekat dengan baik. Cat dinding sesuai fungsi ada 2 macam yaitu :

 

Cat Interior untuk mengecat dinding dalam, dimana harus aman, tidak mengganggu kesehatan, tidak beracun dan ramah lingkungan Cat Exterior untuk mengecat dinding luar, dimana harus tahan cuaca panas, tahan air, tahan jamur dan lumut.

Hal ini membuat harga Cat Exterior lebih mahal dibandingkan Cat Interior. Dalam hal jumlah warna Cat Exterior lebih sedikit dibandingkan Cat Interior. Peralatan yang dapat digunakan untuk mengecat seperti : * kuas, cocok untuk bidang yang kecil * roller, untuk pengecatan yang lebih cepat * alat semprot, cocok untuk celah yang sempit Banyak yang belum tahu. Berapa kebutuhan Cat suatu ruangan ? Bila anda ingin membeli Cat. Ini ada Tip praktis tentang cara menghitung kebutuhan Cat. Cat dihitung dalam satuan liter Rumus : Kebutuhan Cat = Luas Dinding / luas 1 liter Standard pemakaian cat (10 – 12) m2/liter, tiap pelapisan. Misalnya ruangan dengan ukuran 3m x 4m. dengan tinggi dinding 3m. Kebutuhan Cat adalah = (2 x (3m + 4m)) x 3m / (12 m2/liter) = 14 m x 3m / (12 m2/liter) = 42 m2 / (12 m2/liter) = 3.5 liter Artinya kebutuhan Cat untuk ruangan 3m x 4m. untuk 1x pelapisan butuh 3,5 liter untuk 2x pelapisan butuh 7 liter atau 3 kaleng cat @ 2,5 liter Catatan :

    

1 Kaleng Cat berisi 2,5 liter, ada juga yang 5 liter. 1 Pail (= ember) Cat berisi 20 liter. Pelarutan atau pengeceran dengan menambahkan air bersih 5%-25% dari jumlah cat. Aduk hingga rata sebelum digunakan. Untuk mendapatkan hasil pengecatan yang sempurna, dibutuhkan minimum 2x pelapisan. Bila anda membeli cat dalam satuan kg Rumus diatas dikalikan koeffisien 1.4 untuk 1 x pelapisan butuh 3,5 liter x 1.4 = 4.9 kg untuk 2 x pelapisan butuh 7 liter x 1.4 = 9.8 kg

Cara menghitung luas dinding yang akan di Cat, masih kasar, karena belum dikurangi dengan lubang pada dinding seperti : pintu, jendela, lubang angin dsb. Semoga bermanfaat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->