RPP Surat Dinas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)
Nama Sekolah Kompetensi Keahlian Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : SMK N 1 Enam Lingkung : Administrasi Perkantoran : Melakukan Prosedur Administrasi (MPA) : XI/3 :8 : 3 x 45 menit : Melakukan Prosedur Administrasi : Mengidentifikasi cara membuat Surat Dinas : Mengidentifikasi pengertian surat dinas

I. TUJUAN PEMBELAJARAN a) Siswa dapat memahami pengertian surat dinas b) Siswa dapat memahami bagian-bagian penting dan tata bahasa dalam surat dinas c) Siswa dapat mempraktekkan dan membuat surat dinas II. MATERI PEMBELAJARAN a. Konsep

Surat dinas yang disebut juga surat resmi. Surat dinas adalah surat yang isinya menyangkut segi-segi kedinasan. Surat dinas digunakan untuk keperluan komunikasi antar kantor, antar organisasi, atau antar personal dalam suatu organisai atau kantor. Terdapat b e r b a g a i m a c a m s u r a t r e s m i a n t a r a l a i n s u r a t keterangan, surat keputusan, surat undangan, surat permohonan, dan surat edaran, dll. Bahasa surat dinas harus komunikatif, maksudnya bahasa surat harus mudah dipahami, jelas, tidak menimbulkan kerancuan, keraguan, atau salah tafsir. Kalimat-kalimatnya disusun sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang berlaku. Kata-kata yang dipergunakan adalah kata-kata yang baku. Penulisan dilakukan sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Kejelasan isi surat dinas sangatlah penting karena surat dinas memuat ketentuan-ketentuan untuk melaksanakan sesuatu. Apabila surat dinas tidak jelas, besar kemungkinan penerima salah mengartikannya dan salah melaksanakan.

2. karena surat dapat diarsipkan dan dapat dilihat lagi jika diperlukan 3. isi surat merupan gambaran mentalitas pengirimnya. Duta atau wakil penulis untuk berhadapan denga lawan bicaranya. Pedoman kerja.Berikut ini fungsi surat dinas: 1. Oleh karena itu. menggunakan kop surat dari instansi/ lembaga yang bersangkutan.dan siswa dengan mengkonfirmasi 5 Menit . dan perihal (format surat tertentu). 3. 4. lampiran. 1. warna tinta. METODE PEMBELAJARAN a) Geneus learning strategi b) Tanya jawab c) penugasan IV. Memakai bentuk surat yang standar. Memperhatikan kerapian dan kebersihan. III. Berikut ini ciri-ciri surat dinas. Menghindari kata-kata dan singkatan yang tidak umum. seperti surat keputusan dan surat instruksi 5. menggunakan nomor surat. bentuk tulisan. Menggunakan ragam bahasa Indonesia baku dengan penyampaian singkat. jelas. Dokumen tertulis dan bukti hitam di atas putih 2. Menggunakan instrument yang sesuai. seperti ukuran kertas. 5. serta menyajikan fakta yang benar. Bukti sejarah. seperti pada surat-surat tentang perubahan perkembangan suatu instansi 4. lugas. dan warna kertas. SKENARIO PEMBELAJARAN Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Alokasi Waktu 5 menit Materi Kegiatan awal : • Mengkoordinir • Siswa berdo’a siswa untuk menurut agama berdo’a masing-masing • Mendengarkan • Meninjau kesiapan absensi. jenis. dan santun. Alat pengingat.

5 menit 45 menit 3 menit Dalam kegiatan • Siswa berlatih elaborasi. kesiapan siswa untuk menerima pelajaran. Motivasi. bimbingan guru .absensi dan kehadiran. • Mendengarkan Apresiasi dan motivasi yang motivasi a. Tujuan akan dipelajari. Pembelajaran • Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai. guru : membuat surat a) Siswa di bawah pemberitahuan. pertanyaan yang b. diberikan guru. disampaikan guru Memberikan dan menyiapkan motivasi kepada segala keperluan siswa agar siswa belajar siap untuk mengikuti proses • Menjawab pembelajaran.I dan pengetahuan yang sampaikan guru.KD. Apersepsi. Mengajukan pertanyaan yang • Mendengarkan berkaitan dengan apa yang di SK. Kegiatan Inti : a) Guru menyajikan • Siswa materi mengenai mendengarkan Eksplorasi surat dinas materi yang b) Guru memberikan disampaikan guru pemahaman • Siswa kepada siswa mendengarkan dan bagian-bagian apa mencatat bagiansaja yang harus bagian yang ada dalam surat penting dalam dinas surat dinas c) Menciptakan interaksi aktif • Siswa ikut antara guru berpartisipasi aktif dengan siswa dalam proses dalam kegiatan pembelajaran Elaborasi pembelajaran.

30 menit C. Kegiatan a) Guru melakukan • Menjawab tanya jawab pertanyaanuntuk dapat pertanyaan yang mengecek diajukan guru kembali pemahaman siswa tentang 10 .mencoba memahami cara • Mengerjakan tugas membuat surat dan pekerjaan dinas rumah yang b) Guru memotivasi diberikan guru siswa untuk dapat melakukan pembelajaran kooperatif dan • Siswa di bawah kolaboratif di luar bimbingan guru jam belajar. dinas. Akhir : e) Guru meminta siswa untuk dapat menyampaikan hasil pemikiran/tanggap an mengenai tugas • Siswa menerima yang diberikan apresiasi yang f) Guru memberikan apresiasi dan diberikan guru. • Siswa di bawah bimbingan guru d) Guru memberikan menyelesaikan soal-soal kepad soal-soal yang siswa terkait telah disediakan dengan surat guru. menyajikan c) Guru membimbing pemahaman siswa untuk materi yang memahami materi dikuasai melalui dengan catatan-catatan memberikan yang diberikan catatan penting guru. • Siswa memberikan tanggapan/pendap at terhadap tugas yang telah dikerjakan. respon balik terhadap penyampaian pendapat siswa.

com VII. SUMBER/BAHAN AJAR 1) Buku Surat Menyurat jilid 3 SMK.materi pelajaran yang telah • Siswa memberikan diberikan. kesimpulan b) Guru mengenai materi menstimulus yang dipelajari. Menit V. Jelaskanlah pengertian surat dinas secara ringkas! . siswa untuk dapat menarik kesimpulan dari materi yang telah dipelajari. PENILAIAN  SOAL 1. c) Guru menyampaikan materi yang akan di pelajari pada pertemuan berikutnya.google. penerbit Seti-Aji “Surakarta” 2) www. MEDIA PEMBELAJARAN Hard ware : • Laptop • White Board • Job Sheet • LCD Projector Soft ware :  Power Point VI.

Sebutkan ciri-ciri surat dinas! 4. Mei 2013 Guru Mata Pelajaran. Jelaskan mengenai bahasa surat dinas harus komunikatif 3. Sebutkan jenis surat yang termasuk pada surat dinas (minimal 5) ! Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial. Parit Malintang.2. R. .Pd. Rahmi. S.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful