MAKALAH KACANG PANJANG

Guru Bidang Studi: …..

Disusun Oleh: ……. Kls: …..

SMP NEGERI 1 SEBERIDA

meningkatkan . Bagian yang dijadikan sayur atau lalapan adalah buah yang masih muda dan serat-seratnya masih lunak. antioksidan. meningkatkan penyatuan DNA dan RNA. antivirus. folat. 50 gram lemak total. Ada juga 17% DV vitamin A. antibakteri. ternyata Kacang Panjang juga dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan untuk mengobati beberapa penyakit seperti diantaranya : antikanker. meningkatkan fungsi limpa. vitamin A. 31% DV vitamin A. fosfor.A. thiamin. vitamin C. kacang panjang ini mudah didapati di kawasan panas di Asia. besi. Dalam ukuran porsi 100 gram kacang terdapat 47 kalori. natrium 4 mg (0% nilai harian). peluruh kencing. Kacang Panjang adalah sumber protein yang baik. Manfaat Kacang Panjang Kacang panjang merupakan tumbuhan yang dijadikan sayur atau lalapan. kanker payudara.6 g Lemak 50 g Protein 200 g Persentase yang relatif ke US rekomendasi untuk orang dewasa. Selain sebagai masakan. dan 3 gram protein (nilai harian 5%). mencegah kelainan antibodi. dan mangan. gangguan saluran kencing. 8 gram karbohidrat total (2% nilai harian). (Persen nilai harian berdasarkan diet 20000 kalori nilai harian individu bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori masing-masing. leukemia. magnesium. batu ginjal. kalium. dan 5% DV kalsium. 2% DV besi. Nilai gizi kacang panjang (mentah) per 100 g (3. kolesterol 0 mg. Ia tumbuh dengan cara memanjat atau melilit.5 oz) Energi 196 kJ (47 kcal) Karbohidrat 8 g Diet serat 3. riboflavin.

Kacang ini juga dapat direbus. kurang darah. Manfaat Kacang pajang bisa didapat dengan mudah. sakit pinggang. di tumis. 1 Kacang Panjang Dalam Kehidupan Sehari-Hari Manfaat Kacang panjang atau vigna sinensis ini sangat banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-sehari. Jenis sayuran ini banyak ditemukan di kawasan panas di Asia. kebun dekat persawahan atau kebun sekitar area rumah. meningkatkan nafsu makan. Berbagai macam olahan yang berbahan dasar kacang pangang memang diminati. Selain itu cara budidaya nya pun juga sangat mudah. harganya pun juga terjangkau. demam berdarah. Selain rasanya yang enak. rematik. bisa dijumpai di pekarangan. pembengkakan. tetapi kacang ini juga banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita. beri-beri. Kacang yang memiliki nama ilmiah vigna sinensis ini sangat gampang dalam perawatannya. dan sukar buang air besar. Namun tidak hanya enak untuk dikonsumsi.fungsi sel darah merah. Memang sangat enak untuk dijadikan sebagai masakan lezat sehari-hari. atau menjadi hidangan lalapan yang enak. Varietas dari sayuran ini memang menjadi bahan .

Kesehatan perlu diawali dengan pola hidup yang sehat seperti pola makan dan kebiasaan sehari-hari. atau ditumis. kita akan mendapatkan banyak keuntungan dalam kesehatan. serta kebutuhan akan vitamin pun tetap terjaga. Sebenarnya mengkonsumsi kacang ini. Mengkonsumsi sayuran adalah cara yang sangat dianjurkan sebagai upaya membentuk pola hidup sehat. seperti kacang panjang. Diolah dengan berbagai cara seperti lalapan. seperti kandungan vitamin B1 dan B2. serta serat yang dimiliki pun membantu metabolisme dalam tubuh. maka dengan mengkonsumsi kacang ini dapat meningkatkan kembali gairah makan kita. jangan memasaknya sampai benar-benar layu dan berubah warna sebab akan mengurangi nutrisi yang ada serta mengurangi manfaat kacang panjang itu sendiri. Kacang panjang sangat kaya akan kalsium dan mineral. dikarenakan semakin hari komsumsisayur kacang panjang akan . Seperti bagi mereka yang memiliki nafsu makan yang rendah. Namun cara memasak yang benar harus diperhatikan. Kebutuhan akan vitamin dalam kacang panjang sangat membantu terpenuhinya nilai gizi pada makanan yang kita konsumsi.makanan yang sering digunakan. Untuk mendapatkan sejumlah manfaat kacang panjang. Kedua vitamin tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh kita terutama bagi mereka yang mudah lelah. Kacang panjang juga enak untuk dijadikan sayuran berkuah. anda bisa melihatnya dari sejumlah vitamin yang bisa membuat tubuh menjadi sehat. 3 Cara Memasak Kacang Panjang Yang Benar Sebenarnya untuk hidup sehat itu sangat mudah dan tidak harus mahal. 2 Vitamin Dalam Kacang Panjang Asupan nutrisi ialah tubuh perlu adanya berbagai nutrisi yang mendukung. Sayuran kacang panjang di Indonesia harus ditingkatkan dan dilestarikan. yang cocok sekali untuk melancarkan pencernaan dalam tubuh terutama kesehatan usus kita. Mengapa demikian.

Tambahkan dengan air sebanyak 600 cc. Konsumsi tertatur dan lain-lain. Masak seperti sup dan konsusmsi secara teratur.Blogiztic akan mengulas cara budidaya tanaman kacang panjang yang benar sebagai berikut. Untuk itu kita sebagai anak Indonesia bangga dan harus melestarikan dalam budidaya tanaman kacang panjang. brokoli. siapkan kacang panjang. Tumis dengan bumbu tertentu hingga matang. siapkan 200 gram kacang panjang. Minum setiap hari secara teratur. Berikut uraian singkat resep pengobatan dengan menggunakan kacang panjang. Saring airnya dan minum setiap hari secara teratur. Manfaat kacang panjang untuk meluruhkan air seni siapkan 150 gram kacang panjang dan juga 30 gram kulit semangka.mengalami kenaikan. Untuk sakit pinggang. Tambahkan dengan 25 gram kencur dan juga 20 gram jahe merah. Bagaimnakah langkah dan panduan dalam berbudidaya tanaman kacang panjang? Mari mulai sekarang pelajari tentang info seputar budidaya tanaman kacang panjang. Sebagai Anti-kanker. Untuk sembelit. siapkan 200 gram kacang panjang. siapkan 200 gram biji kacang panjang. tambahkan dengan buncis. Kemudian rebus hingga air susut menjadi kira-kira 200 cc. tambahkan dengan 100 gram daun ubi jalar dan dimasak sesuai dengan selera Anda. tambahkan dengan 20 gram bawang putih dan gula merah dengan takaran secukupnya. Konsumsi secara teratur. . Untuk pembengkakan. wortel. Rebus dengan 500 cc gingga airnya susut kira-kira 200 cc.

Sehat. petani harus memahami syarat tumbuh tanaman yang satu ini. curah hujan terbaik antara 600 hingga 1. Terakhir adalah ketinggian medium tanam sebaiknya kurang dari 800 meter di atas permukaan laut. Curah hujan juga memegang peranan yang baik. Adapun kriteria bibit layak tanam adalah: 1. siapkan bedengan dengan ukuran lebar kurang lebih 60 sampai 80 cm. Adapun langkah-langkah penyiapan medium tanam sebagai berikut: 1. Kacang panjang. Pemilihan bibit sangat penting sebab akan mempengaruhi kualitas panen petani. Pembibitan.500 mm per tahunnya. Adapun iklim pendukung terbaik adalah antara 20 derajat celsius sampai 30 derajat celsius. Sementara itu kelembaban yang paling sempurna untuk kacang panjang adalah pH 5. sama seperti tanaman lainnya. Selanjutnya. Sayarat Tumbuh Kacang Panjang Sebelum memulai usaha pertanian kacang panjang. tidak memiliki wabah aham maupun penyakit Setelah bibit tersedia. menyukai tanah yang lempung dan berpasir (latosol) serta tentu subur gembur banyak mengandung humus. Tidak memiliki cacat atau rusak 4.5 hingga 6.5. 2. petani sudah bisa memulai budidaya kacang panjang. Penampilannya bernas atau kusam 2. Untuk pertanian kacang panjang. Bisa langsung ditanam pada lubang tanam yang sebelumnya telah disiapkan di medium tanah. Daya kecambahnya cenderung tinggi sekitar 85% 3.B. Langkah pertama yang diperhatikan tentu soal ketersediaan bibit. Kemudian gemburkan tanah dengan cara dicangkul dan dibajak. petani bisa tidak lagi harus menyemaikan bibit kacang panjang terlebih dahulu. Sementara itu jakar antara bedengan yang satu dengan yang lainnya adalah . Penanaman Dan Pemeliharaan Setelah memahami syarat tumbuh dari kacang panjang. Budidaya Kacang Panjang 1. Bersihkan lahan dari gulma seperti rumput liar.

buatlah lubang tanam dengan ukuran 20x50 xm. Sementara untuk kacang tanah tipe tegak. Pemangkasan bisa dilakukan pada bagian daun maupun ujung batang. Setelah lubang tanam siap. bibit kacang panjang siap untuk ditanam. aplikasikanlah pupuk di bedengan.30 cm. Setelah dimasukkan. perlu dilakukan proses penyulaman. Selain itu. Cara menanam kacang panjang adalah dengan memasukkan benih ke dalam lubang tanah. Periode penanaman terbaik adalah di awal musim kemarau atau awal musim penghujan. petani bisa menyiangi rumput di kebun. Langkah ini tidak mutlak jika dirasa tanah cukup subur. bisa saja proses tanam dimulai kapanpun. Setelah bedengan siap. untuk menambah kesuburan lahan tanam. Setelah 3 atau 4 hari dari masa penanaman. ukuran lubang tanamnya adalah 20x40 cm dan 30x60 cm. Setelah proses penanaman. petani bisa melakukan langkah pengapuran pada lahan yakni dengan mencampurkan dolomit sebanyak 1 sampai 2 ton per hektar tanah dengan lahan secara merata pada kedalaman 30 cm. Langkah selanjutnya adalah pemangkasan atau perempelan. langkah selanjutnya adalah proses pemeliharaan. Yakni meneliti satu per satu lubang tanam dan mengganti bibit yang tidak tumbuh dengan bibit baru. Sebaiknya dengan cara manual yakni dengan mencabut rumbut seperti biasa. Adapun tinggi bedengan sebaiknya 30 cm dan panjang bedengan tergantung pada luas lahan yang petani miliki. Apabila dirasa pH tanah lahan kurang baik. 5. 3. Langkah pemeliharaan selanjutnya adalah penyiangan. 4. Tanaman yang terlalu rimbun berpotensi menghambat tumbuhnya bunga dan hal ini jika tidak diantisipasi akan mempengaruhi jumlah panen Anda. Per lubang bisa diisi dengan 2 biji bibit. Namun jika tanah dalam kondisi memadai. . Langkah ini mencakup pemotongan tanaman kacang panjang yang dianggap terlalu rimbun. 40x60 cm dan 30x40 cm (ukuran untuk kacang tanah tipe merambat). tutup kembali lubang dengan tanah. Saat tanaman kacang hijau sudah berumur 2 atau 3 minggu.

5 sampai 4 bulan. tidak lembab dan tidak pula terkenal sinar matahari secara langsung. Namun bisa dikurangi tergantung pada musim. langkah penyiraman dilakukan rutin setiap hari. mozaik. penyakit antraknose. Adapun ciri kacang panjang yang siap panen adalah kacang panjang yang mudah dipatahkan dan biji-biji di dalam polongnya tidak menonjol. ulat grayak. . Sementara itu. langkah pemupukan juga memegang peranan yang sangat penting. Proses ini dilakukan pada fase awal pertumbuhan benih kacang hijau hingga tanaman muda. dan penyakit sapu. waktu panen terbaik adalah pagi dan sore hari di umur tanaman antara 3. Adapun dosis pemupukan makro adalah : 1) Pemupukan dasar meliputi : 50 kg urea dan 75 kg Sp-36 serta 25 kg KCI. 2) Pemupukan tanaman yang berumur 45 hari : 50 kg Urea dan 25 kg Sp-36 serta 75 kg KCI. kacang panjang dikumpulkan dan disortir. Setelah dipanen. Hal lain yang tak kalah penting adalah pengelolaan hama dan juga penyakit. cukup memotong ujung tangkai buah/kacang panjang dengan pisau. peggerek biji. petani tinggal menunggu masa panen yang merupakan titik puncak dalam budidaya kacang panjang. Setelah semua proses dilalui. Ada baiknya kacang panjang langsung dijual di pasaran.Dalam budidaya kacang panjang. Budidaya kacang panjang rentan terusik dengan kehadiran hama dan penyakit seperti lalat kacang. Sebagian petani yang memang fokus pada pertanian organik biasanya akan memakai pupuk kompos. Cara memanen kacang panjang cukup mudah. 1) Pembibitan Benih kacang panjang yang baik dan bermutu unggul sebagai berikut: a) penampilan bernas/kusam b) daya kecambah tinggi di atas 85% c) tidak rusak/cacat d) tidak mengandung wabah hama dan penyakit dengan benih untuk 1 hektar antara 15-20 kg. Proses pemeliharaan selanjutnya adalah pengairan. Tetapi tak sedikit pula petani yang menggunakan pupuk an-organik. Simpan di tempat teduh. Masing-masing hambatan ini bisa ditanggulangi berdasarkan gejala yang terlihat. ulat bunga.

Untuk sistem guludan lebar dasar 30-40 cm dan lebar atas 30-50 cm.Siramkan pupuk POC NASA yang telah dicampur air secara merata di atas bedengan dengan dosis ± 1 botol (500 cc) POC NASA diencerkan dengan air secukupnya untuk setiap 1000 m2(10 botol/ha). tinggi 30 cm. Hasil akan lebih bagus jika menggunakan SUPER NASA. Penyulaman . alternatif 2 : setiap 1 gembor vol 10 lt diberi 1 peres sendok makan Super Nasa untuk menyiram 10 meter bedengan.Waktu tanam yang baik adalah awal musim kemarau/awal musim penghujan.Bersihkan lahan dari semua gulma.2) Pengolahan Media Tanam . tutup dengan tanah tipis/dengan abu dapur.5 jam lalu tiriskan . Kemudian setiap 50 lt air diberi 200 cc larutan induk tadi untuk menyiram bedengan. 30 x 40 cm. Teknik Penanaman . a. panjang tergantung lahan.Benih dimasukkan ke dalam lubang tanam sebanyak 2 biji.Jarak lubang tanam kacang panjang untuk tipe merambat adalah 20 x 50 cm. . jarak antara bedengan 30 cm.Lakukan pengapuran jika pH tanah lebih rendah dari 5.5 dengan dolomit sebanyak 1-2 ton/ha dan campurkan secara merata dengan tanah pada kedalaman 30 cm . 40 x 60 cm. .Benih direndam POC NASA dosis 2 tutup/liter selama 0. tetapi dapat saja sepanjang musim asal air tanahnya memadai . b. cara penggunaannya sebagai berikut: alternatif 1 : 1 botol Super Nasa diencerkan dalam 3 liter air dijadikan larutan induk.Buatlah bedengan dengan ukuran lebar 60-80 cm. Dan jarak tanam tipe tegak adalah 20 x 40 cm dan 30 x 60 cm. tinggi 30 cm dan jarak antara guludan 30-40 cm . dicangkul/dibajak hingga tanah menjadi gembur.

Penyiangan dengan cara mencabut rumput liar(gulma) membersihkan dengan alat kored.Benih kacang panjang akan tumbuh 3-5 hari setelah tanam. tergantung pertumbuhan rumput di kebun maupun ladang. Pengairan Pada fase awal pertumbuhan benih hingga tanaman muda. saat tanaman berbunga tidak dilakukan penyemprotan. penyiraman dilakukan rutin tiap hari. Pupuk diberikan di dalam lubang pupuk yang terletak di kiri-kanan lubang tanam. Penyiangan Penyiangan dapat dilakukan pada waktu tanaman berumur 2-3 minggu setelah tanam. Pemangkasan/Perempelan Kacang panjang yang terlalu rimbun perlu diadakan pemangkasan daun maupun ujung batang. e. karena dapat mengganggu penyerbukan (dapat disiramkan dengan dosis + 2 tutup/10 liter air ). d. dengan cara disemprotkan (4-8 tutup POC NASA/tangki). Pemupukan Catatan : Atau sesuai rekomendasi setempat. g. Pengairan berikutnya tergantung musim. c. Jumlah pupuk yang diberikan untuk satu tanaman tergantung dari jarak tanam POC NASA diberikan 1-2 minggu sekali semenjak tanaman berumur 2 minggu. Kebutuhan total POC NASA untuk pemeliharaan 1-2 botol per 1000 M2 (10-20 botol/ha). Akan lebih bagus jika penggunaan POC NASA ditambahkan HORMONIK Pada (3-4 tutup POC NASA + 1 tutup Hormonik/tangki). f. Jika benih yang tidak tumbuh segeralah disulam. Panen . Tanaman yang terlalu rimbun dapat menghambat pertumbuhan bunga.

.5-4 bulan . polong kacang panjang dikumpulkan di tempat penampungan.Polong kacang panjang diikat dengan bobot maksimal 1 kg dan siap dipasarkan.Selepas panen. mudah dipatahkan dan biji-bijinya di dalam polong tidak menonjol . .Waktu panen yang paling baik pada pagi/sore hari. Umur tanaman siap panen 3.Ciri-ciri polong alias kacang panjang siap dipanen adalah ukuran polong telah maksimal. .Cara panen pada tanaman kacang panjang tipe merambat dengan memotong tangkai buah dengan pisau tajam. Semoga Cara Budidaya Tanaman Kacang Panjang yang Benar bisa dijadikan ingatan dan sebagai penyemangat kita betapa pentingnya Indonesia dalam berbudidaya tanaman kacang panjang. lalu disortasi .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful