hal.

1/43 Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi TK/ RA – Hak Cipta © 2009 BAN-S/M

BADAN AKREDITASI NASIONAL SEKOLAH/MADRASAH
Kompleks Ditjen Mandikdasmen, Depdiknas Gedung F Lantai 2 Jl. RS. Fatmawati, Cipete, Jakarta Selatan 12001 Telepon & Fax (021) 75914887 Email: info@ban-sm.or.id

JAKARTA 2009

INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA DAN INFORMASI PENDUKUNG AKREDITASI TK/RA
Nama TK/RA : _________________________________________________________ Nomor Statistik TK/RA (SSN/M) : _________________________________________________________ Nama Kepala TK/RA : _________________________________________________________ Alamat TK/RA : _________________________________________________________ ________________________________________________________ _ ________________________________________________________ _

I. STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN A. UMUR 4―5 TAHUN 1. Kemampuan merespon hal-hal yang terkait dengan moral dan agama.
No. 1 2 3 4 5 6 7 Jenis respon yang terkait dengan moral dan agama

Mengenal Tuhan melalui agama yang dianutnya. Meniru gerakan beribadah. Mengucapkan doa sebelum dan/atau sesudah melakukan sesuatu. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk. Membiasakan diri berperilaku baik. Mengucapkan salam dan membalas salam.

2. Gerakan motorik kasar yang diajarkan.
hal. 2/43 Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi TK/ RA – Hak Cipta © 2009 BAN-S/M

Mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media 4. No. 1 2 3 Jenis kemampuan mengenal bilangan. warna. Menggunakan benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil) Mengenal gejala sebab-akibat yang terkait dengan dirinya. 3. Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya sendiri. temaram. 3 4 5 Mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk atau warna atau ukuran. dsb.No. Gerakan motorik halus yang dilatihkan. dan pola. hujan. Kemampuan mengenal konsep bilangan. Melakukan gerakan melompat. Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit. meloncat. pesawat terbang. horizontal. dan berlari secara terkoordinasi Melempar sesuatu secara terarah Menangkap sesuatu secara tepat Melakukan gerakan antisipasi Menendang sesuatu secara terarah Memanfaatkan alat permainan di luar kelas. Menjiplak bentuk. ukuran. gelap. Jenis Pengetahuan sains. Mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna. 1 2 3 4 5 6 Kemampuan mengenal konsep bentuk. pensil untuk menulis). No. pohon tertiup angin. dsb). Melakukan gerakan menggantung (bergelayut). miring kiri/kanan. 6. Kesehatan fisik. Melakukan gerakan manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan berbagai media. Mengklasiifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan 2 variasi. dan lingkaran. 3/43 Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi TK/ RA – Hak Cipta © 2009 BAN-S/M . lengkung kiri/kanan. dan huruf. 1 2 3 4 5 6 Jenis motorik halus yang dilatihkan Membuat garis vertikal. 1 2 3 4 5 6 7 8 Jenis gerakan motorik kasar yang diajarkan Menirukan gerakan binatang. Kelompok Umur Jumlah anak Rata-rata tinggi badan (Cm) Rata-rata berat badan (Kg) 5. dan huruf Mengetahui konsep banyak dan sedikit. terang. No. No. hal. Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis. 1 2 Jenis konsep yang dikenal Banyaknya konsep yang dikenal Jenis pengetahuan sains yang dikuasai anak didik Mengenal benda berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong. Membilang banyak benda satu sampai sepuluh Mengenal konsep bilangan. lambang bilangan. lambang bilangan. Mengenal pola AB-AB dan ABC-ABC.

Menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah didengar. baik. 1 2 3 4 5 6 7 8 Perilaku mengendalikan diri Jenis aktivitas Menunjukkan sikap mandiri dalam memilih kegiatan. pelit. 9. 1 2 3 4 5 Kemampuan mengenal keaksaraan Mengenal simbol-simbol. 4/43 Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi TK/ RA – Hak Cipta © 2009 BAN-S/M Jenis respon yang terkait dengan moral dan agama . Mengendalikan perasaan. Menunjukan antusiasme dalam melakukan permainan kompetitif secara positif. Menghargai orang lain.). USIA 5―6 TAHUN 1. Mengenal lambang huruf. dsb. No. Menyatakan alasan terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan. Menjaga diri sendiri dari lingkungannya. No. baik hati. B. menolong. Mengerti dua perintah yang diberikan bersamaan.4 5 6 Mengenal lambang bilangan. pelit. Mengungkapkan perasaan dengan kata sifat (baik. jelek. Meniru huruf. No. dsb. Membuat coretan yang bermakna. Mau berbagi. Kemampuan mengenal keaksaraan. Kemampuan menerima bahasa. Mengenal suara–suara hewan/benda yang ada di sekitarnya. Menjawab pertanyaan sederhana. No. Mengutarakan pendapat kepada orang lain. No. baik hati. Kemampuan mengungkapkan bahasa. 10.). 8. Perilaku anak TK/RA mengendalikan diri dan berinteraksi dengan lingkungan. dan membantu teman. Kemampuan mengenal hal-hal yang terkait dengan moral dan agama. senang. 7. Menyebutkan kata-kata yang dikenal. Memahami cerita yang dibacakan Mengenal perbendaharaan kata mengenai kata sifat (nakal. baik. hal. nakal. Menunjukkan rasa percaya diri. Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan. jelek. berani. 1 2 3 4 5 Jenis kemampuan menerima bahasa Menyimak perkataan orang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya). berani. 1 2 3 4 5 6 7 Kemampuan mengungkapan bahasa Mengulang kalimat sederhana.

Memahami perilaku mulia (jujur. Mengenal ritual dan hari besar agama. dan pola yang dikenal hal. Gerakan motorik halus yang dilatihkan. Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri. Membiasakan diri beribadah. Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari. 1 2 3 4 5 6 Jenis konsep sains sederhana yang dikenal Mengklasifikasi benda berdasarkan fungsi. Mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara detail. 1 2 3 4 5 6 7 Jenis Gerakan motorik halus yang dilakukan anak Menggambar sesuai gagasannya.) Menunjukkan inisiatif dalam memilih tema permainan (seperti: ”ayo kita bermain purapura seperti burung”). Melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan. 4. Konsep bentuk. Menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti: apa yang terjadi ketika air ditumpahkan). Melakukan permainan fisik dengan aturan. Gerakan motorik kasar yang diajarkan. Menggunakan alat tulis dengan benar. warna. Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan. 6. penolong. Kemampuan mengenal konsep bentuk. No. air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah. Menghormati agama orang lain. 3. Menempel gambar dengan tepat. Melakukan koordinasi gerakan kaki-tangan-kepala dalam menirukan tarian atau senam. hormat. No. dsb). Mengenal sebab-akibat tentang lingkungannya (angin bertiup menyebabkan daun bergerak. No. Melakukan kegiatan kebersihan diri. Meniru bentuk. dan pola. Konsep sains sederhana. Menggunting sesuai dengan pola. 1 2 3 4 5 Jenis motorik kasar yang diajarkan Melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan. ukuran. ukuran. Kesehatan fisik. sopan. Kelompok 1 2 3 4 5 6 7 Jumlah anak Rata-rata tinggi badan (Cm) Rata-rata berat badan (Kg) 5. 5/43 Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi TK/ RA – Hak Cipta © 2009 BAN-S/M . Membedakan perilaku baik dan buruk. No. keseimbangan. dan kelincahan. warna. 2.1 2 3 4 5 6 7 Mengenal agama yang dianut.

1 2 3 4 Jenis kemampuan mengenal bilangan. Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama. dan huruf. “kurang dari”. Melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan. 6/43 Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi TK/ RA – Hak Cipta © 2009 BAN-S/M Perilaku mengendalikan diri Jenis aktivitas Bersikap kooperatif dengan teman. 1 2 3 4 5 6 7 Jenis kemampuan mengungkapkan bahasa Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks. Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf. Memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekpresikan ide pada orang lain. serta mengenal simbolsimbol untuk persiapan membaca. Membaca nama sendiri.1 2 3 4 5 6 Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran: “lebih dari”. Mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang-sedih-antusias dsb. No. Kemampuan Keaksaraan. menulis dan berhitung. atau kelompok berpasangan yang lebih dari 2 variasi. 1 2 3 4 5 DST Jenis kemampuan menerima bahasa Mengerti beberapa perintah secara bersamaan. Memahami aturan dalam suatu permainan. Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna. Menunjukkan sikap toleran. dan ukuran (3 variasi) Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis. 1 2 3 hal. Kemampuan mengungkapkan bahasa No. No. Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. No. 1 2 3 4 5 6 7 Jenis kemampuan keaksaran. Menuliskan nama sendiri. Mengenal pola ABCD-ABCD Mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya. Menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal. 10. dan huruf. Menyebutkan lambang bilangan 1-10. Perilaku anak TK/RA mengendalikan diri dan berinteraksi dengan lingkungan. Berkomunikasi secara lisan. Kemampuan mengenal konsep bilangan. dan “paling/ter”.) . Mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya. Kemampuan menerima bahasa. bentuk. lambang bilangan. Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama. 7. lambang bilangan. 9. Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimat-predikatketerangan). 8. Mengenal berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan. memiliki perbendaharaan kata. No. 11. Mengulang kalimat yang lebih kompleks.

II. Kualifikasi: Jumlah dan status guru No. Menunjukkan rasa empati.. Memahami peraturan dan disiplin. pelaksanaan . 1 2 3 4 KKG IGTKI PGRI KKKTK SEMINAR hal..... orang. Jumlah guru yang dimiliki TK/RA dan kualifikasinya. dan intelektual * Diisi dengan tanda ceklis (√) 14. No. 7/43 Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi TK/ RA – Hak Cipta © 2009 BAN-S/M Jenis Kegiatan Tgl. Tingkat pendidikan GT* /PNS L 1 2 3 4 5 6 7 S3/S2 S1 D4 D3/Sarjana muda D2 D1 SMA sederajat Jumlah Keterangan: * ** GT = Guru tetap (bagi TK/RA swasta) GTT = Guru tidak tetap (baik TK/RA negeri atau P GTT** /guru bantu L P Berijazah sesuai bidang TK Ya Tidak Jumlah swasta) 13. Memiliki sikap gigih (tidak mudah menyerah). Menghargai keunggulan orang lain. Bangga terhadap hasil karya sendiri..4 5 6 7 8 9 Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat. Kegiatan guru dalam peningkatan kompetensi paedagogik. Guru TK/RA 12.. Guru TK/RA menguasai aspek-aspek karakteristik peserta didik. No. Tingkat penguasaan *) Baik 1 2 3 4 5 Cukup Kurang fisik moral sosial Cultural emosional. Jumlah guru: .. KOMPONEN STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TK/RA A. Aspek-aspek karakteristik peserta didik yang dikuasai guru..

dan santun dengan peserta didik. No. No. Kemampuan guru dalam mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan. 1 2 3 4 5 6 dst Tema Kegiatan dengan pendekatan Kontektual Tanggal Penyelenggaraan 17. 1 2 3 hal. Guru TK/RA berkomunikasi secara efektif. balok. empatik. Nama Guru OHP 1 2 3 4 5 LCD Tele pon Kom puter Faxi mile Internet 18. 1 2 3 4 5 6 dst Jenis Dokumen Program tahunan Program semester SKM SKH Keterangan Lengkap Tidak lengkap 16. No. No. Kegiatan guru dalam pengembangan peserta didik. 1 2 3 4 5 6 Kegiatan bermain sambil belajar yang dilakukan Membentuk dengan plastisin. Kemampuan guru dalam menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik. Teknologi Informasi dan komunikasi yang dimanfaatkan No. Melipat dengan kertas Menggunting Menempel Meronce manik-manik Tanggal Penyelenggaraan 19. 8/43 Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi TK/ RA – Hak Cipta © 2009 BAN-S/M Jenis komunikasi yang dilakukan .5 6 7 LOKAKARYA PELATIHAN 15. Teknologi Informasi dan komunikasi yang digunakan dan dimanfaatkan guru TK/RA dalam penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik.

Tindakan reflektif yang dilakukan guru TK/RA untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Memanfaatkan hasil penilaian untuk kepentingan pembelajaran. 1 2 3 4 5 Dst. Tanggal Nama guru Jenis pelangaran 24. No.4 5 6 7 8 20. No. 9/43 Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi TK/ RA – Hak Cipta © 2009 BAN-S/M . No. konsultasi dengan psikolog konsultasi dengan ahli gizi perbaikan pemilihan metode pembelajaran dalam Rencana Kegiatan Harian (RKH). 1 Nama Guru Hasil penilaian*) Tahun Baik Cukup Kurang hal. Langkah-langkah yang dilakukan guru TK/RA dalam menyelenggarakan penilaian. Hasil penilaian kinerja. Jenis tindakan rencana perbaikan kualitas pembelajaran Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) yang berbeda antara sebelum dan setelah tindakan Rencana Kegiatan Harian (RKH) yang menggunakan berbagai metode inovasi pembelajaran Waktu pelaksanaan 23. No. 1 2 3 4 5 6 Pemanfaatan hasil penilaian konsultasi dengan orang tua. 1 2 3 4 5 6 Langkah-langkah penyelenggaraan penilaian penilaian harian di RKH penilaian hasil karya anak penilaian semester Portofolio anectdot record Jenis kegiatan 21. baik proses maupun hasil belajar. No. Jenis pelanggaran norma (bila ada). Nama kegiatan 22. 1 2 3 4 5 Dst.

Jenis pelanggaran kode etik yang pernah dilakukan guru. 10/43 Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi TK/ RA – Hak Cipta © 2009 BAN-S/M Tema pembelajaran dengan pendekatan multikultural Tgl. Pembelajaran dengan pendekatan multikultural yang dilakukan guru. No. * Diisi dengan tanda ceklis (√) 25. 1 2 hal. Kematangan emosional guru. No. pelaksanaan . No. 1 Nama Guru Hasil penilaian*) Kematangan pribadi Kemantapan berfikir Stabilitas emosi kedewasaan Kearifan Kewibawaan 2 Kemantapan berfikir Stabilitas emosi kedewasaan Kearifan Kewibawaan Dst. Jenis Laporan yang dibuat guru. 1 2 3 4 Jenis Laporan Semesteran Bulanan Mingguan Harian Kelengkapan* Lengkap Kurang Penyusun * Diisi dengan tanda ceklis (√) 27. No. * Diisi dengan tanda ceklis (√) Baik Cukup Kurang 26. Tanggal Nama guru Jenis pelangaran 28. 1 2 3 4 5 Dst.2 Dst.

pelaksanaan 32. Jenis kegiatan guru di sekitar lingkungan sekolah. Penguasaan guru terhadap standar kompetensi dan kompetensi dasar bidang pengembangan. Nama Tahun Judul PTK yang dilakukan hal. Kegiatan guru dalam pengembangan kompetensi profesional. 1 2 dst Nama Media Tahun pembuatan Nama Guru yang membuat 35. 11/43 Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi TK/ RA – Hak Cipta © 2009 BAN-S/M . No. 1 2 Dst Jenis Rapat Tgl. No. pelaksanaan 31. Kegiatan guru dalam komunitas profesi sendiri dan profesi lain. Rapat-rapat yang dilakukan. 1 2 Dst Nama guru Keikursertaan dalam kegiatan 33. 1 2 3 Pengembangan kompetensi profesional guru secara berkelanjutan. Media/alat peraga hasil kreativitas guru. No. pelaksanaan 30.Dst. No. No. No. 1 2 3 4 5 dst * Diisi dengan tanda ceklis (√) Bidang-Bidang Pengembangan bidang nilai-nilai agama dan moral bidang fisik/motorik bidang kognitif bidang bahasa bidang sosial emosional dan kemandirian Tingkat penguasaan terhadap SK dan KD bidang pengembangan* kurang cukup baik 34. 29. 1 2 Dst Jenis kegiatan Tgl. 1 2 Dst Jenis kegiatan Tgl. No.

Berpenampilan bersih.. dan bijaksana... sehat. C= cukup baik.... 1 hal. No. ceria. 1 2 3 4 dst. 3. No. Perilaku guru pendamping yang sesuai dengan peraturan TK/RA. Sikap dan perilaku guru pendamping yang sesuai dengan kebutuhan psikologi anak.. tenang.. Kualifikasi: Jumlah dan status guru pendamping No. Nama Guru Perilaku yang muncul * 1 2 3 4 5 6 1. Berperilaku sabar. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang dilakukan guru TK/RA untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.4 5 Dst 36... K= Kurang baik). 1 2 3 4 5 6 B. dan rapi. Tingkat pendidikan GT* /PNS L 1 2 3 D2 D1 SMA sederajat Jumlah Keterangan: * ** GT = Guru pendamping tetap (bagi TK/RA swasta) GTT = Guru pendamping tidak tetap (baik TK/RA negeri atau swasta) P GTT** /Guru bantu L P Berijazah sesuai bidang TK Ya Tidak Jumlah Tanggal pemanfaatan 37. Jumlah guru pendamping: . Menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa. Berperilaku sopan santun.. Ket. dan melindungi anak. No. menghargai. Aspek*: (B = baik. Jenis pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi e-mail down-load (mengunduh) chating facebook . 6. 38. ... serta penuh perhatian. arif. responsif dan humoris terhadap perilaku anak. 12/43 Menyayangi anak secara tulus. 2. 4. Nama Guru Perilaku yang muncul * 1 2 3 Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi TK/ RA – Hak Cipta © 2009 BAN-S/M . 39. Memiliki kepekaan. orang. 5. Guru Pendamping TK/RA Jumlah guru pendamping yang dimiliki TK/RA dan kualifikasinya.

Ket. C= cukup baik. K= Kurang baik). 2. Aspek*: (B = baik. Jenis rangsangan Alat yang digunakan 44. 1 2 dst. Pemahaman pertumbuhan dan perkembangan anak. 1 2 Dst Jenis kegiatan Tgl. No. 1. Aspek Perkembangan Tgl. pengasuhan. budaya. 13/43 Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi TK/ RA – Hak Cipta © 2009 BAN-S/M Bentuk/jenis kerjasama . Ket. Berperilaku jujur. Bertanggungjawab terhadap tugas. No. 3. Budi pekerti luhur guru pendamping. hal. No. hukum. dan perlindungan yang dilakukan oleh guru pendamping. Kerja sama guru pendamping dengan orangtua. Aspek*: (B = baik. dan jender. 40. Bersikap sesuai dengan norma agama yang dianut. Berperilaku sebagai teladan. 41. Menghargai peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut. Pengembangan kompetensi profesional guru pendamping. Mengembangkan sikap anak didik untuk menghargai agama dan budaya lain. No. pelaksanaan 42. C= cukup baik. 1 2 3 4 dst. 3. dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat. 1 2 dst. No. Nama Guru Budi pekerti yang muncul * 1 2 3 1. K= Kurang baik). 2. Pemberian rangsangan pendidikan.2 dst. 1 2 dst. suku. pemantauan 1 2 3 4 43.

No. 1 2 3 Kualifikasi akademik dan kompetensi Pada waktu diangkat sebagai kepala sekolah berusia setinggi-tingginya 56 tahun Memiliki pengalaman mengajar sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun di TK/RA Memiliki pangkat serendah-rendahnya III/c bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan bagi non-PNS disetarakan dengan kepangkatan yang dikeluarkan Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi TK/ RA – Hak Cipta © 2009 BAN-S/M Kualifikasi Akademik yang dimiliki Kesesuaian Persyaratan * Ya Tidak Jenis dokumen (bukti fisik) hal. C. 1 Persyaratan yang dimiliki Kepala TK/RA. No. Pelaksanaan pengasuhan yang dilakukan oleh guru pendamping. Jenis Laporan Kelengkapan *) Lengkap Tidak 1 2 dst. 1 2 dst. 14/43 . Penilain pengasuhan yang telah dilaksanakan guru Dokumen (bukti fisik) 48. 1 2 dst. Jenis kegiatan Tgl. No. Kemampuan guru pendamping dalam beradaptasi dengan lingkungan TK/RA. Perencanaan program pengasuhan yang disusun guru pendamping. * Diisi dengan tanda ceklis (√) 47. Jenis komunikasi program pembelajaran kepada orangtua Tgl. No. Kepala TK/RA 50. Pelaksanaan 1 2 dst. Jenis Program Kelengkapan *) Lengkap Tidak 1 2 dst. pelaksanaan 49. Kegiatan guru pendamping dalam mengkomunikasikan program pembelajaran kepada orangtua. Kualifikasi akademik minimum yang dimiliki kepala TK/RA No. * Diisi dengan tanda ceklis (√) 46. No. No. Pelaksanaan penilaian pengasuhan yang dilakukan oleh guru pendamping.45.

. Kualifikasi akademik: Jumlah dan status karyawan No. 1 2 Dst. 1 2 Dst.. dan evaluasi yang dilakukan oleh Kepala TK/RA. Kegiatan sosial yang dilakukan oleh Kepala TK/RA.. Kompetensi manajerial yang dimiliki Kepala TK/RA. monitoring.. D. Jumlah tenaga administrasi: . No. 1 2 Dst. Kompetensi kewirausahaan yang dimiliki Kepala TK/RA. 1 2 Dst.. Jenis pengembangan diri Waktu pelaksanaan 52.. No.. No. No. P Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi TK/ RA – Hak Cipta © 2009 BAN-S/M . Tenaga Administrasi Jenis kegiatan sosial Waktu pelaksanaan 56. Jenis supervisi.oleh yayasan atau lembaga yang berwenang 4 5 Berstatus sebagai guru TK/RA Memiliki sertifikat guru sebagai guru TK/RA * Diisi dengan tanda ceklis (√) 51. Tingkat pendidikan KT /PNS* L 1 2 3 D2 D1 SMA sederajat Jumlah Keterangan: * KT = Karyawan tetap (bagi TK/RA swasta) hal. 15/43 Berijazah KTT** L P Ya Tidak Aplikasi komputer dan pembukuan Ya Tidak Ket. Keterangan: * (isi dengan “√” yang sesuai) Jenis pengembangan lembaga Waktu pelaksanaan 53.. dan evaluasi Waktu pelaksanaan 55. Kompetensi kepribadian yang dimiliki Kepala TK/RA. monitoring. No. orang. Jenis kegiatan produksi/jasa TK/RA sebagai sumber belajar peserta didik Waktu pelaksanaan 54. 1 2 Dst.. Kegiatan supervisi.

Peserta didik. 1 2 dst. III. No. 1 2 dst. hal. STANDAR ISI. Program kegiatan yang direncanakan 59. No. Kelompok 1 2 dst. Aspek *: (B = baik. 1 2 dst.** KTT = Karyawan tidak tetap (baik TK/RA negeri atau swasta) 57. Kompetensi tenaga administrasi TK/RA. PROSES. No. 1 2 3 dst. Kelas/rombel Jumlah siswa Jumlah guru 63. Pelaksanaan Struktur Program Kegiatan secara terpadu dengan pendekatan tematik. 16/43 Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi TK/ RA – Hak Cipta © 2009 BAN-S/M . Ket. DAN PENILAIAN A. Standar Proses Kegiatan Tanggal/bulan 64. Kalender pendidikan. No. Jumlah menit/ pertemuan Jumlah hari efektif dalam satu minggu Jumlah minggu dalam satu semester 62. Jenis Program Tempat Waktu Pelaksanaan 61. Standar Isi Jenis kompetensi yang dikuasai Hasil penilaian* 1 2 3 58. C= cukup baik. Struktur program TK/RA. Rencana pembelajaran. No. Lingkup pengembangan yang dijabarkan dalam Struktur Program Kegiatan. 1 2 dst. B. K= Kurang baik). Alokasi waktu.. No. 1 2 dst Lingkup Pengembangan Dokumen 60.

17/43 Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi TK/ RA – Hak Cipta © 2009 BAN-S/M . No. No. Mengorganisasikan perencanaan pembelajaran. Penerapan prinsip-prinsip pembelajaran. Kegiatan pengorganisasian perencanaan pembelajaran Manfaat 67. No. 1 2 3 Dst. Prinsip pembelajaran yang digunakan Tujuan 66. Jenis kegiatan pembelajaran Metode yang digunakan hal. Kegiatan pembelajaran di dalam dan di luar ruangan. No. 1 2 Dst. kesehatan. No. Melakukan penataan lingkungan bermain. No. 1 2 3 4 dst. 1 2 dst. Jenis penataan Tempat 68. 1 2 dst. Pemanfaatan lingkungan. Pembelajaran yang menyenangkan. Jenis kegiatan Tempat pelaksanaan 71. dan sesuai dengan fungsi stimulasi yang telah direncanakan. 1 2 dst. Jenis APE Jumlah Kondisi 69. Jenis APE yang memanfaatkan lingkungan Jumlah Kondisi 70. No. APE yang memenuhi standar keamanan.Bulan Jumlah RKH Jumlah RKM Rata-rata 65.

18/43 Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi TK/ RA – Hak Cipta © 2009 BAN-S/M Proses penilaian Berkala Intensif Bermakna Menyeluruh Berkelanjutan Dilaksanakan* Ya Tidak Jenis dokumen (bukti fisik) .1 2 dst. No. dan pendidikan. 1 2 dst. 1 2 dst. No. 1 2 dst. 1 2 3 pengasuhan pendidikan Jenis data status kesehatan Jenis dokumen (bukti fisik) 77. Standar Penilaian 74. No. Teknik penilaian. bermakna. Kegiatan Waktu pelaksanaan C. Kegiatan yang Diorganisasikan Tujuan 73. bahasa. 72. Keterlibatan orangtua. sosial emosional dan kemandirian Jenis dokumen (bukti fisik) 76. kognitif. Pelaksanaan penilaian dilakukan secara berkala. pengasuhan. intensif. Lingkup penilaian seluruh tingkat pencapaian perkembangan peserta didik. No. 1 2 3 4 5 hal. Teknik penilaian yang digunakan Jenis dokumen (bukti fisik) 75. 1 2 3 4 5 Lingkup penilaian nilai-nilai agama dan moral perkembangan fisik. Mengorganisasikan kegiatan. No. TK/RA melakukan penilaian mencakup data tentang status kesehatan. menyeluruh. dan berkelanjutan No.

1 2 dst. Kegiatan yang dilakukan Dokumen 80. Aspek yang dimonitor Jenis dokumen 82. Dilaksanakan* Ya Tidak Jenis dokumen (bukti fisik) Keterangan: * (isi dengan “√” yang sesuai) 83. No. No. No. Melaporkan kemajuan anak kepada orangtua. Mengelola hasil penilaian dengan melaporkan kepada orang tua/keluarga peserta didik. 19/43 Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi TK/ RA – Hak Cipta © 2009 BAN-S/M . Hal yang dilaporkan Jenis dokumen 84.Keterangan: * (isi dengan “√” yang sesuai) 78. 1 2 dst. 1 2 dst. Pengamatan pada saat anak beraktivitas selama di TK/RA. Menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kompetensi diri (guru dan guru pendamping). Nama kegiatan Waktu/ tanggal pelaksanaan 81. 1 2 dst. 1 2 Jenis Kegiatan Waktu pelaksanakan Jenis dokumen (bukti fisik) hal. 1 2 dst. Secara berkala mengkaji ulang catatan perkembangan anak termasuk kebutuhan khusus anak. Memonitor semua aspek tingkat pencapaian perkembangan anak. Komunikasi dengan orangtua. 1 2 Kegiatan Membuat kesimpulan dan laporan kemajuan anak. No. No. Aktivitas yang diamati Jenis dokumen (bukti fisik) 79. No. Membuat kesimpulan dan laporan kemajuan anak. No.

No. No. STANDAR SARANA DAN PRASARANA. Kegiatan tindak lanjut penilaian Waktu pelaksanakan Jenis dokumen (bukti fisik) 86. Tindak lanjut hasil penilaian untuk memperbaiki program. 85. Merujuk anak yang memiliki keterlambatan perkembangan pada ahlinya melalui orang tua. Pertemuan dengan orangtua/keluarga. 20/43 Nama APE yang memenuhi prinsip-prinsip APE Jumlah Kondisi Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi TK/ RA – Hak Cipta © 2009 BAN-S/M . Kegiatan pertemuan Waktu pertemuan 87. A. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 hal. 1 2 3 4 dst. No. No. PENGELOLAAN. No. 1 2 3 4 dst.dst. DAN PEMBIAYAAN Standar Sarana dan Prasarana APE yang memenuhi prinsip-prinsip APE 88. 1 2 3 4 dst. Program pelayanan untuk anak yang memiliki kebutuhan khusus. Jenis program layanan Dokemen (bukti fisik) Jenis kegiatan Waktu kegiatan IV. 1 2 3 dst.

89. Jml. No 1 2 3 4 5 6 7 dst.dst. Nama ruang Luas (m2 ) Kondisi 91. APE yang dimiliki. 93. Luas lahan. 1 2 3 4 5 6 7 Fasilitas sarana dan prasarana Jumlah Kondisi dst. No. Peralatan pendukung dan penunjang keaksaraan. No 1 2 3 Letak lahan Luas lahan (m2 ) Bukti kepemilikan 90. Buatan guru Buatan siswa Buatan pabrik 92. No. No 1 2 3 5 6 7 8 9 10 11 Dst. Kepemilikan ruangan. Sarana dan prasarana yang dimiliki di dalam dan di luar ruangan. Nama peralatan Jumlah Kondisi hal. 21/43 Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi TK/ RA – Hak Cipta © 2009 BAN-S/M .

Pengelolaan sumber belajar/media hal. 97. Keterlibatan dalam penyusunan visi. Misi TK/RA No. misi. B. Standar Pengelolaan Visi TK/RA No. Pelaksanaan pengelolaan administrasi kegiatan. dan tujuan. 22/43 Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi TK/ RA – Hak Cipta © 2009 BAN-S/M . No.1 2 3 4 5 6 7 dst. Jenis data 98. Visi yang tertulis 94. Tujuan TK/RA yang tertulis 96. 1 2 3 4 5 6 Pihak-pihak yang terlibat dst. Misi yang tertulis 95. Tujuan TK/RA No. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 dst. No.

Kegiatan Dokumen bukti fisik 100. Biaya operasional pemeliharaan dan perawatan sarpras No. 1 2 3 4 dst C. No.No. 1 2 3 2) Biaya pengembangan guru dan tenaga kependidikan. 23/43 Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi TK/ RA – Hak Cipta © 2009 BAN-S/M Alokasi anggaran kegiatan Gaji guru dan tenaga kependidikan serta tunjangan yang melekat Bahan atau peralatan pendidikan habis pakai Biaya operasi pendidikan tidak langsung Jumlah (dalam rupiah) . 1 2 3 dst. 1 2 3 3) Modal kerja tetap No. Pengawasan dan Evaluasi No. Biaya investasia No. Jenis pengelolaan sumber media 99. Standar Pembiayaan. 1 2 3 4 5 6 dst. 1 2 3 Alokasi anggaran Jumlah (dalam rupiah) Jenis kegiatan pengembangan Jumlah (dalam rupiah) Alokasi anggaran Jumlah (dalam rupiah) Jumlah (dalam rupiah) 1) 101. No. hal. 1 2 3 Alokasi anggaran Sarana dan prasarana Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Modal kerja tetap Anggaran untuk sarana dan prasaran selama satu tahun terakhir.

** Gaji pokok Insentif Transport Tunjangan 2) 102. No. rupiah 200. 24/43 lainnya Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi TK/ RA – Hak Cipta © 2009 BAN-S/M . Tata usaha (TU). ** Hanya untuk PNS Bahan dan peralatan habis pakai dan biaya operasi pendidikan tidak Langsung No.. 2. rupiah PENDAPATAN 1 Anggaran pemerintah APBN APBD Provinsi APBD Kabupaten/Kota Sumber anggaran pemerintah 2 Dana masyarakat Biaya pendidikan siswa (SPP) Biaya pendaftaran Sumbangan orangtua siswa Sumber dana masyarakat lainnya 3 Donasi Yayasan Hibah (block grant) Sumber donasi lainnya 4 Pendapatan lain Penjualan hasil produksi Sumber pendapatan lainnya TOTAL PENDAPATAN PENGELUARAN 1 Langsung pada TK/RA.. Kurun waktu 200. 103.1) Biaya untuk guru dan tenaga kependidikan pada tahun berjalan (dalam rupiah).. Biaya personal (diisi pada nomor 104) Sumber biaya dan pengeluaran.. rupiah 200.. 1 2 3 4 5 Jumlah total Keterangan: * Jabatan diisi dengan: 1... Tenaga kebersihan (TB)... 1 2 3 Alokasi anggaran Jumlah (dalam rupiah) Nama Jabatan* Gol. Gaji dan tunjangan guru Gaji dan tunjangan tenaga kependidikan hal.

Program kegiatan Penanggungjawab Pengawas program hal. 1 2 3 dst. Investasi untuk program TK/RA. 25/43 Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi TK/ RA – Hak Cipta © 2009 BAN-S/M . Lainnya 3 Pengeluaran lain TOTAL PENGELUARAN 104. Pengawasan dan Pertanggungjawaban No.Biaya pengembangan guru dan tenaga kependidikan Kegiatan pembelajaran 2 Tidak langsung pada TK/RA.