P. 1
Resiko Tinggi Pada Kehamilan

Resiko Tinggi Pada Kehamilan

|Views: 39|Likes:
Published by Ochabianconeri
Obgyn
Obgyn

More info:

Published by: Ochabianconeri on Jul 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/05/2014

pdf

text

original

RESIKO TINGGI PADA KEHAMILAN

:

Thread Tools

Search this Thread

#1 Kehamilan Resiko Tinggi - Thread Not Solved Yet Kehamilan Resiko Tinggi DEFINISI Kehamilan Resiko Tinggi adalah suatu kehamilan yang memiliki resiko lebih besar dari biasanya (baik bagi ibu maupun bayinya), akan terjadinya penyakit atau kematian sebelum maupun sesudah persalinan. Untuk menentukan suatu kehamilan resiko tinggi, dilakukan penilaian terhadap wanita hamil untuk menentukan apakah dia memiliki keadaan atau ciri-ciri yang menyebabkan dia ataupun janinnya lebih rentan terhadap penyakit atau kematian (keadaan atau ciri tersebut disebut faktor resiko). Faktor resiko bisa memberikan suatu angka yang sesuai dengan beratnya resiko.

FAKTOR RESIKO SEBELUM KEHAMILAN Sebelum hamil, seorang wanita bisa memiliki suatu keadaan yang menyebabkan meningkatnya resiko selama kehamilan. Selain itu, jika seorang wanita mengalami masalah pada kehamilan yang lalu, maka resikonya untuk mengalami hal yang sama pada kehamilan yang akan datang adalah lebih besar. Karakteristik ibu Usia wanita mempengaruhi resiko kehamilan. Anak perempuan berusia 15 tahun atau kurang lebih rentan terhadap terjadinya pre-eklamsi (suatu keadaan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, protein dalam air kemih dan penimbunan cairan selama kehamilan) dan eklamsi (kejang akibat pre-eklamsi). Mereka juga lebih mungkin melahirkan bayi dengan berat badan rendah atau bayi kurang gizi. Wanita yang berusia 35 tahun atau lebih, lebih rentan terhadap tekanan darah tinggi, diabetes atau fibroid di dalam rahim serta lebih rentan terhadap gangguan persalinan. Diatas usia 35 tahun, resiko memiliki bayi dengan kelainan kromosom (misalnya sindroma Down) semakin meningkat. Pada wanita hamil yang berusia diatas 35 tahun bisa dilakukan pemeriksaan cairan ketuban (amniosentesis) untuk menilai kromosom janin.

Seorang wanita yang memiliki tinggi badan kurang dari 1. memiliki resiko yang lebih tinggi untuk melahirkan bayi prematur pada kehamilan berikutnya.Penyakit ginjal atau pembuluh darah menahun . kecil untuk masa kehamilan). Pemeriksaan kadar gula darah dilakuka pada wanita hamil ketika memasuki usia kehamilan 20-28 minggu. maka resiko terjadinya keguguran atau resiko kematian ibu maupun bayinya meningkat. Jika kenaikan berat badan selama kehamilan kurang dari 7. wanita tersebut juga memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami persalinan prematur dan melahirkan bayi yang sangat kecil. Jika seorang wanita pernah melahirkan bayi dengan berat badan lebih dari 5 kg. memiliki resiko sebesar 35% unuk mengalami keguguran lagi. lebih mungkin memiliki panggul yang sempit. mungkin dia menderita diabetes. Seorang wanita yang pernah melahirkan bayi prematur.5 kg.Penyakit jaringan ikat pada ibu (misalnya lupus).5 meter. maka dilakukan tindakan pengobatan.kelainan kromosom atau hormon .penyakit jaringan ikat (misalnya lupus) . Obesitas juga menyebabkan meningkatnya resiko terjadinya diabetes dan tekanan darah tinggi selama kehamilan.kelainan struktur rahim atau leher rahim . lebih mungkin melahirkan bayi yang lebih kecil dari usia kehamilan (KMK.Seorang wanita yang pada saat tidak hamil memiliki berat badan kurang dari 50 kg.reksi kekebalan pada janin (biasanya ketidaksesuaian Rh).Kelainan kromosom pada bayi .5 kg. sebaiknya seorang wanita yang pernah mengalami keguguran menjalani pemeriksaan untuk: . lebih mungkin mengalami: . seorang wanita gemuk lebih mungkin melahirkan bayi besar. Keguguran juga lebih mungkin terjadi pada wanita yang pernah melahirkan bayi yang sudah meninggal pada usia kehamilan 4-8 minggu atau pernah melahirkan bayi prematur. Sebaliknya. Kematian di dalam kandungan atau kematian bayi baru lahir bisa terjadi akibat: . Peristiwa pada kehamilan yang lalu Seorang wanita yang 3 kali berturut-turut mengalami keguguran pada trimester pertama. Seorang wanita yang pernah melahirkan bayi dengan berat badan kurang dari 1.Penyalahgunaan obat .Diabetes . Jika penyebab terjadinya keguguran diketahui. maka resikonya meningkat sampai 30%. Jika selama kehamilan seorang wanita menderita diabetes. Sebelum mencoba hamil lagi.Tekanan darah tinggi . Seorang wanita yang telah mengalami kehamilan sebanyak 6 kali atau lebih. memiliki resiko sebesar 50% untuk melahirkan bayi prematur pada kehamilan berikutnya. Selain itu.

Keadaan kesehatan Keadaan kesehatan tertentu pada wanita hamil bisa membahayakan ibu dan bayi yang dikandungnya. Seorang wanita yang pernah mengalami pre-eklamsi atau eklamsi.gangguan selama persalinan .kelahiran prematur .perdarahan setelah persalinan (karena otot rahimnya lemah) . Fibroid (tumor jinak) di dalam rahim bisa meningkatkan resiko terjadinya: . Karena itu. Jika seorang wanita pernah melahirkan bayi yang menderita penyakit hemolitik.kelainan letak plasenta . Untuk mengetahui adanya kelainan struktur. Kelainan struktur Kelainan struktur pada organ reproduksi wanita (misalnya rahim ganda atau leher rahim yang lemah) bisa meningkatkan resiko terjadinya keguguran. biasanya pada ibu yang memiliki Rhnegatif diberikan immunoglobulin Rh-nol-D. maka peluang anak-anaknya untuk memiliki Rh-positif adalah sebesar 50%. dilakukan pemeriksaan darah pada ibu dan ayah.kontraksi yang lemah pada saat persalinan (karena otot rahimnya lemah) . jika ayah hanya memiliki 1 gen untuk Rh-positif. biasanya sebelum merencanakan kehamilan berikutnya. Biasanya pada kehamilan pertama. USG atau rontgen.keguguran berulang. resiko penyakit hemolitik akan ditemukan pada kehamilan berikutnya. terutama jika diluar kehamilan dia menderita tekanan darah tinggi menahun. Akibatnya. bisa dilakukan pembedahan diagnostik.. Tetapi setelah melahirkan bayi dengan Rh-positif. tetapi kontak antara darah ibu dan bayi pada persalinan menyebabkan tubuh ibu membentuk antibodi. Penyakit ini terjadi jika darah ibu memiliki Rh-negatif. penyakit hemolitik pada bayi jarang terjadi. .kelainan letak janin . Jika ayah memiliki 2 gen untuk Rh-positif. darah janin memiliki Rh-positif dan ibu membentuk antibodi untuk menyerang darah janin. kemungkinan akan mengalaminya lagi pada kehamilan berikutnya. maka bayi berikutnya memiliki resiko menderita penyakit yang sama. Jika seorang wanita pernah melahirkan bayi dengan kelainan genetik atau cacat bawaan. antibodi ini menyebabkan kerusakan pada sel darah merah janin. yang akan menghancurkan antibodi Rh. maka semua anaknya akan memiliki Rh-positif. Pada kasus seperti ini. perbedaan Rh antara ibu dengan bayinya tidak menimbulkan masalah. dilakukan analisa genetik pada bayi dan kedua orangtuanya. yang bisa menyebabkan meningkatnya resiko perdarahan vagina yang berat .plasenta previa (plasenta letak rendah).persalinan yang cepat.

Hepatitis virus . Dia mungkin terpapar oleh teratogen (bahan yang bisa menyebabkan cacat bawaan). Riwayat keluarga Riwayat adanya keterbelakangan mental atau penyakit keturunan lainnya di keluarga ibu atau ayah menyebabkan meningkatnya kemungkinan terjadinya kelainan tersebut pada bayi yang dikandung.Cacar air (varisela) .Kelainan pembekuan darah. Kecenderungan memiliki anak kembar juga sifatnya diturunkan.Tetracyclin .Gondongan .Influenza .Obat-obat yang kerjanya melawan asam folat (misalnya triamteren atau trimethoprim) . .Warfarin.Talidomide .Penyakit ginjal .Diabetes .Penyakit tiroid .Herpes simpleks . FAKTOR RESIKO SELAMA KEHAMILAN Seorang wanita hamil dengan resiko rendah bisa mengalami suatu perubahan yang menyebabkan bertambahnya resiko yang dimilikinya.Lupus .Phenitoin . bahan kimia tertentu. atau dia bias mengalami kelainan medis atau komplikasi yang berhubungan dengan kehamilan. Infeksi yang bisa menyebabkan cacat bawaan adalah: .Campak Jerman (rubella) .Toksoplasmosis .Sifilis .Tekanan darah tinggi menahun . Obat-obatan atau infeksi Obat-obatan yang diketahui bisa menyebabkan cacat bawaan jika diminum selama hamil adalah: .Lithium . obat-obatan dan infeksi. seperti radiasi.Keadaan kesehatan yang sangat penting adalah: .Listeriosis .Penyakit jantung yang berat .Streptomycin .Infeksi oleh virus coxsackie atau sitomegalovirus.Alkohol .Penyakit sel sabit .

Merokok selama hamil juga bisa menyebabkan meningkatnya resiko terjadinya sindroma kematian bayi mendadak. Resiko terjadinya keguguran pada wanita hamil yang mengkonsumsi alkohol adalah 2 kali lipat. alkohol juga bisa menyebabkan keguguran dan gangguan perilaku yang berat pada bayi maupun anak yang sedang tumbuh (misalnya perilaku antisosial dan kurang memperhatikan).Endokarditis . marijuana.Abses kulit . yang kemungkinan disebabkan oleh pertumbuhan otak yang dibawah normal .Merokok berbahaya bagi ibu dan janin yang dikandungnya. Suatu pemeriksaan laboratorium yang sensitif dan tidak memerlukan biaya besar. Sindroma alkohol pada janin merupakan salah satu akibat utama dari pemakaian alkohol selama hamil. Mengkonsumsi Alkohol selama hamil bisa menyebabkan cacat bawaan. metadon atau fenotiazin pada wanita hamil. kokain. Wanita yang menggunakan obat suntik memiliki resiko tinggi terhadap: .kelainan perkembangan perilaku. anak-anak yang dilahirkan oleh ibu perokok bisa mengalami kekurangan yang sifatnya ringan dalam hal pertumbuhan fisik.Anemia .Bakteremia . yaitu rata-rata 2 kg.infeksi rahim.Hepatitis . Efek ini diduga disebabkan oleh karbon monoksida (yang menyebabkan berkurangnya pasokan oksigen ke jaringan tubuh) dan nikotin (yang merangsang pelepasan hormon yang menyebabkan pengkerutan pembuluh darah yang menuju ke plasenta dan rahim).keterbelakangan pertumbuhan sebelum atau sesudah lahir . Cacat bawaan pada jantung.kelainan wajah . Selain itu. kodein. Selain itu. yaitu kromatografi. terutama jika wanita tersebut adalah peminum berat.mikrosefalus (ukuran kepala lebih kecil). tetapi hanya sekitar 20% wanita yang berhenti merokok selama hamil. otak dan wajah lebih sering ditemikan pada bayi yang ibunya merokok. morfin. barbiturat. wanita hamil yang merokok juga lebih rentan mengalami: . perkembangan intelektual dan perilaku.Flebitis . Seorang wanita hamil yang tidak merokok sebaiknya menghindari asap rokok dari orang lain karena bisa memberikan efek yang sama terhadap janinnya. Efek yang paling sering terjadi akibat merokok selama hamil adalah berat badan bayi yang rendah.persalinan prematur . Selain itu.komplikasi plasenta .ketubah pecah sebelum waktunya . Sindroma alkohol pada janin seringkali menyebabkan keterbelakangan mental. Berat badan bayi yang dilahirkan berada di bawah normal. Sindroma ini ditandai dengan: . bisa digunakan untuk mengetahui pemakaian heroin. amfetamin.

bertindak sebagai obat bius lokal dan menyebabkan pengkerutan pembuluh darah. diberikan antibiotik. 31% dari wanita pemakai kokain mengalami persalinan prematur. Pemeriksaan air kemih untuk mengatahui adanya kokain biasanya dilakukan jika: . Untuk mencegah terjadinya hal tersebut. Jika seorang wanita hamil pernah menderita infeksi kandung kemih. Kokain merangsang sistem saraf pusat. ibunya adalah pemakai obat suntik atau pramuria. Penyakit yang menyebabkan demam (suhu lebih tinggi dari 39. Pembuluh darah yang mengkerut bisa menyebabkan berkurangnya aliran darah sehingga kadang janin tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Jika pemakaian kokain dihentikan setelah trimester pertama. Bayi-bayi tersebut juga memiliki resiko menderita penyakit menular seksual lainnya. Komplikasi kehamilan 1. Tekanan darah tinggi di akhir kehamilan bisa merupakan ancaman serius terhadap ibu dan bayinya dan harus segera diobati. Pertumbuhan mereka di dalam rahim kemungkinan mengalami kemunduran dan mereka bisa lahir prematur.terjadi perdarahan akibat pelepasan plasenta sebelum waktunya .seorang wanita hamil tiba-tiba menderita tekanan darah tinggi yang berat .4� Celsius) pada trimester pertama menyebabkan meningkatnya kemungkinan terjadinya keguguran dan kelainan sistem saraf pada bayi.Tetanus . hepatitis dan infeksi.terjadi kematian dalam kandungan yang sebabnya tidak diketahui. segera diberikan antibiotik untuk mencegah infeksi ginjal yang bisa menyebabkan persalinan prematur dan ketuban pecah sebelum waktunya. maka dilakukan pemeriksaan air kemih pada awal kehamilan. Demam pada trimester terakhir menyebabkan meningkatnya kemungkinan terjadinya persalinan prematur. maka resiko persalinan prematur dan pelepasan plasenta sebelum waktunya tetap meningkat.Pneumonia . Inkompatibilitas Rh . Sekitar 75% bayi yang menderita AIDS. Infeksi vagina oleh bakteri selama hamil juga bisa menyebabkan persalinan prematur dan ketuban pecah sebelum waktunya. 19% melahirkan bayi yang pertumbuhannya terhambat dan 15% mengalami pelepasan plasenta sebelum waktunya. Keadaan kesehatan Tekanan darah tinggi pada wanita hamil bisa disebabkan oleh kehamilan atau keadaan lain.Penyakit menular seksual (termasuk AIDS). tetapi pertumbuhan janinnya normal. Berkurangnya aliran darah dan oksigen bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan berbagai organ dan biasanya menyebabkan cacat kerangka serta penyempitan sebagian usus. Jika ditemukan bakteri..

yang akan menghancurkan antibodi Rh.bayi dengan cacat bawaan (misalnya penyumbatan kerongkongan atau kelainan sistem saraf). 4. ayah memiliki Rh-positif. janin memiliki Rh-positif dan tubuh ibu membuat antibodi untuk melawan darah janin. Pada saat ini dan pada kehamilan 28 minggu.inkompatibilitas Rh . Jika seorang ibu hamil memiliki Rh-negatif. yang bisa menyebabkan penyakit hemolitik pada bayi baru lahir.dalam waktu 72 jam setelah melahirkan bayi dengan Rh-positif. Resiko pembentukan antibodi ini meningkat pada keadaan berikut: . perdarahan hebat dan kematian ibu pada saat persalinan. Perdarahan Penyebab perdarahan paling sering pada trimester ketiga adalah: . maka dilakukan pemeriksaan antibodi terhadap janin setiap 2 bulan. Penyakit hemolitik bisa terjadi jika ibu memiliki Rh-negatif.kehamilan ganda .Kelainan letak plasenta .ibu memiliki kelainan struktur pada rahim atau leher rahim .bayi yang meninggal di dalam kandungan.stress fisik atau mental . pengamatan leher rahim dan Pap smear. Untuk menentukan penyebab terjadinya perdarahan bisa dilakukan pemeriksaan USG.perdarahan .bayi yang memiliki cacat bawaan pada saluran kemih . Hal ini bisa menyebabkan gangguan pernafasan yang berat pada ibu atau terjadinya persalinan prematur.Pelepasan plasenta sebelum waktunya . Persalinan prematur Persalinan prematur lebih mungkin terjadi pada keadaan berikut: . Yang paling sering terjadi adalah inkompatibilitas Rh.ibu yang menderita diabetes yang tidak terkontrol . Perdarahan pada trimester ketiga memiliki resiko terjadinya kematian bayi. diberikan imunoglobulin Rh-nol-D kepada ibu. Air ketuban yang terlalu sedikit ditemukan pada: .Ibu dan janin yang dikandungnya bisa memiliki jenis darah yang tidak sesuai. Kelainan pada cairan ketuban Air ketuban yang terlalu banyak akan menyebabkan peregangan rahim dan menekan diafragma ibu.bayi yang mengalami hambatan pertumbuhan . 2.setelah pemeriksaan amniosentesis .Penyakit pada vagina atau leher rahim (misalnya infeksi). 3.setelah terjadinya perdarahan dimana darah ibu dan darah janin bercampur . Air ketuban yang terlalu banyak cenerung terjadi pada: .

plasenta terlepas dari rahim sebelum waktunya ..kehamilan ganda .ibu menderita tekanan darah tinggi . 6.air ketuban terlalu banyak .bayi berada dalam posisi sungsang . Kehamilan lewat waktu Pada kehamilan yang terus berlanjut sampai lebih dari 42 minggu.75 kg atau kurang # Kecil untuk masa kehamilan adalah bayi yang berat badannya lebih kecil jika dibandingkan dengan usia kehamilan # Bayi yang pertumbuhannya terhambat adalah bayi yang pertumbuhannya (berat dan tinggi badan) di dalam rahim terhambat.ibu pernah menjalani pembedahan rahim. Persalinan prematur seringkali terjadi jika: . Kehamilan ganda Kehamilan lebih dari 1 janin juga bisa menyebabkan meningkatnya kemungkinan terjadinya cacat bawaan dan kelainan pada saat persalinan. 5. # Bayi kecil Bayi prematur adalah bayi yang lahir sebelum usia kehamilan mencapai 37 minggu # Bayi lahir dengan berat badan rendah adalah bayi yang pada saat dilahirkan memiliki berat badan 2. kemungkinan terjadinya kematian bayi adalah 3 kali lebih besar.ibu menderita pneumonia. . infeksi ginjal atau apendisitis.

RESIKO TINGGI PADA PERSALINAN : PEMBIMBING : ERFANDI Pada dasarnya dengan semakin berkembangnya ilmu dan pengetahuan maka semakin maju pula tingkat pendidikan masyarakat indonesia. fasilitas pelayanan kesehatan dapat dijangkau dengan mudah. tenaga tekhnis/kesehatan yang terbatas.Tapi masalah keseehatan tingkat bawah atau pedesaan menjadi kendala tersendiri bagi berjalannya program – program pemerintah dalam bidang kesehatan.( Ubaydillah. Juga harus adanya pendidikaan kesehatan tentang kebersihan.karena menurut beberapa penelitian kejadian kematian ibu dan anak baik pada saat kehamilan dan persalinan meningkat. emosional ibu belum stabil dan ibu mudah tegang. adanya rasa penolakan secara emosional ketika sang ibu mengandung bayinya.Banyaknya keinginan daripada masyarakat untuk memperoleh informasi tentang bagaimana cara untuk memperoleh suatu kesehatan secara maksimal. misal kebiasaan hidup yang kurang sehat.Dikarenakan kurangnya informasi tentang perawatan kesehatan pada masa – masa itu menyebabkan persalinan resiko tinggi. Kehamilan usia dini memuat resikop yang tidak kalah berat. Dengan didukung sarana dan prasarana yang tersedia pemerintah berusaha sebisa mungkin untuk memberikan pelayanan tersebut. Ditandai dengan rasa kurang nyaman di daerah pinggul. seperti : -Infeksi saluran kemih Yang seringg umum didapati dalam saat kehamilan adalah di saluran kemih dan ginjal. Kalaupun untuk daerah tingkat atas atau perkotaan.konsumsi rokok minuman keras dan obat – obatan. Persalinan resiko tinggi dapat diakibatkan oleh beberapa faktor.Baik karena fasilitasyang kurang memadai. Dimulai dari sarana dan prasaranayang terbatas hingga tenaga kesehatan yang terbatas dansumber daya yang perlu adanya peningkatan menjadi polemik yang belum terpecahkan.Terutama masalah yang tertuju pada Kesehatan ibu dan anak. Hal ini sangat rawan sekali. Beasr kemungkinman dikarenakan kurnagnya menjaga kebersihan diri dan kamar mandi.Terutama dalam bidang kesehatan yang banyak memberikan tuntutan dalam keprofesionalan pelayanan. 2000). Juga dapat disebabkan adanya penyakit – penyakit saat kehamilan.Namun pada kenyataannya justru hal inilah yang manjadi kendala dalam pelaksanaannya.semisal tetracycline. Ada juga golongan obat – obatan yang dapat merusak pembentukan janin. Dalam pengamatan terakhir menunjukkan bahwa perokok – perokok kelas berat cenderung mempunyai bayi – bayi yang lebih kecil dikarenakan adanya reaksi kimia dalam tembakau dengan janin dalam kandungan. demam. dan fakto ralam yang kurang mendukung. Pasalnya. -Anemia . anus terasa seperti terbakar. Sementara kecacatan kelahiran bisa muncul akibat ketegangan pada saat berada dalam kandungan. Dengan cara ini bakteri dapat dicegah agar tidak langsung menuju kandung kemih . misal setelah buang air besar lebih baik membersihkan anus dengan gerakan dari depan ke belakang.

Yaitu penyakit hypertensi/peninggkatan tekanan darah pada waktu hamil tanpa kejang (pre-eklamsia) atau denngan kejang (eklampsia). membentuk sel darah merah janin.Prematur dan berat badan bayi rendah Kelahiran bayi belum cuukup usia.tanda – tanda lain adalah bertambahnya beratbadan yang berlebihan. dan indikasi lainnya yang dimaksudkan untuk menyelamatkan nyawa sang ibu dan bayi. e.kurang dri 37 minggu.Biasanya dikarenakan kurangnya pengetahuan akan pentingnya zat gizi pada saat kehamilan.Pecahnya ketuban sebelum waktunya Selaput pembungkus bayi atau orang awam menyebutnya ari – ari akan pecah sebelum waktu bersalin. yangg menyebabkan kepala bayi tidak bisa turun pada saat lahir sehingga terhalang dan tidak bisa keluar. Diawali dengan tekanan darah sistole >160 mmhg dan diastole >110 mmHg.dapat menyebabkan berat lahir bayi rendah. b.Bayi sungsang Bayi lahir dengan bagian kepala dan bokong terlebih dahulu. Karena zat besi yang terkandung dalam gizi makanan digunakan untuk meningkatkan jumlah sel darah merah ibu. Dikarenakan oleh banyak kasus. seperti : a.Dengan berat badan yang kurang dari 2. karena pada persalinan normal wajah bayi akan keluar terlebjh dahulu. eklampsia( ditakutkan bila lahir lewat jalan normal akan meningkatkan kerjka jantungdan memperburuk keadaan). . Hal ini dipengaruhi oleh kurangnya gizi saat hamil. sedang angka yang disebabkan olehbayi prematur sangatlah tinggi. c.500 gram.Hal lain yang dapat terjadi karena prematur adalah berat bayi lahir yang rendah.kandungan protein dalam air seni tinggi. Keracunan Kehamilan Keracuunan kehamilan dalam bentuk pre-eklampsia dan eklampsia. d. Karena belum maksimalnya perkembanganorgan – organ vital bayi dalam menjalankan tugasnya di luar kandungaan. usia ibu hamil kurang dari 20 tahun.maka akan lahir bayi prematur. bayi sungsang.Akan tetapi bila ketuban pecah sebelum waktunya maka akan memaksa janin keluar senelum usia kehamilan yang matang atau > 9bulan. Namun pada dasarnya persalinan resiko tinggi dapat disebabkan cara persalinan yang abnormal.Panggul sempit Dikarenakan adanya ukuran panggul yang sempit >24cm.Operasi Sesar Dilakukan dengan indikasi panggul sempit.sekitar 24 – 48 jam sebelum persalinan dan usia kehamilan menginjak sekitar 9 bulan lebih.

F. ibu belum boleh keluar dari kamar bersalin dan masih dalam pengawasan. Tetapi nantinya bisa sembuh sendiri bila ibu bisa beradaptasi dengan situasi nyatanya. • Infeksi masa nifas Masa nifas berupa darah yang keluar adalah proses pembersihan rahim dari sel sel sisa . Jakarta. 1995. Bandung. selama 2 jam pertama setelah bersalin. maka harus segera diberi tranfusi darah. Untuk mengatasinya dianjurkan untuk tidur cukup dan tidak dibebani bermacam macam fikiran. Bagian Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Bandung C. Ini ditandai dengan munculnya tekanan darah tinggi. Geisler. Philadelphia. Mary. apalagi bela sudah sejak masa kehamilan kekurangan darah terjadi. dan ingin menangis tanpa sebab yang jelas. tetapi jika mengalami perdarahan post partum. Itulah makanya. sedih. Terutama di dua jam pertama yang kemungkinannya sangat tinggi. Kalau hanya gejala atau tanda tandanya saja dikatakan preeklampsia. Jika kondisinya tidak membahayakan maka cukup dengan obat obatan penambah darah. dan beraktivitas seprti senam nifas. EGC —–. jalan pagi . dengan menilai tensi darah dan nadinya. Nursing Care Plans and Documentation. Moorhause. Lippincot Company Doengoes. JB.DAFTAR PUSTAKA Carpenito. Lynda Juall. Obstetric Patologi. Tingkatannya pun bermacam macam. Marlyn E. • Depresi masa nifas Gejalanya adalah gelisah. Masa nifas merupakan masa yang rawan karena ada beberapa resiko yang mungkin terjadi . Dikatakan eklampsia bila sudah terjadi kejang. Ada pula postpartum yang terjadi di hari kedua tau ketiga. itulah mengapa ibu perlu dirawat selama 2 hari untuk memntau ada tidaknya perdarahan. perdarahan nifas juga bisa berlangsung lebih lama dari 40 hari. dan bila diperiksa di laboratorium urinya terlihat mengandung protein. • Perdarahan postpartum Perdarahan ini bisa terjadi segera begitu ibu melahirkan. 2000. • Eklamsia dan preeklampsia. meyepu rumah dan lainnya sehingga sirkulasi darah menjadi baik. Alice. oedema atau pembengkakan pada tugkai. Rencana Asuhan Keperawatan. Gejalanya sama. diantaranya : • Anemia Risiko ini terjadi bila ibu mengalami perdarahan yang banyak. RESIKO TINGGI PADA NIFAS Sebaliknya. Biasanya orang menyebutnya keracunan kehamilan.1984. Keadaan ini jelas harus di sikapi secara hati hati.

gejalanya demam tinggi dan nifasnya berbau busuk.jaringan darah. jika nekat melakukan hubungan seksual. Oleh sebab itu dimasa ini belum boleh melakukan hubungan seksual. lokosit dan lainnya. Juga mulut rahim belum menutup dengan sempurna. seperti kita ketahui bahwa ekor sperma yang larinya cepat bisa membawa masuk darah kotor ini. Meski infeksi ini jarang berakibat fatal namun bahayanya jika terjadi komplikasi yang lain. Dan bisa mengakibatkan infeksi.com/medicine-and-health/epidemiology-public-health/2252396resiko-yang-mungkin-terjadi-di/#ixzz1kop3tEwt . Sumber: http://id.shvoong.

namun beberapa bayi dapat mengalami keadaan-keadaan yang membutuhkan pemeriksaan. Hubungi dokter anak Anda jika bayi Anda menunjukkan tanda-tanda infeksi: • Malas minum • Kesulitan bernapas • Lemah. 2009 Sebagian besar bayi baru lahir dilahirkan dalam kondisi sehat. Tanda yang diperhatikan Infeksi pada bayi baru lahir bisa memberikan gejala yang serupa. virus dan parasit.D. Sistem kekebalan tubuhnya belum terbentuk sempurna untuk melawan bakteri. tidak aktif • Suhu tubuh meningkat atau menurun • Ruam kulit yang tidak biasa atau perubahan warna kulit • Tangisan yang menetap • Rewel yang tidak biasa Perubahan perilaku bayi yang bermakna seperti mendadak terus tidur atau tidak tidur sama sekali dapat menjadi indikasi ada sesuatu yang salah. Bayi baru lahir rentan terhadap beberapa penyakit daripada anak atau orang dewasa. . RESIKO PADA BBL Cetak Halaman Ini Infeksi Bayi Baru Lahir By Admin2 on June 18.

kuning. suhu tubuh rendah atau tidak stabil. lemah. Jika hal ini dicurigai maka dokter akan melakukan pungsi lumbal (mengambil cairan dari saraf pusat). Penyakit karena Streptokokus grup B (GBS) Apakah itu? Streptokokus grup B adalah bakteri yang umum dapat menyebabkan berbagai infeksi pada bayi baru lahir.coli di tubuhnya dan bayi dapat terinfeksi dalam proses kelahiran saat bayi melewati jalan lahir atau kontak dengan bakteri tersebut di rumah sakit atau rumah. Untuk memastikan apakah bayi Anda sehat sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda. Saat penyakit semakin berat ubun-ubun bayi dapat membonjol. melalui jarum yang ditusukkan di tulang belakang. sementara karena virus akan mendapat antivirus. Bayi baru lahir dapat memperolehnya selama proses kelahiran atau lingkungannya.coli memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum matang sehingga mereka rentan untuk sakit. pucat. Bayi dengan meningitis karena jamur atau bakteri akan mendapat antibiotik. terutama meningitis karena bakteri adalah infeksi yang serius pada bayi baru lahir. Bagaimana mendiagnosis dan mengobati? Dokter akan mendiagnosis infeksi E. Infeksi karena GBS diobati dengan antibiotik dan perawatan di rumah sakit. Setiap orang membawa E. muntah atau diare.coli) adalah bakteri lain sebagai penyebab infeksi pada bayi baru lahir dan dapat mengakibatkan infeksi saluran kemih. tidak responsif. Infeksi E. jamur dan bakteri. malas menyusu. malas minum. Semua bayi dengan meningitis akan dirawat di rumah sakit dan mendapat pemantauan intensif.Coli Apakah itu? Escherichia coli (E. terutama jika bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah sehingga membuat mereka lebih rentan terinfeksi. Gejala yang umum adalah demam. kemerahan di kulit. rewel. Sepsis Apakah itu? .coli.coli dengan kultur darah. urin dan jika perlu cairan saraf pusat (lumbar puncture). Pengobatan meningitis tergantung penyebabnya. Sama seperti infeksi bakteri lainnya. Gejala infeksi pada bayi baru lahir tidak spesifik dan dapat berupa menangis terus-menerus. Bagaiman diagnosis dan pengobatan? Meningitis. Dapat disebabkan oleh virus. banyak perempuan hamil membawa bakteri ini dalam rektum atau vagina. gangguan pernapasan. gejala akan tergantung dari tipe infeksi yang muncul dari infeksi E. pneumonia dan meningitis. meningitis dan pneumonia. kultur urin atau cairan saraf pusat dan mengobati infeksi dengan antibiotik Meningitis Apakah itu? Meningitis adalah peradangan selaput yang membungkus otak dan susunan saraf pusat.Tanda-tanda ini menjadi perhatian jika bayi berusia kurang dari 2 bulan. Bayi umumnya mendapat bakteri dari ibu selama proses kelahiran. Ibu dapat mentransmisikan bakteri ini kepada bayi mereka jika mereka tidak diobati dengan antibiotik. Bayi baru lahir yang menjadi sakit karena infeksi E. rewel. sepsis. tidur lebih lama. yaitu sepsis. Bagaimana mendiagnosis dan mengobati? Untuk mendiagnosis GBS dokter akan melakukan tes darah dan mengambil kultur darah.

Candidiasis Apakah candidiasis itu? Pertumbuhan berlebihan dari jamur candida. cacar air. jamur yang ditemukan pada tubuh setiap orang. Infeksi ini dapat diobati dengan obat antijamur. Bagaimana candidiasis didiagnosis dan diobati? Dokter akan mengambil apusan dari salah satu bercak di mulut dan memeriksanya di mikroskop untuk mencari tanda-tanda jamur. kuning. Infeksi ini sangat mudah menular sehingga dokter akan menyarankan agar anak lain mengurangi kontak dengan bayi yang mengalami konjungtivitis. gangguan pernapasan. Bagaimana sepsis didiagnosa dan ditatalaksana? Untuk mendiagnosis atau menyingkirkan kemungkinan sepsis maka dokter akan melakukan pemeriksaan darah dan cairan saraf pusat dan cairan tubuh lainnya untuk mencari bakteri atau mikroba lainnya. Bagaimana diagnosis dan tatalaksananya? Pemeriksaan fisik dan laboratorium pada sekret atau cairan dari mata akan membantu dokter menentukan penyebab infeksi. baik selama kehamilan atau proses persalinan. Bila diagnosis sepsis sudah ditegakkan maka anak akan mendapat antibiotik selama perawatan di rumah sakit. Infeksi congenital termasuk HIV (yang menyebabkan AIDS). suhu tubuh yang tidak stabil. Jika konjungtivitis yang terjadi berat maka perawatan di rumah sakit mungkin diperlukan. Seperti meningitis. Karena bayi lahir dengan infeksi tersebut maka disebut infeksi bawaan (infeksi kongenital). parasit atau bakteri. langit-langit. yang memberikan gejala mata merah dan pembengkakan di mata dan umumnya disertai adanya cairan/sekret dari mata. Sepsis dapat disebabkan oleh virus. Umumnya disebabkan virus dan parasit. dapat mengakibatkan infeksi kandidiasis. Antibiotik salap atau tetes mata dapat digunakan untuk mengobati konjungtivitis pada bayi baru lahir. dapat juga berupa sariawan (oral thrush) di mulut dan tenggorokan.Sepsis adalah infeksi berat yang melibatkan penyebaran mikroba keseluruh tubuh dan jaringan. Infeksi kongenital/bawaan (congenital infection) Apakah infeksi bawaan? Banyak infeksi yang mengenai bayi baru lahir ditularkan dari ibu ke bayi. Konjungtivitis Apakah konjungtivitis itu? Beberapa bayi baru lahir mengalami peradangan dari selaput bola mata (konjungtiva) yang dikenal dengan konjungtivitis. Pada sebagian besar keadaan. herpes. bibir dan pipi bagian dalam. Pemeriksaan antara sepsis dan meningitis tidak berbeda. Beberapa dari penyebab infeksi ini didapat saat proses kelahiran atau dari lingkungan. tidak responsif atau rewel yang luar biasa dapat menjadi tanda infeksi. Gejala seperti denyut jantung yang rendah. Pada bayi baru lahir umumnya berupa ruam popok (diaper rash). gejala sepsis juga tidak spesifik dan bervariasi antara anak satu dengan lainnya. Infeksi ini menyebabkan luka di sudut mulut dan bercak putih di lidah. Bakteri dan virus dapat menjadi penyebab konjungtivitis pada bayi baru lahir. sifilis. toksoplasmosis. dan cytomegalovirus (CMV). kesulitan minum/makan. pemeriksaan ini tidak perlu dan pengobatan dapat dimulai berdasarkan penampilan dari bentuk kelainan di mulut saja. . rubella. Bayi baru lahir seringkali mendapat jamur ini dari vagina ibu dalam proses kelahiran.

gangguan penglihatan. Tatalaksana dapat berupa antivirus atau antibiotik dan perawatan intensif selama bayi di rumah sakit. Diagnosis yang tepat. atau abortus.Jika ibu terinfeksi selama kehamilan maka bayi berisiko terinfeksi. Organ dan tubuh bayi sedang mengalami perkembangan yang pesat maka setiap gangguan pada proses tumbuh kembang dapat menggangu pertumbuhan. perkembangan. kejang. setelah menggunakan toilet dan setelah kontak dengan cairan dan kotoran tubuh) • Hubungan seksual yang aman untuk mencegah penyakit menular seksual. Komplikasi dari infeksi bayi baru lahir Infeksi pada bayi baru lahir yang tidak ditatalaksana dengan tepat dapat mengakibatkan akibat yang serius. Infeksi kongenital membutuhkan pengawasan akan efek yang muncul seiring pertumbuhan bayi. Infeksi setelah usia 3 bulan kehamilan dapat menyebabkan gangguan pada bayi yang tidak seberat saat infeksi saat 3 bulan pertama tetapi tetap dapat mengakibatkan gangguan pada tumbuh kembang bayi. Dengan sistem kekebalan tubuh yang belum matang maka bayi belum siap menghadapi infeksi terutama bayi prematur atau bayi dengan gangguan kekebalan tubuh. Seperti rubela dan toksoplasma. Jika ibu terinfeksi pada 3 bulan pertama maka dapat menyebabkan kelainan jantung. pernapasan. sensorik. gangguan saraf. ketulian. Dokter juga memberikan antibiotik salap/tetes untuk mencegah konjungtivitis akibat kuman gonorea. kuning. pengobatan dan pemantauan yang optimal dapat memberikan kemungkinan terbaik bagi bayi untuk melewati masa infeksi. pembesaran organ perut dan suara bising jantung (murmur) Bagaimana infeksi kongenital didiagnosis dan ditatalaksana? Jika infeksi kongenital dicurigai maka dokter akan melakukan tes darah dan kultur darah dan cairan tubuh lainnya dari bayi dan dari ibu bila diperlukan untuk menegakkan diagnosis. gangguan pada mata. mencuci tangan (sebelum. setelah menyiapkan makanan. Dapatkah infeksi pada bayi baru lahir dicegah? Perempuan dapat melindungi dirinya dan calon bayinya dengan : • Imunisasi terhadap rubela dan cacar air sebelum hamil • Mencuci dan memasak makanan dengan baik. . Dokter dapat menyarankan pemeriksaan apusan vagina untuk menentukan apakah seorang perempuan pembawa kuman GBS. Beberapa tanda infeksi kongenital termasuk : lingkar kepala besar atau kecil. kerusakan otak. risiko terbesar bayi tertular bila ibu terinfeksi pada 3 bulan pertama kehamilan. ukuran badan kecil. Risiko penularan infeksi pada bayi juga tergantung usia kehamilan ibu saat terinfeksi mikroba. Namun tidak semua bayi yang lahir dari ibu yang mengalami infeksi tersebut akan mendapat/tertular infeksi tersebut. ruam pada kulit.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->