BAB I PENDAHULUAN

A. Latar belakang Dampak dari kerusakan lingkungan hidup akan mengakibatkan suatu perubahan sifat dan unsur-unsur lingkungan . hak ini mengakibatkan peran dan unsur-unsur lingkungan . hal ini mengakibatkan peran dan arti pentin lingkungan hidup menjadi terganggu . bahkan tidak berfungsi lagi. Bahasa ini berkaitan dengan bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup yang disebabkan oleh banyak hal antaran lain seperti : gempa bumi, angin topan, banjir, tanah longsor, gunung meletus dan pencemaran.

B. Rumusan masalah Berdasarkan latar belakang diatas, masalah dapat dirumuskan seperti berikut ini : 1. Penyebab kerusakan lingkungan ? 2. Bagaimana dampak dari kerusakan lingkungan ? 3. Bagaimana dampak dari kerusakan lingkungan ?

C. Tujuan penelitian Sesuai dengan rumus masalah diatas, tujuan yang dicapai dalam penelitian sebagai berikut : 1. Mendiskripsikan apa saja penyebab kerusakan lingkungan 2. Mendiskripsikan dampak dari kerusakan lingkungan

3. Mendiskripsikan cara pencegahan D. Manfaat penelitian Penelitian ini mempunyai manfaat sebagai berikut : 1. Bagi kita semua agar lebih memperdulikan lingkungan sekitar kita, karena mahluk hidup saling bergantung dengan baik sangat berpengaruh fositif dalam kelangsungan hidup mahluk hidup 2. Bagi penelitian , penelitian ini

Angin topan Angin juga dapat menjadi bahaya apabila kecepatan melebihi 30 km / jam . banjir. angin topan. merupakan sentukan asli dari bumi yang bersumberdi dalam bumi. Kerusakan lingkungan akibat angin topan anata lain sebagai berikut : a. gelombang radio dan televisi . d. tanah longsong. Rusaknya fasilitas-fasilitas umum (gedung-gedung. getaran yang melambat melalui permukaan bumi yang disebabkan oleh kegiatan pabrik. gunung meletus dan pencemaran 1. Gempa bumi dapat mengakibatkan terjadinya gerakan-gerakan perubahan yang tetap pada lapisan-lapisan tanah dan batuan 2. jembatan jalan raya dan pemukiman c. Gempa bumi. Jebolanya tanggul (dam) sehingga terjadi banjir b. Gempa bumi di laut menghasilkan rusaknya areal pertanian dan perkebunan. melambat melalui permukaan dan menembus bumi . angin yang sangat berbahaya adalah angin topan . Tetapi alam juga mempunyai keterbatasan. Dipengaruhi lingkungan tetapi juga dapat merubah lingkungan hidup kerusakan lingkungan dapat terjadi atas 2 faktor yakni faktor alami dan buatan seperti contohna gempa bumi. lalu lintas dan pukulanpukulan tidak dapa digolongkan kedalam empa walaupun getaran-getaran ini tercatat oleh alat-alat gempa yang halus. Munculnya gangguan sistem komunikasi. bentuk kerusakan akibat lingkungan akibat gempa bumi. antara lain sebagai berikut : a.BAB II PEMBAHASAN Bentuk-bentuk dari penyebaba kerusakan lingkungan hidup Seperti yang kita ketahui alam menyediakan segalanya bagi kebutuhan hidup manusia. biasanya angin ini menuju kesuatu pusat yg tekanan udaranya jauh lebih kecil dari tekanan udara sekitarnya.

Tanah longsor Tanah longsor adalah suatu bentuk erosi yang pengangkutan pemindahan tanahnya terjadi pada suat saatnya dalam volumenya yang lebih besar. Terputusnya jalan raya. Rusaknya rumah dan gedung-gedung c. Kondisi angin atau cuaca yang tidak stabil sangat membahayakan penerbangan dan lain-lain 3. bahkan ada yang roboh c. Rusaknya permukiman penduduk dan lain sebagainya 5. Terjadinya peningkatan suu didaerah sekitar tanah b. Gunung api meletus Tanda-tanda gunung api akan meletus antara lain sebagai berikut: a. Umumny tanah longsor terdapat tebing atau lereng-lereng gunung. tiang telphon dan pemukiman penduduk d. sungai dan jembatan d. Terputusnya sarana dan prasarana umum. Danau menjadi dangkal dan tanggul menjadi jebol f. Turunnya bintang-binatang dari puncak ke daerah kaki gunung . Robohnya pohon-pohon . sungai dan jembatan c. Tanah langsung dapat menimbulkan kerusakan sumber daya lingkungan hidup antara lain: a. Rusaknya rumah-rumah yang kurang kuat. Sering terjadi gempa (vulkanik) d.b. perkebunan dan perternakan 4. jembatan tanggal. Rusaknya jalan raya. Sumber-sumber air banyak yang kering c. Banjir Banjir adalah suatu proses melimpahnya air sungai dan menggenangi daerah melebihi batas tertentu serta menimbulkan kerugian. misalnya jalan raya. perbukitan dan pantai yang curam dalam bentuk keruntuhan tanah. Rusaknya area pertanian. jarinan telpon. tiang listrik. Rusaknya areal pertanian dan perkebunan e. Sering terdengar suara gemuruh e. listrik dan lain-lain b. bangunan rumah tembok dan gedunggedung rusak atapnya. a. Terputusnya jaringan listrik dan instalasi air minum b.

Bertebarannya debu-debu gunung api yg dapat menghalangi radiasi matahari serta membahayakan penerbangan udara c.-kerusakanya lingkungan yang terjadi akibat gunung api yang meletus adalah sebagai berikut : a. Pencemaran Pencemaran adalah peristiwa berubahnya keadaa alam (udara. Rusaknya lahan pertanian dan area pemukiman akibat banjir. lahar panas dan lahan dingin d. hewan dan tumbuhan b. Keringnya sumber-sumber air h. Terbakarnya hutan atau tumbuhan g. Timbulnya banyak korban manusia. air. tanah) karena ada unsur-unsur baru atau meningkatnya sejumllah unsur-unsur tertentu pencemaran lingkungan (populasi) merupakan petunjuk bahwa lingkungan kehidupan itu telah mengalami kerusakan Kerusakan ini disebabkan karena manusia melakukan lingkungan melebih batas keseimbangan ekosistem sehingga terjadi ketidakseimbangan dan ketidakseragaman ekosistem Hal semacam itu akan mengakibatkan rusaknya salah satu komponen ekosistem dalam lingkungan tersebut sehingga keseluruhan hidup menjadi rusak . Rusaknya semua material akibat lahar dingin f. Rusaknya area pertanian dan daerah pemukiman penduduk srta bangunanbangunan lainya akibat lahar dingin e. Rusaknya lingkungan sebagai akibat gempa bui vulkanik 6.

tanah longsor.** seperti gempa bumi. serta tidak membuang limbah pabrik di sungai. menggunduli hutan secara liar. Jadi untuk menjaga lingkungan agar tidak terjadi kerusakan jagalah dan cintailah lingkungan hidup kita dengan cara tidak embuang ssampah sembarangan.BAB III KESIMPULAN Jadi kerusakan lingkugan akan mengakibatkan perubahan sifat dan unsur-unsur lingkungan dimana bentuk-bentuk kerusakan tersebut meletus dan pencemaran. gunung .

1989. 2002. Yogyakarta : Gadjah Mada Universary Press Bale. 1994 Ilmu Indonesia dan Dunia. Mapping and Practical Skills.DAFTAR PUSTAKA Atlas Indonesia dan semesta Dunia. 1989. Canbirra : Geographical Association of Western Australia Bale. Jakarta : Balai Pustaka . Djenin. Prihandito Aryono. Diktat Kartografi. Djambatan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.