RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran : Fisika Satuan Pendidikan : SMA Kelas/ Semester : X/I Bahasan : Kinematika Alokasi Waktu : 20 jam (@ 45 menit)

A. Standar Kompetensi 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik.

B. Kompetensi Dasar 2.1 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan. 2.2 Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan

C. Indikator. 1. Menganalisa besaran fisika pada gerak dengan kelajuan tetap. 2. Menganalisa besaran fisika pada gerak dengan percepatan tetap. 3. Menganalisa grafik gerak dengan kelajuan tetap. 4. Menganalisa grafik dari gerak dengan percepatan tetap. 5. Menganalisa besaran pada gerak vertical. 6. Menganalisa besaran pada gerak melingkar dengan kelajuan tetap. 7. Menerapkan prisip hubungan dua roda dalamkehidupan sehari-hari. 8. Menganalisa hubungan antara gerak melingkar dan gerak lurus dalam bentuk persamaan.

10. 8. Merumuskan hubungan antara perubahan kecepatan dengan waktu tempuh dan menggunakan untuk penyelesaian permasalahan. perpindahan dan kecepatan pada gerak jatuh bebas. 14. Merumuskan ubungan antara perpindahan sudut dan perpindahan linier dan menggunakan dalam penyelasian permasalahan. . 7. merumuskan persamaan gerak st=vot + ½ at2 dan menggunakan dalam pemecahan permasalahan. 12. Materi Pelajaran Gerak Lurus Beraturan. Melalui diskusi siswa dapat: 5. 11. Memformulasikan percepatan sentripetal dan menggunakannya dalam penyelesaian permasalahan. Merumuskan hubungan antara perpindahan. Menggambar grafik v-t dari suatu gerak benda dan menginterprestasikannya. 13. Menggambar grafik s-t dan menginterprestasikannya. perpindahan dan kecepatan. Melalui kegiatan eksperimen siswa dapat: 1. Menetukan waktu tempuh. Merumuskan percepatan tangensial dan menggunakannya dalam penyelesaian permasalahan. 9. Mendefinisikan pengertian percepatan. merumuskan hubungan antara periode dengan sudut tempuh dan menggunakannya dalam penyelesaian permasalahan. 6. merumuskan persamaan gerak Xt=At2+Bt+C dan menggunakan dalam penyelesaian permasalahan. 3.D. E. waktu tempuh untuk menyelesaikan permasalahan. 4. Mendefinisikan pengertian posisi. Tujuan. 2. Merumuskan hubungan antara dua kecepatan pada dua roda yang saling dihubungkan.

F. Gerak Melingkar Beraturan.bagaimana cara menggunakan ticker timer untuk mengukur kelajuan gerak benda. Apersepsi dengan pertanyaan: Beri lima macam contoh gerak suatu benda? d. b. Metode : diskusi. 1. . Memotivasi dengan pertanyaan: Kapan sebuah benda dikatakan bergerak? c. Kegiatan Inti a. Fisika Bilingual SMA Kelas X (Irama Widya) Pertemuan 1 (2 jam) Tahapan Orientasi a. Physics Insights O Level 2nd Edition (Loo Wan Yong and Loo Kwok Wai) 3. Pendekatan : cooperative learning 2. Menyampaikan tujuan belajar secara garis besar. Menggambarkan hubungan antar besaran dalam gerak dengan grafik melalui suatu percobaan. Kelas dibagi dalam 8 kelompok.Gerak Lurus Berubah Beaturan. (60 menit) b. Physics Module Grade X bilingual ( Bambang Hartono) 2. ceramah dan eksperimen G. Sumber belajar 1. Pendekatan dan Metode Belajar. Pendahuluan Kegiatan (20 menit) Memberi salam dan mengecek kehadiran siswa. Setiap kelompok mendiskusikan: .

. Kelas dibagi menjadi 8 kelompok masing-masing 4 siswa. Penutup (10 menit) b. Latihan soal Menggambar grafik dengan data fiktif yang dikembangkan guru. .c. papan luncur dan ticker timer siswa melakukan pecobaan untuk:. Pendahuluan Akivitas (20 menit) Memberi salam dan mengecek kehadiran siswa. . menyampaikan tugas rumah: .menginterprestasikan grafik.merumuskan percepatan suatu benda dari grafik v-t. . c. Appercepsi dengan pertanyaan: Berbagai bentuk hubungan antara dua besaran? d. Kegiatan Inti a.menggambar grafik s-t dan menentukan kelajuannya.menentukan kelajuan dari grafik s-t. Memotivasi dengan pertanyaan: Apakah kelebihan informasi dalam bentuk grafik disbanding dengan teks? c. Disediakan kereta troli. Disediakan berbagai grafik v-t dari gerak benda siswa mendiskusikan . Menginterprestasikan grafik.merumuskan kelajuan gerak benda dari grafik grafik s-t. a. . (60 menit) b.menggambar grafik v-t graph dan menentukan percepatan.menentukan hubungan antara perpindahan dan waktu tempuh dalam GLB. Menyampaikan tujuan belajar secara garis besar. d. b. membuat rangkuman tentang perumusan kecepatan. Doa Pertemuan 2 (2 jam) Tahapan Orientasi a. .

Appercepsi dengan pertanyaan: Siswa telah memahami konsep persamaan kuadrat? d. Memotivasi dengan pertanyaan: Sebutkan besaran-besaran yang terdapat pada gerak benda c.cara menentukan v . Pendahuluan Aktivitas (20 menit) Memberi salam dan mengecek kehadiran siswa.Menentkan a dari grafik v-t a. . (60 menit) b.cara Menentukan a c. Kelas dibagi menjadi 8 kelompok masing-masing 4 siswa. c. Kegiatan Inti a.menentukan s dari grafik v-t. b. Penutup (10 menit) b. melakukan review tentang cara menetukan s dari grafik v-t. Menyampaikan tujuan belajar secara garis besar.menentkan s dari grafik v-t .cara menentukan s .mempelajari konsep kecepatan sesaat.tentang: . Menyelesaiakn berbagai permasalahan gerak dengan menggunakan persamaan gerak. Setiap siswa mendiskusikan: .menentukan v dari grafik v-t . Doa Pertemuan 3 (2 jam) Tahapan Orientasi a. Siswa latihan soal tentang: . menyampaikan tugas rumah: .

.. d. . jarak tempuh dan perpindahan dalam GLB.definisi percepatan. c. Setiap kelompok diskusi tentang: . Memotivasi dengan pertanyaan: Termasuk gerak apakah benda yang jatuh secara bebas? c. a.perumusan persamaan s=vot+ ½ at2 dari grafik v-t.menentukan s dari grafik v-t.menetukan salah satu besaran pada persamaan s=vot+ ½ at2 . . . Appercepsi dengan pertanyaan: Siswa memahami persamaan st=vot+ ½ at2 and vt2=vo2+as .rumusan tentang kecepatan sesaat dan kecepatan rerata. Penutup (10 menit) b. c.hubungan antara jarak tempuh dengan daerah di bawah kurva pada grafik v-t. Tugas rumuah: . Menekankan peghafalan rumus s=vot+ ½ at2 and vt2=vo2+2as.definisi posisi.menentukan s dari persamaan and vt2=vo2+2as. Doa Pertemuan 4 (2 jam) Tahapan Orientasi a. . .mempelajari tentang gerak jatuh bebas. b.menetukan satu besaran dari persamaan vt2=vo2+2as.perumusan vt2=vo2+2as. Pendahuluan Kegiatan (20 menit) Memberi salam dan mengecek kehadiran siswa. Latihan soal tentang: .

Sebuah benda ditembakkan ke atas dengan kelajuan awal 60 m/s. Setiap kelompok diskusi tentang: . Pendahuluan Kegiatan (20 menit) Memberi salam dan mengecek kehadiran siswa. .bagaimanakah kecepatan awal dan kecepatan sesaat dari benda jatuh bebas (v=√2gh) .untuk untuk mencapai titik puncak benda dilempar ke atas? . tugas rumah: .waktu untuk jatuh c. Kelas dibagi mejadi 8 group masing-masing 4 siswa. .d. Memastikan siswa telah hafal persamaan v=√2gh dan b.kelajuan di titik puncak dari benda dilempar ke atas. . (60 menit) b.tentukanlah tinggi maksimum dari benda yang ditembakkan ke atas dengan kelajuan awal 40 m/s. c. Latihan menyelesaiakan soal yang berkaitan dengan: . . Setiap siswa mendiskusikan tentang: . ) Pertemuan 5 (2 jam) Tahapan Orientasi a. Menganalisa besaran pada benda bergerak vertical Kegiatan Inti a. Menyampaikan tujuan belajar secara garis besar.Tentukanlah kelajuan benda saat akan menyentuh tanah jika di jathkan dari ketinggian 20 m.tinggi maksimum yang dicapai benda saat dilempar ke atas ( d. Penutup (10 menit) a. Tentukanlah lama benda meayang di udara. Doa .mempelajari gerak melingkar.

b. .mepelajari percepatan sentripetal.hubungan kelajuan linier dan kelajuan sudut. Siswa latihan soal tentang: - ). sebuah benda bergerak melingkar selama 20 kali dengan jejari lintasan sebesar 40 cm. Menyampaikan tujuan belajar secara garis besar. Apersepsi: Mereview perumusan kecepatan. c.Dalam waktu 10 sekon.hubungan jarak sudut dengan jarak linier. Menggambarkan hubungan antar besaran dalam gerak dengan grafik melalui suatu percobaan Kegiatan Inti a. Doa dan Pertemuan 6 (2 jam) Tahapan Kegiatan . memberi tugas rumah : . percepatan dan posisi dari gerak translasi d. Tentukanlah frekuensi dan periode getarak melingkar tersebut . c. ( . Memastikan siswa menghafal rumus b. Kelas dibagi 8 kelompok masing-masing 4 siswa. Memotivasi dengan pertanyaan: Sebutkan beberapa contoh benda yang bergerak melingkar c.rumusan frekuensi gerak melingkar. Setiap kelompok mendiskusikan: . Penutup (10 menit) a. (60 menit) b.

Pendahuluan (20 menit) Memberi salam dan mengecek kehadiran siswa. c. c. apabila dalam waktu 10 sekon beda berputar 30 kali dengan jari-jarilntasan 0. Menyampaikan tujuan belajar secara garis besar.percepatan sentripetal. Memotivasi dengan pertanyaan: Mengapa sepeda dapat melaju dengan cepat? c. Menganalisa hubungan antar roda Kegiatan Inti a.hubungan antara kelajuan sudut dan kelajuan anguler pada hubungan dua roda. Memastikan siswa telah memahami dan hafal rumus b. .Orientasi a. Kelas dibagi dalam 8 kelompok masing-masing 4 siswa.2 meter. Setiap kelompok diskusi tentang: . (60 menit) b. Tugas rumah: . Apersepsi: memastikan siswa telah memahami konsep percepatan? d.Persiapan uji kompetensi 2.tentukanlah percepatan sentripetal sebuah benda. Uji Kompetensi 2 . b. Latihan soal tentang: - Penutup (10 menit) a. . Doa .

Jarak total seluruhnya yang ditempuh. 3. 5. Seorang mengerem mobilnya mobilnya selama 5 sekon ketika sedang melaju dengan kelajuan 30 m/s. b. Tentukanlah waktu yang diperlukan untuk sampai dipermukaan bumi! 6. Dari gambar berikut tentukanlah : a. . Berapakah kelajuan rerata dari Asafa Powell? 2. Frekuensi putaran. Rekornya adalah 9. Sebuah mobil bergerak dari A ke B yang berjarak 200 meter. Apabila jari-jari lingkaran 20 cm.77 s. b.1. Seorang anak menjatuhkan batu dari puncak menara berketinggian 225 meter dari permukaan bumi dengan kelajuan awal 20 m/s. (g=10m/s2). b. Percepatan selama 5 detik terakir. Rekor lari 100 meter dipecahkan oleh Asafa Powell dari Jamaica tahun 2005 pada olimpiade Athena. Kelajuan reratanya. maka tentukanlah: a. Percepatan sentripetalnya. Kecepatan reratanya. Jika waktu tempuh 30 menit. Apabila kelajuan menjadi 10 m/s maka tentukanlah percepatan mobil tersebut? 4. Sebuah benda bergerak melingkar selama 60 detik menempuh 5 kali putaran. tentukanlah: a. Kemudian membalik dari menuju sampai di C yaitu 500 meter dari B.