KISI-KISI SOAL KIMIA PILIHAN GANDA KELAS X

Jenis sekolah Mata pelajaran Kurikulum No. Urut 1.

: SMA : KIMIA : 2013 Kompetensi Inti Kompetensi Dasar Kelas/ smt.

Alokasi Waktu Jumlah soal Penulis Materi

: 15 menit : 6 soal : Nursa’id Fitria Indikator Soal Bentuk soal No. Soal 1.

1. Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan

1.1 Mendeskripsikan struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifatsifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron

X/1

-

Struktur atom Macammacam model atom,

Menentukan konfigurasi elektron berdasarkan tabel periodik.

PG

-

System periodic unsure.

1. X/2 - Larutan elektrolit dan Larutan non elektrolit Mengelompokkan larutan berdasarkan daya hantar listrik. - Hokum Dasar kimia.2 bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. PG 4 - Jenis larutan berdasarkan . Menentukan rumus empiris dari suatu senyawa. dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk. PG 2 - Ikatan Koordinasi. PG 3 - Perhitungan Kimia 4 1. ikatan kovalen. - Ikatan Ion. ikatan koordinasi. dan - Ikatan Logam 3 1.3 Memahami hukumhukum dasar kimia dan penerapan konsep mol dalam perhitungan kimia.2 Membandingkan proses pembentukan ikatan ion.4 Memahami sifatsifat larutan nonelektrolit dan elektrolit. Ikatan Kovalen. Mengidentifikasi pasangan-pasangan yang berikatan kovalen.

6 1. dan Alkuna. PG 6 Konsep reaksi oksidasi. Bilangan Siswa dapat menentukan oksidator dalam PG 5 oksidasi dalam suatu reaksi. atom dalam Alkana.reduksi serta penentuan bilangan oksidasi atom dalam molekul atau ion. Siswa dapat menentukan nama IUPAC dari suatu senyawa. . 5 1.6 Mendeskripsikan kekhasan karbon membentuk senyawa hidrokarbon. Alkena. suatu senyawa ion.5 Memahami perkembangan konsep reaksi oksidasi.daya hantar listrik dan ikatan.

kebangsaan. Urut 7. PG 8 . dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan. menganalisis pengetahuan faktual.menerapkan. prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan. Soal 7. - Hukum Hess. Alokasi Waktu Jumlah soal Penulis Materi : 15 menit :6 : Nursa’id Fitria Indikator Soal Bentuk soal No.1 Menjelaskan teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom (Teori Domain Elektron) dan teori hibridisasi untuk meramalkan bentuk molekul 2. budaya. dan 2.2 Menentukan H reaksi berdasarkan hukum Hess dan berdasarkan data perubahan entalpi pembentukan XI/1 - Bentuk Molekul Menentukan bentuk molekul berdasarkan teori pasangan elektron. seni.KISI-KISI SOAL KIMIA PILIHAN GANDA KELAS XI Jenis sekolah Mata pelajaran Kurikulum No. PG 8 peradaban terkait fenomena dan kejadian. serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. Memahami . konseptual. Kalorimetri Menghitung H reaksi berdasarkan data energi ikatan. : SMA : KIMIA : 2013 Kompetensi Inti Kompetensi Dasar Kelas/ smt. kenegaraan. teknologi.

dan data energi ikatan 9 2. PG 9 10 2. persamaan laju reaksi dan waktu reaksi.standar.4 Menghitung banyaknya pereaksi dan hasil reaksi dalam larutan elektrolit dari hasil titrasi asam basa XI/2 - Titrasi asam basa Menentukan molaritas dari larutan yang dititrasi.3 Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan faktor-faktor penentu laju reaksi dan orde reaksi serta terapannya dalam kehidupan sehari-hari - Teori tumbukan Menentukan orde reaksi. PG 10 .

11 2. Menentukan ciriciri dari sistem koloid. PG 12 . PG 11 - pH larutan penyangga. 12 2.6 Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari - System koloid Sifat-sifat koloid.5 Mendeskripsikan sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup - Larutan penyangga. Menghitung pH dari suatu larutan penyangga.

penurunan titik beku dan tekanan osmosis termasuk sifat koligatif larutan XII/1 - Sifat koligatif larutan Menjelaskan pengertian sifat koligatif larutan non elektrolit (hukum Roulth) dan larutan elektrolit PG 14 rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan. Soal 13 Memahami. kenaikan titik didih.1 Menjelaskan penurunan tekanan uap. dan humaniora dengan wawasan - Konsentrasi larutan Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolalan dan fraksi mol) PG 14 15 16 kemanusiaan. kebangsaan. seni. serta - Penuruan titik beku larutan. menerapkan. Alokasi Waktu Jumlah soal Penulis Materi : 60 menit : 28 : Nursa’id Fitria Indikator Soal Bentuk soal No. Urut 13 : SMA : KIMIA : 2013 Kompetensi Inti Kompetensi Dasar Kelas/ smt. dan metakognitif berdasarkan 3.KISI – KISI SOAL PILIHAN GANDA KELAS XII Jenis sekolah Mata pelajaran Kurikulum No. teknologi. dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian. menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual. Menghitung penurunan titik beku larutan elektrolit dan non elektrolit PG PG 15 16 . kenegaraan. prosedural. konseptual. budaya.

warna.17 menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya - Tekanan osmosis Menghitung tekanan osmosis larutan elektrolit dan non elektrolit PG 17 18 untuk memecahkan masalah 3.3 Mendeskripsikan kecenderungan sifat fisik dan kimia unsur utama dan unsur transisi (titik didih. . - Aplikasi sel volta dalam kehidupan Menentukan prinsip kerja sel volta yang digunakan pada baterai dan aki. kekerasan. melibatkan energi listrik dan kegunaannya dalam mencegah korosi dan dalam industrIi PG PG 19 20 21 22 23 24 25 26 27 3.2 Menerapkan konsep reaksi oksidasireduksi dalam sistem elektrokimia yang - Persamaan reaksi redoks Menentukan koefisien dari persamaan reaksi redoks.titik leleh. PG PG PG PG PG PG PG 21 22 23 24 25 26 27 - Sifat-sifat fisik dan sifat. PG 18 19 20 - Sel volta Menentukan ciri-ciri terjadinya reaksi redoks yang berlangsung secara spontan.sifat kimia unsur Mengidentifikasi sifatsifat unsur utama dan unsur transisi (titik didih.

dan sifat khusus lainnya) 28 3. kelarutan. asam alkanoat. Menentukan isomerisomer senyawa karbon.5 Mendeskripsikan struktur. kereaktifan. alkanal. tata nama. alkoksi alkana. cara penulisan. dan 33 alkil alkanoat) XII/2 Struktur dan tata nama senyawa karbon Isomer Reaksi senyawa karbon kelarutan. sifat dan kegunaan 32 senyawa karbon (halo alkana. kegunaan dan bahaya sinar radioaktif.4 Mendeskripsikan unsur-unsur radioaktif dari segi sifat-sifat 29 fisik dan sifat-sifat kimia. dan sifat khusus lainnya) Mengidentifikasi sifatsifat sinar radioaktif Menentukan persamaan reaksi inti Menghitung massa suatu unsur radioaktif Menentukan struktur dan nama senyawa karbon berdasarkan gugus fungsinya. kekerasan. dan 30 bahayanya Penemuan sinar radioaktif. warna. kegunaan. 31 3. PG 28 PG 29 PG 30 PG 31 PG 32 Menentukan reaksi senyawa karbon.titik leleh. alkanol. alkanon. PG 33 . persamaan reaksi inti.

Rumus struktur dan nama lemak . PG 34 35 - Reaksi benzena PG 35 benzena dan turunannya 36 3.Polimer Mengidentifikasi polimer alam dan polimer sintetik Menentukan reaksi pembentukan polimer (adisi dan kondensasi) PG 36 37 38 sifat dan penggolongan makromolekul (polimer. PG 39 40 dan kegunaan lemak PG 40 .8 Mendeskripsikan struktur. dan protein) PG PG 37 38 39 3. cara penulisan. sifat. Menggolongkan minyak berdasarkan kejenuhannya. tata nama.34 3. tata nama. tata nama.6 Mendeskripsikan struktur.Sifat fisik dan kimia lemak Menentukan rumus struktur dan nama lemak. . sifat. penggolongan. karbohidrat. dan kegunaan - Struktur dan tata nama benzene dan turunannya Menentukan struktur dan tata nama benzene dan turunannya. Menentukan reaksi senyawa benzene. cara penulisan. .7 Mendeskripsikan struktur.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful