SURAT PERJANJIAN KERJASAMA

Nomor : 05/SPK-STAI/II/2013

PEKERJAAN PENGADAAN LABORATORIUM KOMPUTER SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM ARRIDHA BAGANSIAPIAPI ANTARA KETUA SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM ARRIDHA BAGANSIAPIAPI DENGAN CV. SINAR SAHABAT Pada hari ini Kamis tanggal tujuh bulan Februari tahun dua ribu tiga belas, kami yang bertanda tangan dibawah ini : Nama Jabatan Alamat : BUDI SETIAWAN, S.Pd.I : Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Arridha Bagansiapiapi. : Jl. Pembangunan Labuhan Tangga Besar Bagansiapiapi.

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Sekolah Tinggi Agama Islam Arridha Bagansiapiapi selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA Nama : SYAHRUL HASIBUAN Jabatan : PEMILIK TOKO SYAHNIA KOMPUTER Alamat : Jl. HR. Subrantas No. 17 Simpang Tobek Godang, Panam Pekanbaru. Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Pemilik Toko Syahnia Komputer, selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA. Kedua belah pihak sepakat untuk mengadakan perjanjian kerjasama dalam suatu perjanjian Pengadaan Laboratorium Komputer Sekolah Tinggi Agama Islam Arridha Bagansiapiapi sesuai dengan syarat-syarat sebagaimana tercantum dalam pasal-pasal tersebut dibawah ini. Pasal 1 TUGAS DAN PEKERJAAN PIHAK PERTAMA dalam kedudukan sebagai tersebut diatas memberikan tugas kepada PIHAK KEDUA menerima dan menyanggupi untuk melaksanakan pekerjaan Pengadaan Laboratorium Komputer Sekolah Tinggi Agama Islam Arridha Bagansiapiapi. Pasal 2 DASAR PELAKSANAAN PEKERJAAN Pekerjaan tersebut dalam pasal 1 Surat Perjanjian ini dilaksanakan oleh pihak kedua atas dasar : 1. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor : 54 Tahun 2010 (BAB V SWAKELOLA). 2. Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Nomor : 02/DPA-Prog/I/2013 3. Nota Dinas Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Arridha Bagansiapiapi Nomor :03/ND-STAI/I/2013 Tanggal 28 Januari 2013 tentang Pelaksanaan Pengadaan Laboratorium Komputer Sekolah Tinggi Agama Islam oleh Toko Syahnia Komputer Pekanbaru.

500.- 1.80 Ghz 3 MB L2 2.000. 7. . Mbps Rackmount switch) Pengadaan kursi dan meja lab Jumlah (dengan angka) - Rp. 2. Rp. 38..000.000.Rp. Pembayaran tahap pertama diberikan sebesar 25% sebagai biaya awal pelaksanaan dengan jumlah biaya sebesar Rp. termasuk diantaranya adalah force majure.000.Rp.000. PASAL 5 CARA PEMBAYARAN 1.. 152. Pengadaan komputer buildup (Lenovo. 750.000. Rp.15..000.Rp.000.000.000. 6. Cache) Instalasi jaringan Lab Komputer (24 Port 10/100 3.000.000.PASAL 3 RINCIAN DAN JUMLAH HARGA PEKERJAAN Pekerjaan pengadaan Laboratorium komputer Sekolah Tinggi Agama Islam Arridha Bagansiapiapi sebagaimana tersebut pada pasal 1 dengan rincian sebagai berikut : No Jenis Barang / Pekerjaan Volume 20 unit 1 kegiatan 20 pasang Harga satuan Jumlah harga Rp. 2. Pembayaran seluruh biaya pengadaan komputer dan kelengkapan laboratorium komputer sebesar Rp. Chipset Intel Expres Core i640 2.000.. 7. PIHAK KEDUA berkewajiban untuk melaksanakan dan menyerahkan kepada PIHAK PERTAMA pekerjaan sebagaimana tersebut dalam pasal 1 dengan jangka waktu paling lama 30 (tiga puluh) hari kalender sejak ditandatanganinya surat perjanjian kerja sama ini.(Seratus lima puluh dua juta rupiah) dilakukan dalam (2) dua tahap.- Terbilang : seratus lima puluh dua juta rupiah PASAL 4 JANGKA WAKTU PELAKSANAAN 1.Rp.. waktu penyerahan dapat diperpanjang apabila ada kesepakatan tertulis dari kedua belah pihak dan dapat disetujui selama menggunakan alasanalasan yang kuat dan dapat dipertanggungjawabkan.000.(tiga puluh delapan juta rupiah). 152.000.000. 130.

2. 5. Kebakaran dan atau f. maka salah satu pihak dapan memutus perjanjian dengan pemberitahuan tertulis (15) lima belas hari kerja sebelumnya. Bencana sosial. 3. 114. Keadaan kahar adalah keaadaanyang terjadi diluar kehendak para pihak dan tidak dapat diperkirakan sebelumnya sehingga kewajiban yang ditentukan dalam surat perjanjian kerjasama ini menjadi tidak dapat dipenuhi. Bencana non alam. maka PIHAK KEDUA memberitahukan kepada PIHAK PERTAMA secara tertulis selambat-lambatnya dalam waktu 7 (tujuh) hari kalender setelah terjadinya keadaan kahar. Keterlambatan pelaksanaan pekerjaan yang diakibatkan oleh karena terjadinya keadaan kahar tidak dapat dikenai sanksi. 4. Pembayaran berikutnya sebesar 75% dengan jumlah Rp. Bila sebagai akibat dari keadaan kahar PIHAK KEDUA tidak dapat melaksanakan sebagian besar pekerjaan selama jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kalender. d. Keadaan kahar ini tidak termasuk hal-hal yang merugikan disebabkan oleh perbuatan atau kelalaian para pihak. b. Bila keadaan sudah pulih dan normal.000.000. c. Pemogokan.(seratus empat belas juta rupiah) akan dilunasi setelah pekerjaan dinyatakan selesai dan dibuktikan dengan Berita Acara penyerahan hasil pekerjaan. Gangguan industri lainnya sebagaimana dinyatakan melalui keputusan dan ketetapan Pemerintah. apa bila harus diperpanjang maka waktu perpanjangan sama dengan waktu selama tidak dapat melaksanakan pekerjaan akibat keadaan kahar. b. Yang dapat digolongkan kedalam keadaan kahar dalam surat perjanjian kerjasama ini meliputi : a. Tindakan yang diambil untuk mengatasi terjadinya keadaan kahar dan yang menanggung kerugian akibat terjadinya keadaan kahar ditentukan berdasarkan kesepakatan para pihak. maka secepat mungkin PIHAK KEDUA memberitahukan kepada PIHAK PERTAMA secara tertulis bahwa keadaan sudah kembali normal dan kegiatan dapat dilanjutkan dengan ketentuan : a. Bila terjadi keadaan kahar. e. 7. PASAL 6 KEADAAN KAHAR/FORCE MAJURE 1. Bencana alam. PASAL 7 PEMBATALAN DAN PEMUTUSAN PERJANJIAN .3. 6. Jangka waktu pelaksanaan yang ditetapkan dalam surat perjanjian kerjasama ini tetap mengikat.

maka untuk setiap hari keterlambatan PIHAK KEDUA wajib membayar denda keterlambatan kepada PIHAK PERTAMA sebesar 1 % dari sisa pekerjaan yang belum diselesaikan dan jumlah denda setinggi-tingginya sebesar 5% dari jumlah harga pekerjaan sebagaimana tercantum dalam pasal 3. PASAL 10 1.1. Bila terjadi perselisihan antara PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA. 2. maka pekerjaan yang telah selesai atau sebahagian yang telah dilaksanakan dan berada ditempat dilaksanakannya pekerjaan akan menjadi milik PIHAK PERTAMA. Segala biaya yang ditimbulkan akibat terjadinya perselisihan sebagaimana ayat (2) dalam pasal ini ditanggung oleh PARA PIHAK. Jika PIHAK KEDUA tidak menyelesaikan pekerjaan dan tanggungjawabnya sesuai dengan waktu pelaksanaan pekerjaan yang tercantum dalam pasal (3) ayat 1 perjanjian ini. PIHAK PERTAMA mempunyai hak untuk membatalkan atau memutuskan Surat Perjanjian Kerjasama ini apabila PIHAK KEDUA melakukan wanprestasi atau mencederai perjanjian kerjasama ini atau tidak memenuhi kewajibannya dan tanggungjawabnya sebagaimana diatur dalam Surat Perjanjian Kerjasama ini. Dokumen-dokumen berikut (selanjutnya disebut “Dokumen Surat Perjanjian Kerjasama”) merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dari surat perjanjian kerjasama ini : . Jika tidak dapat diselesaikan secara musyawarah. PASAL 8 SANKSI DAN DENDA 1. PASAL 9 PERSELISIHAN 1. Dengan membatalkan atau memutuskan Surat Perjanjian Kerjasama ini. akan diperhitungkan dengan kewajiban PEMBAYARAN PIHAK PERTAMA kepada PIHAK KEDUA. maka penyelesaian perselisihan dapat dilakukan melalui : Mediasi/konsiliasi/arbitrase/melalui pengadilan yang disepakati yaitu PENGADILAN NEGERI UJUNG TANJUNGROKAN HILIR. maka kedua belah pihak menyelesaikan perselisihan di Indonesia dengan cara musyawarah. 3. 2. 2. PIHAK KEDUA telah menyerahkan atau melimpahkan seluruh atau sebahagian tugas dan tanggungjawabnya sesuai perjanjian ini kepada pihak lain tanpa persetujuan PIHAK PERTAMA. Proses penyelesaian sebagaimana tersebut pada ayat (2) tidak dapat dijadikan alasan oleh PIHAK KEDUA untuk menunda pelaksanaan pekerjaan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Denda-denda tersebut dalam ayat (1) pasal ini. 4. 3.

(enam ribu rupiah) untuk masing-masing pihak dan mempunyai kekuatan hukum yang sama. Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Program Kegiatan Peningkatan Sarana dan Penunjang Akademik Bantuan Dana Hibah Provinsi Riau TA.. 6. SURAT Perjanjian Kerjasama ini dinyatakan syah dan mengikat kedua belah pihak. Berita Acara serah terima hasil pekerjaan. maka dilakukan perbaikan berdasarkan Rapat khusus Sekolah Tinggi Agama Islam Arridha Bagansiapiapi bersama pejabat terkait dan pelaksana pekerjaan. c. Surat Perjanjian Kerjasama ini dibuat dalam rangkap 2 (dua) asli bermeterai Rp. serta mulai berlaku sejak tanggal ditandatanganinya Surat Perjanjian Kerjasama ini. b. PASAL 11 1. Nota Dinas Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Arridha Bagansiapiapi Nomor : 03/ND-STAI/I/2013 Tanggal 28 Januari 2013 tentang Pelaksanaan Pengadaan Laboratorium Komputer Sekolah Tinggi Agama Islam oleh Toko Syahnia Komputer. 2012 Nomor : 02/DPA-Prog/I/2013.a. 2. 2.000. Apabila terjadi pertentangan antara ketentuan yang ada dalam dokumen Surat Perjanjian Kerjasama ini atau hal-hal yang ada hubungannya dengan Surat Perjanjian Kerjasama ini dan belum cukup diatur dalam surat perjanjian kerjasama ini dan dokumen lainnya yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari dokumen ini. DITANDATANGANI UNTUK DAN ATAS NAMA : PIHAK PERTAMA : SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM ARRIDHA BAGANSIAPIAPI Ketua PIHAK KEDUA: SYAHNIA KOMPUTER PEKANBARU BUDI SETIAWAN SYAHRUL HASIBUAN .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful