KATA PENGANTAR

Puji sukur panjatkan kepada Allah SWT, yang atas rahmatnya maka saya dapat menyelesaikan makalah mengenai "Moralitas Bangsa Indonesia Saat Ini" Penulisan makalah ini merupakan salah satu persyaratann untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran. Pada penulisan makalah ini, masih terdapat banyak kekurangan baik pada teknis maupun pada penulisan materi, mengingat kemampuan yang dimiliki oleh saya. Maka dari itu kritik dan saran dari semua pihak sangat diperlukan untuk menyempurnakan makalah ini. Dalam penulisan makalah ini saya berterima kasih sebesar besarnya kepada semua pihak yang berperan menyelesaikan makalah ini. Akhirnya penulis berharap agar Allah SWT memberikan imbalan yang setimpal pada semua pihak yang ikut membantu proses penyelesaian makalah ini, terima kasih.

pemerintah tidak melihat bagaimana kondisi moral peserta didik. namun moral juga harus ikut berkembang. Karena sesungguhnya tidak hanya intelektual bangsa yang harus dikembangkan.PENDAHULUAN LATAR BELAKANG MASALAH Kondisi moral bangsa Indonesia saat ini sudah mulai mengkhawatirkan. justru malah melupakan pentingnya kaidah dan norma yang ada. karena sesungguhnya seharusnya sekolah tidak hanya bertugas untuk meningkatkan mutu otak bangsa. Bagaimana kondisi moral bangsa Indonesia saat ini? 3. Bagaimana Indonesia? TUJUAN pemerintah dalam menghadapi kemerosotan moral bangsa . Instansi sekolah seakan akan hanya sebagai hiasan saja. RUMUSAN MASALAH 1. Mereka sudah benar benar melupakan sesuatu yang seharusnya mereka tanam sejak dini. Apakah yang dimaksud dengan pendidikan moral? 4. Kerusakan moral Indonesia bukan semata mata masalah pemerintah. seolah olah pemerintah hanya foukus dalam urusan menaikan mutu pendidikan melalui perbaikan perbaikan standar nilai. sehingga menyebkan rusaknya moral bangsa Indonesia. Apa itu moral? 2. tetapi mutu hati juga harus ikut ditingkatkan. karena mereka merupaka cerminan bangsa. Bagaimana pendidikan moral memperbaiki moral bangsa Indonesia? 5. Bayak para remaja yang sebenernya berfungsi sebagai tiang bangsa. Di sisi lain pemerintah yang ada saat ini terlihat seakan akan tidak terlalu memperdulikan masalah moral bangsa Indonesia.

Mengetahui apa itu moral 2.1. Mengetahui kondisi remaja saat ini dan masalah apa yang ditimbulkan 3. Dapat menentukan solusi yang tepat untuk menangani permasalahan kemerosotan moral bangsa .

Moral itu merupakan salah satu sifat dasar yang diajarkan dalam kehidupan. moralitas adalah hal keyakinan serta sikap batin dan bukan hanya sekedar penyesuaian dengan beberapa aturan dari luar.LANDASAN TEORI MORAL Kata moral merupakan kata yang berasal dari bahasa latin yaitu „mores‟. Sehingga moral adalah hal mutlak atau suatu perilaku yang harus dimiliki oleh manusia. Penilaian terhadap moral itu sendiri dapat diukur dari kebudayaan masyarakat setempat. mores itu sendiri berarti kebiasaan atau cara hidup. dan ucapan seseorang dalam menjalankan interaksi dengan individu lain. Moral adalah nilai keabsolutan dalam kehidupan bermasyarakat secara utuh. 1979) Moral dapat diartikan sebagai kaidah norma dan pranata yang mampu mengatur perilaku individu dalam menjalani suatu hubungan dengan masyarakat. manusia harus memiliki moral jika ingin dihormati oleh sesamanya. 1986) Moral pada dasarnya adalah suatu rangkaian nilai dari berbagai macam perilaku yang wajib dipatuhi. Jika yang dilakukan seseorang itu sesuai dengan nilai rasa yang berlaku di masyarakat tersebut dan dapat diterima dan mampu menyenangkan lingkungan masyarakatnya. serta nasihat. Moral pada zaman sekarang memiliki nilai implicit karena banyak orang yang memiliki moral atau sikap amoral itu dari sudut pandang yang sempit. maka orang itu dapat dikatakan memiliki nilai moral yang baik. perilaku. Moral juga dapat diartikan sebagai sikap. tanpa adanya moral manusia tidak akan bisa melakukan proses sosialisasi. (Shaffer. Menurut Immanuel Kant. suara hati. Moral secara eksplisit adalah berbagai hal yang memiliki hubungan dengan proses sosialisasi individu. Di dalam moral terdapat tingkah laku. begitu juga sebaliknya. entah itu aturan berupa . perbuatan. tafsiran. (Gunarasa. perbuatan yang dilakukan seseorang pada saat mencoba melakukan sesuatu berdasarkan pengalaman.

hukum Negara. yang diantaranya adalah sebagai berikut:  Memiliki kemampuan untuk diarahkan oleh (dipengaruhi oleh) keibsyafan benar atau salah. kemampuan untuk mengarahkan (mempengaruhi) orang lain sesuai dengan kaidah kaidah perilaku nilai benar atau salah. Moral lah yang membedakan manusia dengan mahluk tuhan yang lain. di dalam dunia Islam moral identik dengan ahlak. Moral adalah realisasi dari kepribadian pada umumnya. benar atau salah. hukum agama atau hukum adat istiadat. Sesuai dengan kaidah kaidah yang diterima. . menyangkut apa yang dianggap adil dan pantas.    Menyangkut cara seseorang bertingkah laku dalam berhubungan dengan individu lain. Selanjutnya dikatakan. Dalam kamus filsafat terdapat beberapa definisi dari moral. dan tepat atau tidak tepat. Moral merupakan norma yang bersifat kesadaran atau keinsyafan terhadap suatu kewajiban untuk melakukan sesuatu atau keharusan untuk meninggalkan perbuatan perbuatan tertentu yang dinilai masyarakat dapat melanggar norma norma kehidupan. dimana kata ahlak berasal dari bahasa Arab „khulqun‟ yang berarti budi pekerti. bahwa criteria mutu moral dari seseorang adalah hal kesetiaannya terhadap hatinya sendiri. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa suatu kewajiban dan norma moral sekaligus menyangkut keharusan untuk bersopan santun. Menyangkut kegiatan kegiatan yang dipandang baik atau buruk. Moral merupakan tindakan manusia yang bercorak khusus yang didasarkan kepada pengertian baik dan buruk.

Salah satu contoh dampak positif dari televise. meskipun pesan pesan agama yang sering didengarnya mengecam perbuatan tersebut. Pelanggaran moral baginya dirasa enteng saja. satu hal yang terkadang kita kurang menyadarinya. Dengan mudahnya kita bisa menyaksikan perilaku pejabat pemerintah atau sekelompok orang yang tidak mau tahu dengan segala bingkai moral. Segala sendi kehidupan yang ada dalam masyarakat tidak luput dari campur tangan teknologi. Disini kita menyaksikan fenomena sekaligus tragedy yang sungguh berseberangan dnegan suasana keagamaan. internet dan lain sebagainya. dengan adanya televise. Sekecil apapun pelanggaran moral akan merapuhkan sendi sendi kehidupan tanah air Indonesia. MEDIA ELEKTRONIK DAN MORAL BANGSA Tidak dapat kita pungkiri. baik penyelenggara Negara maupun masyarakat umum. Kemajuan teknologi ini tidak hanya mengubah gaya hidup masyarakat. akan tetapi telah mengubah cara pandang dan paradigma masyarakat terhadap segala sesuatu. Secara objektif. Adapun. kita dapat mendapatkan berbagai macam informasi dari seluruh penjuru dunia dengan lebih jelas dibandingkan media cetak. bahwa televise sering memberikan dampak negative. khususnya teknologi di bidang informasi seperti televisi. sebenarnya televise memberikan dampak negative dan memberikan dampak positive kepada masyarakat. Apa sebenarnya penyebab rapuhnya moral masyarakat Indonesia? A.PEMBAHASAN Kerusakan moral Indonesia sudah melewati tahap yang sangat membahayakan. Pengaruh televise kepada jiwa anak sangatlah signifikan. karena kerusakan moral tersebut sudah masuk segala bidang dan terjadi di hamper seluruh komponen bangsa. maka . kemajuan teknologi semakin pesat. khususnya bagi anak anak. apabila televise menyangkan sesuatu yang tidak mendidik moral anak.

3. maka jangan salahkan anak kalau dia senang menghabiskan waktu pacaran di masa kanak kanaknya. Hasilnya. Akan tetapi yang paling dominan disini adalah factor lingkungan. yaitu factor hereditas (keturunan). dan factor lingkungan. Nativisme Teori yang mengatakan bahwa manusia tergantung gen yang dibawa dari orang tuanya. Dan jika kita lihat dari disipli ilmu psikologi perkembangan. Konvergensi Penggabungan antara nativisme dan impirisme. konsentrasi anak akan terganggu. Dalam ilmu pendidikan terdapat tiga teori dasar yang dapat mempengaruhi perkembangan anak.” Kata Menkominfo Tifatul Sembiring.perilaku anak yang menontonnya akan mudah terkontaminasi dengan apa yang disaksikannya di layar kaca.3% atau 10 dari 75 tayangan televise Indonesia bermasalah. Karenanya. Tayangan itu dinilai dapat merusak moral bangsa jika terus menurus dipertontonkan kepada masyarakat. afektif. dan psikomotoriknya. Jika yang dia liat sehari harinya adalah sinetron. “Berdasarkan hasil survey. Banyaknya tayangan televise yang tidak layak dan dapat merusak . Moralnya bisa menjadi buruk dan juga menjadi baik tergantung denagn apa yang disaksikan dihadapan mata. tanpa memikirkan nilai edukasi. ada dua factor utama yang mempengaruhi perkembangan moral seseorang. sehingga akan menghambat perkembangan kogntif. Tayangan televise saat ini dinilai hanya mementingkan nilai komersil. Untuk anak anak. Dengan pacaran. 13. kecenderungan meniru. yaitu: 1. Impirisme Teori yang mengatakan bahwa manusia sepenuhnya dipengaruhi oleh lingkungan. Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) Bersama Komisi Penyiaran Indonesia melakukan pengawasan ketat terhadap siaran siaran televise saat ini. 2.

orang tua kedua serta penjaga moral bagi anak didiknya. Kompetensi personal ini meliputi memiliki kepribadian yang stabil. berahlak mulia dan menjadi teladan bagi para peserta didiknya. Jika kita dapat mengindari televise yang seringkali menampilkan tayangan tayangan tak mendidik dan tidak mencerminkan nilai nilai kepribadian bangsa. guru juga perlu memiliki kompetensi personal. film film yang menampakan aurat perempuan dan cerita yang mengumbar aib seseorang. jika yang kita tonton hanyalah sesuatu berbau mistis dan erotis. Tanpa disadari oleh guru. dan hanya menanamkan hal buruk pada pola piker masyarakat. tetapi juga sebagai pendidik yang menanamka nilai nilai budaya. guru memiliki peran ganda bahkan multifungsi. seperti sinetron. . Sehingga dari itu diharapkan dapat membentuk dan memperbaiki moral bangsa yang hari ini masih terpuruk. acara mistis. Ini akan mengkikis budaya timur kita. Tayangan tayangan televise tersebut tidak memiliki kualitas. Bagaimana kita bisa membangun moral bangsa yang baik. reality show. Mereka dituntut tidak hanya sebagai pengajar yang mentrasfer ilmu. maka moral kita secara otomatis akan terhindar dari degadrasi moral dan penetrasi budaya yang buruk yang sengaja diselipkan dalam tayangan tayangan televisi yang tidak mencerminkan nilai nilai kesopanan sebagaimana yang telah dijunjung oleh bangsa Indonesia.moral bangsa seperti tayangan infotaiment. Selain kompetensi akademik dan pengelolaan proses belajar mengajar. sehingga menyebabkan menurunnya kualitas moral bangsa. dan sebagainya. yang menampilkan tayangan tayangan yang tidak senonoh. Hal ini terkait dengan kompetensi yang harus dimiliki seorang guru. B. mereka adalah panutan dan figure bagi anak didik dalam mencapai kemadirian dan kedewasaan. PENDIDIKAN DAN MORAL BANGSA Dalam dunia pendidikan Indonesia.

Peningkatan mutu pendidikan di tanah air tidak bisa dilepaskan dari eksistensi guru itu sendiri. guru yang pertama dan utama bagi anak anaknya. bahkan pemerintah. Sekolah mahal berlabel unggulan. dan jika perlu guru membagikan jawaban kepada peserta ujian. Nilai UN digunakan sebagai ajang promosi bagi para pejabat. Berita ini sangat membuat sedih kita semua. orang tua adalah pendidik. dunia pendidikan kita telah banyak kehilangan idealismenya. murid kencing berdiri‟. seperti melonggarkan pengawasan dalam ujian. Ada kasus calon wakil rakyat berijazah palsu. Tapi sesungguhnya sosok guru tidak hanya kita jumpai di lembaga sekolah. Beberapa waktu yang lalu suatu surat kabar melansir saat ujian sertifikasi guru telah ditemukan ribuan ijazah palsu. cita cita pendidikan kita untuk membentuk manusia seutuhnya tidak dapat lepas dari campur tangan guru. Beberapa daerah berusaha meningkatkan mutu pendidikan melalui tingkat kelulusan 100% yang dilakukan dengan berbagai cara. memiliki kompetensi moral yang baik adalah suatu kewajiban bagi individu yang ingin mewujudkan cita cita bangsa. kita semua pada hakikatnya adalah guru. Pantaslah kiranya saat ini bangsa Indonesia sulit mencari pegawai. bahkan calon pemimpin yang jujur. Bagaimana kondidisi anak didik yang berada dibawah asuhan guru guru tidak terpuji ini? Dalam peribahasa disebutkan „guru kencing berlari. Jadi. . dan beberapa diantaranya tidak terpuji. para ulama. kasir. Demikian pula dengan masyarakat. Kalopun ada pemimpin yang jujur. guru yang sering dijadikan sosok „digugu dan ditiru‟ melakukan hal yang bertentangan dengan moral. Saat saat tes yang dihadapi dari jenjang SD sampai perguruan tinggi selalu saja terbuka kesempatan untuk bekerja sama dan saling memberik contekan. sudah menjadi hak eksklusif masyarakat dengan kemampuan ekonomi yang kuat. partner bisnis. suatu bukti degradasi moral yang sangat meprihatinkan.Malangnya. orang orang disekelilingnya tidak jujur sehingga mengahmbat kinerja sang pemimpin.

Mencuatnya kasus korupsi Al Quran sangat disayangkan oleh public negri ini. maka dari pemerintah.Bila komponen bangsa ini mau interopeksi diri. yaitu system pengelolaan Negara yang tidak baik dan moral pejabat yang rusak. Dan yang lebih penting adalah memperbaiki diri. Edward Gibbon dalam „The History Of The Decline and Fall Of the Rome‟ mulai sangat Nampak di negri ini. gaya hidup yang lebih mementingkan libido duniawi. melainkan juga ikut prihatin kepada . JIka melihat pola hidup para pejabat dan kaum elit Negara ini maka tentu yang terbayang di benak kita adalah kesan kemewahan yang sangat. bahkan telah menyerang aspek aspek yang sebelumnya kita anggap tabu untuk disntuh korupsi. Korupsi Al Qur‟an adalah salah satu bukti pejabat Indonesia miskin moral. C. baik produktifitas. tapi jika kita “bumi-kan” pada tataran praktis makan jawabannya akan lain. Bagaimana tidak. Ada dua hal substansial yang menyebabkan Indonesia terpuruk. bagi kita tentunya tidak lah sulit untuk menemukan „jamur‟ gaya hidup mewah pejabat negri ini. hingga masyarakat hendaknya berani mengakui kesalahan dan kekeliruannya. Ia mengatakan kemerosotan moral dengan gejala hidup mewah dan berlebihan itulah penyebab utama hancurnya suatu Negara. Karena banyak pejabat negri kita yang dengan sekian lengkap fasilitasnya tetapi tetap mandul. etos ataupun elan kerjanya. Publik hanya terkejut menyaksikan korupsi yang begitu massif. bertobat dan melakukan aktivitas yang lebih baik dari hari kemarin. PEJABAT DAN MORAL BANGSA Nampaknya apa yang dikatakan sejarawan abad ke 17. pejabat. Gejala itu nampaknya sudah mengkristal menjadi gumpalan akumulasi Negara. Pada tataran konsepsi teoritis memang hal itu bisa dibenarkan. Logika yang mereka pakai adalah semakin tinggi fasilitas berbanding lurus dengan kualitas hasil kerja. Al quran sebagai kita suci umat islam yang seharusnya disucikan dan dihormati malah diselewengkan dengan memanfaatkan keuntungan proyek tersebut.

mulailah dari kita sendiri. namun korupsi terkait dengan Al Quran. jelas hal tersebut membuat masyarakat geram. banyak dari kita yang berkoar koar mengenai buruknya pejabat pejabat diatas. Selain itu terdapat kasus anggota DPR yang menonton video porno saat sidang paripurna sedang berlangsung. apalagi di Indonesia sebagai Negara yang masih harus banyak belajar. tetapi beberapa diantara mereka memiliki kekuatan untuk teguh tidak melakukan hal tersebut. Intinya yang menentukan kualitas moral bangsa bukanlah institusi atau lembaga. Seseorang yang seharusnya menyampaikan aspirasi rakyat di sidang paripurna. Bila ingin perubahan di dalam negri yang labil ini. bahkan di dunia. berkaca lah sebelum berkata. ini malah asik menonton video porno. Setiap manusia dilahirkan dengan naluri untuk melakukan sesuatu yang melenceng dengan moral dan norma. oleh public dianggap sebagai kemunafikan dan kemungkaran yang tidak bisa diterima. tetapi setiap individu yang ada di dalamnya. tetapi faktanya moral kita sendiri belum tentu ada di jalan yan benar. kasus tersebut benar benar menunjukan bahwa moral anggota DPR Indonesia jongkok. apakah moral kita sudah benar benar baik? .institusi yang berlabel agama menjadi sarang korupsi. di Negara yang terhitung maju sekalipun pasti terdapat masalah masalah pelencengan moral. Kendati korupsi di kementrian agama bukan hal yang baru. Termasuk kita. apalagi anggota DPR tersebut berasala dari partai dengan label agamis yang menggembor gembor nama islam. KESIMPULAN Krisis moral memang bukan hal baru di Indonesia.

T 2012 .MORALITAS BANGSA INDONESIA SAAT INI NAMA: DE RIZKY KURNIAWAN NPM: 110110100012 MATA KULIAH: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEMESTER: S.A.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful