SMPN 1 KARANGSEMBUNG

 berasal dari kata Syawara yaitu berasal dari Bahasa Arab yang berarti berunding. urun rembuk atau mengatakan dan mengajukan sesuatu .

Sering juga kita melakukan voting untuk memilih yang paling banyak dipilih untuk menentukan tempat dan makanan apa yang akan dimakan bersama-sama. Sebagai contoh kecil di saat kita ingin makan bersama teman-teman kita pasti bermusyawarah untuk menentukan makanan apa dan di mana akan makan. Hal-hal kecil seperti ini secara tidak sadar kita lakukan dan sering kita jumpai dalam setiap sisi kehidupan kita .

Oleh karena itu perlu dikembangkan sikap menghormati pendapat atau keputusan orang lain . Perbedaan pendapat dalam musyawarah adalah hal yang lumrah. artinya musyawarah yang bisa disepakati oleh seluruh peserta musyawarah. Musyawarah mufakat adalah berunding untuk menghasilkan keputusan yang disetujui bersama.

Usul atau pendapat yang disampaikan mudah dipahami dan tidak memberatkan.  c.  d.  b. a. Sesuai dengan kepentingan bersama. Dalam proses musyawarah pertimbangan moral lebih diutamakan dan bersumber dari hati nurani yang luhur dan sebagainya . Pembicaraan harus dapat diterima dengan akal sehat sesuai hati nurani.

 .  c. Mematuhi semua aturan yang berlaku dalam musyawarah. Bertanggung jawab dengan cara melaksanakan keputusan hasil musyawarah. Bijaksana terhadap pendapat teman yang berbeda. Mampu mengendalikan diri saat mengikuti musyawarah. Menghargai pendapat orang lain.  e.a.  f. Bertenggang rasa terhadap teman yang mengajukan pendapat.  d.  b.

f. menjunjung tinggi harkat dan martabat. b.a. Melaksanakan keputusan bersama dengan dilandasi itikad baik dan penuh rasa tanggung jawab. Keputusan yang diambil dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa. Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat. Menghargai pendapat orang lain dan tidak melaksanakan kehendak dalam musyawarah. c. . d. serta nilai-nilai kebenaran dan keadilan. Musyawarah dilandasi dengan akal sehat dan hati nurani yang luhur. Musyawarah dilandasi semangat kekeluargaan dan gotong-royong. e.

dan sebagainya. dan sebagainya. c. Musywarah di lingkungan keluarga. 2) Membangun jalan. misalnya: 1) Pelaksanaan acara 17 Agustus-an.   . 3) Menentukan aturan-aturan dalam keluarga. misalnya: 1) Memilih pengurus OSIS. b. dan sebagainya. 3) Pembagian jadwal ronda/ siskamling. Musyawarah di lingkungan masyarakat. 2) Pemberian tugas yang harus dikerjakan tiap anggota keluarga. 4) Menentukan tempat tujuan wisata. 2) Menentukan program kegiatan OSIS. misalnya: 1) Menentukan tempat rekreasi keluarga. 3) Pemilihan ketua kelas. 5) Memilih pengurus /LPMD. Musyawarah di lingkungan sekolah.

 Peserta musyawarah tidak menggunakan akal sehat dan hati nurani yang luhur. Peserta musyawarah hanya mementingkan diri sendiri/golongannya. .  Peserta musyawarah berlaku tidak sopan dan bertutur kata tidak baik.  Peserta musyawarah tidak mau menghargai pendapat orang lain. a.  Peserta musyawarah memaksakan kehendaknya.

 Buat contoh musyawarah yang kamu lakukan di kelas kalian? (Minimal 2) .

. Selesai  Terimakasih atas perhatiannya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful