Cara Membuat Foto 2x3 3x4 dengan Photoshop

08.28 Tutorial Info 35 comments Bagi anda yang suka melamar kerja tentu butuh banyak foto, ini tips agar berhemat :) Photoshop bisa membuat pasfoto murah lho… cetak pasfoto ukuran 4×6 dan ukuran 2×3 harga nya sama kan? Rp. 1500 / lembar nya. kalo cetak 10 lembar 4×6 aja udah 15.000.. buset dah.. hehehe… Gimana cara bikin pasfoto murah, ukuran nya bisa macem-macem pula ? Saya kasih tutorialnya deh… bisa-bisa fuji film bangkrut neh… hehehe.. Moga-moga bermanfaat deh ya.. Mulai yu… pertama bikin dokumen ukuran 4R.. tau kan ukurannya ? saya sudah posting di sini. gambar 1

Jangan lupa, sebelumnya persiapkan foto kamu dalam bentuk file gambar, yang bagus yaa… atau kalo kamu difoto di studio jangan lupa minta save di flashdisk atau CD. jadi kamu punya back up foto nya. Buka foto kamu yang sudah dipersiapkan tadi, ukuran nya pasti sembarangan.. gimana cara cropping biar ukurannya persis sesuai dengan pasfoto yang pengen kamu buat ? gampang aja kok.. gambar 2

Klik Crop tool, lalu ubah parameternya sesuai keinginan kamu.. pertama : ubah panjang dan lebar nya : saya kasih contoh : buat foto ukuran 4 x 6 , jadi ukuran width = 4cm, height = 6 cm, resolusi nya jangan lupa set, samain dengan waktu pas buat dokumen baru tadi, yaitu 300 pixel/inch. gambar 3

ya udah, sekarang tinggal select dengan cara drag di area yang mau di crop..lalu tekan enter.. jadi deh ukuran 4x 6 nya. lalu masukan pas foto 4×6 tadi ke dokumen baru, dengan cara men DRAG.

jadiin foto itu 2x 3. setelah jadi pasfoto 4×6 lagi.. abis gitu masukin ke dokumen baru 4R. seleksi deh… lalu enter. Buat pasfoto 3×4. dengan pencet tombol CTRL + ALT + Z. gimana biar muat banyak.. kalo dibuat dari 2×3 dikhawatirkan hasil cetaknya jelek. Setelah proses pindah dari foto 2×3 ke dokumen baru. Sekarang kita punya perpaduan 3 ukuran pas foto..gambar 4 sekarang balik lagi ke foto 4 x 6 tadi. jadi foto 4×6 lagi kan ? tujuannya supaya foto 3×4 nya bagus. gambar 5 . setting deh Crop tool nya jadi 3 cm dan 4 cm.. sekarang tugas kita tinggal mengatur peletakan pas foto tadi di lembar 4R. di Undo dulu foto 2×3 nya. caranya sama dengan diatas.

. Kalo mau diputer caranya. lalu Klik transform trus klik rotate 90 CW atau sebaliknya. cara duplikasi ada digambar. Klik gambar yang mau di rotate. 3×4 dan 2×3 secukupnya. gambar 6 .Duplikasi foto 4×6.

. biar muat banyak fotonya.atur. Biar ban yak setting nya musti gini nih : gambar 7 ..( Irit banget yak… hehehe).

. terus bawa ke FUJI FILM atau tempat cetakan DIGITAL.. ” BANG. taro di disket atau flashdisk atau Burn di CD.kalo udah. langsung save aja deh. bilang deh ke penjaganya. MAU CETAK 4R.. . Gungtingin ! JANGAN PERNAH NGELAMAR KERJA PAKE FOTO YANG BELOM DIGUNTING! hehehe.” Kalo udah selese cetak... 5 lembar.

Media yang digunakan adalah Photoshop CS3.Panduan dan Tutorial Photoshop-Membuat Pas Foto 4x6. jangan yang buram. Sebagai contoh saya menggunakan foto berikut. Adapun langkah-langkah kerjanya adalah sebagai berikut :  Siapkan foto dengan kualitas yang bagus biasanya yang cerah. 3x4 dan 2x3 Pada kesempatan kali ini kita akan mengubah suatu format foto dari ukuran sebenarnya menjadi ukuran pas foto yang biasanya diperlukan untuk mendaftar sekolah.  Buka foto yang sudah di siapkan tersebut menggunakan Photoshop . kerja ataupun sebagainya.

.  Sudah terbuka fotonya di Photoshop seperti di atas Selanjutnya buka lembar kerja baru bukan layer baru tempat untuk mencetakkan hasil foto dengan menakan Ctrl+N. kalau saya biasanya cetaknya di kertas foto yang besar (ukuran kertas A4) agar lebih banyak hasil cetaknya (anda juga bisa pilih kertas legal dan sebagainya).

Upayakan dari kedua lembar kerja tersebut berada berdampingan supaya memudahkan nantinya memindahkan dari layer foto ke layer output (cetak)  Kembali pada lembar kerja foto (lembar kerja 1) untuk mengaktifkannya.  Jadi disini akan ada dua lembar kerja yaitu lembar kerja foto dan lembar kerja output pas foto untuk mencetak. Bukti lembar kerja foto yang aktif adalah pada toolbar navigasi sebelah kanan terlihat sebagai berikut .

 Sudahkan. selanjutnya pilih Crop Tool dan isikan nilai propertisnya pada ukuran Weight = 4 dan Height = 6 dan Resolution 300px untuk menghasilkan pas foto 4 x 6 sebagai ukuran pas foto yang paling besar dan ini untuk yang pertama kali harus dilakukan sebelum beralih ke pas foto ukuran 3x4 dan 2x3  Lalu seleksi gambar menggunakan Crop Tool lalu Enter .

  Cara seleksi upayakan dari arah kanan bawah gambar menuju ke kiri atas supaya menghasilkan seleksi yang tepat dan upayakan diatur agar muat dengan tampilan gambar (jangan berlebihan dari gambar) Jika sudah terpilih dan proses selesai maka akan menghasilkan gambar ukuran 4 x 6 pada layer seperti berikut .

 Lalu pilih Move Tool dan pilih pada hasil photo 4x6 dan pindahkan ke lembar kerja 2 yang telah dibuat berada di sebelah kanan dengan cara mendragnya dan atur posisinya di mulai dari ujung kiri atas kertas .

  Dari sini sudah terlihat bahwa ukuran pas foto 4x6 hanya 1 buah sudah bisa di cetak (di print) Pada lembar kerja 2 akan tertambah layer baru dari foto ukuran 4 x 6 yang telah dibuat .

Untuk memperbanyaknya tinggal menduplikat layer sebanyak yang dibutuhkan atau sesuai dengan kebutuhan ukuran kertas kerja.  Rubah nama Layer 1 menjadi 4x6 supaya bisa membedakan nantinya. Selanjutnya kita akan membuat pas foto ukuran 3 x 4 dengan langkah-langkah sebagai berikut  Membuat pas foto ukuran 3x4 berasal dari hasil gambar 4x6 tadi dengan langkah-langkah yang sama dengan pembuatan pas foto ukuran 4x6 sebelumnya di atas dengan tetap mengunakan Crop Tool namun yang berbeda adalah nilai dari propertis Crop Tool dirubah yaitu weight = 3cm. height = 4 cm dan resolusi 300 px   Kembali ke foto kerja 4x6 yang telah di buat di lembar kerja 1 tadi lalu seleksi gambar dari bawah ke atas sehingga menghasilkan foto baru ukuran 3 x 4 cm Lalu seleksi gambar dengan Move tool dan pindahkan ke lembar kerja 2 sehingga di lembar kerja 2 tertambah layer baru dan rubah namanya menjadi 3x4 dan duplikat layer 3x4 sesuai kebutuhan Terakhir untuk pas foto ukuran 2 x 3 dengan langkah-langkah yang sama .

  Bagaimana dengan foto 2x3. sama halnya seperti di atas namun yang membedakan hanyala properti Crop Tool yaitu weight 2 cm dan height 3 cm Jika pas foto 2x3 telah dibuat selanjutnya pada properti lembar kerja 2 terlihat tampilan berikut  Sekiranya sudah cukup jelas. berikut hasil dari yang telah saya buat dan tinggal di cetak  Selamat belajar dan mencoba Catatan : Keterampilan yang diperoleh setelah melakukan kegiatan ini adalah : .

Open. Artikel Photoshop Cara Memutihkan atau Mencerahkan Foto narsis di Facebook dengan meng-upload foto-foto kegiatan yang sedang kita lakukan. photoshopid. . Sebelum mendownload diharapkan meninggalkan komentar atau like (cap jempolnya) pada Facebook di Kanan atas pada halaman postingan ini. jalan atau kegiatan harian lain nya tak akan lupa untuk di upload ke situs jejaring sosial favorite mereka. agar tampak lebih menarik.com akan memberikan artikel photoshop sederhana untuk kebutuhan memperindah foto sebelum di upload ke situs social media.  Kemampuan menggunakan Crop Tool sebagai aplikasi seleksi objek bithmap dengan pengaturannya Pemindahan hasil kerja di antara 2 lembar kerja Panduan ini kami siapkan juga dalam bentuk PDF sebagai oleh-oleh sehingga pengunjung dapat menggunakannya sebagai referensi di kemudian hari atau ingin menggunakannya pada mode offline di rumah yang tidak terhubung dengan jaringan komputer. Postingan ini dapat anda perkaya dengan kreatifitas sendiri dengan menambahkan efek-efek untuk merubah gambar dan sebagainya. Buka Foto yang akan kita edit dengan mengarahkan mouse ke Menu Bar : File . STEP 1 Sudah pasti kita membutuhkan Software pengolah gambar Digital favorite kita Adobe photoshop. meski demikian artikel photoshop ini dapat juga diterapkan di versi yang lebih tinggi. Kemudian cari File yang akan kita Edit. menjadi hal yang biasa dilakukan oleh remaja sekarang. dan di artikel ini Saya menggunakan Adobe Photoshop CS3. makan.

STEP 2 Duplicate Layer Background dengan menekan Tombol [Ctrl] + [J] pada Keyboard. di pallete layer akan terbentuk sebuah Layer baru yang bernama Background Copy. kemudian Blending Layer Background Copy dengan Mode Screen .

Keterangan Tambahan : .

Blending Screen .

Adjustment Level .

Adjustment Curve .

Adjustment . serta kita akan menaikkan tingkat saturasi dari warna foto.Shadow/Highlight . lalu arahkan ke Menu Bar dan Pilih : Image .Adjustment Brightness/Contras STEP 3 di step 3 ini kita akan memfokuskan pada penajaman foto. Duplikat kembali Layer Backgroud Copy ( di Pallete Layer akan tercipta Layer Background copy 2 ) dan kembalikan Mode Blending nya ke Normal Mode.

dan Layer Background Copy 2 sebesar 20% . masukan nilai radius 4. kemudian Klik Pallete Channel ( secara Default Pallete Channel berada di Samping Pallete Layer ). duplikat bagian yang terseleksi ( tekan [Ctrl] + [J] ). caranya pada menu bar pilih : Filter .Other . maka Channel yang berwarna merah akan terseleksi.Turunkan Opacity Layer tersebut sebesar 30%.Tekan dan Tahan Tombol [Ctrl] kemudian Klik Channel Red. Kembali ke Pallete Layer. berikan Filter High Pass pada Layer yang baru saja terbentuk ( Layer 1 ).0 px. Blending Layer 1 dengan Mode Linear Light.Opsi Shadow/Highlight atur opsi dari Shadow/hairlight seperti tampak pada gambar. tingkat saturasi pada foto akan bertambah.High Pass.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful