RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM

1.
2. 3.

Persiapan Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi

1. Persiapan  Dilakukan rapat evaluasi terhadap kerja penanggung jawab P2M ISPA sebelumnya berupa rapat internal.  Kemudian dilakukan rapat antara pimpinan puskesmas dan pemegang program lainnya mengenai program dan kegiatan yang direncanakan

 Materi pelatihandiberikan oleh Pemegang program P2M ISPA dan dokter . dan diskusi mengenai masalah yang ditemukan di lapangan mengenai ISPA.  .  dimulai pada minggu keempat oktober 2012 dan diadakan rutin setiap 6 bulan sekali.  bertujuan untuk menambah pengetahuan kader posyandu tentang ISPA. Pelaksanaan 1.Pelatihan Kader Posyandu dilakukan apabila kegiatan pemilihan kader telah berlangsung.2.

2. Penambahan Jumlah Kader  dimulai dengan menjalin kerjasama antara pihak Puskesmas Lubuk Kilangan dengan ketua tim penggerak PKK agar dapat menghimbau masyarakatnya untuk ikut berpartisipasi dalam musyawarah untuk pemilihan kader di kelurahan Bandar Buat. .

minimal 1 orang per posyandu.  Tujuannya adalah untuk menambah jumlah kader posyandu di Kelurahan Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan .  .Dilakukan pada minggu ketiga Oktober 2012.

3.  Penyuluhan diadakan di Puskesmas dan di Pustu atau Posyandu di Kelurahan Bandar Buat. . Penyuluhan kesehatan Mengenai ISPA ke Masyarakat  dilakukan setelah jadwal yang disusun oleh petugas P2M ISPA dan Promosi Kesehatan selesai disusun.

Sasarannya adalah masyarakat Kecamatan Lubuk Kilangan. Kegiatan penyuluhan dilakukan setiap minggu kedua setiap bulannya.  Tenaga penyuluh berasal dari pemegang program P2M ISPA dan bagian promosi kesehatan.  .

 Pelatihan dilakukan 1 kali pertemuan dan diadakan rutin setiap 6 bulan sekali .4.Pelatihan Petugas Kesehatan mengenai ISPA  Kegiatan dimulai pada minggu pertama oktober 2012. .

dan diskusi mengenai masalah yang ditemukan di lapangan mengenai ISPA.Tujuannya untuk menambah pengetahuan petugas kesehatan tentang ISPA sehingga deteksi dini ISPA dapat dilakukan secara optimal.  .  Materi pelatihan ini diberikan oleh Pemegang program P2M ISPA dan dokter di Puskesmas Lubuk Kilangan .

DKK dan PT.SEMEN PADANG untuk membicarakan masalah dan mencari solusi untuk ketersediaan kekurangan media penyuluhan dan alat kesehatan tersebut.5. .Penambahan Media Penyuluhan dan alat kesehatan ( masker)  Dimulai dengan rapat antara kepala puskesmas. Pemegang program .

 Setelah disepakati bersama baru bisa di lakukan kegiatan lanjutan seperti penyuluhan kesehatan kepada masyarakat dan pembagian maskesr gratis bagi masyarakat yang menderita penyakit ISPA .

.6. Pembagian Masker gratis  Kegiatan pembagian masker gratis kepada masyarakat Kelurahan Bandar Buat dan Masyarakat Kecamatan Lubuk Kilangan yang berobat dengan ISPA  dilaksanakan oleh kader di posyandu dan petugas puskesmas dibalai pengobatan Puskesmas Lubuk Kilangan.

dari ketersediaan masker oleh pihak penyedia. Lamanya pelaksanaan kegiatan ini belum dapat ditentukan tergantung. .

Mengatur jadwal penyuluhan ISPA  Dimulai dengan rapat antara Kepala Puskesmas dengan Pemegang program Promosi Kesehatan dan P2M ISPA pada minggu pertama bulan oktober 2012. .7.  Tujuannya agar jadwal penyuluhan ISPA teratur dan pengunjung puskesmas serta masyarakat mendapatkan penyuluhan ISPA secara rutin dan teratur.

.8. In house training SP2TP  Dilakukan pada minggu ketiga bulan Oktober 2012 oleh petugas puskesmas yang telah mendapatkan pelatihan SP2TP kepada Petugas kesehatan di Balai pengobatan Puskesmas Lubuk Kilangan.  Tujuannya untuk mengoptimalkan sistem pencatatan dan pelaporan kasus ISPA. sehingga tidak terjadi kesalahan pencatatan jumlah kasus ISPA di Puskesmas Lubuk Kilangan.

9. promosi kesehatan bekerjasama dengan dinas pertanian. lurah. RT dan RW di kelurahan Bandar Buat. . bagian Kesehatan Lingkungan. kegiatan penghijauan di rumahrumah masyarakat kelurahan Bandar Buat  Dimulai dengan adanya rapat internal antara pemegang program P2M ISPA. camat.

 Kegiatan penghijauan ini dilaksanakan pada hari kesehatan nasional tanggal 12 November 2012. Rapat ini bertujuan untuk mendiskusikan pelaksanaan penghijauan di rumah .Rapat ini akan diadakan pada bulan oktober 2012.rumah penduduk kelurahan Bandar Buat.  .

. Tahap Monitoring dan Evaluasi  Bertujuan untuk mengetahui kesuksesan jalannya kegiatan dalam upaya penurunan kejadian ISPA.  Monitoring dilakukan rutin setiap bulan setelah pelaksanaan program.3.

 .  Evaluasi program dilakukan setiap 3 bulan pada saat lokmin tiwulan puskesmas.Selanjutnya dilakukan evaluasi untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang ditemukan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dan mencari solusinya.

 Monitioring dan evaluasi ini dilakukan oleh pemegang program P2M ISPA dan promkes dari Puskesmas Lubuk Kilangan. .

Penambahan untuk tiap-tiap Posyandu Puskesmas dan ketua BOK tim penggerak PKK Kelurahan jumlah kader yang berada di Kelurahan Bandar Buat .Tabel Indikator keberhasilan penurunan kejadian ISPA Puskesmas Lubuk Kilangan N o Kegiatan Indikator keberhasilan Terlaksananya pelatihan Kader ISPA pada minggu Sumber Dana Penanggung jawab 1. Pelatihan kader keempat yang dilaksanakan oleh pemegang program dan dokter Terpilihnya kader ISPA BOK Pemegang program P2M ISPA dan dokter 2.

November. dan Desember 2012 oleh Pemegang Program dan dokter Program P2M Pemegang dana khusus ISPA dan dokter . ISPA dan Promosi Kesehatan Terlaksananya pelatihan ISPA untuk Petugas Pelatihan 4.dana promkes. kepada masyarakat Penyuluhan mengenai ISPA dan bahaya merokok sumbangan leaflet atau pamflet dari dokter muda setiap periode. petugas kesehatan kesehatan pada minggu Tidak memerlukan pertama Oktober. Pemegang Program P2M terlaksana 1 kali sebulan secara rutin dan lancar. Penyuluhan 3.

sekolah).Tersedianya leaflet/pamphlet/poster mengenai ISPA di setiap tempat pelayanan Penambahan kesehatan (Puskesmas induk. PT. pasar. Puskesmas Pembantu. Masyarakat menggunakan masker kader ISPA dan BOK Kepala Puskesmas.Pemegang Program P2M ISPA dan Promosi Kesehatan media 5. posyandu) di Kecamatan Lubuk Kilangan dan di tempat-tempat umum (halte. Serta tersedianya masker gratis untuk masyarakat yang menderita ISPA. pengadaan Pembagian 6. penyuluhan seperti leaflet dan poster . masker gratis diri terhadap penularan ISPA.Semen Padang masker sebagai alat perlindungan gratis dari petugas puskesmas.

Terlaksananya in house training mengenai sistem pencatatan dan In house 8. . jadwal penyuluhan ISPA Jadwal penyuluhan ISPA teratur dan pengunjung puskesmas serta masyarakat mendapat penyuluhan mengenai ISPA Tidak diperluan dana khusus Pemegang program P2M-ISPA dan bagian Promosi Kesehatan. Tidak diperluan dana khusus Pemegang program SP2TP. training SP2TP pelaporan yang baik pada minggu ketiga bulan Oktober 2012 kepada petugas kesehatan di Puskesmas Lubuk Kilangan oleh Pemegang Program SP2TP. secara rutin dan teratur.Mengatur 7.

Tertanamnya tanaman hias dan Penghija buah-buahan di Dana BOK.bagian Promosi Kesehatan sektor . ma Lintas Kesehatan Lingkungan . Kerjasa Pemegang Program P2M ISPA. uan di rumah rumah-rumah penduduk di Kelurahan Bandar Buat. bagian 9.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful