ACARA

RANGKAIAN GERBANG LOGIKA (AND, OR, NOT, NAND, NOR, X-OR)

TUJUAN
1. Mahasiswa dapat membuat rangkaian gerbang logika dasar (AND, OR, NOT, NAND, NOR dan X-OR) dan dapat memahami prinsip kerjanya. 2. Mahasiswa dapat membuat rangkaian gerbang AND dan OR lebih dari 2 input dan dapat memahami prinsip kerjanya. 3. Mahasiswa dapat membuat rangkaian kombinasi dari beberapa gerbang dan dapat memahami prinsip kerjanya.

TEORI
Sebuah sistem digital merupakan basis dalam melaksanakan berbagai tugas komputasional, oleh karena itu perlu dilakukan manipulasi informasi biner dengan menggunakan rangkaian-rangkaian logika yang disebut gerbanggerbang (gates). Gerbang didefinisikan sebagai blok-blok piranti keras (hardware) yang menghasilkan sinyal-sinyal biner; 1 atau 0, jika persyaratanpersyaratan input logika dipenuhi. Hubungan input dan output dari variabel biner untuk setiap gerbang dapat disajikan dalam sebuah tabel yang disebut “tabel kebenaran” (truth table). Gerbang-gerbang logika yang dibahas dalam modul 1 ini adalah AND, OR, NOT, NAND, NOR dan X-OR A. Gerbang AND Gerbang AND dinyatakan sebagai Y = A • B, dimana output rangkaian Y bernilai 1, hanya jika kedua inputnya A dan B masing-masing bernilai 1; dan output Y bernilai 0 untuk nilai-nilai A dan B yang lain. Simbol gerbang AND dapat dilihat pada Gambar 1.

Gambar 1. Simbol gerbang AND

Sedangkan tabel kebenaran untuk rangkaian gerbang AND adalah:
Tabel 1. Tabel kebenaran dari gerbang AND A B Y=A•B 0 0 0 0 1 0 1 0 0 1 1 1
Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi Prodi FISIKA Jurusan MIPA FST UNSOED

hanya jika kedua inputnya A dan B masing-masing bernilai 1. Simbol gerbang NOT Sedangkan tabel kebenaran untuk rangkaian gerbang NOT adalah: Tabel 3. Simbol gerbang OR Adapun tabel kebenaran untuk rangkaian gerbang OR. Gambar 2. Gerbang OR Gerbang OR dinyatakan sebagai Y = A + B. Simbol gerbang OR dapat dilihat pada Gambar 2. dimana output rangkaian Y bernilai 0. dimana output rangkaian Y bernilai 0. Jika input A bernilai 1. Simbol gerbang NAND dapat dilihat pada Gambar 4. demikian sebaliknya. dan output Y bernilai 1 untuk nilai-nilai A dan B yang lain. Simbol gerbang NAND Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi Prodi FISIKA Jurusan MIPA FST UNSOED . sebagai berikut: Tabel 2. hanya jika kedua inputnya A dan B masing-masing bernilai 0. Tabel kebenaran dari gerbang OR A B Y=A+B 0 0 0 0 1 1 1 0 1 1 1 1 C. maka output Y bernilai 0. Nilai output Y merupakan negasi atau komplemen dari input A. Gerbang NOT Gerbang NOT juga dikenal sebagai inverter dan dinyatakan sebagai Y = A . Gambar 4. Gambar 3.B. Jadi NAND adalah komplemen dari AND. Gerbang NAND Gerbang NAND dinyatakan sebagai Y = A •B . Simbol gerbang NOT dapat dilihat pada Gambar 3. dan output Y bernilai 1 untuk nilai-nilai A dan B yang lain. Tabel kebenaran dari gerbang NOT A Y= A 0 1 1 0 D.

Jadi NOR adalah komplemen dari OR. Gerbang X-OR Gerbang X-OR dinyatakan sebagai Y = A •B +A •B atau disederhanakan menjadi Y = A ⊕ B. sebagai berikut: Tabel 4. Simbol gerbang NOR dapat dilihat pada Gambar 5. hanya jika kedua inputnya A dan B masing-masing bernilai 0. Tabel kebenaran dari gerbang NAND A B Y = A •B 0 0 1 0 1 1 1 0 1 1 1 0 E. dimana output rangkaian Y bernilai 1. Simbol gerbang X-OR Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi Prodi FISIKA Jurusan MIPA FST UNSOED . Gambar 6. dan output Y bernilai 1 jika kedua input A dan B memiliki nilai yang tidak sama. Gambar 5. dimana output rangkaian Y bernilai 0. Gerbang NOR Gerbang NOR dinyatakan sebagai Y = A +B . dan output Y bernilai 0 untuk nilai-nilai A dan B yang lain.Adapun tabel kebenaran untuk rangkaian gerbang NAND. Simbol gerbang NOR Sedangkan tabel kebenaran untuk rangkaian gerbang NOR adalah: Tabel 5. Tabel kebenaran dari gerbang NOR A B Y = A +B 0 0 1 0 1 0 1 0 0 1 1 0 F. jika kedua input A dan B memiliki nilai yang sama. Simbol gerbang X-OR dapat dilihat pada Gambar 6.

1. 6. 74LS08. 74LS04. Selanjutnya carilah gerbang AND 4 input seperti Gambar 7b. untuk rangkaian yang hanya tersusun dari gerbang AND maupun gerbang OR ? 2. Tabel kebenaran dari gerbang X-OR A B Y=A⊕B 0 0 0 0 1 1 1 0 1 1 1 0 ALAT DAN BAHAN 1. B. 74LS00. 74LS04. NOR dan X-OR) dari IC TTL yang tersedia. 4 Input Siapkan perlengkapan peralatan yang dibutuhkan (papan digital. 5.Sedangkan tabel kebenaran untuk rangkaian gerbang X-OR adalah: Tabel 4. 4. breatboard. 74LS00. Hubungkan rangkaian gerbang logika dasar dengan papan digital. 2. 3. Tuliskan persamaan output Y pada Gambar 7a di bawah. Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi Prodi FISIKA Jurusan MIPA FST UNSOED . 4. IC TTL 74LS00. 74LS02. Buatlah tabel kebenaran untuk masing-masing gerbang logika tersebut. 74LS32). 2. Gerbang AND dan OR. OR. hidupkan catu dayanya. breatboard. 74LS04. 74LS08. Papan digital Breatboard IC TTL 74LS00. 74LS32). Buatlah rangkaian gerbang logika dasar (AND. Gerbang Logika Dasar 1. 74LS02. IC TTL 74LS00. NOT. 74LS02. Jika rangkaian sudah terhubung dengan benar pada papan digital. NAND. 74LS32 Kabel penghubung TUGAS PENDAHULUAN 1. (Pastikan tombol power pada papan digital dalam keadaan mati sebelum anda hubungkan dengan rangkaian ). Siapkan perlengkapan peralatan yang dibutuhkan (papan digital. 2. Rumuskan persamaan output Y dari Gambar 8 di bawah ? CARA KERJA A. 74LS08. Buatlah rangkaian gerbang AND 4 input dari 3 buah gerbang AND 2 input seperti pada Gambar 7a. 3. Ujilah gerbang-gerbang logika yang telah anda buat.

lalu bandingkan hasil dari kedua rangkaian gerbang logika tersebut. sebelum anda membuat dan mengujinya ? [ ] [ ] Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi Prodi FISIKA Jurusan MIPA FST UNSOED . 2. 4. breatboard. Hubungkan masing-masing input kedua gerbang di atas pada saklar input yang tersedia pada papan digital. ( Pastikan tombol power pada papan digital dalam kondisi mati sebelum dihubungkan dengan rangkaian). 6. 74LS32). 6. 74LS02. OR dan NOT. Kombinasi Gerbang 1. untuk rangkaian-rangkaian OR 4 input. C. 74LS08.Gambar 7. Siapkan perlengkapan peralatan yang dibutuhkan (papan digital. Hubungkan kedua input A dan B dari gerbang di bawah pada saklar input yang tersedia pada papan digital. Jika rangkaian sudah terhubung dengan benar pada papan digital. Rangkaian gerbang AND 4 input 3. Rangkaian kombinasi gerbang AND. hidupkan tombol catu dayanya 5. Ujilah kedua gerbang logika tersebut dan buatlah tabel kebenarannya. untuk rangkaian kombinasi gerbang dengan rumus: Y = ( A +B ) •( A +B ) + A Gambarkan dulu rangkaiannya. Jika rangkaian sudah terhubung dengan benar pada papan digital. Lakukan pengujian dan buatlah tabel kebenarannya. IC TTL 74LS00. Buatlah rangkaian kombinasi gerbang AND – OR – NOT seperti Gambar 8. Ulangi langkah 1 – 4. 74LS04. 3. Ulangi langkah 1 – 6. Fungsi gerbang logika manakah yang sama. Gambar 8. (Pastikan tombol power pada papan digital dalam kondisi mati sebelum dihubungkan dengan rangkaian ). 74LS00. hidupkan tombol catu dayanya 5. 4.

LEMBAR KERJA Hari : Tanggal : Asisten : Acara : : : : NIM : NIM : NIM : Nama Praktikan Teman Kerja Teman Kerja A. 4 Input Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi Prodi FISIKA Jurusan MIPA FST UNSOED . No. Gerbang AND dan OR. A 1 2 3 4 Gerbang Logika Dasar INPUT B AND A•B OR A+B OUTPUT NOT NAND A A •B NOR A +B X-OR A⊕B B.

7a OUTPUT (Y) AND 4 INPUT Gb.7b OR 4 INPUT Gb. 8 OUTPUT (Y) Y = ( A +B ) •( A +B ) + A [ ] [ ] Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi Prodi FISIKA Jurusan MIPA FST UNSOED .7b C. U 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 V W X Gb.7a Gb. 1 2 3 Kombinasi Gerbang INPUT A B Rangkaian Gb.INPUT No. No.

... Mengetahui Asisten Praktikum (..........4 Purwokerto....) Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi Prodi FISIKA Jurusan MIPA FST UNSOED ..............................................................