SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP

)

Oleh : Oktavia Medianingrum 11102025 Tinkat III A

DEPARTEMEN KESEHATAN RI POLITEKNIK KESEHATAN BANDUNG PRODI KEPERAWATAN BANDUNG JL. DR OTTEN NO. 32 BANDUNG JL. PAJAJARAN NO. 56 BANDUNG 2004

SATUAN ACARA PENYULUHAN ( SAP ) Masalah Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Sasaran Waktu Tanggal Tempat : Kurangnya pengetahuan tentang manfaat ASI : Pentingnya air susu ibu (ASI) : Kelebihan ASI dibandingkan susu formula : Klien di ruang Debora RS Immanuel Bandung : 15 menit : 4 November 2004 : Ruang Debora RS Immanuel Bandung I. Metode : Ceramah dan diskusi . Tujuan Intruksional Umum ( T I U ) Setelah dilakukan penyuluhan. Hal yang harus dilakukan ibu untuk mempertahankan produksi ASI e. Menyebutkan manfaat ASI 2. diharapkan klien mampu memahami tentang kelebihan ASI dibandingkan susu formula II. Tujuan Intruksional Khusus ( T I K ) Setelah diberi penyuluhan selama 15 menit. diharapkan klien dapat : 1. Dampak susu botol ( pengganti ASI ) d. Menyebutkan kapan ASI diberikan pada bayi 3. Kegiatan Pembelajaran a.Materi Penyuluhan a. Manfaat ASI b. Menyebutkan dampak susu botol ( pengganti ASI ) 4. Menjelaskan Manfaat MP ASI III. Menjelaskan hal yang harus dilakukan ibu untuk mempertahankan poduksi ASI 5. Manfaat MP ASI IV. Kapan ASI diberikan pada bayi c.

Sebutkan dampak susu botol ( pengganti ASI ) d. Jelaskan hal-hal yang harus dilakukan ibu utuk mempertahankan produksi ASI : Leaflet dan alat peraga : Asuhan Kesehatan anak Dalam Konteks Keluarga. Media dan Sumber Media Sumber VI.    V. Kegiatan Inti  Penyuluh menyampaikan materi  Sasaran menyimak materi  Sasaran mengajukan pertanyaan  Penyuluh menjawab pertanyaan 4. Kegiatan membuka Pelajaran  Memberi salam  Perkenalan  Menyampaikan pokok bahasan  Menjelaskan tujuan  Apersepsi 3. Pusat Pendididikan Penutup Melakukan post test ( memberi pertanyaan lisan ) Menyimpulkan materi Memberi salam Tenaga Kesehatan Depkes RI.b. Kegiatan Pra Pembelajaran  Mempersiapkan materi. Jakarta : 1993 . Sebutkan manfaat ASI b. Evaluasi Prosedur : Post test Jenis tes : Pertanyaan secara lisan Butir – butir pertanyaan : a. Sebutkan kapan ibu memberikan ASI pada bayi c. media dan tempat  Kontrak waktu 2. Langkah – langkah kegiatan : 1.

hak bayi karena diciptakan bersama dengan terjadinya janin dalam kandungan ibu  Pemberian ASI menimbulkan kepuasan / hubungan emosional yang hangat antara ibu dengan bayinya. Air Susu Sapi untuk anak sapi. karena 100 % cocok ( tidak memerlukan usaha penyesuaian ) dan mengandung zat gizi sesuai dengan keperluan bayi sesuai pertumbuhannya. Jelaskan manfaat MP ASI MATERI PENYULUHAN  Mengapa ASI harus diberikan pada bayi  ASI mengandung zat kekebalan yang akan memberikan daya tahan atau melindungi bayi terhadap berbagai penyakt  ASI makanan ideal untuk bayi. Karena dengan demikian ASI dapat bertambah banyak dan cukup untuk kebutuhan bayi  Susuilah bayi selama 2 tahun  Bagaimana dengan susu botol ( pengganti ASI ) Pengganti ASI biasanya dibuat dari susu sapi yang disesuaikan dengan kemampuan pencernaan bayi. oleh karena itu sedapat mungkin berikan ASI pada bayi ibu.  Kapan ASI diberikan pada bayi  ASI diberikan sesegera mungkin setelah bayi lhir  Ibu hendaknya menyusui bayinya sesering mungkin (setiap saat bayi menghendakinya).  Bayi yang diberi ASI lebih jarang sakit dan jarang menderita kekurangan gizi dibandingkan dengan bayi yang diberi susu botol ( Susu Sapi )  ASI adalah milik bayi.  ASI saja merupakan makanan dan minuman terbaik untuk bayi dalam masa 4 – 6 bulan pertama kehidupannya. Namun demikian :  Air Susu Ibu untuk anak ibu.e.  Pemberian susu botol ( susu sapi ) sangat merugikan karena : .

yang harus diperhatikan adalah : a.urut  Ibu harus yakin akan kemampuannya menghasilkan ASI yang cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi  Bagi ibu-ibu yang bekerja. sebagai persediaan untuk bayinya. Susu harus dipersiapkan dengan peralatan yang benar-benar bersih dan oleh orang yang sehat dan bersih c.a. Susu tersebut hendaknya diberikan melalui cangkir dengan sendok yang bersih dan bukan dengan botol  Apa yang harus dilakukan ibu untuk mmpertahankan produksi ASI  Menyusui setiap kali bayi minta (on demand) tidak usah dijadwal  Susukan kedua payudara secara bergantian  Tidal memberi susu botol kepada bayi  Perawatan payudara : a. pengeluaran yang lain c. Pengenceran susu harus sesuai petunjuk yang ada b. ASI dapat disimpan dalam kantong plastic yang bersih untuk kemudian diberikan dengan sendok  Ibu harus menjaga kesehatannya dengan makan-makanan yang bergizi sesuai dengan kebutuhannya . Payudara diurut dari pangkal ke arah putting susu c. bayi b. Tangan diminyaki b. Air susu dipijat keluar d. praktis d. Putting susu ditarik .tarik keluar dan diurut . Dapat menimbulkan kesakitan dan kematian pada Memerlukan biaya yang relative besar dan bagi keluarga yang berpenghasilan rendah akan mengurangi anggaran untuk Harus selalu dipersiapkan dulu sehingga tidak Dapat mengurangi produksi ASI  Bila karena suatu sebab sehingga terpaksa bayi tidak diberi ASI atai diberi susu botol.

karena makin bertambah umur bayi makin bertambah kebutuhan zat-zat gizi. sedangkan ASI mulai berkurang  MP ASI mulai diberikan pada saat bayi berumur 4 bulan  Bentuk dan jumlah MP ASI yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan bayi . Ibu harus minum cukup banyak  Bagaimana dengan makanan lain disamping ASI  Makanan Pendamping ASI ( MP ASI ) penting diberikan kepada bayi.