Pengertian Sabar Dalam Ensiklopedi Islam, yang dimaksud sabar ialah menahan diri dalam menanggung suatu penderitaan

, baik dalam menemukan sesuatu yang tidak diingini ataupun dalam bentuk kehilangan sesuatu yang disenangi.

sabar adalah menahan diri dari sifat kegundahan dan rasa emosi. Imam Ar Rohid Alfashani mendefinisikan Sabar sebagai mengendalikan diri agar tetap berada dalam kendali akal dan agama. . kemudian menahan lisan dari keluh kesah serta menahan anggota tubuh dari perbuatan yang tidak terarah. serta menjauhi hal-hal yang tidak dikehendaki oleh akal dan agama.Secara istilah.

Atau tetap tegaknya dorongan agama berhadapan dengan dorongan hawa nafsu. Ayat-ayat al-Quran yang terkait dengan sabar a. ‫يأيها الذين امنوا اصبروا وصابروا ورابطوا واتقوا هللا لعلكم تفلحون (ال‬ )200 : ‫عمران‬ … bersabarlah kalian dan kuat-kuatkanlah diri kalian dalam kesabaran … .l.Imam Al-Ghazali mengatakan: sabar adalah suatu kondisi mental dalam mengendalikan nafsu yang tumbuhnya atas dorongan ajaran agama.

… bertakwalah kepada Tuhanmu.”Orang-orang ‫@ ولنبلونكم بشيء من الخوف والجوع ونقص من األموال واألنفس‬ )155 : ‫والثمرات وبشر الصابرين (البقرة‬ ‫@ قل ياعباد الذين امنوا اتقوا ربكم للذين احسنوا فى هذه الدنيا حسنة‬ :‫وأرض هللا واسعة انما يوفى الصابرون أجرهم بغير حساب (الزمر‬ )10 yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. Dan bumi Allah itu luas. .

‫@ ولنبلنكم حتى نعلم المجاهدين منكم و الصابرين ونبلوا أحباركم (محمد‬ )31 : . dan agar Kami menyatakan (baik buruknya) hal ihwalmu.Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu agar kami mengetahui orang orang yang berjihad dan bersabar di atara kamu.

Baca Ali Imran: 200) Kedua. Kebanyakan manusia condong kepada perbuatan tercela … kebohongan. memakan harta dengan batil. Untuk taat kepada Allah adalah sangat berat dan sulit bagi manusia. berzina.Sabar secara syariat berarti menahan diri dari tiga hal: Pertama sabar untuk taat kepada Allah. Terkait dengan keuangan … seperti zakat. sabar dari hal-hal yang diharamkan Allah. . dll. haji. penipuan.

Manusia harus sabar atas musibah yang menimpanya. Ketika tertimpa musibah. seseorang yang terkena musibah pada badan. seperti. Diperlukan kesabaran dan ketabahan. dia tidak melakukan hal yang diharamkan. sabar terhadap takdir Allah yang tidak disukai. dll.Ketiga. Seperti. berkeluh kesah. keluarga. manusia akan bersikap dengan salah satu dari empat hal: . harta.

Sikap ketiga. marah baik dengan hati. maupun anggota badan. yaitu menahan diri. Dia benci kepada musibah. tetapi dia sabar terhadap dirinya. Yaitu bersikap lapang dada terhadap musibah dan ridha kepadanya dengan keridhaan yang sempurna seakan-akan dia tidak terkaena musibah. .Sikap pertama. ridha kepada takdir. dan tidak senang hal itu terjadi. lisan. sabar dari musibah. Sikap kedua. tidak menyenanginya.

maka beliau berkata alkhamdulillah dalam keadaan apapun. Rasulullah jika mengalami sesuatu yang dibencinya. sehingga dia bersyukur atas musibah yang menimpanya.Sikap keempat. Dia bersyukur kepada Allah karena Allah telah mempersiapkan pahala atas musibah ini yang lebih banyak daripada musibah yang menimpanya. . bersyukur.

luka. 3.Allah swt. gelisah.cacat. kebakaran. Cobaan melalui sanak keluarga dan keturunan yang berupa kematian. takut. Cobaan melalui harta kekayaan berupa kehilangan. Kadangkala memberikan hukuman di dunia ini dengan memberikan ujian dan cobaan dalam berbagai bentuk. kerusakan. resah. misalnya: 1. Cobaan badaniyah dan rohaniyah yang berupa penyakit. dll. . kemiskinan. 2. dll.

Bahwa suatu ketika Rasulullah saw. menjauhlah … . bersabda. dan bersabarlah” Wanita tersebut menjawab. Hadis Nabi. dari Anas bin Malik ra. melewati seorang wanita yang sedang menangis di dekat sebuah kuburan. “Bertakwalah kepada Allah. kemudian Rasulullah saw.Sabar terhadap musibah Sabar terhadap musibah merupakan aspek kesabaran yang paling sering dinasehatkan banyak orang.

Kemudian diberitahukan kepada wanita tersebut. (Bukh Mus). karena sesungguhnya engkau tidak mengetahui dan tidak bisa merasakan musibah yang menimpaku. lalu ia mendatangi pintu Rasulullah saw. Beliau bersabda. Kemudian ia berkata kepada Rasulullah saw. bahwa orang yang menegurnya tadi adalah Rasulullah saw. . „Sesungguhnya sabar itu terdapat pada hentakan pertama. (maaf) aku tadi tidak tahu engkau Rasulullah saw. dan ia tidak mendapatkan penjaganya.dariku.

Kedua. orang yang menilai bahwa musibah adalah sebagai penghapus dosa. sehingga. ia tidak pernah menyerahkan apa-apa yang menimpanya kecuali kepada Allah swt. dia selalu merasa sempit dada dan selalu mengeluh. .Tiga jenis manusia dalam menghadapi musibah Pertama. orang yang menganggap bahwa musibah adalah sebagai hukuman dan azab kepadanya.

Dapat berdampingan dengan Allah 2. Imbalan Orang yang sabar 1.Ketiga. Orang seperti ini selalu tenang serta percaya bahwa dengan musibah itu Allah menghendaki kebaikan bagi dirinya. Terbebaskan dari siksa api neraka 4. orang yang meyakini bahwa musibah adalah sebagai ladang peningkatan iman dan takwanya. Dicintai oleh Allah . Memperoleh berita yang menyenangkan 3.