Pemberian ASI menurut ajaran islam Susu terbaik untuk anak adalah air susu ibu karena dengan

menyusui terjadilah kontak cinta dan kasih sayang antara ibu dan anak. Ibu adalah orang yang paling mampu memberikan cinta dan kehangatan yang sesungguhnya kepada anak dengan naluri keibuannya yang diberikan Allah kepadanya. Allah SWT berfirman yang artinya :

Artinya : Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang makruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan juga seorang ayah karena anaknya, dan waris pun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (Q.S Al- Baqoroh 2: 233)

Hukum saudara sepersusuan allah SWT berfirman :

Artinya :

Imam Amirul Mu’minin Ali a.s. berkata, Artinya: Tidak ada air susu yang lebih berbarakah bagi anak bayi dari air susu ibunya sendiri.

Artinya: Jangan kalian susukan anak kalian pada wanita yang dungu karena anak akan terpengaruh oleh air susunya. atau ketiadaan ibu karena bercerai atau meninggal dunia. . berkata. Selain itu. Pada saat-saat ketika praktek menyusui tidak mungkin dilakukan karena sedikitnya air susu ibu.Riset ilmiah telah membuktikan bahwa ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi. dengan menyusui anak akan merasa aman dan tenang berada di dalam pelukan ibunya. Artinya: susukanlah anakmu itu pada wanita Ahlul Kitab. Ahlul Bait memerintahkan untuk memilih ibu susu yang memiliki kriteria tertentu. Artinya: Hati-hatilah kalian dalam memilih ibu susu untuk anak kalian karena air susu yang diminumnya akan mempengaruhi jalan kehidupannya. Imam Ali bin Abi Thalib a. atau karena ibu sedang sakit.s. Rasulullah SAWW juga bersabda.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful