INSTRUMEN PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

I.PRAPEMBELAJARAN 1.Mempersiapkan siswa untuk belajar (siswa,ruangan,alat&media pembelajaran) 2.Melakukan kegiatan apersepsi (kemukakan KD,Tuj. pembelajaran yg akan disampaikan,prasyarat,motivasi dsb).

II.KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN. A.Penguasaan Materi Pembelajaran 3.Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran. 4.Mengaitkan materi dgn pengetahuan lain yg relevan. 5.Menyampaikan materi dgn jelas sesuai hierarki belajar dan karakteristik siswa. 6.Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan.

B.Pendekatan / Strategi Pembelajaran. 7.Melaksanakan pembelajaran sesuai dgn kompetensi(tujuan) yg akan dicapai Dan karakteristik siswa. 8.Melaksanakan pembelajaran secara runtut. 9.Menguasai kelas. 10.Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual. 11.Melaks.pembelajaran yg memunkinkan tumbuhnya kebiasaan positif. 12.Melaksanakan pembelajaran sesuai dgn waktu yang dialokasikan.

C.Pemanfaatan Sumber Belajar / Media Pembelajaran. 13.Menggunakan media secara efektif dan efisien. 14.Menghasilkan pesan yang menarik. 15.Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media.

Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas . 23.Menumbuhkan artisipasi aktif siswa dalam pembelajaran.Melaksanakan tindak lanjut dgn memberikan arahan atau kegiatan atau tugas Sebagai bagian remidi/pengayaan.Penggunaan Bahasa.baik dan benar. 24.Melakukan refleksi atau membuat angkuman dgn melibatkan siswa.D. SELAMAT MELAKSANAKAN . 22.Pembelajaran yang Memicu dan Memelihara Keterlibatan Siswa. 20.Penilaian Proses dan Hasil Belajar. 21.Melakukan penilaian akhir sesuai dgn kompetensi (tujuan). III. 18. 19.PENUTUP.Menujukkan sikap terbuka terhadap respon siswa.Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar. F.Memantau kemajuan belajar selama proses. E. 16.Menyampaikan pesan dgn gaya yang sesuai. 17.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful