P. 1
Tugas Biology

Tugas Biology

|Views: 46|Likes:
BIOLOGY
BIOLOGY

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Novriatti Putri Pratama on Jul 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

02/20/2014

$0.99

USD

pdf

text

original

1. Apakah yang menyebabkan terjadinya pergeseran eosin dalam percobaan ini?

= karena hewan bernafas dan membutuhkan oksigen 2. Apa fungsi KOH dalam percobaan tersebut? = fungsinya untuk mengikat CO2 dari pernafasan hewan dalam tabung 3. Apakah fungsi eosin yang disuntikkan pada pipa respirometer? = Eosin yang disuntik kedalam pipa respirometer berfungsi untuk mengetahui adanya penyusutan volum udara dalam tabung tertutup tersebut. Oksigen yang dihirup oleh organisme dan karbon dioksida yang dilepaskan akan diserap oleh KOH/NaOH sehingga menyebabkan terjadinya penyusutan volume udara dan eosin yang digunakan berfungsi sebagai penanda berkurangnya volume udara didalam sistem tertutup tersebut. 4. Apa fungsi oksigen pada respirasi makhluk hidup? Tuliskan persamaan reaksinya = berfungsi untuk membantu pernafasan Persamaan reaksi : 2NaOH + CO2 dalam respirasi? = Untuk mengamati karbon dioksida dari hasil respirasi, hal ini dapat terlihat dari reaksi penyerapan oleh KOH menurut persamaan reaksi: i) KOH(aq) + CO2(g) ---> KHCO3(aq) ii) KHCO3(aq) + KOH(aq) ---> K2CO3(aq) + H2O(aq) dari persamaan reaksi diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa akan terbentuk air dari reaksi penyerapan CO2 oleh KOH tersebut. 6. Apakah tanda-tanda yang teramati di tabung respirometer untuk membuktikan dihasilkannya energi dalam respirasi? = Energi diperlukan oleh organisme untuk tetap hidup. Bahkan proses respirasi sendiri memerlukan energi dalam melaksanakannya. Hal ini tampak jelas pada kecoa, karena kecoa dapat bergerak didalam tabung yang menunjukkan bahwa kecoa menggunakan energi secara simultan, yaitu suatu proses dimana kecoa menggunakan energi yang dihasilkan oleh proses respirasi sebelumnya. 7. Amati perubahan yang terjadi pada botol A dan B. Samakah sekarang kejernihannya antar keduanya.? Mana yang lebih jernih? Mengapa bisa terjadi hal demikian? 2Na2CO3 + H2O

5. Apakah tanda-tanda yang teramati di tabung respirometer untuk membuktikan dihasilkannya

Tentukan : a. Untuk mempercepat proses respirasi pada percobaan di atas ditambahkan eosin karena mempunyai kemampuan untuk mengikat CO2. Yang lebih jernih adalah air kapur yang belum ditiupkan karbondioksida kerena kita bernapas mengeluarkan zat karbon dioksida. Variabel bebas Variabel kontrol Variabel terikat . b. 2. Respirasi adalah suatu proses pengambilan oksigen dan CO2 untuk proses pembakaran (oksidasi). 8. Apa fungsi air kapur pada percobaan ini? = fungsinya yaitu untuk membuktikan bahwa udara sisa pernapasan yang kita hembusan mengandung karbon dioksida. 1.= Kejernihannya tidak sama. Kesimpulan 1. Persamaan reaksi : Ca(OH)2 + CO2 CaCO3 + H2O VIII. c.

3. 4. pipet/jarum suntik. Variabel terikat : Laju pernapasan serangga. 6. 7. jelaskan hubungan antara variasi berat dengan penggunaan O2. : Jenis Belalang.sehingga membutuhkan banyak pernafasan dan oksigen.3. Ternyata aktifitas yang banyak bergerak dari jangkrik juga memengaruhi laju pernapasan 5. respirometer sederhana.2. sehingga setiap belalang memperoleh oksigen (O2) eosin akan bergerak. Pada hasil di atas jelas sekali bahwa ukuran tubuh mempegaruhi laju pernapasan. Buatlah kesimpulannya. Apakah fungsi oksigen pada proses respirasi makhlik hidup ? Jelaskan ? Apakah fungsi KOH ? Jelaskan pengaruhnya terhadap percobaan ? Bagaimana membuktikan adanya CO2 dan H2O sebagai sisa oksidasi ? Coba demonstrasikan dan jelaskan hasilnya ? 8. Fungsi oksigen pada proses respirasi makhluk hidup yakni sebagai proses pembebasan energi yang tersimpan dalam zat sumber energi melalui proses kimia dengan menggunakan oksigen. megapa demikian ? 5. Variabel bebas : Berat Belalang. 4. Walaupun diatas ada sedikit kegagalan yaitu pernapasan pada jangkrik besar tidak sebagaimana mestinya. Apakah yang menyebabkan pergeseran eosin dalam percobaan ? Buatlah grafik hubungan antara berat belalang dengan penggunaan oksigen per menit ? Dari grafik no. Jawaban : 1. Karena setiap makhluk hidup membutuhkan O2 (Oksigen) dalam jumlah yang besar. vaselin. Eosin. semakin kecil ukuran dan berat tubuh maka semakin cepat pernapasannya. Sebagai media dari proses respirasi inilah akan dihasilkan energi kimia ATP untuk . Melebihi dari Berat tubuh. Karena pada jangkrik yang berukuran besar melakukan aktifitas yang berkemungkinan banyak melakukan pergerakkan. dan suhu. kristal KOH. Karena belalang berusaha menghirup oksigen (O2) dari luar melalui tabung kapiler berskala. Hubungan antara berat dengan penggunaan oksigen berbanding terbalik. Variabel kontrol 2.

kami dapat menarik kesimpulan bahwa pada hasil di atas jelas sekali bahwa ukuran tubuh mempegaruhi laju pernapasan.Dengan persamaan reaksinya C6H12O6 + 6O2 → 6 CO2 + 6H2O + ATP (38 ATP) 6. Kecepatan penyusutan udara dalam ruang itu dapat dicatat (diamati) pada pipa kapiler berskala. 8. Cara membuktikan adanya CO2 sebagai sisa oksidasi dengan cara meniup suatu wadah yang berisi air kapur lalu jika air kapur tersebut berubah menjadi keruh. sehingga pergerakan darilarutan eosin benar-benar hanya disebabkan oleh konsumsi oksigen. Sedangkan untuk membuktikan adanya H2O sebagai sisa oksidasi dengan cara bernafas didepan kaca lalu.kegiatan kehidupan. Respirometer adalah alat yang dapat digunakan untuk mengukur kecepatan pernapasan beberapa macam organisme hidup seperti serangga. kecepatan pernapasan dapat dinyatakan dalam ml/detik/g. itu membuktikan bahwa adanya CO2 secagai sisa oksidasi. Jika tidak ada perubahan suhu berarti. Alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan pernasan adalah respirometer. semakin kecil ukuran dan berat tubuh maka semakin cepat pernapasannya. yaitu banyaknya oksigen digunakan oleh makhluk percobaan tiap 1 gram berat tiap detik. seperti sintesis (anabolisme). Adapun reaksiyang terjadi antara KOH dengan CO2 adalah sebagai berikut: KOH + CO2 → K2CO3 + H2O 7. sehingga membutuhkan banyak pernafasan dan oksigen. itu membuktikan adanya H2O sebagai sisa oksidasi. maka penyusutan udara akan terjadi. Prinsip kerja respirometer adalah Alat ini bekerja atas suatu prinsip bahwa dalam pernafasan ada oksigen yang digunakan oleh organisme ada karbondioksida yang dikeluarkan olehnya. Ternyata aktifitas yang banyak bergerak dari belalang juga memengaruhi laju pernapasan. gerak. jika kapas i2 berembun. Karena pada belalang yang berukuran besar melakukan aktifitas yang berkemungkinan banyak melakukan pergerakan. . Fungsi dari larutan ini adalah untuk mengikat CO2. Dari percobaan yang kami lakukan. dan pertumbuhan. Jika organisme yang bernapas itu disimpan dalam ruang tertutup dan karbon dioksida yang dikeluarkan oleh organisme dalam ruang tertutup itu diikat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->