Metedologi Mengevaluasi Buku Teks Matematika

Anggota : Arvin Efriani Ayu Tri Wahyuni Ratna Febiola Suci Rahmawati Yusrina Fitriani

Latar Belakang
Dalam proses belajar mengajar, siswa dan guru bertumpu pada buku teks pelajaran. Namun, berdasarkan sebuah penelitian di sebagian sekolah di beberapa negara besar di dunia, ada kesenjangan yang cukup besar antara silabus nasional dan standar kurikulum dari buku pelajaran matematika yang digunakan. Untuk itu, perlunya anilisis dan evaluasi lebih cermat terhadap konteks bahan matematika, termasuk buku-buku pelajaran matematika.

Tinjauan Pustaka
1. Howson (2005) 2.Fan dan Zhu (2007) 3.Queensland Studi Authority (2004) 4. Vergnaud (1983)

Metodologi
Metodologi yang digunakan dalam penganalisisan dan pengevaluasian bahan matematika ini adalah PENELITIAN. Subyek penelitiannya adalah penalaran proporsional dengan sampel penelitianya yaitu Bab 8 ‘Tarif dan Rasio’ pada salah satu buku teks matematika. Dimana analisisnya berdasar prinsip matematika.

Hasil
Hasil penelitian mengenai sebuah buku teks ditinjau dari keselarasan dalam prinsip matematika, yaitu : 1. Prinsip ekuitas 2. Prinsip kurikulum 3. Prinsip pengajaran 4. Prinsip belajar 5. Prinsip penilaian

Kesimpulan
Secara keseluruhan buku teks yang dianalisis dinilai cukup baik. Dimana buku ini disajikan dalam beberapa fitur yang diidentifikasikan dalam Prinsip Matematika dan Tujuan Konten khusus Kurikulum yang memberikan dasar untuk analisis. Buku ini bisa menjadi sumber yang efektif.

Saran
Buku teks matematika yang digunakan dalam pembelajaran harus berkualitas, dimana memiliki keselarasan antara silabus nasional dan standar kurikulum sehingga efektivitasnya dapat mudah dipahami siswa untuk mencapai tujuan penting pembelajaran matematika itu sendiri.

TERIMA KASIH

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful