1.5 Metode Penelitian dan Teknik Pengumpulan Data 1.5.

1 Metode Penelitian Metode penelitian yang digunakan dalam peneitian ini adalah metode penelitian Deskriptif Analitis dan studi kepustakaan. Dalam metode ini dapat memberikan gambran terhadap masalah yang akan dilakukan oleh peneliti. Penelitian melalui Metode Deskriptif ditujukan untuk mengumpulkan informasi actual secara rinci yang melukiskan gejala yang ada,

mengidentifikasikan masalah yang ada atau memeriksa kondisi dan praktik-praktik yang berlaku, membuat perbandingan evaluasi, menentukan apa yang dilakukan orang lain dalam menghadapi masalah yang sama dan belajar dari pengalaman mereka untuk menentukan rencana dan keputusan pada waktu yang akan datang. Jadi dalam metode ini bukan saja menjabarkan (analitis) tetapi memadukan. Bukan saja melakukan klasifikasi, tetapi juga organisasi (Rahmat,2007:25-26) 1.5.2 Teknik Pengumpulan Data Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan studi dokumen dan kepustakaan dengan sumber-sumber dari buku-buku, jurnal, internet, dan sumbersumber kepustakaan lainnya. Dengan demikian data yang diperoleh adalah data sekunder. Di samping pemanfaatan sumber-sumber tulisan lainnya seperti fasilitas dan jasa internet untuk mendapatkan data tertulis yang telah didokumentasikan. 1.6 Lokasi dan Waktu Penelitian 1.6.1 Lokasi Penelitian Penelitian ini mengambil lokasi pada sumber data yang cukup memadai, antara lain : 1. Perpustakaan Universitas Komputer Indonesia, Jl. Dipati Ukur 116. Bandung. 2. Perpustakaan Universitas Pasundan Jl. Lengkong Besar. Bandung

Jl. Bandung. Kedutaan Uni Eropa di Jakarta 7. 2. Kedutaan Turki di Jakarta 6. Jl. Sistematik Penulisan . Rencana Sidang 2012 2012 2012 2012 2 3 (Bulan) 4 5 6 7 8 1. Raya Jatinangor Sumedang 5. pemahaman dan pendalaman masalah) yaitu dimulai sejak bulan Februari 2011 dan direncanakan selesai pada bulan Agustus 2012 seperti yang dijelaskan dalam table berikut ini. Pengolahan Data 4. Perpustakaan LIPI Jakarta 8. Perpustakaan Universitas Parahyangan.7. Ciumbuleuit. Table 1. 4.3.6.2 Waktu Penelitian Waktu yang dibutuhkan oleh penelitian untuk pra-penelitian (tahap pengenalan. Perpustakaan CSIS Jakarta 1. Pengajuan Judul Bimbingan Skripsi Pengumpulan dan 3. Perpustakaan Universitas Padjajaran.2 Tabel Waktu Penelitian Waktu Penelitian No Kegiatan Tahun 1 1.6.

pembatasan masalah. Tinjauan pustaka ini dapat pula berisi uraian tentang data sekunder yang diperoleh dari jurnal-jurnal ilmiah atau hasil penelitian yang dapat dijadikan asumsi yang memungkinkan penalaran untuk menjawab masalah yang diajukan. BAB II Tinjauan Pustaka Pada bab ini peneliti menjelaskan teori-teori yang relevan dengan subjek yang diteliti.BAB Pendahuluan I Pada bab ini diuraikan masalah yang melatar belakangi diajukanya penelitian ini. serta syarat-syarat untuk bergabung dengan uni eropa. identifikasi masalah. BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan Dalam bab ini peneliti menjelaskan tentang pembahasan dari hasil penelitian yang merupakan jawaban dari identifikasi masalah dan hipótesis serta menganalisis Upaya pemerintah . perumusan masalah dan tujuan penelitian kegunaan penelitian kerangka pemikiran. dan lokasi penelitian dilangsungkan. yang terdiri dari latar belakang pembentukan. Menjelaskan gambaran umum mengenai Uni Eropa . struktur organisas. seperti Hubungan Internasional. BAB III Objek Penelitian Dalam bab ini peneliti menjelaskan gambaran umum tentang latar belakang Uni Eropa. keanggotaan. Kerjasama Internasional. Bantuan Luar Negeri. metologi penelitian. lalu di kaitkan dengan ketertarikan Turki untuk bergabung dengan uni eropa. Uraian dimulai dari latar belakang penelitian.

sehingga tidak menimbulkan penafsiran lain.Turki untuk bergabung dengan uni eropa (2004-2008) Bab V Kesimpulan dan Saran Kesimpulan merupakan intisari hasil analisis dan interpretasi. sering berupa anjuran yang dapat menyangkut aspek operasional maupun konseptual. Saran merupakan kelanjutan dari kesimpulan. Informasi yang disampaikan dalam kesimpulan ini bisa berupa pendapat baru. cara penulisan/pembahasan dirumuskan dalam bentuk pernyataan secara ketata dan padat. . koreksi atas pendapat lama. pengukuhan pendapat lama atau menumbangkan pendapatlama.