P. 1
Cara Membuat Pakan Lele

Cara Membuat Pakan Lele

|Views: 136|Likes:
Published by Alifian Nur Aditya

More info:

Published by: Alifian Nur Aditya on Jul 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/14/2013

pdf

text

original

ara membuat pakan lele

0
banyak peternak lele yang mengeluh karenatingginya harga pakan lele oleh karena itu kami akan memberikan beberapa cra untuk meminimalisir pakan lele yaitu dengan cara memberikan pakan organik. Bedanya organik dan non organik terletak dari jenis pangannya dan penanganannya. Banyak peternak yang asal memberikan pakan lele. Untuk itu kami akan memberikan informasi bagaimana cara membuat pakan lele dari kotoran sapi. 1. Kumpulkan kotoran sapi ke dalam bak 2. Campurkan kotoran tersebut dengan enzim bakteri silanace. Enzim ini adalah sejenis obat untuk penguraian kotoran sapi dan bisa Anda dapatkan di toko pertanian terdekat 3. Diamkan selama lima hari. Jaga dari kotoran lainnya yang bisa merusak proses aerasi 4. Anda akan mendapatkan kotoran sapi dalam bentuk cair, bukan lagi padat 5. Siramkan kotoran sapi ini secara berkala sebagai pangan lele organik

PAKAN LELE ALTERNATIF LAIN LAGI selain d atas maka disini saya akan mencoba untuk memberi pakan alternatif lain, yaitu dengan menggunakan pelet. Untuk praktisnya silahkan membeli pelet dengan kualitas paling rendah dan harga paling murah kemudian tambahkan viterna dan poc, hasilnya buagus banget hampir nggak ada lele yang mati, ikan besar badan daripada kepala, sehat lincah, harganyapun terjangkau karena ini produk madein dalam negri alias ngayojakarto, hasilnya buagus banget hampir nggak ada lele yang mati, ikan besar badan daripada kepala, sehat lincah. Atau Anda dapat mensiasasti dengan mengkombinasikan pakan pelet dengan ikan laut rucah. Cara pemberian pakan pakai aplikasi prod Nasa. POC Nasa, Viterna & Hormonik. semua campur jd 1 kemudian setiap pemberian pelet utk 4kg cukup campur 1 ttp viterna cmpr dgn air 1liter biarkan meresap krng lbh 5mnt baru di kasih. Hasilnya ikan lebih sehat dan pertumbuhanya lbh cepat sehingga bisa lbh hemat pakan. Saya coba daging ikan lebih gurih tanpa kelihatan lemaknya pokonya lebih enak.

kalo ingin lebih praktis lagi cra ini mungkun bisa anda pilih: Untuk bibit yang berukuran kecil(20 milimeter) pupuk kadang harus di oleh seperti ini dulu,,, 1.siapkan enzim bakteri silanace (probiotik) sebanyak 1liter,,campur dengan 2 liter molase dan campurkan 10 liter air sampai

biarkan selama 7hari sampai proses fermentasi sempurna 7.jika kotoran sapi d proses langsung kedalam kolam.siapkan bak atau kolam lele untuk mnampung kotoran sapi atau langsung mnggunakan kolam untuk pemeliharaan.merata biarkan sampaib 2 jam agar bakteri mulai aktif 2.masukkan cairan silanace yang sudah d buwat tadi k dalam bak. SELAMAT MENCOBA……!!!!!!! .untuk 1000 bibit lele memerlikan 500kg kotoran sapi 4.tebarkan kotoran sapi sampai merata.isi air sampai batas maksimal..kemudian siramkan cairan tersebut kedalam kolam secara merata ke dalam kolam yang akan d gunakan untuk memelihara lele. 6.isi air pada bak atau kolam dengan ketinggian 10cm d atas permukaan kotoran sapi tersebut.kemudian tunggu samapai 3hari. 3.setelah itu bibit ikan lele dapat d masukkan. 5.

"Menghemat biaya dan tenaga. antara 25-30 centimeter dibandingkan lele biasa. dan gurih. yang merupakan pelopor pengembangan budidaya lele organik dengan konsep mengadopsi pola hidup lele di alam bebas. sedangkan yang diberi pakan organik 7 hingga 8 ekor. Lele organik juga lebih menonjol dalam hal rasa. Banyuwangi. dalam 1 kilogram ikan lele yang diberi pakan pelet berjumlah antara 8 hingga 9 ekor. Hanya cukup diberi pakan kotoran hewan yang dicampur air dan tetes beserta enzim bakteri silanace untuk mempercepat proses penguraian kotoran. ia membikin 12 kolam berukuran masing-masing 3.” Di belakang rumahnya.sehingga berbeda dengan budidaya lele nonorganik. Saat ini pakan ikan lele yang berupa pellet. Keuntungan lainnya. "Dan tentunya. terutama di bagian sirip dan insang.000 rupiah per kilogram. Warna lele organik kemerah-merahan. dimana media hidup dan pakannya berasal dari bahan organik. dipasaran mengalami kenaikan dari harga 6. petani lulusan Teknik Nuklir. jika menggunakan pakan pellet menghabiskan pakan 1 ton.000 rupiah per kilogram menjadi 8. kalau organik sudah bebas zat kimia. Beternak lele organik tidak terlalu banyak biaya yang dikeluarkan. Universitas Gajah Mada. air di dalam kolam lele tidak menghasilkan bau busuk seperti halnya lele non organik. Ukuran lele organik ternyata lebih panjang.000 rupiah per kilogram. mengandung residu akibat pemakaian bahan kimia yang tinggi.5 meter x 4 meter untuk membudidayakan lele organik sejak masih benih hingga siap konsumsi. sedang lele organik pakan praktis tidak perlu membeli. demikian pula dengan tenaga kerja saat pemeliharaan tidak diperlukan lagi. kenyal. "Berbeda. Abdul Kohar. polusi bau tidak sedap tidak terjadi. Saat ini harga ikan lele di pasaran mencapai 14. Selang tujuh hari kemudian akan menghasilkan banyak plankton yang menjadi makanan utama lele. Sementara ditilik dari segi gizi. sisa air kolam masih bisa dimanfaatkan untuk pupuk tanaman.". Tekstur daging lebih kesat. ." Dan sisa air dalam kolam lele ternyata masih bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik untuk tanaman. Jalan Temuguruh. karena biaya Budidaya lele yang paling dominan adalah pakan.BUDI DAYA LELE ORGANIK DENGAN KOTORAN / FESES KELINCI Budidaya lele organik masih tergolong baru sehingga belum populer di masyarakat. hampir menyamai rasa lele yang hidup di alam bebas.walau Lele masih menjadi makanan favorit di masyarakat. biasanya dilakukan tanpa perlakuan khusus dengan pakannya berasal dari pabrikan (pelet) dan Hasilnya tentu saja berbeda. Sehingga ia tak perlu repot mengganti air dalam kolam. Namun kebanyakan yang beredar. lebih sehat. lele organik tingkat kolestorelnya lebih rendah karena mengandung asam lemak tak jenuh. Kecamatan Genteng. "Lele biasa warnanya sedikit lebih hitam. 48. adalah salah satu petani Banyuwangi. Untuk menghasilkan 1 ton ikan lele siap konsumsi.

dan sisa air kolam bisa dijadikan pupuk. Biarkan selama 2 jam agar bakteri menjadi aktif 4.000 Ditambah pembelian bambu dengan tenaga kerja pengerjaan atau ongkos gali kolam + batu merah Biaya Budi daya : Benih jenis Dumbo Sangkuriang ukuran 7. molase dan air tanah ke dalam kolam secara merata supaya proses fermentasi sempurna. lalu dibiarkan selama 3 hari 6.000. Fermentor (EM4. Enzim Bakteri Silanace harga Rp. Setelah 7 hari.Biaya Investasi :yang perlu disiapkan tidak terlalu banyak karena pemeliharaan lele biaya yang paling dominan adalah pakan Perkiraan harga terpal ukuran 5X7 Rp. Tebarkan kotoran kelinci secara merata di dasar kolam dengan perbandingan 500 kg untuk 1000 ekor bibit lele. lalu isi kolam dengan air tanah sampai dengan ketinggian 10 cm dari permukaan kotoran kelinci.8 mm Rp. 600. Tetes. Masukkan campuran fermentor. dan biarkan selama 7 hari. Hasil : Usia 70 hari panen dengan ukuran 1 Kg isi 8-9 ekor. Prodecom. dll) APLIKASI FESES KELINCI UNTUK PAKAN IKAN LELE 1. masukkan bibit ikan lele ukuran 7/9 ke dalam kolam dengan perbandingan 1 m2 untuk 250 . kolam diisi air sampai batas maksimal. 25. 2 lt molase dan 10 lt air sampai merata 3. Kotoran kelinci. harga partai 1 Kg lele Rp. 250/ekor Kotoran kelinci. CARA PEMANFAATAN FESES KELINCI UNTUK PAKAN IKAN LELE Bahan-bahan yang dibutuhkan : 1. Campurkan fermentor dengan molase dengan perbandingan 1 lt fermentor. 2.000 /Liter untuk 500 Kg kotoran sapi. Tetes tebu / molase / gula 3.300 ekor bibit. Setelah semua proses dilakukan. . 5. 11. basah atau kering 2.

blogspot.7. Pada saat memasukkan bibit ikan lele.com/2011/01/budi-daya-lele-organik-dengankotoran. Bila semua prosedur sudah dilakukan. jangan lupa melakukan aklimatisasi selama kurang lebih 2 jam 8. Selamat mencoba dan semoga sukses http://eross-rabbitry. maka 70 hari kemudian akan bisa panen ikan lele 9.html?showComment=1365007105730#c5777518271599590246 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->