. diperlukan latihan. pengalaman. dan motivasi.Bakat adalah sejumlah karakter bawaan berupa potensi yang berpengaruh terhadap keberhasilan seseorang dalam suatu bidang pekerjaan. Kemampuan adalah daya atau kesanggupan seseorang untuk melakukan suatu tindakan. pengetahuan. Prestasi adalah perwujudan dari bakat menjadi prestasi.

biasanya berkenaan dengan kemampuan intelektual seseorang  Bakat khusus adalah kemampuan bawaan yang berupa potensi dalam bidang tertentu. Bakat umum adalah kemampuan berupa potensi yang bersifat umum. .

d. Verbal Numerikal Skolatik Abstrak Daya bayang ruang Mekanik Kecepatan dan ketelitian klerikal Kemampuan berbahasa Indonesia Kemampuan berbahasa asing . f. b.a. g. e. h. c. i.

Keuletan dalam menghadapi tantangan e. Keberanian mengambil resiko d. Faktor Internal a. Pola asuh orang tua . Daya juamg dalam mengatasi kesulitan yang timbul  Faktor eksternal a. Motif berprestasi c. Kesempatan yang maksimal untuk mengembangkan diri b. Lingkungan tempat tinggal e. Dukungan dan dorongan orang tua/keluarga d. Sarana dan prasarana c. Minat b.

Minat dan nilai – nilai yang dianut . 2. 4. norma. 3. Pengalaman – pengalaman masa lalu 7. adat dan kebiasaan yang berlaku 6.Faktor – faktor yang mempengaruhi cita cita 1. Latihan dan lingkungan sejak kecil Ambisi orang tua Tokoh idola Persaingan dengan orang lain Tradisi. 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful