P. 1
Politik Luar Negeri

Politik Luar Negeri

|Views: 29|Likes:
Published by Arya Filoza Permadi
Pengertian Polugri dan Diplomasi
Pengertian Polugri dan Diplomasi

More info:

Published by: Arya Filoza Permadi on Jul 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/03/2014

pdf

text

original

POLITIK LUAR NEGERI

Keseluruhan perjalanan keputusan pemerintah untuk mengatur semua hubungan dengan negara lain.
NEGARA A KEBIJAKAN NEGARA B

DIPLOMASI
• Diplomasi menurut kamus Oxford Adcanced Leaner’s Dictionary of Current English adalah pengelolaan urusan-urusan negara oleh wakilwakilnya diluar negeri, para Duta Besar dan Duta, berdasarkan petunjuk-petunjuk yang diberikan Departemen Luar Negerinya.

KORELASI POLUGRI DAN DIPLOMASI
• J.R Childs menjelaskan bahwa Polugri adalah substanti hubungan luar negeri, sedangkan diplomasi yang sebenarnya adalah proses dimana kebijaksanaan dijalankan. Jadi polugri adalah substansi, sedangkan diplomasi adalah metodenya.

• Meskipun diplomasi tidak dikaitkan dengan formulasi yang aktual dari politik luar negeri, ia membantu perumusannya dengan cara menyebarluaskan kebijaksanaan yang diambil, mencoba menjelaskan, dan merundingkan persetujuan-persetujuan yang menjamin keamanan negara baik dalam perang maupun damai.

CONTOH KASUS
• Contoh korelasi Polugri dan Diplomasi studi kasus Indonesia dalam menghadapi penjajah. B.M Diah menyatakan bahwa Soekarno-HattaSjahrir menggunakan diplomasi sebagai kata akhir. Mereka memilih lawan Belanda di meja perundingan dengan mengandalkan kekuatan bersenjata di belakangnya. Sehingga perang kemerkedaan selesai tahun 1949.

PROPAGANDA
• Istilah propaganda berasal dari gereja katolik Roma berarti penyebaran terbatas informasi dan kredo. Istilah itu sekarang digunakan dengan penekanan khusus pada media komunikasi massa. Terrence Qualter mendefinisikan sebagai usaha yang disengaja oleh beberapa pihak melalui pemakaian tertentu reaksi dari mereka yang dipengaruhi adalah seperti apa yang diinginkan oleh sang propagandis.

• Contohnya seperti Woodrow Wilson yang terkenal dengan 14 poin pasalnya yang berusaha pengaruhi rakyat Jerman agar mempengaruhi pemimpinnya, namun hal ini tidak berhasil ketika ia berusaha mempengaruhi rakyat Itali untuk menekan Orlando, pemimpin Italia.

• Ivo D. Duchacek berpendapat bahwa propaganda yang penuh kebenaran akhirnya tidak akan berhasil. Ia mengatakan propaganda adalah metode dalam dirinya sendiri dan merupakan sebuah unsur penyimpangan lain. Taktik Big Lie (kebohongan besar) yang dipuji mungkin hanya berlangsung selama sasaran (audiens) tidak bisa membedakan kata-kata dengan fakta.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->