TEKNIK AKUNTANSI KEUANGAN SEKTOR PUBLIK

1. TEORI AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK Teori yang berkaitan dengan akuntansi keuangan adalah teori akuntansi. Teori akuntansi sektor publik sendiri masih dipertanyakan apakah ada teori tersebut. Tujuan dari mempelajari teori akuntansi adalah memahami praktik akuntansi, mengetahui kekurangan maupun kelebihan akuntansi, dan memperbaiki praktik akuntansi yang akan datang agar menjadi lebih baik lagi. Dalam menghasilkan laporan keuangan yang relevan ada pula kendala-kendala yang dialami oleh akuntan itu sendiri yaitu : 1. Objektivitas Adanya benturan terhadap kepentingan manajemen dengan stakeholder. Adanya sikap membela satu pihak karena ada kontrak tersendiri maka dari itu sulit adanya sikap yang objektiv. 2. Konsistensi Seorang akuntan harus konsisten dengan metode yang dipakai saat melakukan pencatatan agar dapat mengetahui perkembangan dari tahun ke tahun. 3. Daya banding Membandingkan laporan keuangan dengan instansi sektor publik yang lain. Jadi dapat diketahui kinerja organisasi satu dengan yang lain. 4. Tepat waktu Laporan keuangan harus diselesaikan tepat waktu agar manajer dapat mengambil suatu keputusan yang terkait dengan organisasi tersebut. 5. Ekonomis dalam penyajian laporan Adanya biaya yang besar dalam penyajian laporan keuangan harus memberikan manfaat yang besar pula bukan sebaliknya 6. Materialitas Informasi yang material adalah informasi yang dengan signifikan dapat mempengaruhi keputusan

Teknik Akuntansi - Laporan Keuangan - Audit Sektor Publik

Page 1

STANDAR AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK Standar akuntansi merupakan pedoman atau prinsip – prinsip yang mengatur perlakuan akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan. kinerja. Hal yang diperhatikan dalam penyusunan dan penetapan standar adalah menghindari terjadinya standar yang overload. Standar yang overload terjadi ketika: a. Standar memberikan dokumen tentang informasi yang harus disajikan dalam laporan keuangan posisi keuangan.2. Hal yang harus dipertimbangkan dalam penetapan standar akuntansi. perencanaan seta regulasi ekonomi dan penigkatan efisiensi ekonomi serta tujuan social lainnya. yaitu: a. Standar akuntasi sangat diperlukan untuk menjamin konsistensi dalam pelaporan keuangan. Tidak adanya standar akuntansi yang memadai akan menimbulkan impilkasi negative berupa rendahnya reliabilitas dan objektivitas informasi yang disajikan. dan aktivitas sebuah organisasi bagi seluruh pengguna informasi b. Standar menghasilkan prinsip dan teori yang penting bagi seluruh pihak yang berkepentingan dalam disiplin ilmu akuntansi. Standar terlalu banyak b.Laporan Keuangan . Tidak ada standar yang tegas (rigid) sehingga sulit untuk membuat pilihan dalam penerapannya Teknik Akuntansi . d.Audit Sektor Publik Page 2 . Standar memberikan petunjuk tentang kumpulan data yang perlu disajikan yang berkaitan dengan berbagai variable yang patut dipertimbangkan dalam bidang perpajakan. regulasi. c. Standar terlalu rumit c. Standar memberika petunjuk dan aturan tindakan bagi auditor yang memungkinkan pengujian secara hati – hati dan independen saat menggunakan keahlian dan integritasnya dalam mengaudit laporan suatu organisasi serta saat membuktikan kewajarannya.

Tetapi fokus pada pengeluaran.1 Akuntansi Anggaran Teknik yang menyajikan jumlah yang dianggarkan dengan jumlah yang akrual dan pencatatan. Terdapat dua jenis dana yang digunakan pada organisasi sektor publik.3 Akuntansi Dana Masalah utama yang dihadapi organisasi sektor publik yaitu pencariaan dana. Organisasi besar dan kecil 4. 2. Dana yang tidak dapat dibelanjakan (nonexpendable funds): untuk mencatat biaya pendapatan. perubahan aktiva bersih. Teori ini dikembangkan oleh Vatter (1947) untuk tujuan organisasi bisnis. sehingga gagal dalam menyajikan pebedaan kebutuhan diantara para penyaji dan pengguna. Standar kurang spesifik sehingga gagal dalam mengidentifikasi perbedaan antara: 1.d. 3. pengukuran yang terlalu kompleks. aktiva. Laporan keuangan auditan dan non auditan f. Dana yang dapat dibelanjakan (expendable fund): dicatat untuk mancatat nilai aktiva. Order yang diterima akan diakui pendapatan saat sudah dikirimkan faktur. Laporan keuangan tahunan dan interim 3. Teknik ini dapat membandingkan antara pengganggaran dengan realisasi anggaran yang terjadi. Standar mempunyai tujuan yang sifatnya umum (general purpose standards).Laporan Keuangan . e. Entitas publik dan entitas non publik 2. TEKNIK – TEKNIK AKUNTANSI KEUANGAN SEKTOR PUBLIK 3.yaitu: 1. atau keduanya.Audit Sektor Publik Page 3 .utang dan modal Teknik Akuntansi . 3. Pengungkapan yang berlebihan. dan saldo dana yang dapat dibelanjakan untuk kegiatan yang tidak bertujuan untuk mencari laba. utang. Jenis akuntansi dana ini digunakan pada organisasi pemerintahan (governmental funds).2 Akuntansi Komitmen Teknik yang mengakui adanya transaksi penerimaan dan pengeluaran. 3. Tujuan utamanya adalah untuk pengendalian anggaran.

LAPORAN KEUANGAN SEKTOR PUBLIK Laporan keuangan organisasi sector publik merupakan komponen penting untuk mencipatakan akuntabilitas sector publik. 1.Audit Sektor Publik Page 4 . Teknik akuntansi berbasis akrual diyakini dapat menghasilkan laporan keuangan yang lebih dipercaya. yaitu untuk mengetahui besarnya biaya yang dibutuhkan untuk menghasilkan pelayanan publik serta penentuan harga pelayanan yang dibebankan kepada publik. Hal ini berbeda dengan tujuan pengaplikasian accrual basis dalam sector swasta yang digunakan untuk mengetahui dan membandingkan besarnya biaya terhadap pendapatan (proper matching cost against revenue). riil dan obyectif. Jenis dana ini digunakan pada organisasi bisnis (proprietary funds). lebih akurat. Meskipun demikian. informasi keuangan bukan merupakan tujuan akhir akuntansi sector publik. Informasi keuangan berfungsi memberikan dasar pertimbangan untuk pengambilan keputusan. Kelebihan cash basis adalah mencerminkan pengeluaran yang actual. komprehensif dan relevan untuk pengambilan keputusan ekonomi.5 Akuntansi Akrual Akuntansi akrual dianggap lebih baik dibandingkan akuntansi kas. 3. dan pengeluaran dicatat ketika kas dikeluarkan. bukan tujuan akhir sector publik itu sendiri. Informasi akuntansi adalah alat untuk melaksanakan akuntabillitas sector publik secara efektif. program atau aktifitas tidak dapat diukur dengan baik.4 Akuntansi Kas Penerapan akuntansi kas. 3. tingkat efisiensi dan efektifitas suatu kegiatan.Laporan Keuangan . pendapatan dicatat pada saat kas diterima. social dan politik. Pengaplikasian accrual basis dalam akuntansi sector publik pada dasarnya adalah untuk menentukan cost of services dan charging for services. Dengan cash basis.untuk kegiatan yang sifatnya mencari laba. TUJUAN DAN FUNGSI LAPORAN KEUANGAN SEKTOR PUBLIK Teknik Akuntansi .

Karena kebutuhan informasi di sekitar sector publik lebih bervariasi. Nilai ekonomi merupakan nilai bersih entitas (total asset – total utang).1 Fungsi Laporan Keuangan Sektor Publik Secara umum. Nilai bersih di pemerintahan dapat mengetahui Teknik Akuntansi . Bagian keuangan perlu mengetahui jumlah uang yang ada di tangan (cash on hand) dan yang berada di bank. dan pengkomunikasian informasi yang bermanfaat untuk pembuatan keputusan dan untuk menilai kinerja organisasi. Informasi non moneter seperti ukuran output pelayanan harus juga dapat dipertimbangkan dalam pembuatan keputusan. fungsi laporan keuangan sector publik adalah: a) Kepatuhan dan Pengelolaan (compliance and stewardship) b) Akuntabilitas dan Pelaporan Retrospektif (accountability and retrospective reporting) c) Perencanaan dan Informasi Otorisasi (planning and autorhization information d) Kelangsungan Organisasi (viability) e) Hubungan masyarakat (public relation) f) Sumber fakta dan gambaran ( source of facts and figures) Sumber Daya Finansial Jangka Pendek Kas merupakan contoh sumber financial jangka pendek yang siap digunakan.2 1.Laporan Keuangan .3 Kondisi Ekonomi Nilai ekonomi merupakan selisih antara sumber daya total yang dimiliki oleh suatu entitas dengan total utang yang menjadi kewajibannya. 1.Audit Sektor Publik Page 5 . maka informasi tidak terbatas pada informasi keuangan yang dihasilkan dari system akuntansi organisasi. 1.Akuntansi sektor publik memiliki peran utama untuk menyiapkan laporan keuangan sebagai salah satu bentuk pelaksanaan akuntabilitas publik. Akuntansi dan laporan keuangan mengandung pengertian sebagai suatu proses pengumpulan. pengolahan.

al (1981) ada sepuluh kelompok memakai laporan keuangan yaitu: 1. dan efisien.Laporan Keuangan . efektif. 1.5 Perencanaan dan Penganggaran Anggaran merupakan alat perencanaan sekaligus alat pengendalian pemerintah. Pemberi dana bantuan Teknik Akuntansi . maka pemerintah dapat mengambil keputusan dengan tepat. 1. Kontraktual dan Ketentuan lainnya Kegiatan maupun aktivitas pemerintah dibatasi oleh perundangundangan dalam mengelola sumber daya yang dimiliki oleh negara.Audit Sektor Publik Page 6 . Sampai saat ini belum terdapat ukuran standar dalam mengukur kinerja sektor publik.kondisi perekonomian. Agar digunakan sesuai dengan kebutuhan. Pembayar pajak 2.6 Kinerja Manajerial dan Organisasional Laba bukan merupakan ukuran kinerja yang relevan bagi unit pemerintah.4 Ketentuan Hukum. Membuat anggaran dibutuhkan beberapa pertimbangan teknis akuntansi yang matang. 2. 1. PEMAKAI LAPORAN KEUANGAN SEKTOR PUBLIK DAN KEPENTINGANNYA Menurut Drebit et. Ukuran tersebut biasanya diukur berdasarkan ekonomis.

maka adanya penjelasan terbuka mengenai permasalahan yang menjadi perdebatan publik c. Karyawan/pegawai 6. Dewan legislatif 8. Hak untuk mengetahui baik kebijakan pemerintah maupun pengambilan keputusan pemerintah b. Hak untuk di dengar aspirasinya Kebutuhan pemakai laporan keuangan. Pemilih 10. Investor 4. HAK DAN KEBUTUHAN PEMAKAI LAPORAN KEUANGAN Hak pemakai laporan keuangan meliputi : a. Pemberi sumber daya 4. Badan pengawas Menurut Anthony ada 5 klasifikasi pemakai laporan keuangan sektor publik. Manajemen 9. meliputi : Teknik Akuntansi . Badan pengawas 5. Lembaga pemerintah 2. yaitu: 1. Pengguna jasa 5. Investor dan kreditur 3. Hak untuk diberi informasi. Konstituen 3.Laporan Keuangan .3. Pemasok 7.Audit Sektor Publik Page 7 .

Kreditor dan investor membutuhkan informasi untuk menghitung tingkat resiko c. PERBEDAAN DAN PERSAMAAN LAPORAN KEUANGAN SEKTOR PUBLIK DAN SEKTOR SWASTA Perbedaan Laporan Departemen pemerintah Fokus finansial dan politik Kinerja diukur secara financial dan nonfinansial Pertanggungjawaban parlemen dan masyarakat luas Berfokus pada bag organisasi Melihat ke masa depan secara detail Aturan pelaporan ditentukan oleh dep.a.Audit Sektor Publik Page 8 . dan praktik akuntansi Laporan keuangan diperiksa oleh auditor independen Persamaan Teknik Akuntansi .Laporan Keuangan .pasar modal. standar akuntansi. Manajer publik untuk sistem perencanaan dan pengendalian organisasi e.keuangan Laporan diperiksa oleh Treasury Laporan keuangan sektor swasta Fokus finansial Sebagian bsr kinerja diukur secara financial Pertanggungjawaban kepada pemegang saham dan kreditur Berfokus pada organisasi secara luas Tidak dapat melihat ke depan secara detail Aturan pelaporan ditentukan oleh undang – undang. Pegawai membutuhkan info perihal gaji dan manajemen kompensasi 4. Masyarakat membutuhkan informasi mengenai biaya maupun harga serta informasi mengenai pembayaran pajak b. Parlemen dan kelompok politik untuk melakukan fungsi pengawasan d.

Audit Sektor Publik Page 9 .Laporan Keuangan .Dokumen – dokumen sumber Berperan sebagai hubungan masyarakat (public relation) Berikut di bawah ini merupakan tabel perbandingan Laporan Keuangan Sektor Publik dan Sektor Swasta: Keterangan Laporan Keuangan Sektor Publik Laporan Keuangan Sektor Swasta Bentuk Laporan Keuangan • Laporan Posisi Keuangan (Neraca) • Laporan Realisasi Anggaran • Laporan Operasional • Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih • Laporan Perubahan Ekuitas • Laporan Arus Kas • Catatan atas Laporan Keuangan • Laporan Posisi Keuangan (Neraca) • Laporan Laba Rugi • Laporan Perubahan Ekuitas • Laporan Arus Kas • Catatan atas Laporan Keuangan Elemen (Kandungan Informasi Keuangan) • Aset • Kewajiban • Ekuitas • Pendapatan • Belanja • Transfer • Surplus/Defisit • Penerimaaan Pembiayaan • Pengeluaran Pembiayaan • Pembiayaan Neto • Aset • Kewajiban • Ekuitas • Pendapatan • Biaya • Gains • Losses • Laba Teknik Akuntansi .

Donor. KHARAKTERISTIK VALUE FOR MONEY AUDIT Kharakteristik Audit Kinerja : Ekonomi Audit Manajemen 3E Audit kinerja (VFMA) Efektifitas Audit program Efisiensi Teknik Akuntansi .Laporan Keuangan . sebagai pertanggungjawaban maka diperlukan pihak lain yang independen dan obyektif untuk melakukan penilaian atas kelayakan tersebut 1. Kreditur • Banyak Pilihan (Akuntansi kas. komitmen. IFRS Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Masyarakat. DPR/DPRD. akrual. IPSAS Komite Standar Akuntansi Pemerintahan PSAK. anggaran.• SiLPA/SiKPA Standar Akuntansi Badan Penyusun Standar Akuntansi Stakeholder Utama Sistem Akuntansi PSAP. Investor.Audit Sektor Publik Page 10 . dan dana) • Bisa Single Entry maupun double entry (Catatan sampai Tahun 2014) PP no 71 Tahun 2010 Pemegang Saham (Investor) dan Kreditur • Menggunakan Akuntansi Akrual • Double Entry AUDIT SEKTOR PUBLIK Untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan sektor publik.

An Arrangement Review. auditee (pihak yg diaudit) dan recipient (pihak yg menerima hasil audit). sesuai permintaan untuk : a. d. telah diakui kemampuannya dlm melakukan praktek audit. 3. terdapat struktur yg memadai. menilai kecukupan pengendalian internal Teknik Akuntansi . Memiliki pemahaman tentang akun-akun yg ada serta mentaati perundang-undangan yg berlaku. Pengujian dan evaluasi tertentu atas aktifitas yg mwnjadi tanggungjawab auditee oleh auditor untuk audit recipent.Audit Sektor Publik Page 11 . karena terdorong kesadaran bahwa audit akan dilaksanakan pada organisasi sektor publik dalam memenuhi kepentingan masyarakat. penelitian tentang dugaan adanya kesalahan/kecurangan. 2. 4. 3. manajemen secara jelas mengkomunikasikan. SYARAT-SYARAT MENJADI AUDITOR SEKTOR PUBLIK (ASP) 1) Seorang auditor harus telah diakui dapat melakukan pemeriksaan (audit): a. 2. 2) Seorang auditor harus mematuhi kode etik yang berlaku. PRASYARAT YG HARUS DIPENUHI DALAM AUDIT KINERJA : 1. 3) Seorang auditor harus dapat melakukan audit dengan bertanggungjawab. rencana yg matang. b.Laporan Keuangan . b. dan Performance Review. Hubungan akuntabilitas antara auditee (subordinate) dan audit recipient (otoritas yg lebih tinggi). c. b. harus dapat memahami apakh klien telah memanfaatkan sumberdaya yg dimiliki secara ekonomis. pelaksanaan diawasi dan dievaluasi 2) Special Studies. meliputi : a. c. Dua prosedur utama dalam melakukan praktek audit kinerja : 1) Management and Technical Review. efisien dan efektif ?.Ada tiga Katagori kegiatan ”VALUE FOR MONEY AUDIT” : 1) 2) 3) By-product VFM work . Auditor (orang / lembaga). Independensi antara auditor dan auditee.

TANGGUNGJAWAB ORGANISASI AUDITOR SEKTOR PUBLIK . STANDAR AUDIT SEKTOR PUBLIK Standar audit sektor publik diterbitkan BPK melalui Peraturan BPK Nomor 1 Tahun 2007 Tentang Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN). mengevaluasi penggunaan dana untuk kegiatan investasi yg akan berpengaruhn pada operasional dimasa yang akan datang.Laporan Keuangan . mutu pelaksanaan audit. konsultasi dg manajemen yg berkaitan dengan keuangan khusus atau kinerja d. Organisasi pemeriksa mempunyai tanggung jawab untuk meyakinkan bahwa: 1. SPKN dimaksud memuat persyaratan profesional auditor. Pelaksanaan audit yang didasarkan pada standar audit akan menjamin kredibilitas informasi yang dilaporkan atau diperoleh dari entitas yang diperiksa Apabila auditor melaksanakan pekerjaannya dengan mengikuti standar audit dan melaporkan hasilnya sesuai dengan standar audit maka hasil pekerjaannya diharapkan dapat mendukung peningkatan mutu pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan Negara serta pengambilan keputusan Pemerintah. 2. 4. peer-review yang independen dan pelaksanaan pekerjaan dan Teknik Akuntansi . dan persyaratan laporan audit yang profesional.Audit Sektor Publik Page 12 . independensi dan obyektivitas dipertahankan dalam seluruh tahap penugasan pertimbangan profesional (professional judgment) digunakan dalam perencanaan pelaporan hasil pekerjaan 3. 5.. pekerjaan dilakukan oleh personil yang mempunyai kompetensi profesional dan secara kolektif mempunyai keahlian dan pengetahuan yang memadai.c. dan 4.

2009.Jakarta:SalembaEmpat Teknik Akuntansi .REFRENSI Soeratno.Laporan Keuangan .Audit Sektor Publik Page 13 .Akuntansi SektorPublik.Jakarta Mardiasmo.Modul Akuntansi Sektor Publik.2009.

Laporan Keuangan .Teknik Akuntansi .Audit Sektor Publik Page 14 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful