RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu : Teknologi Informasi dan Komunikasi : VIII

/ I (Satu) : 2 x 45 Menit

A. Standar Kompetensi - Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi B. Kompetensi Dasar - Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata C. Indikator Kompetensi - Mengidentifikasi fasilitas-fasilitas dalam perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word 2007 - Mengidentifikasi bagian-bagian dalam perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word 2007 - Mengidentifikasi menu dan ikon pada Office Button dalam perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word 2007 - Mengidentifikasi menu dan ikon pada Quick Access Toolbar dalam perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word 2007 - Mengidentifikasi menu dan ikon Standard Tab pada Ribbon dalam perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word 2007 D. Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu: - Mengidentifikasi fasilitas-fasilitas dalam perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word 2007 - Mengidentifikasi bagian-bagian dalam perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word 2007 - Mengidentifikasi menu dan ikon pada Office Button dalam perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word 2007 - Mengidentifikasi menu dan ikon pada Quick Access Toolbar dalam perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word 2007 - Mengidentifikasi menu dan ikon Standard Tab pada Ribbon dalam perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word 2007 Karakter Siswa yang diharapkan : Kerjasama, Disiplin, Rajin, Percaya Diri dan Saling Menghargai

Siswa berdoa dengan dipimpin guru.Siswa mendengarkan dengan seksama penjelasan dari guru dan memulai unjuk kerja sesuai materi pada Handout .Siswa menjawab pertanyaan apersepsi dari guru Alokasi Waktu 3 Menit 5 Menit : Kegiatan Inti (67 Menit) Keterangan Kegiatan Alokasi Waktu Guru Siswa .Standard Tabs pada Ribbon lembar kerja Microsoft Word 2007 F.Menu dan ikon pada Quick Access Toolbar lembar kerja Microsoft Word 2007 . Model/Metode Pembelajaran Model Pembelajaran : Cooperative Learning Metode Pembelajaran : Think Pair Share G.Guru memberikan .Bagian-bagian dari lembar kerja Microsoft Word 2007 .Guru memeriksa daftar absen siswa dengan membaca nama siswa satu per satu .Guru mengucapkan salam . .Siswa menjawab salam dari guru .Guru memimpin doa sebelum membuka pelajaran .Guru memberikan pertanyaan apersepsi kepada siswa 1.Siswa menerima handout 2 Menit handout pembelajaran dari guru dan pada masing-masing siswa mempelajari handout untuk dipelajari tersebut . Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Langkah I : Kegiatan Pendahuluan (8 Menit) Kegiatan Guru .Guru menjelaskan secara singkat materi pembelajaran dan membimbing siswa dalam unjuk kerja sesuai dengan Handout . Pernahkah anda membuat dokumen dengan Microsoft Word 2007? Langkah II Siswa .Tahap Think Guru membimbing siswa memikirkan jawaban dari pertanyaan yang sudah disediakan pada handout . Materi Pembelajaran .Fasilitas-fasilitas dalam Microsoft Word 2007 .Siswa memikirkan jawaban dari pertanyaan secara mandiri dan menuangkannya dalam bentuk laporan tertulis 30 Menit Eksplorasi 10 Menit Elaborasi .Siswa memperhatikan dan mengangkat tangan saat namanya dipanggil .E.Menu dan ikon pada Office Button lembar kerja Microsoft Word 2007 .

Tahap Pair Guru meminta siswa untuk berpasangan dengan teman disampingnya untuk berdiskusi menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan yang telah tersedia .Guru mengucapkan salam H.Siswa menjawab salam dari guru Alokasi Waktu 5 menit Guru . Alat/Media/Sumber Belajar Alat : Spidol.Siswa berdiskusi untuk menyamakan pendapat tentang jawaban masingmasing individu dan menuangkannya dalam bentuk laporan tertulis 15 Menit .Mengidentifikasi bagianbagian dalam perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word 2007 Tes praktik (kinerja) Tunjukkanlah dan sebutkan fasilitasfasilitas dalam Microsoft Word 2007! Tunjukkanlah dan sebutkan bagian-bagian utama pada lembar kerja Microsoft Word 2007 Tes identifikasi .Siswa bertanya apabila terdapat materi yang belum jelas .Siswa mempresentasikan hasil diskusi dengan pasangannya dan menuangkannya dalam bentuk laporan tertulis Konfirmasi : Kegiatan Penutup (5 Menit) Kegiatan Siswa . LCD Proyektor Media : Komputer Sumber : Handout.. Papan Tulis.Mengidentifikasi fasilitasTes fasilitas dalam perangkat lunak praktik pengolah kata Microsoft Word (kinerja) 2007 .Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang konsep yang belum jelas .Tahap Share Guru meminta siswa mempresentasikaan hasil diskusi tentang pertanyaan-pertanyaan yang telah dijawab pada tahap pair Langkah III 10 Menit . Penilaian Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran Indikator Pencapaian Penilaian Kompetensi Teknik Bentuk Instrumen Tes identifikasi Contoh Instrumen . Lembar Kerja Siswa dan Buku Panduan TIK 2 Yudhistira I.

Mengidentifikasi menu dan ikon pada Office Button dalam perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word 2007 .Mengidentifikasi menu dan ikon pada Quick Access Toolbar dalam perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word 2007 ..Mengidentifikasi menu dan ikon Standard Tab pada Ribbon dalam perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word 2007 Lembar Observasi No 1 Aspek yang dinilai Tes praktik (kinerja) Tes identifikasi Tunjukkanlah dan sebutkan nama menumenu yang terdapat pada Office Button! Tunjukkanlah dan jelaskan letak Quick Access Toolbar pada lembar kerja Microsoft Word 2007! Tunjukkan group-group yang terdapat dalam Tab Home pada lembar kerja Microsoft Word 2007! Tes praktik (kinerja) Tes identifikasi Tes praktik (kinerja) Tes identifikasi SKALA KUANTITATIF 4 3 2 1 Nilai : (jml /20) x 100 2 3 4 5 Mengidentifikasi fasilitas-fasilitas dalam perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word 2007 Mengidentifikasi bagian-bagian dalam perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word 2007 Mengidentifikasi menu dan ikon pada Office Button dalam perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word 2007 Mengidentifikasi menu dan ikon pada Quick Access Toolbar dalam perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word 2007 Mengidentifikasi menu dan ikon Standard Tab pada Ribbon dalam perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word 2007 Jumlah Keterangan : 4 = Jawaban sangat tepat 3 = Jawaban tepat 2 = Jawaban Cukup tepat 1 = Jawaban Kurang tepat .