RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

Satuan Pendidikan : SDN Kelas/Semester Tema Sub Tema Pertemuan Alokasi Waktu : IV/1 : Indahnya Kebersamaan (Tema 1) : Bersyukur Atas Keberagaman (Sub Tema 3) :1 : 6 x 35 Menit

A. Kompetensi Inti 1. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (melihat, mendengar, membaca) menanya berdasarkan rasa ingin tahu bermain. 2. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis serta sistematis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya serta benda – benda yang dijumpai di sekolah dan tempat

B. Kompetensi Dasar IPS 3.2. Memahami manusia, perubahan dan berkelanjutan dalam waktu pada masa praaksara, hindu, budha, islam dalam aspek pemerintah, sosial ekonomi dan pendidikan. 4.2. Merangkum hasil pengamatan dan menceritakan manusia, perubahan dan

berkelanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu, Budha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial ekonomi dan pendidikan.

Bahasa Indonesia 3.5. Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu – Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilah dan memilih kosa kata baku.

1

4.5. 2 . Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu – Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilah dan memilih kosa kata baku.

Setelah membaca teks. Materi Ajar a. siswa mampu mencritakan kembali isi bacaan dengan menggunakan kata – kata sendiri. Memahami cerita terkait situs – situs budaya baik benda maupun tak benda di Indonesia dengan menggunakan bahasa daerah. Tujuan Pembelajaran 1. Seni Budaya Dan Prakarya Berkreasi membuat cerita sederhan tentang situs .6.fakta penting dari masa pra aksara. C. b. Menemukan perbedaan pada masa pra aksara dan masa aksara.17. Candi di Indonesia. 3. 2. dan masa Islam kemudian menuliskan fakta – fakta penting dalam bentuk tabel dengan benar. 4. dan masa Islam. Menceritakan cerita terkait situs – situs budaya baik benda maupun tak benda di Indonesia dengan menggunakan bahasa daerah. 2. d. c. Zaman Praaksara.Seni Budaya Dan Prakarya 3. Perbedaan masa Praaksara. masa Hindu – Budha. D. Teks bacaan “ Kehidupan Masyarakat Praaksara. Dengan membaca teks siswa mapu menemukan perbedaan masa pra aksara.Budha. siswa mampu menulis cerita sederhana tentang beberapa situs budaya dengan benar. Indikator IPS 1.situs budaya dengan menggunakan bahasa daerah. dan masa Islam 3 . masa Hindu – Budha. E. Hindu . Bahasa Indonesia Menuliskan kembali bahan bacaan dengan menggunakan kata – kata sendiri dengan menemukan informasi penting dalam setiap paragraf. Menuangkan fakta . Dengan bahasa daerah.

F. Alokasi Waktu 6 x 35 Menit 4 .

• Guru membaca teks tiga candi dengan bahasa daerah. H. diskusi. apa yang kurang sesuai) • Siswa mengamati gambar dan membaca teks tiga 60 menit candi yang tertera pada buku siswa. Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Pendahuluan Deskripsi Kegiatan Alokasi waktu • Guru memberikan salam dan mengajak berdoa 6 x 35 menit (relegius) • Mengecek kehadiran peserta didik. • Guru dipelajari. • Siswa menuliskan kembali tentang ketiga candi dalam bahasa daerah. Pendekatan/ Strategi/Metode Pendekatan Metode : Sainitifik (Scientifik) : Tanya – Jawab. 1) • Hasil ringkasan diperlihatkan teman sekelas untuk saling dikomentari ( apayang kurang.G. 5 . selanjutnya siswa membaca hasilnya kepada teman dalam kelompok (penilaian No. • Guru menyampaikan tujuan pembelajarandan materi yang kan dipelajari. • Guru menayangkan gambar kehidupan manusia menanyakan tentang materi pelajaran yang akan kemarinkemudian mengaitkan jaman Praaksara. ceramah tugas. Inti • Siswa membaca teks dan mengenai membuat kehidupan 50 menit ringkasan masyarakat Praaksara dengan memuat pokok – pokok sesuai tertera pada buku siswa (penilaian No. 2).

kemudian menukarkan hasilnya dengan hasil pekerjaan kelompok lain. • Siswa secara berkelompok membuat pertanyaan sebanyak – banyaknya. • Siswa membuat kesimpulan dari ketiga masa yang ada di indonesia dalam bentuk tabel dengan memperhatikan beberapa hal penting (penialain No. Penilaian 1. Kegiatan membuat ringkasan kehidupan masyarakat Praaksara dinilai dengan daftar periksa (bahasa Indonesia) No. Penutup • Siswa dapat menjawab pertanyaan perenungan. 3) • Guru dapat memberika pertanyaan agar siswa dapat menemukan informasi yang tersirat. • Guru memberikan tugas/PR 15 menit I. Siswa juga menjawab pertanyaan yang ada. 1 2 3 Kriteria Pengukuran Ringkasanku berisi informasi tentang bagaimana manusia pra aksara mendapatkan makanan Ringkasanku berisi cara hidup manusia praaksara Ringkasanku berisi informasi tentang tempat hidup manusia praaksara Ringkasanku berisi informasi tentang alat bantu untuk berburu dan mengumpulkan makanan Ya Tidak 4 6 . • Mengadakan refleksi dan pesan moral. • Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan. • Menyampaikan materi yang akan datang.Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi waktu • Siswa membaca teks tentang sebuah kerajaan islam 60 menit di Indonesia.

. 7 .. Kegiatan menulis cerita dalam bahasa daerah di nilai dengan daftar periksa (SBdP) No.. Kegiatan membedakan masa praaksara. 4. NIP.. . 1 2 3 4 Kriteria Pengukuran Ceritaku berisi letak candi Ceritaku berisi agama asal candi Ceritaku memuat kerajaan yang membangun candi Ceritaku berisi kapan candi tersebut dibangun Ya Tidak 3. 3 Aku dapat menemukan perbedaan kepercayaan terkait prmerintahan ketiga masa. 2 Aku dapat menemukan perbedaan kepercayaan terkait tempat tinggal ketiga masa. .2. Hindu – budha dan masa Islam dinilai dangan daftar periksa (IPS) No. ... Penilaian Sikap Ya Tidak J. Sumber dan Alat Bantu Pembelajaran Buku yang relevan Gambar Manusia Praaksara Gambar candi di Indonesia Mengetahui Kepala Sekolah SDN . Guru Kelas IV . NIP.. 1 Kriteria Pengukuran Aku dapat menemukan perbedaan kepercayaan terkait ketiga masa. .

.. Dimana manusia pruba bertempat tinggal? Jawab: .... 1. 3. 4. 5. Kerajaan apa yang pertama kali merupakan kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa? Jawab: ..LAMPIRAN Soal Evaluasi Soal tertulis: Jawablah dengan baik dan benar. Siapa yang menyebarkan agama Islam dan sekaligus pendukung Kerajaan Demak? Jawab: . Pedoman Penilaian Tiap Soal Skor : 2 Skor Maksimal : 10 8 .. Sebutkan candi peninggalan agama Budha? Jawab: .. 2... Bagaimana orang/manusia purba mendapatkan makanan? Jawab: .