P. 1
Visi Dan Misi Organisasi

Visi Dan Misi Organisasi

|Views: 343|Likes:
Published by tempesoy

More info:

Published by: tempesoy on Jul 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/13/2015

pdf

text

original

Visi dan Misi Organisasi

Dr. Herpratiwi,M.Pd.

Visi, Misi dan Tujuan Organisasi

Seorang atau sekelompok orang baik pemerintah atau swasta dalam mendirikan sutau organisasi pasti memiliki keinginan mengapa organisasi didirikan. Keinginan itu dirangkum dalam suatu visi, misii dan tujuan organisasi

B. what it is tryng become. and how quickly (J.Visi Organisasi    A vision statement established where the organization is headed. 1995) Visi mengacu pada gambaran masa depan dengan beberapa komentar yang implisit atau eksplisit mengenai mengapa orang harus berusaha keras untuk menciptakan masa depan seperti itu (J. Whittaker. Kotter) Visi: Organisasi mau dibawa kemana? .P.

Visi Organisasi yang Efektif (J.  Menarik (menyentuh kepentingan seluruh aspek terkait organisasi)  Dapat diimplementasikan (berisikan tujuan-tujuan yang realistis dan dapat dicapai)  .P. Kotter) Dapat dibayangkan (memberikan gambaran mengenai masa depan organisasi nantinya).

Visi Organisasi     Fokus (jelas memberikan bimbingan dalam pengambilan keputusan) Fleksibel (cukup umum sehingga memungkinkan individu untuk mengambil inisiatif dan responrespon alternatif yang berhubungan dengankondisi yang berubah-ubah) Dapat dikomunikasikan (mudah untuk disampaikan) Ada time frame-nya .

4 syarat menetapkan dan menulis Visi (Bennis & Mische) 1. menekankan hasil yang luar biasa ketimbang hanya hasil yang bertahap Menciptakan sara kekuatan. 2. dan intimidasi . kepanikan. semangat dan komitmen ketimbang kegelisaan. Mencakup segala hal dan berani.

Realistis dan dapat dicapai. sebab visi adalah artikulasi dari citra. Spesifik dan harus dinyatakan dengan keyakinan. dipergunakan sebagai pedoman bagi semua aktivitas organisasi 4. nilai. .4 syarat menetapkan dan menulis Visi (Bennis & Mische) 3. arah dan tujuan yang akan memandu masa depan organisasi.

khususnya masyarakat Islam sesuai dengan sumber-sumber yang ada dan boleh menjadi satu model kepada dunia Islam. berkesan untuk menolong kehidupan dan ekonomi masyarakat negara ini.Contoh pernyataan visi Pusat pungutan zakat Malaysia Mewujudkan sebuah institusi zakat berlandaskan syarak yang boleh memainkan peranan. .

Contoh pernyataan visi Bill Gates Microsoft Personal computer ada di setiap meja kantor dan di setiap keluarga. .

dikagumi di pasar rasional. . dominan di pasar emosional.Contoh pernyataan visi Bank Muamalat Indonesia Menjadi bank syariah utama di Indonesia.

Contoh pernyataan visi Coca-Cola Amatil Indonesia Menjadikan produk coca-cola sebagai pilihan utama. .minuman siap saji yang tersedia dimana saja melalui pengembangan organisasi yang sehat dankuat dengan karyawan yang cakap serta berorientasi pada customer.

Contoh pernyataan visi LPSDM Insantama Cendekia Menjadi lembaga pengembangan SDM terkemuka .

Misi Organisasi Merupakan pernyataan mengenai hal-hal yang harus dicapai organisasi di masa yang akan datang oleh semua pihak yang berkepentingan dalam organisasi (anaonymous) .

Misi Organisasi  Misi yang jelas akan memberikan arahan jangka panjang sehingga dapat memberikan stabilitas manajemen dan kepemimpinan organisasi Misi: Mengapa organisasi harus ada .

. 3.6 kriteria menulis misi 1. Orang luar bisa mendatangkan kejelasan dan perspektif yang segar ke dalam proses penulisan pernyataan misi anda. 2. Tidak harus pendek tetapi sederhana Memungkinkan masukan dari seluruh SDM organisasi. Jagalah agar pernyataan tetap sederhana.

. Berbagilah pernyataan misi dengan cara kreatif sebanyak mungkin dan dalam bahasa sebanyak yang diperlukan. Jagalah agar pernyataan misi tetap berada dihadapan setiap orang. 5. Susunan dan nada kata-kata seharusnya mencerminkan kepribadian organisasi atau ingin menjadi apa organisasi ini.6 kriteria menulis misi 4.

. Mengandalkan pernyataan misi sebagai bimbingan. Manajemen harusmengatakan dan menghayatinya.6 kriteria menulis misi 6. Tantanglah pernyataan misi terus menerus. dan nilailah karyawan dengan sebaik apa mereka mematuhi prinsip-prinsipnya.

memberikan pelayanan dokumen yang meningkatkan produktivitas.Contoh Pernyataan misi XEROX Xerox. akanmenjadi pemimpin di pasar dokumen.The Document Company. Motorola Tujuan dasar kami kepuasan pelanggal total .

karena tiada lagi golongan yang meminta bantuan seperti di zaman khalifah Umar Ibnu Abdul Aziz.Contoh Pernyataan misi Pusat Pungutan Zakat Malaysia Bekerjasama dengan semua pihak untuk membantu golongan-golongan yang layak dibantu dari kewangan zakat berlebihan. .

. keunggulan manajemen dan orientasi investasi yang inovatif untuk memaksimumkan nilai kepada stakeholders.Contoh Pernyataan misi Bank Muamalat Indonesia Menjadi rule model lembaga keuangan syariah dunia dengan penekanan pada semangat kewirausahaan.

Contoh Pernyataan misi GOOD YEAR Peningkatan terus menerus dalam produk dan jasa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kami .

2. . Organisasi tidak memiliki motivasi. Konsep tentang vis dan misi itu sendiri tidak jelas Secara instrinsik organisasi tidak secara sungguh-sungguh mendambakan dan mengusahakan tercapainya visi danmisi itu sendiri.Sebab Visi dan Misi Organisasi tidak Efektif 1.

. Rumusan dianggap tidak realistis untuk dicapai.Sebab Visi dan Misi Organisasi tidak Efektif 3. Visi dan misi tdk fleksibel. Artinya visi danmisi tidak dipercaya oleh konstituen org karena tidak selaras dengan sistemnilai org. 4. Sementara org harus tangguh menghadapi berbagai tantangan dan teguh menuju arah yg telah ditetapkan.

Sebab Visi dan Misi Organisasi tidak Efektif 5. . Visi dan misi tidak didukung oleh strategi bisnis dan manajemen yang tepat. 6. Visi dan misi tidak ditopang oleh kepemimpinan yg mampu merealisasikan visi dan misi org tersebut menjadi kenyataan.

 Tujuan org berisikan langkah-langkah yang akan dilakukan oleh org agar misi yang diinginkan dapat dicapai.  .Tujuan Organisasi Tujuan org dibuat didasarkan pada pernyataan yang dikemukakan oleh misi.

Contoh Tujuan Organisasi STMIK Mengembangkan suasana akademik melalui peningkatan interaksi antara tenaga pendidik dengan peserta didik dalam kegiatan ilmiah dan penelitian. .

 . misi dan tujuan sebagai pedoman pengembangan organisasi ke masa yang akan datang.  Organisasi yang baik adalah organisasi yang dapat merealisasikan semua tujuan organisasi sesuai dengan visi dan misinya.Kesimpulan Setiap org wajib mempunyai visi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->