P. 1
TUPOKSI Perangkat SMA Negeri 3 Parepare 2013/2014

TUPOKSI Perangkat SMA Negeri 3 Parepare 2013/2014

|Views: 62|Likes:
Published by S.Dirman Qodir
Tugas pokok perangkat sekolah sebagai acuan untuk merancang program kerja sekolah demi untuk peningkatan mutu tenaga pendidik dan kependidikan. dan sebagai acuan melaksanakan penilaian kinerja tenaga pendidik dalam rengka penilaian PKB dan penilaian berbasis kinerja. Hal ini dilakukan untuk menciptakan kondisi yang akomodatif bagi kalangan tenaga pendidik dan kependidikan di SMANegeri 3 Parepare tahun pelajaran 2013/2014. Program ini pun sebagai acuan merancang Rencana Kerja jangka pendek dan jangka panjang yang akan didokumentasikan pada RKS-RKAS SMA Negeri 3 untuk program kerja 4 tahun
Tugas pokok perangkat sekolah sebagai acuan untuk merancang program kerja sekolah demi untuk peningkatan mutu tenaga pendidik dan kependidikan. dan sebagai acuan melaksanakan penilaian kinerja tenaga pendidik dalam rengka penilaian PKB dan penilaian berbasis kinerja. Hal ini dilakukan untuk menciptakan kondisi yang akomodatif bagi kalangan tenaga pendidik dan kependidikan di SMANegeri 3 Parepare tahun pelajaran 2013/2014. Program ini pun sebagai acuan merancang Rencana Kerja jangka pendek dan jangka panjang yang akan didokumentasikan pada RKS-RKAS SMA Negeri 3 untuk program kerja 4 tahun

More info:

Categories:Types, Presentations
Published by: S.Dirman Qodir on Jul 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/01/2014

pdf

text

original

Menuju yang lebih baik

Page 1

19 Juni Page 2 2013 .TUPOKSI PERANGKAT SEKOLAH Tahun Pelajaran 2013/2014 Oleh Kepala SMA Negeri 3 Parepare Rabu.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen 2. 19 Tahun 2005 Standar Pendidikan Nasional 4. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru 3. Undang-Undang RI No. Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan pada Satuan Pendidikan Menengah 5. Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi guru 6. Permendiknas Nomor 39 Tahun 2009 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru Page 3 .Acuan Pokok : 1.

daftar nilai siswa.Tupoksi Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum : 1. dsb.) Mengkoordinir pelaksanaan PPL/Observasi/Penelitian dari perguruan tinggi Menyusun laporan pelaksanaan pembelajaran secara berkala Page 4 . 9. 6. 4. Menyusun Kalender Pendidikan dan Time Schedule Kegiatan Menyusun pembagian tugas guru dan Jadwal Pelajaran Mengatur pengadaan dan pengelolaan daftar hadir guru/siswa dalam proses pembelajaran Menyusun panitia dan jadwal pelaksanaan UTS/UAS/ UAN Menetapkan kriteria persyaratan pemilihan program dan kenaikan kelas Membantu pengadaan administrasi guru dan wali kelas Menyusun dan mengatur jadwal Pengayaan bagi keIas XII Menyusun jadwal penerimaan buku laporan pendidikan (Raport) dan penerimaan STTB/Ijasah Mengadministrasikan dan mendorong Prestasi Akademik siswa Menyediakan dan memeriksa daftar hadir guru Memeriksa program satuan pembelajaran guru Monitoring pelaksanaan dan mengatasi hambatan terhadap KBM Mengatur penyediaan kelengkapan sarana guru dalam KBM (spidol dan isi tintanya. 14. penghapus papan tulis. 12. 7. 11. 15. 3. 5. 13. 2. 10. daftar absensi siswa. 8.

Melakukan pembinaan pengurus OSIS dalam berorganisasi 7. Mengadministrasikan data perolehan prestasi siswa dalam tiap kegiatan lomba 12. Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah. Melaksanakan bimbingan. 8. 11. pengarahan dan pengendalian kegiatan siswa/OSIS dalam rangka pembinaan karakter dan peduli lingkungan sekolah 4. Memberi pengarahan dan penilaian dalam pemilihan pengurus OSIS 6. Menyusun perencanaan dan pelaksanaan penerimaan calon peserta didik baru. Bekerjasama dengan para pembina kegiatan kesiswaan didalam menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insidentil. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala Page 5 . Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan siswa penerima beasiswa prestasi atau siswa kurang mampu 9. Mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan orang tua siswa 13. Menegakkan Tata Tertib Sekolah 3. Mengkoordinasikan pelaksanaan 10 K 5. 10. Menyusun program pembinaan kesiswaan/OSIS 2.Tupoksi Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan : 1.

Mengkoordinir pelaksanaan Jum’at Bersih 14. Menyusun pembagian tugas piket harian 13. Memfasilitasi Tamu Dinas dan Non Dinas yang berkepentingan dengan Kepala Sekolah. Mengkoordinir pelaksanaan studi banding/tour guru/siswa 15. Menyusun dan merencanakan Rapat Dinas Sekolah serta mempersiapkan/ menyimpan Buku Notulen Rapat 8. Guru atau Siswa dengan mengadminsitrasikan pada buku tamu 6. Memfasilitasi wali kelas dan BK dalam pelaksanaan Home Visit 11. Mengawasi dan membimbing tenaga pesuruh dalam pemeliharaan kebersihan. Menangani Surat Undangan Dinas baik ke dalam maupun keluar 7. Menyusun pembagian tugas pelaksana upacara dan pembina upacara 12. kondisi dan kemajuan sekolah sesuai dengan pendelegasian Kepala Sekolah 3. Menyusun laporan pelaksanaan hubungan masyarakat secara berkala Page 6 .Tupoksi Wakil Kepala Sekolah Urusan Hubungan Masyarakat : 1. instansi dan media 9. Menyusun Program Kerja Hubungan Masyarakat 2. Mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan orang tua/wali siswa dalam rangka membangun kemitraan dengan Komite Sekolah 4. Menjalin komunikasi internal dan ekternal antar warga sekolah dan stake holder 5. keamanan dan keindahan sekolah 10. Memberikan penjelasan tentang kebijakan sekolah. Menjalin Kemitraan antara sekolah dengan lembaga.

kohor. Mendata dan membukukan semua sarana dan prasarana sekolah. Menginventarisasi pendayagunaan sarana prasarana 6.Tupoksi Wakil Kepala Sekolah Urusan Sarana Prasarana : 1. papan data. Mengatur pengadaan denah sekolah. organigram. Kesiswaan untuk mengoptimalkan fasilitas / sarana kegiatan siswa sesuai dengan kebutuhannya. atribut dan lain-lain yang berhubungan dengan kebutuhan sekolah 4. Melaksanakan pemeriksaan rutin terhadap sarana sekolah (barang habis pakai dan tidak habis pakai) 7. Menyusun laporan pelaksanaan urusan sarana dan prasarana secara berkala Page 7 . 2. Menyusun rencana kebutuhan sarana dan kelayakan prasarana sekolah 5. 3. Mengatur dan pengadministrasian sarana dan prasarana kelas 9. Berkoordinasi dengan waka. Mengelola alat-alat penunjang pembelajaran 8.

Mengajukan anggaran pengelolaan perpustakaan sekolah. Merencanaakan dan mengadakan buku pustaka (baru) yang bermutu sesuai kebutuhan dan kemampuan sekolah. 3. Membuat program pengelolaan ruang dan pemanfaatan buku perpustakaan. 6. 4. 7. Page 8 . 5. Membuat tata tertib ruang perpustakaan. Membuat laporan pelaksanaan tugas baik dalam hal administrasi umum maupun keuangan perpustakaan. Menambah bahan pustaka yang relevan.Tupoksi Kepala Perpustakaan: 1. 2. Mengatur jadwal pelayanan ruang perpustakaan.

dll) 7. kedinasan dan hubungan dengan instansi terkait (NUPTK.Tupoksi Kepala Lab. NPSN. Menyusun rencana penggunaan dan pemeliharaan laboratorium komputer 2. Mengkoordinasikan pemanfaatan Teknologi Informasi untuk kegiatan pembelajaran. Membantu dan membimbing staf tata laksana dalam pemanfaatan Teknologi dan Informasi 6. media dan sumber belajar yang tersedia di laboratorium untuk digunakan pada pembelajaran 4. NISN. Padamu Negeri. e-mail. Mempersiapkan alat. Menyusun laporan pelaksanaan program secara berkala Page 9 . Komputer: 1. PAS. Membantu dan membimbing guru mata pelajaran yang menggunakan laboratorium komputer 5. Menyusun rencana pengembangan laboratorium komputer untuk peningkatan mutu pembelajaran dan efisiensi administrasi sekolah (SIM dan WEB Sekolah) 3.

4. 2. Mendata dan menginventarisir alat-alat laboratorium. Merencanakan dan membuat administrasi kegiatan praktek laboratorium. Mengusulkan kebutuhan alat-alat laboratorium yang diperlukan dalam kegiatan praktek.Tupoksi Kepala Lab. Kimia : 1. Memelihara dan melakukan perbaikan alat-alat yang diperlukan. 3. 5. Turut menjaga kebersihan ruang laobratorium. 6. Page 10 . Membuat jadwal praktek dan tata tertib pengunaan ruang dan alat-alat laboratorium.

Menyusun laporan pelaksanaan BK secara berkala Page 11 . 7. Memfasilitasi siswa yang akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi dan dunia kerja 15. Menyusun program dan pelaksanaan kegiatan BK Membantu guru dan wali kelas dalam menghadapi kasus tiap siswa Membuat program bimbingan psikologi Menyusun dan mengarsip data kasus murid (konseling) Membantu orang tua/wali siswa dalam memberikan layanan psikolog tentang perkembangan putra-putrinya 6. 3. 4. 5. Memberikan layanan bimbingan penyuluhan. Kordinasi dengan Wali Kelas dalam rangka mengatasi masalah yang dihadapi siswa tentang kesulitan belajar. Memberikan saran dan pertimbangan kepada siswa dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan pendidikan 11. Mengadakan penilaian pelaksanaan BK 12. Melaksanakan home visit kepada siswa yang bermasalah setelah ditangani oleh wali kelas melalui home visit sebelumnya dan tidak ada perubahan 13. karir kepada siswa agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar 9. Menyusun dan memberikan saran serta pertimbangan pemilihan program studi 10. Menyusun statistik hasil penilaian BK 14.Tupoksi Koordinator BK : 1. 2. Melaksanakan koordinasi dengan wali kelas dan guru dalam menilai siswa bila terjadi pelanggaran yang dilakukan siswa 8.

Mendesain ruang UKS yang nyaman dan aman untuk kebutuhan siswa. 5. 3. Mengadakan kebutuhan sarana pengobatan dan obat – obat yang dibutuhkan. Bekerja sama dengan guru dan atau pegawai dalam pelaksanaan tugasnya sesuai situasi dan kondisi. Page 12 . Membuat program pengelolaan UKS. 4. 2.Tupoksi Pengelola UKS : 1. Menyusun prosedur penanganan masalah yang yang terjadi berkaitan dengan kesehatan siswa.

3. memeriksa dan meneliti alat-alat yang telah dikembalikan oleh guru Mengetahui kegunaan dan cara kerja setiap peralatan yang menjadi wewenangnya Melaporkan alat rusak.Tupoksi Petugas Laboran : 1. 11. 7. 6. Sebagai penanggung jawab atas Laboratorium Membantu mempersiapkan ruang laboratorium Mempersiapkan ruang laboratorium Melakukan pemeliharaan dan penyimpanan alat-alat praktik Mengadakan pengawasan terhadap pelaksanaan praktik Mengadakan penyusunan laporan keadaan alat praktik Menerima. 4. 5. hilang kepada Kepala Sekolah Menjaga dan melaksanakan kegiatan keamanan. kebersihan. keindahan dan kekeluargaan Membuka daftar skala prioritas kebutuhan untuk kelancaran praktikum Page 13 . ketertiban. 2. 10. 9. 8.

b) Jadwal pelajaran kelas. Koordinasi dengan Wakasek Kesiswaan. 7. Melaksanakan pembinaan siswa terutama terhadap budi pekerti. 15. 11. memahami dan mengambil tindakan-tindakan yang berkaitan dengan masalah-masalah yang timbul di kelasnya.Tupoksi Wali Kelas : 1. BP. nama dan jumlah siswa di kelasnya. 13. 9. untuk siswa pindahan/mutasi karena sesuatu dan lain hal (ketidak hadiran) prestasi rendah dan lain-lain. 10. 14. 8. Melaksanakan administrasi kelas meliputi : a) Denah tempat duduk siswa. Turut bertanggung jawab dalam kelancaran pelaksanaan Upacara Bendera. 16. 2. 6. 4. Mengetahui. Mengisi daftar nilai siswa/ leger Mengisi dan membagi laporan penilaian hasil belajar. Melakukan home visit terhadap siswa yang bermasalah dan melaporkan perkembangannya kepada guru BP. 5. dan e) Tata tertib kelas Membuat catatan khusus tentang kondisi siswa dalam penyaluran beasiswa prestasi/tidak mampu Membina budaya dan peduli lingkungan kelas Membantu kelancaran proses belajar mengajar siswa di kelasnya. Tata Usaha . 3. Memfasilitasi pembayaran Sumbangan Orang Tua/Wali Siswa pada waktu-waktu tertentu Memfasilitasi siswa yang akan ikut wisata belajar/studi tour Page 14 . Bekerja sama dengan guru BP dalam memecahkan masalah yang dihadapi siswa dan apabila dipandang perlu mengadakan hubungan dengan orangtua/wali dalam rangka pembinaan siswa di kelasnya. Mengetahui identitas. sekali). 12. d) Papan prestasi. memonitor serta menyampaikan laporan kepada Kepala Sekolah secara berkala melalui Wakasek Kesiswaan mengenai pembinaan kelasnya (2 bl. karakter dan kerajinan siswa Mengawasi. c) Daftar petugas kelas.

30. 9.Tupoksi Guru Mata Pelajaran : 1. dan ujian. 5. ulangan. 4. 18. 16. 7. 3. 12. Melaksanakan analisis hasil ulangan harian Menyusun dan melaksanakan program remedial dan pengayaan Mengisi daftar nilai siswa Melaksanakan kegiatan membimbing calon guru dalam kegiatan proses belajar mengajar pada program PPL dan sejenisnya Membuat alat pelajaran/alat peraga/modul/LKS/media pembelajaran Menumbuh kembangkan sikap menghargai karya seni Mengikuti kegiatan pengembangan kurikulum Melaksanakan kegiatan tertentu di sekolah dalam pengembangan materi ajar Mengadakan pengembangan program pembelajaran melalui kegiatan MGMP Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar masing-masing siswa Mengisi dan meneliti daftar hadir siswa sebelum memulai pembelajaran Mengatur kebersihan ruang kelas dan ruang praktikum Melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk penilaian kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Mengumpulkan dan menghitung angka kredit untuk kenaikan pangkatnya Page 15 . Membuat kelengkapan mengajar dengan baik dan lengkap Melaksanakan kegiatan pembelajaran Melaksanakan kegiatan penilaian proses belajar. 29. 6. 10. 8. 15. 2. 11.

tokoh masyarakat Taat kepada peraturan perundang-undangan dan kedinasan Mengembangkan profesi secara berkesinambungan Secara bersama-sama memelihara dan meningkatkan mutu organisasi profesi Page 16 . teknologi. 7. dan negara Menjunjung tinggi harkat dan martabat peserta didik Berbakti kepada peserta didik dalam membantu mereka mengembangkan diri Bersikap ilmiah dan menjunjung tinggi pengetahuan. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa Setia kepada Pancasila. 16.KODE ETIK PENDIDIK 1. 9. ilmu. 14. 11. 13. dan seni sebagai wahana dalam pengembangan peserta didik Lebih mengutamakan tugas pokok dan atau tugas negara lainnya daripada tugas sampingan Bertanggung jawab. 3. 12. 2. jujur. 5. 4. dan akuntabel dalam bekerja Dalam bekerja berpegang teguh kepada kebudayaan nasional dan ilmu pendidikan Menjadi teladan dalam berperilaku Berprakarsa Memiliki sifat kepemimpinan Menciptakan suasana belajar atau studi yang kondusif Memelihara keharmonisan pergaulan dan komunikasi serta bekerja sama dengan baik dalam pendidikan Mengadakan kerja sama dengan orang tua siswa dan tokoh. 10. 17. berprestasi. UUD 1945. 8. 6. 15.

Sekian & Terima Kasih Page 17 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->