RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SMKN 2 SIMPANG EMPAT TAHUN PELAJARAN 2013-2014 Mata Pelajaran Kelas / Semester Pertemuan

ke Alokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : : : Dasar Kompetensi Kejuruan X/1 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 dan 8 16 x 45 menit Melaksanakan Komunikasi Bisnis Mengidentifikasi Penerima Pesan 1.Siswa dapat memahami dasar-dasar komunikasi 2.Siswa mampu berkomunikasi dalam bisnis 3. Siswa dapat menguasai teknologi komunikasi I. Tujuan Pembelajaran :

Setelah mengikuti proses pembelajaran ini diharapkan siswa dapat : 1 . Memahami dasar-dasar komunikasi 2 . Berkomunikasi dalam bisnis 3 . Menguasai teknologi komunikasi II. Materi Ajar : Pertemuan ke 1:  Dasar dasar komunikasi dalam bisnis Pengertian komunikasi secara umum Komunikasi merupakan setiap proses pertukaran informasi, gagasan, dan perasaan yang disampaikan, baik secara lisan maupun tertulis dengan kata-kata, atau yang disampaikan dengan bahasa tubuh, gaya penampilan diri, menggunakan alat bantu disekeliling kita sehingg sebuah pesan menjadi lebih kaya. Komunikasi dapat dibagi menjadi 2 kategori yaitu kategori komunikasi sebagai ilmu pengetahuan dan kategori komunikasi sebagai alat.

emiso) 2. pengirim pesan memiliki beberapa kemudahan antara lain : a. yaitu : 1. destination) 3. proses komunikasi pada hakikatnya merupakan proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain. Pengirim pesan (komunikator. Lebuh yakin bahwa hal yang disampaikannya dapat dengan mudah dan jelas dimengerti oleh komunikan d. Penerima pesan (komunikan. yaitu : 1. Proses komunikasi sekunder Pertemuan ke 3:  Unsur-unsur komunikasi Ada beberapa omponen-komponen penting dalam sebuah komunikasi. Pesan yang dikirim  Identifikasi penerima pesan Dengan mengetahui identitas penerima pesan. Fungsi komunikasi secara umum : a. Informasi b. Dapat memiliki cara yang tepat dalam penyampaian pesannya b. Sosialisasi . Proses komunikasi terbagi menjadi 2 tahap. Proses komunikasi primer 2. Mempermudah penyampaian pesan c.Pertemuan ke 2:  Dasar-dasar komunikasi dalam bisnis Proses komunikasi Komunikasi menyebabkan kehidupan manusia terus berkembang dan berkelanjutan. Akan membantu dalam memahami keadaan dan sikap komunikan Pertemuan ke 4:  Etika dan fungsi komunikasi Etika komunikasi adalah berkomunikasi sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku ditengah masyarakat atau golongan tertentu.

Motivasi d. swasta. antara lain : a. Hambatan fisik atau organik e. Hambatan kerangka berfikir g. Gangguan psikologis d. Bahan diskusi e. Hiburan h. dan lain-lain. Hambatan status f. semi-pemerintah. Pada dasarnya ada tujuh hambatan yang sering terjadi dalam komunikasi. . baik berupa kegiatan pengadaan barang atau jasa-jasa yang diperjual belikan untuk mendapatkan keuntungan. Memajukan kebudayaan g. Gangguan semantik c.c. Hambatan budaya . Pertemuan ke 6:  Pengertian dan kegiatan bisnis Bisnis sering diartikan sebagai keseluruhan kegiatan usaha yang dijalankan oleh seseorang atau organisasi secara teratur dan terus menerus. Pendidikan f. Jenis kegiatan bisnis antara lain pemerintah. Hambatan teknis b. Integrasi Pertemuan ke 5:  Hambatan-hambatan dalam berkomunikasi Berbagai hambatan dalam berkomunikasi.

Metode Pembelajaran : Pertemuan ke 1: . faktor-faktor apa yang menjadi pengambat dan sebagainya.Praktek . Pesan bisnis disusun dengan mempertimbangkan batasan waktu dan biaya c.Ceramah bervariasi Pertemuan ke 3 : . Karakteristik komunikasi bisnis Beberapa karakteristik komunikasi bisnis antara lain : a. d. bagaimana prosesnya. Nilai budaya dan karakter:  Religius  Kejujuran  Teliti  Terampil  Aktif  Kerjasama IV. Pesan bisnis disusun untuk lebih dari satu tujuan. Pesan bisnis harus memperhatikan nada dan pengaruhnya terhadap audience Pertemuan ke 8:  Saluran komunikasi dalam bisnis Hubungan antar komunikasi dengan organisasi terletak pada manusia-manusia yang terlibat dalam pencapaian tujuan organisasi. bentuk komunikasi apa yang berlangsung dalam organisasi.Praktek Pertemuan ke 6 : . metode dan teknik apa yang dipergunakan. Pesan yang terkandung dalam komunikasi bisnis disusun untuk audience b.Diskusi Pertemuan ke 4 : . III.Ceramah bervariasi Pertemuan ke 2: .Diskusi Pertemuan ke 5 : .Pertemuan ke 7:  Komunikasi bisnis Komunikasi bisnis pada umumnya diartikan sebagai korespodensi dan periklanan. media apa yang dipakai.

KegiatanInti a.Explicit Instruction V.Explicit Instruction Pertemuan ke 8 : . Eksplorasi  Menyampaikan indikator pencapaian kompetensi siswa dalam memahami dasar-dasar komunikasi  Menggali informasi dari siswa Ceramahbervarias i +/. KegiatanAwal a) Membukapertemuandenganmengucapsala m (Religius). Langkah-langkah Pembelajaran : Pertemuan ke 1 Kegiatan 1. Konfirmasi  Menanyakan kepada siswa materi yang belum paham(Kejujuran) .70menit mengenai materi yang akan diajarkan b.Pertemuan ke 7 : . yang : Metode Ceramah Waktu +/. KD. Elaborasi   Guru menjelaskan dasar-dasar komunikasi Seluruh memperhatikan siswa materi mencatat. b) Mengecekkehadiransiswadenganmencatat siswa yang tidakhadir. mengenai dasar-dasar komunikasi (Rasa ingin tahu) c.10menit indikatordantujuanpembelajaran akandicapai d) Apersepsi 2. c) Menyampaikan SK.

Menyimpulkanmateri pelajari. Membukapertemuandenganmengucapsala m(Religius). KegiatanInti a. KegiatanAwal : Metode Ceramah Waktu +/. Elaborasi   Guru menjelaskan mengenai dasardasar komunikasi Seluruh mencatat komunikasi siswa tentang memperhatika. Apersepsi 2. KegiatanAkhir a. Eksplorasi   Mengulangi sebelumnya Menggali informasi dari siswa kesimpulan materi Ceramahbervarias i +/. c. Mengulangi/menjelaskan kembali materiyang sekiranya belum dipahami siswa 3. Memberikanmotivasi kepada siswa agar siswa kembali mempelajari bersama yang telah di +/. b. c.70menit mengenai materi yang akan diajarkan b. (kerjasama). Mengecekkehadiransiswadenganmencatat siswa yang tidakhadir.10menit a. Salam penutup Pertemuanke2 Kegiatan 1.10menit temannya materi yang telah disampaikan di rumah. b. dasar-dasar .

10menit temannya materi yang telah disampaikan di rumah.c. c. Menyimpulkanmateri pelajari. b. Mengecekkehadiransiswadenganmencatat siswa yang tidakhadir. Apersepsi 2. b.10menit a. Elaborasi  Guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi . Memberikanmotivasi kepada siswa agar siswa kembali mempelajari bersama yang telah di +/. KegiatanInti a. KegiatanAwal : Metode Ceramah Waktu +/. Membukapertemuandenganmengucapsala m(Religius). Eksplorasi   Mengulang sebelumnya Menggali informasi dari siswa kesimpulan materi Diskusi +/. c.70menit mengenai materi yang akan diajarkan b. Salam penutup Pertemuanke3 Kegiatan 1. KegiatanAkhir a. Konfirmasi   Menanyakan kepada siswa materi yang belum paham (Kejujuran) Mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa 3. (kerjasama).

c. Apersepsi 2. Menyimpulkanmateri pelajari. Konfirmasi  Menanyakan kepada siswa bagian didalam diskusi yang belum paham (Kejujuran)  Mengulangi/menjelaskan kembali materi diskusi yang sekiranya belum dipahami siswa 3.70menit . Salam penutup Pertemuanke4 Kegiatan 1. Eksplorasi  Menyampaikan kesimpulan materi Diskusi +/. Membukapertemuandenganmengucapsala m(Religius).mengenai dasar-dasar komunikasi   Guru menjelaskan tata cara berdiskusi siswa Siswa melaksanakan diskusi dengan baik (Tanggung jawab dan Kerjasama) c. (kerjasama). b. KegiatanAwal : Metode Ceramah Waktu +/. KegiatanAkhir a.10menit a. c. Mengecekkehadiransiswadenganmencatat siswa yang tidakhadir. KegiatanInti a. b.15menit temannya materi yang telah disampaikan di rumah. Memberikanmotivasi kepada siswa agar siswa kembali mempelajari bersama yang telah di +/.

c. Konfirmasi   Menanyakan kepada siswa materi yang belum paham (Kejujuran) Mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa 3. b. (kerjasama).10menit a. Mengecekkehadiransiswadenganmencatat siswa yang tidakhadir. Salam penutup Pertemuanke5 Kegiatan 1.10menit temannya materi yang telah disampaikan di rumah. Memberikanmotivasi kepada siswa agar siswa kembali mempelajari bersama yang telah di +/. Membukapertemuandenganmengucapsala m(Religius). KegiatanAwal : Metode Ceramah Waktu +/. Elaborasi   Guru menjelaskan komunikasi dalam bisnis Siswa membentuk sebuah kelompok untuk membahas mengenai komunikasi dalam bsnis(Kerjasam) c. KegiatanAkhir a.sebelumnya  Menggali informasi dari siswa mengenai materi yang akan diajarkan b. Menyimpulkanmateri pelajari. Apersepsi . b. c.

KegiatanInti a. KegiatanAkhir a. Salam penutup . b. (kerjasama). Menyimpulkanmateri pelajari.10menit temannya materi yang telah disampaikan di rumah. Elaborasi   Guru mempraktekan komunikasi dalam bisnis Siswa secara individual mempraktekan komunikasi dalam bisnis (Rasa ingin tahu) c.70menit mengenai materi yang akan diajarkan b. Memberikanmotivasi kepada siswa agar siswa kembali mempelajari bersama yang telah di +/. c. Eksplorasi   Menyampaikan sebelumnya Menggali informasi dari siswa kesimpulan materi Praktek +/. Konfirmasi  Menanyakan kepada siswa praktek komunikasi dalam bisnis yang belum paham (Kejujuran)  Mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa 3.2.

KegiatanAwal : Metode Ceramah Waktu +/. Apersepsi 2. b. c.Pertemuanke6 Kegiatan 1. Elaborasi   Guru mempraktekan komunikasi dalam bisnis Siswa secara individual mempraktekan komunikasi dalam bisnis c. KegiatanInti a.70menit mengenai materi yang akan diajarkan b.10menit a. Konfirmasi  Menanyakan praktek  kepada siswa cara paham yang belum (Kejujuran) Mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa . Eksplorasi   Menyampaikan sebelumnya Menggali informasi dari siswa kesimpulan materi Diskusi +/. Mengecekkehadiransiswadenganmencatat siswa yang tidakhadir. Membukapertemuandenganmengucapsala m(Religius).

KegiatanAkhir a.70menit mengenai materi yang akan diajarkan b. Eksplorasi   Menyampaikan sebelumnya Menggali informasi dari siswa kesimpulan materi Explicit Instruction +/.3. b. dan memberikan umpan balik dengan perintah yang harus diikuti siswa . Menyimpulkanmateri pelajari. c. Salam penutup Pertemuanke7 Kegiatan 1. Elaborasi   Guru menjelaskan teknologi komunikasi dalam bisnis Guru mendemonstrasikan teknologi komunikasi membimbing dalam pelatihan. Mengecekkehadiransiswadenganmencatat siswa yang tidakhadir. bisnis. Membukapertemuandenganmengucapsala m(Religius). c. b. (kerjasama).10menit a. mengecek pemahaman. Memberikanmotivasi kepada siswa agar siswa kembali mempelajari bersama yang telah di +/. KegiatanAwal : Metode Ceramah Waktu +/.10menit temannya materi yang telah disampaikan di rumah. Apersepsi 2. KegiatanInti a.

KegiatanAwal : Metode Ceramah Waktu +/. KegiatanInti a. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk latihan lanjutan c. Mengecekkehadiransiswadenganmencatat siswa yang tidakhadir. b. (kerjasama). c. Memberikanmotivasi kepada siswa agar siswa kembali mempelajari bersama yang telah di +/.10menit a. Salam penutup Pertemuanke8 Kegiatan 1.70menit mengenai materi yang akan diajarkan . c.10menit temannya materi yang telah disampaikan di rumah. Menyimpulkanmateri pelajari. b. Eksplorasi   Menyampaikan sebelumnya Menggali informasi dari siswa kesimpulan materi Explicit Instruction +/. Apersepsi 2. Konfirmasi   Menanyakan kepada siswa materi yang belum paham (Kejujuran) Mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa 3. Membukapertemuandenganmengucapsala m(Religius). KegiatanAkhir a.

KegiatanAkhir a. Alat / Bahan / Sumber Belajar :  Alat :    Spidol. bisnis. mengecek pemahaman. Menyimpulkanmateri pelajari. c. (kerjasama). Memberikanmotivasi kepada siswa agar siswa kembali mempelajari bersama yang telah di +/. Konfirmasi   Menanyakan kepada siswa materi yang belum paham (Kejujuran) Mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa 3. Yeti Sumaryati) In Door .b. Salam penutup VI. Elaborasi   Guru menjelaskan teknologi komunikasi dalam bisnis Guru mendemonstrasikan teknologi komunikasi membimbing dalam pelatihan.10menit temannya materi yang telah disampaikan di rumah. dan memberikan umpan balik dengan perintah yang harus diikuti siswa  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk latihan lanjutan c. whiteboard  Sumber Belajar : Buku Referensi (Melaksanakan Komunikasi Bisnis. b.

baik berupa pengadaan barang maupun jasa dengan tujuan mendapatkan keuntungan c. Jumlah skor maksimal 100 Nilai = Jumlah Jawaban Benar X 10 3 Mengetahui. Berkomunikasi secara etis. Kunci Jawaban a. Soal : a. serta menghargai dan menghormati orang lain b. Jelaskan pengertian bisnis? c. ramah. Guru Pamong Batulicin. SE . sopan. Jelaskan pengertian komunikasi bisnis? 2. Korespodensi dan periklanan yang dilakukan untuk mengirim pesan-pesan yang mempunyai maksud dan tujuan tertentu kepada audience 3. SE Chalis Afkari. Keseluruhan kegiatan usaha yang dijalankan oleh seseorang atau organisasi secara teratur dan terus menerus. Out Door VII. Penilaian 1. Jelaskan pengertian etika komunikasi? b. September 2013 Guru Praktikan Mahritha.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful