Pemikiran Ekonomi DR. M.

Umar Chapra BAB I PENDAHULUAN

I.1. Latar Belakang Ketika sosialisme runtuh yang ditandainya dengan runtuhnya Uni Soviet sebagai penopang utamanya, apakah ini berarti bahwa kapitalisme sebagai antitesis sosialisme dan konsep negara kesejahteraan sudah “menang” sebagai sebuah sistem ekonomi? Pada kenyataannya tidak. Kedua sistem ini sama dengan sosialisme, yaitu gagal menciptakan kesejahteraan umat manusia yang sebenarnya merupakan cita-cita dari ketiga sistem ini. Lalu dimanakah letak kesalahannya? Sistem apakah yang paling representatif untuk menciptakan kesejahteraan umat manusia? Dr. M. Umar Chapra dengan pengalamannya yang luas dalam pengajaran dan riset bidang ekonomi serta pemahamannya yang bagus tentang syariat Islam, mengajukan bahwa hanya Islamlah sebagai sistem alternatif yang paling tepat untuk menciptakan kesejahteraan umat manusia. Ia tidak hanya membahas aspek teoritisnya saja, melainkan juga aspek aplikasinya sehingga gagasan-gagasannya cukup realistis untuk dioperasionalkan dalam kehidupan nyata.

I.2. Rumusan Masalah Dalam makalah ini, penulis memaparkan mengenai :

Chapra dilahirkan dalam keluarga yang taat beragama. . Dapat mengetahui hasil-hasil karya DR. Pemikiran ekonomi Islam DR. 3. Hasil-hasil karya DR. Dapat mengetahui riwayat hidup DR. Dapat mengetahui hasil-hasil pemikiran DR. Riwayat hidup DR. M. I. sehingga ia tumbuh menjadi sosok yang mempunyai karakter yang baik. M. Umar Chapra. Umar Chapra Umer Chapra lahir pada tangal 1 februari 1933 di pakistan. Umar Chapra. Umar Chapra. Ayahnya bernama Abdul Karim Chapra. Tujuan Tujuan dari penulisan makalah ini adalah agar dapat memberikan manfaat khususnya bagi penulis sendiri dan umumnya bagi masyarakat. 3. 2. 2.1. yaitu : 1. Umar Chapra di bidang ekonomi Islam.1 Riwayat hidup DR. M. Umar Chapra. M. Umar Chapra. BAB II PEMBAHASAN II. M. M. Keluarganya termasuk orang yang berkcukupan yang memungkinkan ia mendapatkan pendidikan yang baik pula. M.3.

memuji bahwa Chapra adalah seorang yang baik hati dan mempunyai karakter yang baik dan kecemerlangan akademis.000 mahasiswa. dan 37 tahun di Arab Saudi. Kemudian ia pindah ke Karachi untuk meneruskan pendidikannya disana sampai meraih gelar Ph. IDB. DR. OPEC. Harlan Smith. Pembimbingnya Prof. Setelah mraih gelar S2 dari Universitas karachio pada tahun 1954 dan 1956 karir akademisnya berada pada tingkat tertinggi ketika meraih gelar doktoralnya di Minnesota Minepolis. Beliau sangat berperan dalam perkembangan ekonomi islam . OIC dll. Dalam umurnya yang ke 29 ia mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi Khoirunnisa jamal mundia tahun 1962. ide ide cemerlangnya .a dalm ujian masuk dari 25.D dari universitas Minnesota. Sebelumnya ia menduduki posisi di Saudi Arabian Monetery Agency (SAMA) Riyadh selama hampir 35 tahun sebagai penasehat peneliti senior.Masa kecilnya ia ahbiskan ditanah kelahirannya hingga berumur 15 tahun. IBRD. Selain profesinya itu banyak kegiatan yang dikutinya antara lain yang diselenggarkan IMF. M. Umer Chapra terlibat dalam berbagai organisasi dan pusat penelitian yang berkonsentrasi ekonomi islam. Menurut Profesor ini Chapra adalah orang yang terbaik yang pernah dikenalnya bukan hanya dikalangan mahasiswa namun juga seluruh fakultas. Dalam karir intelektualnya DR. 6 tahun di USA. Lebih kurang selama 45 tahun beliau menduduki profesi diberbagai lembaga yang berkaitan dengan persoalan ekonomi diantaranya 2 tahun di Pakistan. Beliau menjadi penasehat pada Islamic Research and Training Institute (IRTI) dari IDB Jeddah. Umer Chapra mengawalinya ketika mendapatkan medali emas dari universitas Sind pada tahun 1950 dengan prestasi yang diraihnya sebagi urutan pertam.

pp. sebagai analisa brilian dalam kebaikan serta kecacatan kapitalisme. Inilah buku yang menjadi buku teks wajib di sejumlah universitas dalam subjek ekonomi Islam. dalam resensi pre-publikasinya. Inggris. Kedua penghargaan ini diperoleh pada tahun 1989. Buku pertamanya.224-5). Hasil-hasil karya DR. Profesor Louis Baeck. Profesor Kenneth Boulding.2. Buku ini adalah salah satu fondasi intelektual dalam subjek ekonomi Islam dan pemikiran ekonomi Muslim modern. Buku dan karya ilmiahnya banyak diterjemahkan dalam berbagai bahasa termasuk juga bahasa Indonesia . 60 karya ilmiah dan 9 resensi buku. Islam and the Economic Challenge. Buku keduanya. Umar Chapra Umar Chapra menerbitkan 11 buku. Buku ini telah diresensikan dalam berbagai jurnal ekonomi barat. dideklarasikan oleh ekonom besar Amerika. M. II. sebagai “Presentasi terbaik terhadap teori moneter Islam sampai saat ini” dalam Bulletin of the British Society for Middle Eastern Studies (2/1985. dan negara maju. Towards a Just Monetary System.banyak tertuang dalam karangan-karangannya. belum artikel lepas di berbagai jurnal dan media massa. sosialisme. Kemudian karena pengabdiannya ini beliau mendapatkan penghargaan dari Islamic Development Bank dan dari King Faisal International Award. dikatakan oleh Profesor Rodney Wilson dari Universitas Durham. meresensikan buku ini di dalam Economic . Kenneth juga menilai buku ini merupakan kontribusi penting dalam pemahaman Islam bagi kaum Muslim maupun non-Muslim.

1350). Chapra. Kritiknya terhadap sistim ekonomi yang ada secara tidak biasa diungkap dengan pintar dan mempunyai dokumentasi yang baik. 1992. mereview buku ini dalam Journal of Economic Literature untuk American Economic Assosiation. Masa Depan Ekonomi: Sebuah Perspektif Islam. American Journal . Islam dan Pembangunan Ekonomi. ada buku-buku karya Umer Chapra yang lainnya. Journal Institute of Muslim Minority Affair. London. 5. Sementara artikel yang pernah ditulis Umer Chapra antara lain: 1. Disamping itu. Dan. 3. Profesor Kuran merekomendasikan buku ini sebagai panduan sempurna dalam pemahaman ekonomi Islam. The role of islamic banks in non-muslims countries. Profesor Timur Kuran dari Universitas South Carolina. The need for a new Economic System. 4. Journal of Islamic Studies. Islam and the international debt problem. Review of Islamic Economics/ Mahallath Buhuth al-Iqtishad al-Islami. New Horizon. 2. Membaca buku ini akan menjadi tantangan intelektual sehat bagi ekonom barat. 1994. hal. menurutnya telah membaca banyak tentang kapitalisme dan sosialisme sehingga kritiknya berbobot. 1991. The Prohibition of Riba in Islam: an Evaluation of Some Objections. 1992. Monetary management in an Islamic economy.Journal dari Royal Economic Society: “ Buku ini telah ditulis dengan sangat baik dan menawarkan keseimbangan literatur sintesis dalam ekonomi Islam kontemporer. Buku ini menonjol sebagai eksposisi yang jelas dari keterbukaan pasar Ekonomi Islam. seperti Islam dan Tantangan Ekonomi. “ (September 1993.

tetapi pandangan dunia dan strateginya adalah . Umar Chapra A. 1984. Kapitalisme Kapitalisme adalah suatu system ekonomi yang secara jelas ditandai oleh berkuasanya “kapital”. M. II. Kelemahan-kelemahan kapitalisme : • Menempatkan kepentingan pribadi diatas kepentingan social.3. Ciri utama dari system kapitalisme ini adalah tidak adanya perencaan ekonomi sentral. • Mengesampingkan peran nilai moral sebagai alat filterisasi dalam alokasi dan distribusi sumber daya.of Islamic Studies. Harga pasar yang dijadikan dasar keputusan dan perhitungan unit yang diproduksi. Dengan tidak adanya perencanaan terpusat mengandung arti adanya kekuasaan konsumen dalam memperoleh keuntungan. Alasan utama mengapa kapitalisme gagal dalam mengaktualisasikan tujuan-tujuan yang secara sosial diinginkan. ialah karena adanya konflik antara tujuan-tujuan masyarakat dan pandangan dunia dengan strategi kapitalisme. didasarkan pada fondasi-fondasi moral. • Memunculkan paham materialisme. pada umumnya tidak ditentukan oleh pemerintah dalam kondisi yang bersaing. Adam Smith berpendapat bahwa melayani kepentingan diri sendiri oleh individu pada hakikatnya adalah melayani kepentingan sosial. Tujuan-tujuannya memang humanitarian. Pemikiran ekonomi DR. Semua ini adalah hasil dari kekuatan pasar.

sehingga tidak pernah terbukti. Dalam sistem ini private property dan mekanisme pasar dihapus digantikan dengan kepemilikan negara untuk semua produksi dan perencanaan yang terpusat Dalam ulasan tentang berbagai kesalahan asumsi pada sistem sosialis. yang dikaitkan dengan tujuan-tujuan humanitarian masyarakat dan bukan terhadap Darwinisme sosial. Dengan demikian. adalah untuk menghilangkan bentuk-bentuk eksploitasi dan penyingkiran dalam sistem kapitalisme. menurut Chapra. Sosialisme Sebenarnya dapat kita lihat bahwa sistem sosialisme hanyalah sisi lain dari koin yang sama. B. sistem sosialis juga gagal mencapai efisiensi dan keadilan. Keduanya sama-sama membawa masalah pada ekonomi dunia saat ini.Darwinisme sosial. diharapkan setiap individu tidak hanya memikirkan kepentingan dirinya sendiri. Untuk mekanisme filter yang menyaring semua klaim terhadap sumber daya agar terjadi keseimbangan dan ketepatan penggunanaan sumberdaya. Tema utama sistem sosialis sebenarnya. Seperti sistem pasar. justru . maka secara normal tidak dapat dirasakan bagaimana ketiadaannya akan menyebabkan kegagalan dalam merealisasikan “efisiensi” dan “pemerataan” dalam alokasi sumber daya langka. Mengingat kondisi latar belakang ini tidak secara terang-terangan dituturkan dalam literatur ekonomi. Klaim adanya keharmonisan antara kepentingan individu dan umum pada hakikatnya didasarkan pada asumsi-asumsi tertentu mengenai kondisi-kondisi latar belakang yang salah dan tidak realistis. Chapra menjelaskan bahwa sistem ini gagal menyediakan karakteristik-karakteristik yang harus dimiliki sebuah sistem.

Paham ini menuntut peran negara yang lebih aktif dalam bidang ekonomi dibandingkan peranannya dibawah paham kapitalisme laissez-faire. namun ia tidak bisa membangun strategi yang efektif untuk . Walaupun tujuan negara sejahtera berperikemanusiaan. C. Negara Kesejahteraan Negara kesejahteraan memperoleh momentum setelah depresi yang terjadi pada tahun 1930 di amerika dan sebagai respon terhadap tantangan kapitalisme dan kesulitankesulitan yang terjadi karena depresi dan perang. dan pengendalian penuh atas hargaharga oleh pemerintah. Untuk karakteristik sistem motivasi yang harus mampu mendorong semua individu untuk memberikan upaya terbaiknya. pelarangan hak milik pribadi. Falsafah yang mendasarinya menunjukkan suatu gerakan menjauhi prinsip-prinsip Darwinisme sosial dari kapitalisme laissez-faire dan menuju kepada kepercayaan bahwa kesejahteraan individu merupakan sasaran yang teramat penting. yang realisasinya diserahkan kepada operasi kekuatankekuatan pasar.sistem sosialis menunjukkan ketidakpercayaan secara penuh kepada kemampuan manusia mengelola kepemilikan pribadi. justru sistem sosialis tidak akan mampu mendorong semua individu untuk memberikan upaya terbaiknya. Ini disebabkan karena perencanaan yang tersentralisasi. Falsafah ini berati merupakan pengakuan formal-formal utama ekonomi bahwa kemiskinan dan ketidakmampuan seseorangmemenuhi kebutuhannya tidaklah berarti bukti kegagalan individu tersebut.

Ilmu Ekonomi Islam Umar Chapra mendefenisikan ekonomi islam sebagai suatu cabang pengetahuan yang membantu merealisasikan kesejahteraan manusia melalui suatu alokasi dan distribusi sumber-sumber daya langka yang seirama dengan maqasid.menciptakan ketidakseimbangan makro ekonomi dan ekologi yang berkepanjangan. sehingga kemaslahatan umat manusia terpelihara. perusahaan. tampa mengekang kebebasan individu. D. mempelajari prilaku aktual individu dan kelompok. Problem ini muncul karena negara sejahtera menhadapi kekurangan sumber daya sebagaimana yang dihadapi oleh negara-negara lain. pasar dan pemerintah.mencapai tujuannya.tidak mengatur seluruh persoalan hidup umat manusia yang berkembang tersebut secara eksplisit.kemaslahatan hidup tersebut berkembang dan dinamis mengikuti perkembangan dan dinamika hidup umat manusia. dalam rangka mengakomodir sebagai persoalan hidup termasuk persoalan ekonomi di setiap tempat dan masa. tugasnya yaitu: 1. Oleh karena itu. . formulasi ekonomi yang tersurat di dalam al-qur’an dan al-hadist. Oleh karena itu tugas yang akan di pikul oleh ilmu ekonomi islam jauh lebih besar dari pada yang di emban oleh ilmu ekonomi konvensional. Apabila negara sejahtera meningkatkan pemanfaatannya atau sumber daya itu melalui pelayanan kesejahteraan. atau melemahkan solidaritas keluarga dan social serta jaringan moral masyarakat. Ekonomi islam di tetapkan bertujuan untuk memelihara kemaslahatan umat manusia. ia harus menurunkan pemanfaatan lain ke atas sumber-sumber daya.

Kekayaan menurut islam akan membangkitkan berbuat salah salah atau mengajak pada pemborosan. Dengan demikian. penjelasan dan prediktif seperti dalam ilmu ekonomi konvensional kepada suatu analisis semua variable yang relevan dan kebijakan-kebijakan yang di perlukan untuk merelealisasikan maqashid. ilmu ekonomi islam harus bergerak melebihi batas-batas fungsi deskriptif. 4. 1. keangkuhan dan ketidakadilan yang harus dikecam keras. 3.2. mengajukan suatu strategi bagi perubahan sosio ekonomi dan politik suatu strategi yang dapat membantu membawa prilaku semua pemain di pasar yang mempunyai pengaruh pada lokasi dan distribisi sumber-sumber daya sedekat mungkin dengan kondisi yang di perlukan untuk merealisasikan tujuan. ilmu ekonomi islam adalah memberikan penjelasan mengapa para agen ekonomi bertindak seperti itu dan tidak sesuai dengan yang di haruskan. . Sedangkan kemiskinan telah dianggap sebagai hal tidak disukai karena menumbulkan ketidakmampuan dan kelemahan. Rational Ekonomic Man Mainstream pemikiran Islam sangat jelas dalam mencirikan tingkah laku rasional yang bertujuan agar mampu mempergunakan sumber daya karunia Allah dengan cara yang dapat menjamin kesejahteraan duniawi individu. ilmu ekonomi islam adalah menunjukan jenis perilaku yang diperlukan untuk mewujudkan sasaran yang di kehendaki. Prinsip – prinsip paradigma islam a.

Ibnu Khaldun juga mengatakan bahwa mustahil bagi sebuah negara untuk dapat berkembang tanpa keadilan. Pareto Optimum Dalam islam penggunaan sumber daya yang paling efisien diartikan dengan maqashid. e. Nizam al Mulk menyebutkan bahwa tugas dan tanggung jawab negara atau penguasa adalah menjamin keadilan. Hal ini berseberangan dengan islam. Para ulama telah mengakui bahwa al Quran dan Sunnah telah menjelaskan bahwa seluruh sumber daya adalah amanah dari Allah dan manusia akan diminta pertanggungjawabannya.dan menjalankan segala sesuatu yang penting untuk meraih kemakmuran . Keadilan Harun Ar Rasyid mengatakan bahwa memperbaiki kesalahan dengan menegakkan keadilan dan mengikis keadilan akan meningkatkan pendapataaan pajak.b. Positivisme Positivisme dalam ekonomi konvensional memiliki arti ”kenetralan mutlak antara seluruh tujuan”atau ”beban dari posisi etika atau pertimbangan-pertimbangan normatif”. serta akan membawa berkah yang menambah kebajikan di akhirat. c. mengeskalasi pembangunan negara. d. Setiap perekonomian dianggap telah mencapai efisiensi yang optimum bila telah menggunakan seluruh potensi sumber daya manusia dan materi yang terbatas sehingga kualitas barang dan jasa maksimum dapat memuaskan kebutuhan. Intervensi Negara Al Mawardi telah mengatakan bahwa keberadaan sebuah pemerintahan yang efektif sangat dibutuhkan untuk mencegah kedzaliman dan pelanggaran.

2. Agar terciptanya pemerataan terhadap sumber daya yang ada. Menurut pendekatan islam. 2. harus ada harmonisasi antara kepentingan individu dengan kepentingan sosial . Peran Negara Restrukturisasi tidak mungkin dapat dilaksanakan secara efektif apabila tidak adanya peran Negara atau pemerintah. 3. 4. melayani kepentingan sosial pada hakikatnya adalah melayani kepentingan diri sendiri. Penyaringan yang merata atas klaim yang berlebihan Masalah yang dihadapi setiap masyarakat adalah bagaimana menyaring klaim-klaim yang tidak terbatas terhadap sumber-sumber daya yang ada. Elemen – elemen starategis yang penting dalam ekonomi islam 1. Restrukturisasi sosioekonomi Restrukturisasi dilakukan dengan cara memperkuat nilai-nilai moral dan mereformasi sistem perekonomian agar terciptanya kestabilan ekonomi. Motivasi Masalah selanjutnya yang dihadapi adalah bagaimana memotivasi individu untuk melayani kepentingan social karena setiap individu selalu ingin melayani dan memenuhi kepentingannya sendiri. maka islam adalah filter supaya terciptanya pemerataan tersebut.masyarakat luas. Dalam hal ini pemerintah harus berperan positif dan .

memberikan kenyamanan kepada faktor manusia . mereduksi konsentrasi kekayaan. rencana kebijakan strategis. yang lebih penting adalah injeksi dimensi moral ke dalam parameter pembangunan. 5. Lima tindakan kebijakan Ada lima tindakan kebijakan yang diajukan bagi pembangunan yang disertai dengan keadilan dan stabilitas. pemerintahan islam harus tetap menjaga dan memainkan .berorientasi pada sasaran di dalam ekonomi. yang harus dikeluarkan sebagai proporsi tertentu terhadap kekayaan atau output bersihnya. puasa dan naik haji. Hasil zakat ini tidak bias dibelanjakan oleh pemerintah sekehendak hatinya sendiri. Akan tetapi. 3. Di antara tindakan-tindakan kebijakan ini mungkin sudah sangat akrab bagi mereka yang sudah bergelut dalam literatur pembangunan. Namun demikian. 3. Tanpa sebuah integrasi moral. melakukan restrukturisasi keuangan. yaitu : 1. 4. Zakat Zakat merupakan kewajiban religius bagi seorang muslim sebagaimana shalat. tidak mungkin dapat diwujudkan adanya efisiensi atau pemerataan seperti yang sudah didefinisikan diatas. 2. Keuangan Publik a. melakukan restrukturisasi ekonomi 4.

Untuk kepentingan lainnya. 3. yaitu : . Pajak Pemberlakuan pajak harus adil dan selaras dengan semangat islam. zakat dipergunakan hanya untuk menyediakan pelatihan dan modal unggulan baik secara kredit yang bebas bunga ataupun sebagai bantuan untuk membuat mereka mampu membentuk usaha-usaha kecil sehingga dapat berusaha mandiri b. Agar zakat memainkan peranannya secara berarti. hasil pajak harus dibelanjakan secara hati-hati sesuai dengan tujuan awal dari pengumpulan pajak tersebut. sejumlah ilmuan menyarankan bahwa zakat ini seharusnya menjadi suplemen pendapatan yang permanen hanya bagi orangorang yang tidak mampu menghasilkan pendapatan yang cukup melalui usaha-usahanya sendiri. Beban pajak tidak boleh terlalu memberatkan dibandingkan dengan kemampuan orang yang memikulnya. Pajak harus dipungut untuk membiayai hal-hal yang benar-benar dianggap perlu dan untuk kepentingan mewujudkan maqashid. Sistem pajak yang adil harus memenuhi 3 kriteria. yaitu : 1. 2. c. Prinsip-Prinsip Pengeluaran Ada enam prinsip umum untuk membantu memberikan dasar yang rasional dan konsisten mengenai belanja publik.peranan penting dalam memberikan kepastian dijalankannya nilai-nilai islam.

Umar Chapra mendefenisikan ekonomi islam sebagai suatu cabang pengetahuan yang membantu merealisasikan kesejahteraan manusia melalui suatu alokasi dan distribusi sumber-sumber daya langka yang seirama dengan maqasid. penghapusan kesulitan hidup dan penderitaan harus diutamakan dari pada penyediaan rasa tentram. tampa mengekang kebebasan . 6. ide ide cemerlangnya banyak tertuang dalam karangan-karangannya. 4. Siapapun yang menerima manfaat harus menanggung biayanya.1. BAB III PENUTUP III. kepentingan mayoritas yang lebih besar harus didahulukan dari pada kepentingan minoritas yang lebih sedikit. Beliau sangat berperan dalam perkembangan ekonomi islam. 3. maka sesuatu itu hukumnya wajib. 2.1. 5. Kesimpulan Umar Chapra adalah seorang pemikir ekonomi islam abad modern. sesuatu dimana tanpa sesuatu tersebut kewajiban tidak dapat terpenuhi. Pengorbanan individu dapat dilakukan untuk menyelamatkan pengorbanan atau kerugian publik. Kriteria utama untuk semua alokasi pengeluaran adalah untuk kemaslahatan masyarakat.

mereduksi konsentrasi kekayaan. rencana kebijakan strategis. Motivasi 3.kemaslahatan hidup tersebut berkembang dan dinamis mengikuti perkembangan dan dinamika hidup umat manusia. Penyaringan yang merata atas klaim yang berlebihan 2.menciptakan ketidakseimbangan makro ekonomi dan ekologi yang berkepanjangan. yaitu : 1. melakukan restrukturisasi keuangan. Oleh karena itu. sehingga kemaslahatan umat manusia terpelihara. melakukan restrukturisasi ekonomi 4. memberikan kenyamanan kepada faktor manusia . Peran Negara Menurut Umar Chapra. atau melemahkan solidaritas keluarga dan social serta jaringan moral masyarakat. 2. Elemen – elemen starategis yang penting dalam ekonomi islam 1. ada lima tindakan kebijakan yang diajukan bagi pembangunan yang disertai dengan keadilan dan stabilitas. 3. .tidak mengatur seluruh persoalan hidup umat manusia yang berkembang tersebut secara eksplisit. Ekonomi islam di tetapkan bertujuan untuk memelihara kemaslahatan umat manusia. formulasi ekonomi yang tersurat di dalam al-qur’an dan al-hadist.individu. dalam rangka mengakomodir sebagai persoalan hidup termasuk persoalan ekonomi di setiap tempat dan masa. 5. Restrukturisasi sosioekonomi 4.

Saran Dengan adanya makalah ini. M. Tanpa sebuah integrasi moral. Mudah-mudahan. III. Akan tetapi. ekonomi islam adalah jawaban yang tepat untuk merealisasikan itu semua. penulis berharap agar pemikiran-pemikiran para tokoh tersebut dapat kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.Di antara tindakan-tindakan kebijakan ini mungkin sudah sangat akrab bagi mereka yang sudah bergelut dalam literatur pembangunan. yang membahas tentang “Pemikiran Ekonomi DR. .2. penulis berharap agar kita semua mengetahui seluk beluk sejarah perekonomian islam dan pemikiran-pemikiran penting para tokoh-tokoh ekonomi islam. terutama dalam kegiatan perekonomian. Marilah kita berjuang secara bersama-sama agar ketidakadilan ini terhapuskan dari bumi Indonesia yang kita cintai ini. tidak mungkin dapat diwujudkan adanya efisiensi atau pemerataan seperti yang sudah didefinisikan diatas. terutama bagi rakyat kecil. bisa diminimalisir dan digantikan oleh sistem ekonomi islam yang menjamin keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat. Dan selanjutnya. perekonomian bangsa kita yang saat ini dikuasai oleh kaum kapitalisneoliberalisme yang mengakibatkan ketidakadilan dimana-mana. yang lebih penting adalah injeksi dimensi moral ke dalam parameter pembangunan. Umar Chapra”.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful